Mengetahui Kegunaan Fitur Shift Lock Pada Mobil Matic

18/07/2018| Abdul

Fungsi Shift Lock pada Mobil matic terbilang cukup penting. Seperti misalnya pada saat berada di supermarket atau tempat lain di area parkir. Kadang sering ditemui Mobil yang melakukan parkir paralel, ketika didorong Mobil tidak bergerak sedikitpun. Hal tersebut dikarenakan transmisi Mobil matic sedang berada pada posisi P (Parkir). Jika dalam kondisi tersebut maka roda Mobil dalam keadaan terkunci dan tidak mungkin untuk bisa didorong. Tentunya hal tersebut akan mengganggu pengendara lain yang terhalangi oleh Mobil yang parkir paralel.

Terlihat Honda CRV 2.0 RM sedang parkir pararel dengan menggunakan mode shift lock

Dengan adanya fitur Shift Lock memungkinkan Mobil matic dapat didorong saat parkir

Memang bagi pengguna Mobil matic saat parkir paralel menjadi dilema, yang mana kunci Mobil tidak dapat dilepaskan sebelum tuas transmisi diposisikan pada P. Permasalahannya adalah saat dalam posisi P maka roda terkunci dan bagi pengendara lain yang ingin menggeser Mobil matic yang parkir paralel tidak akan bisa. Bisa jadi ini dapat bermasalah karena terbilang mengganggu pengendara lain. Dalam hal inilah fitur Shift Lock pada Mobil matic memainkan perannya.

>>> Klik disini untuk mengetahui informasi harga mobil lengkap dengan spesifikasinya!

"Ada dua fungsi dari shift lock. Satu untuk keselamatan, satu lagi untuk memudahkan pengguna mobil matik, khususnya ketika sedang parkir," papar Arifani Perbowo, Logistic and Production General Manager PT Kia Mobil Indonesia.

Dengan menggunakan fitur Shift Lock pada Mobil matic memungkinkan pemiliknya untuk memarkirkan kendaraan tanpa roda terkunci. Untuk letaknya sendiri berada di dekat tuas transmisi Mobil.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya

Gambar ini menunjukkan transmisi Mobil Matic dan terdapat lingkaran menunjukkan Shift Lock slot

Jika Shift Lock tidak diaktifkan saat parkir, maka roda Mobil akan terkunci

Jadi sebelum mengaktifkan fitur ini, terlebih dahulu rem tangan harus dinonaktifkan. Sebagai contoh adalah Mobil Honda, yang mana untuk mengaktifkan dapat dilakukan dengan memasukkan gagang kunci pada lubang Shift Lock yang letaknya berada di samping kanan tuas transmisi.

Sebelumnya, lepas dahulu gagang kunci dari tempatnya atau cangkang dengan cara tombol yang berada di tengah kunci dilakukan penggeseran. Apabila telah terlepas, selanjutnya tinggal memasukkan gagang pada lubang Shift lock pada Mobil matic.

>>> Baca juga, Tips untuk Menghemat BBM Mobil Matic yang diulas oleh Cintamobil.com

Pada saat kondisi gagang masih berada di lubang Shift Lock, tariklah tuas transmisi pada posisi N dan dilanjutkan dengan melepas gagang dari lubang Shift Lock.

"Kalau tanpa tombol shift lock kan tidak bisa langsung dipindahkan ke posisi N dari posisi P. Selain itu, bila transmisi langsung di pindahkan ke tuas N saat parkir, untuk mobil matik tidak mau dicabut kunci kontaknya atau bahkan tidak mau dimatikan sebelum transmisi berada pada posisi P," ujar Arifani.

>>> Mungkin tertarik, Apa Boleh Mobil Matic Menggunakan Oli Transmisi Manual?

Gambar ini menunjukkan Transmisi Mobil Matic dengan anak panah menunjuk Shift Lock

Penggunaan Shift Lock memberi keuntungan tersendiri saan melakukan parkir paralel untuk Mobil matic

Setelah hal tersebut dilakukan maka sekarang tinggal keluar dari Mobil dan mengunci pintu Mobil. Setelah itu pemilik bisa meninggalkan kendaraannya dengan lebih tenang, karena tidak perlu khawatir lagi kalau Mobil menghalangi kendaraan lain. Dengan mengaktifkan fitur Shift Lock pada Mobil matic, pengendara lain dapat mendorong Mobilnya untuk dipindahkan agar kendaraan dapat keluar dari tempat parkir.

Dengan melihat hal tersebut, pastinya dari pihak produsen telah mempertimbangkan segala sesuatunya dengan matang. Mereka berusaha untuk memberikan keamanan dan kenyamanan pada pemilik Mobil dan juga pengendara lainnya.

>>> Ingin beli Mobil dengan harga terbaik? Kunjungi situs jual beli terpercaya di cintamobil.com

Berita sama topik

  • Panduan Registrasi, Top Up Aplikasi LET IT FLO Dan Daftar Ruas Uji Coba

    22/03/2021| Abdul

    Panduan Registrasi, Top Up Aplikasi LET IT FLO Dan Daftar Ruas Uji Coba

    Jalan tol menjadi salah satu jalan favorit masyarakat yang bepergian ke tempat cukup jauh. Hal tersebut berkat jalanannya yang terawat sehingga nyaman dilewati dan perjalanan jadi lebih cepat. Disamping hal tersebut, pengguna jalan tol perlu membayar untuk melewatinya. Dalam pembayaran sendiri saat ini menggunakan kartu elektronik, untuk yang terbaru kali ini adalah LET IT FLO. Lantas bagaimana tentang penggunaan aplikasi LET IT FLO?

  • Berniat Mengemudi Dengan Muatan Penuh, Baca Ini Terlebih Dahulu

    22/03/2021| Abdul

    Berniat Mengemudi Dengan Muatan Penuh, Baca Ini Terlebih Dahulu

    Ketika bepergian kadang kita dihadapkan dengan kondisi dimana mobil diisi dengan muatan penuh bahkan berlebih. Tidak dipungkiri hal tersebut kebanyakan dilakukan oleh pemilik mobil, apalagi saat mudik ke kampung halaman atau arus balik ke kota. Dalam hal ini yang perlu diperhatikan adalah saat mengemudi dengan muatan penuh.

  • Pengemudi Perlu Lakukan Swab Antigen, Mengapa?

    03/03/2021| Abdul

    Pengemudi Perlu Lakukan Swab Antigen, Mengapa?

    Dorongan untuk melakukan swab antigen ditujukan untuk para pengemudi. Hal tersebut saat ini mulai marak guna untuk melakukan monitoring terhadap penyebaran virus Covid-19. Jadi bagi Sobat yang kerap bepergian dengan mobil pribadi diharapkan untuk melakukannya.

International