Review Nissan Leaf Nismo RC 2019

10/12/2018 Padli Nurdin Review Nissan

Pada tahun 2011, Nissan meluncurkan apa yang disebut dengan Nissan Leaf Nismo RC, pembalap listrik yang terbuat dari serat karbon. Dengan sistem propulsi yang sebagian dipinjam dari produksi Nissan Leaf dan sentuhan eksterior mobil listrik Nissan, melaju cepat hingga hari ini, Nissan Leaf Nismo RC 2019 diperkenalkan di Jepang.

1. PENGANTAR NISSAN LEAF NISMO RC 2019

Review Nissan Leaf Nismo RC 2019 - Bahkan sebelum mobil listrik Nissan Leaf menjadi jawara di Eropa sana, Nissan sudah lebih dulu menciptakan mobil balap Nissan Leaf Nismo RC. Bukan hanya sekedar mobil listrik. Dengan ini, Nissan memamerkan apa yang bisa dilakukannya dengan kinerja mobil listrik. Dan kali ini, Nissan memperkenalkan Nissan Leaf Nismo RC 2019.

Gambar Nissan Leaf Nismo generasi pertama

Desain Nissan Leaf Nismo generasi pertama

Nissan meluncurkan demo Leaf Nismo RC (Racing Competition) pada New York International Auto Show 2011. Memiliki baterai dan motor yang sama dengan Leaf, tetapi dengan bodi monocoque serat karbon penuh yang membuatnya 40% lebih ringan daripada produksi Leaf. Percepatan 0-100 dalam 6.85 detik, mobil berpenggerak roda belakang ini memiliki kecepatan tertinggi 150 km/jam.

Diresmikan di Tokyo, Leaf Nismo RC baru ini menendang mobil lama dalam hal kinerja. Dengan dua motor listrik 120 kW, Leaf Nismo RC memiliki penggerak semua roda dan mendapatkan hampir 650 Nm. Percepatannya? 3,4 detik. Namun Nissan belum mengungkapkan baterai apa yang digunakan oleh Nismo RC atau kapasitasnya.

Gambar pengenalan Nissan Leaf Nismo RC 2019

Perkenalan pertama Nissan Leaf Nismo RC 2018 di Jepang

Masih banyak lagi yang ditanamkan pada Leaf Nismo RC generasi terbaru ini. Mari kita lanjutkan dengan review Nissan Leaf Nismo RC 2019 terbaru.

2. EKSTERIOR NISSAN LEAF NISMO RC 2019

Mobil ini mengikuti jejak Leaf Nismo RC asli yang diluncurkan tujuh tahun lalu dan disebut-sebut sebagai mobil listrik lengkap pertama di dunia. Didasarkan pada generasi Leaf pertama, dan model generasi kedua mendapatkan versi balapnya sendiri. Namun eksterior Nissan Leaf Nismo RC 2019 benar-benar berbeda dengan aslinya yang kembung.

Review Nissan Leaf Nismo RC 2019: Eksterior Depan

Terpaku pada eksterior depan Nissan Leaf Nismo RC 2019 menampilkan hidung yang menggantung rendah. Lampu depan dari model jalanan diambil dan dibuat lebih panjang untuk versi balapnya. Kaca yang melindungi dibuat lebih gelap, memberikan kesan sangar ketika LED dimatikan.  Kap panjang dengan kisi-kisi V-motion khas Nissan menonjolkan ujung depan yang baru.

Gambar tampilan depan Nissan Leaf Nismo RC 2019

Tampilan depan Nissan Leaf Nismo RC 2019

Pada kedua sisi fasia depan, ada dua bukaan persegi panjang yang berfungsi sebagai masukan udara pada mobil balap normal. Namun pada RC satu ini dibuat sebagai tempat lampu kabut LED yang sempit. Di antara lampu depan yang membungkus sudut-sudut mobil terletak kisi-kisi dengan cetakan karbon dan logo Nissan di depannya.

