Benarkah Sunroof Bisa Meledak, Berikut Penjelasannya!

26/12/2018 Fatchur Sag Perawatan mobil

Mobil dengan desain - desain terkini banyak menggunakan fitur sunroof, di mana menghasilkan tampilan mobil yang jauh lebih berkelas dibandingkan dengan atap mobil biasanya. Hal ini dapat menjadi salah satu daya tarik bagi calon pembeli. Tetapi banyak pula yang mempertanyakan benarkah sunroof bisa meledak.

Sunroof adalah model atap mobil yang dilengkapi dengan material kaca yang memungkinkan bagian atap untuk dapat dibuka, sehingga udara dapat masuk melalui sunroof. Sistem ini pada mulanya digunakan sebagai teknologi pada ventilasi bus kota, tetapi seiring waktu banyak produsen mobil mengeluarkan model baru dengan panel sunroof ini.

Adanya sunroof ini memungkin cahaya dan udara dapat masuk leluasa di mobil Anda. Selain itu dengan menggunakan mobil berpanel sunroof, saat berkendara di malam hari, Anda dapat menikmati pemandangan langit malam dari sunroof yang terbuka.

Foto sunroof mobil dari dalam mobil

Sunroof menjadi ciri khas mobil mewah zaman now

Kemungkinan sunroof dapat meledak

Kabar yang cukup mengagetkan dari perkembangan teknologi sunroof pada mobil adalah penelitian di Amerika terhadap kasus sunroof yang meledak. Lalu benarkah sunroof bisa meledak? Menurut hasil penelitian tersebut, bagian atap yang berlapis kaca pada panel sunroof ini berpotensi pecah. Kaca panel sunroof yang pecah inilah yang menyebabkan timbulnya suara mirip ledakan. Kaca panel dari sunroof yang meledak ini dapat disebabkan karena bahan material dan standar kualitas yang digunakan tidak sesuai dengan regulasi yang ditetapkan.

Selain itu, kasus sunroof meledak banyak terjadi pada panel kaca sunroof yang lebar. Mobil dengan ukuran panel kaca sunroof yang lebih lebar dianggap lebih rentan pecah / meledak. Sunroof juga dapat pecah atau meledak akibat terkena lemparan batu - batu kecil atau partikel lain saat di jalanan.

Meski kasus mengenai sunroof meledak ini tidak sebanyak kasus ban yang meledak, tetapi adanya kasus ini cukup membuat para konsumen berpikir dua kali sebelum membeli mobil dengan panel sunroof. Dengan alasan keamanan, banyak di antara mereka yang akhirnya beralih memilih mobil biasa tanpa fitur sunroof.

>>> Sun Roof, Moon Roof, Dan Panoramic Roof, Ini Bedanya!

Foto sunroof KIA Optima 2013 yang hancur karena meledak

Seperti halnya komponen lain, sunroof juga berpotensi rusak hingga meledak

Tips merawat sunroof

Lalu bagaimana cara agar panel sunroof Anda awet dan tidak meledak atau mengalami kerusakan? Berikut ini adalah tips untuk merawat sunroof mobil Anda agar terhindar dari kebocoran atau kemungkinan meledak yaitu rajin melakukan pembersihan. Selain masalah rentan meledak, sunroof dapat pula mengalami kebocoran akibat debu dan lumpur yang berpotensi menyumbat saluran pembuangan air. Saluran pembuangan air yang tersumbat ini dapat membuat sunroof bocor dan masuk ke kabin dalam. Anda perlu menyisihkan waktu untuk melakukan perawatan sunroof mobil Anda secara berkala.

Sunroof yang tak terawat hingga membuat saluran pembuangan air tersumbat, tak jarang menimbulkan masalah baru, diantaranya adalah perangkat besi di sekitarnya menjadi berkarat dan keropos. Meski tidak menimbulkan ledakan, besi sunroof yang keropos mungkin membuat Anda perlu melakukan reparasi atau bahkan butuh untuk mengganti keseluruhan perangkat sunroof mobil Anda. Hal ini tentunya membuat Anda perlu mengeluarkan biaya yang jauh lebih besar.

>>> Siapkan Dana Rp 15 juta, Mobil Bakal Punya Custom Sunroof

Foto sunroof mobil tampak dari atas

Mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan, sunroof harus selalu dirawat

Jadi, bagi Anda yang memiliki pertanyaan seperti benarkah sunroof bisa meledak, tidak ada salahnya bila mengetahui spesifikasi sunroof pada mobil dengan lebih baik dan melakukan perawatan yang tepat pada panel sunroof mobil Anda untuk menghindari kemungkinan meledaknya sunroof.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca