Review Nissan Teana 2019

30/09/2018 | Metodius Getan Plue

1. PENGANTAR

Review Nissan Teana 2019 - Mobil ini sangat indah dilihat dari luar dan juga dalam, anda pun pasti menyukainya, antara kenyamanan dan sisi elegan bercampur jadi satu. Nissan Teana adalah mobil sedan yang cukup lama, bayangkan saja, mobil ini sudah mulai dijual dari tahun 2003. Teana mengalami beberapa perubahan pada sektor mesinnya. Serta pada tahun 2014 Teana memiliki perubahan yang cukup sempurna, hadir dengan tema “Driving Performance” yang diartikan oleh Nissan adalah penggabungan antara kenyamanan dan performa. Menginjak generasi ketiganya ini yang diawali pada tahun 2014, Teana menjelma menjadi sedan prestisius, meski di akui kalah pamor dengan banyak rivalnya. Kabar terbaru dari Nissan Teana, di ajang New York International Auto Show (NYIAS) 2018 Nissan memperkenalkan mid-size sedan mereka untuk pasar Amerika.  Nissan Teana yang juga memiliki nama Altima ini menjadi lebih tampan dari semua sisinya, kali ini Mobilmo.com akan mereview secara menyeluruh Nissan Teana 2019.

2. EKSTERIOR

Dari perawakannya, Nissan Teana 2019 ini mendapat penampilan yang lebih segar dan modern. Jika dulu lebih culun, kini Teana 2019 menjelma menjadi sedan mid-size kompak namun tetap nyaman, lengkap dengan desain lebih futuristik. Mari simak pembahasan dari depan, samping hingga belakangnya.

Review Nissan Teana 2019: Bagian Depan

Nissan Teana 2019 Dengan V Motion 2.0 Grill

V Motion 2.0 pada sisi depan Nissan Teana 2019

Nissan masih setia dengan desain V pada grillnya, namun desain grill V tersebut lebih besar menancap dibumper depan. Balutan warna krom premium menjadi ciri khas terbarunya, disokong dengan desain grill honeycomb. Grill V Motion 2.0 khas nissan ini menyempurnakan penampilan terbarunya, ditambah dengan lampu utama lebih sipit dan tajam disisi ujungnya. Ada pula LED DRL di bagian dalamnya seperti membentuk bumerang, serta tarikan di bonnet lebih tegas. Fog lamp juga lebih segar dengan housing berwarna hitam dan posisi lampunya berada di bagian atasnya.

Review Nissan Teana 2019: Bagian Samping

Nissan Teana 2019 Dengan Desain Floating Roof Dimulai Dari Pillar C

Garis bahu memanjang dari depan hingga belakang

Menelisik ke bagian samping, pertama kali yang kami bahas adalah bodyside memiliki garis di bahu yang cukup menonjol dan melintang mulai dari lampu depan ke lampu belakang, serta bahu yang baru dengan garis tajam yang merendah ke sisi bawah. Desain floating roof yang dimulai dari pillar C berwarna hitam sangat keren, serta lampu belakang unik dengan desain melebar kesamping dan diujungnya berbentuk seperti bumerang. Dibandingkan dengan varian sebelumnya, Nissan Teana 2019 ini memiliki dimensi yang bertambah, lebih panjang 25 mm, lebih lebar 23 mm, dan 28 mm lebih tinggi, wheelbase menjadi 48 mm. Ban tetap proporsional menurut kami, apalagi desainnya kini mendapat sentuhan baru, pelek berukuran 19 inci ini tetap menarik dan cocok untuk Nissan Teana 2019.

Review Nissan Teana 2019: Bagian Belakang

Duck Tail Pada Pintu Bagasi Nissan Teana 2019

Duck tail pada pintu bagasi Nissan Teana 2019

Diakhir pembahasan eksterior, sisi belakang menjadi pembahasan yang cukup menarik. Bagian belakangnya senada dengan sisi depan, masih terlihat tegas, modern dan sporty. Dua knalpot hadir disisi kanan dan kiri bumper, lalu diffuser dibuat seragam dengan warna bodi mobil. Lampu belakang kini lebih lebar dan tetap ada asken lancip-lancip di ujung lampunya. Satu lagi yang menarik adalah pintu bagasinya mendapat duck tail lucu, sehingga mobil ini terlihat sangat cantik.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR

Ubahan secara total bukan hanya kita temui di luarnya saja, melainkan semua ubahan dapat kita rasakan hingga ke interiornya. Nissan memberikan interior kabin dengan bahasa desain modern minimalis pada Nissan Teana 2019nya.

Review Nissan Teana 2019: Kursi

Nissan Teana 2019 Dengan Kursi Zero Gravity

Kursi Nissan Teana 2019 mendapat warna yang lebih cerah

Kursi Nissan Teana 2019 mendapat warna yang sama dengan warna kabin, warna cerah dipilih Nissan untuk varian sedannya ini, meskipun cerah, material dan bentuknya tetap mengutamakan kenyamanan. Headrest pada baris pertama tidak terlalu tegak dan mudah pengaturannya. Kursi Zero Gravity ini ketebalannya bertambah, dengan adanya pengaturan eight-way power adjustment untuk pengemudi.

Review Nissan Teana 2019: Dashboard

Dashboard Nissan Teana 2019 Lebih Modern

Dashboard dengan 3 warna, hitam, silver dan aksen kayu

Selain kaca depan yang menjadi fokus pengemudi dan penumpang, di sudut yang sama dashboard akan mudah terlihat. Dashboard Nissan Teana 2019 punya warna yang unik, warna silver, hitam dan juga ada sedikit aksen kayu memanjang dibagian tengahnya. Head unit berukuran 8 inci sangat menunjang hiburan penggunanya, fitur NissanConnectSM ini support untuk beberapa fitur canggih seperti Apple CarPlay, Android Auto, Siri dan Google Assistant Voice Recognition yang kompatibel dengan Amazon Alexa Personal Assistant.

Review Nissan Teana 2019: Setir

Nissan Teana 2019 Dengan Kemudi Flat Disisi Bawah

Setir modern menyiku disisi bawahnya

Kita ke bagian yang paling sering disentuh, kemudi Nissan Teana 2019 mendapat desain baru, biasanya lingkar kemudi hanya bulat, kini dibuat flat pada bagian bawahnya. Material kulit juga disematkan, jahitan-jahitannya terasa timbul dan juga lekukan serta diameter tidak menyulitkan jari dalam menggenggam. Beberapa tombol juga hadir dikanan dan kirinya, sebelah kiri tombol untuk mengatur full audio, mulai dari next, back hingga volume, sementara disisi kanan ada cruise control dan juga tombol telepon.

>>> Baca juga:

4. FITUR

Hampir semua fitur keselamatan standar pada mobil modern ada pada Nissan Teana 2019, namun ada beberapa fitur keselamatan yang unik. Safety-wise dengan ProPILOT Assist yang memungkinkan pengemudi lebih mudah dalam mengatur kecepatan, pengereman, hingga kemudi. Pengereman darurat secara otomatis juga sudah disematkan, Intteligent Forward Collision Warning (I-FCW) dan Intelligent Drive Alertness (I-DA). Ada juga Rear Automatic Braking (RR-AB), Automatic Emergency Braking with Pedestrian Detection, Lane Departure Warning (LDW), Blind Spot Warning (BSW), Rear Cross Traffic Alert (RCTA) dan High Beam Assist (HBA).

5. OPERASI

Nissan Teana 2019 Masih Menggunakan Mesin 2.500 cc

Mesin masih sama namun ditambahkan tenaganya

Kita bahas dapur pacunya, Nissan Teana 2019 mempertahankan mesin 2.500 cc, mesin ini mampu memberikan tenaga 188 hp dan torsi sebesar 244 Nm. Hadir dengan sistem penggerak All Wheel Drive (AWD), tentu merupakan yang pertama kali di Nissan Teana 2019 ini. Transmisi yang digunakan adalah transmisi otomatis, selamat tinggal pada varian mesin 3.500 V6 dan kini digantikan dengan mesin 2.000 cc turbo, dengan tenaga 248 hp dan torsi 370 Nm, varian mesin turbo ini dapat ditemui pada Nissan Teana 2019 SR dan Platinum dengan penggerak Front Wheel Drive (FWD).