Review Nissan Leaf Nismo RC 2019: Eksterior Samping

Gambar tampilan samping Nissan Leaf Nismo RC 2019

Tampilan samping Nissan Leaf Nismo RC 2019

Sama seperti mobil balap lainnya, eksterior samping Nissan Leaf Nismo RC 2019 memberikan desain yang ramping untuk menambahkan aerodinamis mobil. Jika dilihat dari samping, bodywork sedikit mengangkat bagian belakang pintu kemudian turun lagi mengikuti alur lampu belakang yang membungkus buritan mobil.

Review Nissan Leaf Nismo RC 2019: Eksterior Belakang

Gambar tampilan belakang Nissan Leaf Nismo RC 2019

Tampilan belakang Nissan Leaf Nismo RC 2019

Memiliki bodywork tiga bagian dengan bagian depan dan serta eksterior belakang Nissan Nismo RC 2019 mendapatkan sayap belakang yang dapat dilepas. Lampu belakang mengikuti desain lampu depan dengan sayap belakang yang bisa disesuaikan untuk downforce ideal dan peningkatan aerodinamika berkendara di landasan.

3. INTERIOR NISSAN LEAF NISMO RC 2019

Meskipun sudah dipamerkan beberapa waktu lalu, namun Nissan belum menunjukan secara detail interior Nissan Leaf Nismo RC 2019. Tetapi untuk sekelas mobil balap, bisa dipastikan bahwa material ringan bertebaran di mana-mana. Dan berbeda dibandingkan interior generasi sebelumnya, bagian dalam dikhususkan untuk pengemudi, menghilangkan semua bagian tambahan untuk penumpang.

Review Nissan Leaf Nismo RC 2019: Dasbor

Gambar dasbor Nissan Leaf Nismo RC 2019

Desain Dasbor Nissan Leaf Nismo RC 2019

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, dasbor Nissan Leaf Nismo RC 2019 hanya dibuat sebelah dengan bagian dalam yang dikhususkan untuk pengemudi. Dengan hanya dasbor bagian kanan mendapatkan logo Nissan Nismo, dasbor bagian tengah mendapatkan layar infotainment, yang bahkan bisa digunakan untuk chattingan. Salah satu fitur yang cukup aneh jika dibawa pada kendaraan balap.

Review Nissan Leaf Nismo RC 2019: Kemudi

Seperti layaknya mobil balap yang dibuat khusus, kemudi Nissan Leaf Nismo RC 2019 memiliki desain rata bawah dan dipenuhi dengan tombol-tombol navigasi yang khas untuk efisiensi penggunaan fitur kendaraan. Tidak ada kluster instrument, tetapi ada layar di bagian tengah kemudi yang menunjukan beberapa informasi tentang kendaraan, seperti kecepatan kendaraan.

Gambar kemudi Nissan Leaf Nismo RC 2019

Kemudi Nissan Leaf Nismo RC 2019

Review Nissan Leaf Nismo RC 2019: Kursi

Yang paling jelas dari perubahan generasi kedua ini adalah, tidak sama seperti generasi sebelumnya yang memiliki dua kursi di dalam, kursi Nissan Leaf Nismo RC 2019 hanya ada untuk pengemudi. Tentu saja, untuk sekelas mobil balap, untuk apa kursi penumpang? Pengurangan kursi juga menjadi salah satu cara untuk mengurangi berat kendaraan demi kecepatan lebih kencang.

>>> Berita terbaru dan terlengkap Nissan bisa Anda dapatkan di sini:

4. FITUR NISSAN LEAF NISMO RC 2019

Untuk fitur Nissan Leaf Nismo RC 2019 mendapatkan teknologi drivetrain yang bersumber dari Nissan Leaf, termasuk baterai lithium-ion berkapasitas tinggi dan inverter. Sistem all-wheel-drive yang baru memberikan mobil ini kemampuan menikung yang luar biasa. Daya dikelola secara mandiri untuk setiap poros, langsung memasuk torsi ke ban dan membiarkan mobil bermanuver dengan cepat dan efisien di trek.

Gambar Nissan Leaf Nismo RC 2019 di trek balap

Nissan Leaf Nismo RC 2019 ketika dibawa ke trek balap

Mirip dengan model sebelumnya, keseimbangan berat sasis telah dioptimalkan oleh lokasimidship dari dua paket baterai dengan motor listrik dan inverter ditempatkan di atas ban depan dan belakang. untuk distribusi berat yang lebih baik. Selain itu, masih belum ada kejelasan tentang tambahan fitur yang diangkut oleh mobil ini.

5. OPERASI NISSAN LEAF NISMO RC 2019

Leaf Nismo RC adalah pembalap dengan penggerak semua roda. Sedangkan sistem operasi Nissan Leaf Nismo RC 2019 didukung oleh dua motor listrik yang terletak di bagian depan dan satu lagi terpasang ke as roda belakang, mengirim daya ke empat roda Michelin mobil ini. Sebagai bagian dari Intelligent Mobility Nissan, model ini dilengkapi dengan teknologi baterai canggih dan komponen drivetrain dari Nissan Leaf.

Kedua motor listrik menggabungkan untuk keluaran daya 322 daya kuda. Torsi maksimal disebut bisa mencapai 640 Nm. Pada dasarnya peningkatan ini lebih dari 50% dibandingkan dengan Leaf Nismo RC yang asli, hanya memiliki sekitar 271 Nm dengan 100 daya kuda lebih sedikit dibandingkan generasi keduanya.

Gambar baterai Nissan Leaf Nismo RC 2019

Sistem operasi akan menggunakan baterai Nissan Leaf berkekuatan 40 kWh

Nismo RC dibangun dari bodi fiber carbon monocoque yang membantu menjaga berat badan relatif rendah. Namun, mobil yang memiliki berat 1.220 kilogram ini lebih berat dibandingkan Leaf Nismo asli yang tercatat hanya 938 kilogram. Peningkatan berat badan ini berasal dari fakta bahwa mobil ini didukung oleh kemasan baterai 40 kWh yang diambil langsung dari Leaf standar.

6. SPESIFIKASI NISSAN LEAF NISMO RC 2019

Nissan terlihat masih belum mau menonjolkan detail mobil ini. Ini dia beberapa spesifikasi Nissan Leaf Nismo RC 2019 yang baru diungkapkan oleh Nissan pada saat pengungkapannya beberapa hari lalu.

Dimensi Nissan Leaf Nismo RC 2019

Panjang x Lebar x Tinggi

4.546 mm x 1.940 mm x 1.212 mm

Jarak Poros Roda

2.750 mm

Berat

1.220 kg

Mesin Nissan Leaf Nismo RC 2019

Tipe Mesin

Dua baterai berkapasitas 40 kWh

Tenaga Maksimal

322 dk

Torsi Maksimal

640 Nm

Percepatan (1-100 km/jam)

3.4 detik

Kecepatan Tertinggi

250 km/jam

Kaki-Kaki Nissan Leaf Nismo RC 2019

Suspensi Depan

Double-wishbone

Suspensi Belakang

Twin damper and springs

Rem

Ventilated Brembo

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN NISSAN LEAF NISMO RC 2019

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Nissan memberikan peningkatan yang cukup signifikan pada generasi kedua mobil ini. Tetapi apa saja kelebihan dan kekurangan Nissan Leaf Nismo RC 2019?