6. SPESIFIKASI

Spesifikasi Nissan Teana

Mesin

Engine Type

OR25DE In-line 4 DOHC 16 valve, Dual CVTC

No. of cylinders

4

Bore x Stroke

89.0 mm x 100.0 mm

Engine size / Displacement

2488 cc

Maximum Power

188 hp / 6.000 Rpm

Maximum Torque

244 Nm / 4.000 Rpm

Transmission Type

Xtronic CVT

Drive System Type

Hydraulic Electric Power Steering System (HEPS)

Dimensi

Min. Turning Radius

5.7 m

Fuel Capacity

65 litres

Curb Weight

1.510 kg

Overall Length

4.900 mm

Overall Width

1.856 mm

Overall Height

1.518 mm

Wheelbase

2.823 mm

Kaki-kaki

Front Suspensions Type

Independent Strut with Stabilizer

Rear Suspensions Type

Independent Multi-link

Tire Size

215/55 R19

Wheels

Alloy 19″

Front Brakes Type

Ventilated disc

Rear Brakes Type

Disc

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN

Kelebihan dan kekurangan dari Nissan Teana 2019 ada dibawah ini.

 

Kelebihan

Kekurangan

Perombakan total dari sisi luar dan dalam

Kepastian berita akan hadirnya Teana 2019 terbaru masih belum dipastikan

Kursi premium lebih nyaman

 

Fitur keselamatan berlimpah

 

8. DAFTAR HARGA

Karena baru diperkenalkan, mobil ini belum dijual secara menyeluruh, bahkan untuk harganya sendiri pun masih belum diperoleh dari Nissan Global. Jika masuk ke Indonesia, kemungkinan akan mendapat kenaikan dari varian sebelumnya yang seharga setengah miliar, diperkirakan akan menyentuh harga Rp 700juta lebih.

9. VIDEO

10. KESIMPULAN

Memiliki mid-size sedan seperti Nissan Teana 2019 ini seperti memiliki aset berharga, selain dijadikan penunjang sehari-hari, mobil ini sekaligus menjadi penunjang strata sosial sang pemilik. Dilain hal pembaruan yang ada kini membuat Nissan Teana 2019 semakin baik, ditambah dengan akan hadirnya juga mesin bertenaga turbo, dan tentu membuat semua pecinta sedan tertarik.

>>> Tertarik dengan tulisan review ini? Lanjut simak review mobil lainnya dari Mobilmo.com di sini

Review mobil serupa

  • 06/10/2019 | Franky Pratama

    Review Nissan IMk Concept 2019: Perkenalan Teknologi Canggih Nissan

    “Ultimate Urban Commuter” menjadi nama sandingan dari Nissan IMk Concept 2019. Review kali ini sepertinya akan sangat mengasyikkan, yang mana kita semua akan melihat bagaimana teknologi terbaru ciptaan Nissan. Dari kabar resminya, mobil listrik satu ini sudah dipersenjatai teknologi inovatif. Berikut kita simak review Nissan IMk Concept 2019.

  • 24/08/2019 | Abdul

    Review Nissan Navara Dakar 2019 : Modifikasi Untuk Medan Ekstrim

    Ajang Rally Dakar 2019 rupanya membuat Nissan mengembangkan modifikasi truk di kelas 4x4 ini. Nissan Navara 2019 memang sudah dirilis sejak hampir 1 tahun yang lalu. Perubahan besar di ajang balapan gurun tahunan terbesar di dunia itu tentu akan diusung kedalam versi on the road nya. Nah untuk kali ini kami akan memberikan informasi tentang review Nissan Navara Dakar 2019.

  • 23/08/2019 | Fatchur Sag

    Review Nissan Navara 2.5 VL AT 2019

    Nissan Navara 2.5 VL AT 2019 menjadi salah satu mobil off-road pick up andalan Nissan yang diklaim memberikan sensasi mulus selayaknya sedan di jalan aspal. Lantas apa saja kelebihan mobil ini? Simak ulasannya berikut!