Kelebihan

Kekurangan

Peningkatan tampilan luar yang lebih ‘wah’ dibandingkan generasi pertama yang ‘membosankan’

Tidak ada kejelasan tentang produksi mobil ini

Tenaga dan pengendaraan yang lebih baik

Dengan produksi terbatas, harga bisa jadi lebih mahal

Mobil listrik yang bisa diajak kencang

 

8. DAFTAR HARGA NISSAN LEAF NISMO RC 2019

Sementara semua perubahan dilakukan untuk memberikan teknologi mobil balap yang besar dan cepat, bisa dijelaskan bahwa harga Nissan Leaf Nismo RC 2019 secara realistis lebih mahal. Namun tidak untuk dijual secara sembarangan, karena mobil ini juga mendapatkan produksi yang lebih mahal dibandingkan bahan konvensional. Tetapi pastinya? Belum ada konfirmasi resmi dari Nissan.

9. VIDEO NISSAN LEAF NISMO RC 2019

Sebelum diperkenalkan di Jepang beberapa hari lalu, Nissan mengunggah video Nissan Leaf Nismo RC 2019 dengan membawa mobil ini menjajal trek balap terkenal di Jepang, Fuji Speedway.

10. KESIMPULAN NISSAN LEAF NISMO RC 2019

Untuk seluruh bagian luar mobil ini telah dijelaskan bagaimana Nissan telah membuat perubahan yang lebih mulus dan ‘ganteng’ dibandingkan generasi sebelumnya. Namun masalahnya, Nissan masih belum memperkenalkan bagian dalam mobil ini dengan masih memberikan sedikit tirai hitam pada seluruh interior mobil. Namun secara keseluruhan, peningkatan telah menjadi bagian dari Leaf Nismo RC 2019.

Gambar Nissan Leaf Nismo RC 2019 di Fuji Speedway

Percobaan pertama Nissan Leaf Nismo 2019 dibawa ke sirkuit Fuji Speedway

Nissan Leaf Nismo RC 2019 generasi terbaru akan dipamerkan pada balapan Formula E dan beberapa acara besar di seluruh dunia. Pada Nismo Festival, para penggemar akan disuguhi kinerja dari tampilan terbaru Leaf Nismo RC dengan pembalap profesional, berjalan dengan kecepatan penuh mengitari sirkuit terkenal asal Negeri Matahari Terbit, Fuji Speedway.

Mungkin anda ingin baca

  • Review All New Nissan Serena Highway Star 2019: Mobil MPV Dengan Beragam Fitur Menarik

    Review All New Nissan Serena Highway Star 2019: Mobil MPV Dengan Beragam Fitur Menarik

    14/03/2019

    Nissan merupakan salah satu pabrikan yang memiliki nama di Indonesia. Produknya banyak diminati dan mampu bersaing dengan para rivalnya. Salah satu mobil yang baru dirilis adalah Nissan Serena terbaru. Perlu diketahui bahwa mobil ini memiliki 2 tipe yakni All New Nissan Serena X-Grade dan All New Nissan Serena Highway Star. Untuk kali ini kami akan memberikan informasi tentang review All New Nissan Serena Highway Star 2019.

  • Review All New Honda CR-V 2019 Varian 2.0L Non Turbo
    Review Honda Abdul

    Review All New Honda CR-V 2019 Varian 2.0L Non Turbo

    28/02/2019

    Mobil SUV mempunyai peminatnya tersendiri, meskipun di Indonesia masih banyak penyuka mobil segmen MPV. Umumnya mobil kelas SUV diminati oleh kalangan kelas atas. Nah kali ini kami akan membahas salah satu kendaraan dalam segmen tersebut dan kami rangkum dalam Review All New Honda CR-V 2019 Varian 2.0L Non Turbo.

  • Review Hyundai i20 Coupe WRC 2019
    Review Hyundai Arfian Alamsyah

    Review Hyundai i20 Coupe WRC 2019

    25/02/2019

    Inilah salah satu mobil juara World Rally Championship 2019, yaitu sebuah mobil Hyundai i20 Coupe WRC 2019. Mobil yang sama tahun lalu gagal meraih gelar juara dunia. Akankah mobil Hyundai i20 WRC 2019 akan jadi juara tahun ini?