Review New KIA Picanto 2017

30/03/2019 | Fatchur Sag

1. PENGANTAR NEW KIA PICANTO 2017

Review New KIA Picanto 2017 - KIA Picanto memang telah memproduksi mobil untuk segmen mobil kota. Sejak rilis tahun 2004 lalu, KIA telah memiliki generasi ketiga dengan fitur dan penunjang kelengkapan dalam pemakaian sehari-hari. Mobil ini bisa dibilang menjadi mobil andalan KIA untuk menggaet pasar di Indonesia.

Foto KIA Picanto 2004 tampak dari samping depan

KIA Picanto 2004, generasi pertama KIA Picanto dengan tampilan sederhana

Di pasar global, KIA Picanto telah memasuki generasi ketiga pada akhir 2017 dengan status All New. Namun mobil ini belum juga dipasarkan di Indonesia. Di situs resmi KIA Indonesia, KIA Picanto yang dipasarkan adalah New KIA Picanto atau KIA Picanto generasi kedua.

New KIA Picanto 2017 menawarkan lebih banyak fitur di semua variannya. Untuk mobil segmen Hatchback, mobil ini sangat kompeten. Di sisi mesin, Picanto ditenagai mesin berkekuatan 1248 cc. Dimana mesin ini menghasilkan 86 hp dengan torsi 120 Nm (maksimal). Mobil ini cukup efisien dan irit untuk digunakan dalam kota (14,9 kmpl) dan di jalan tol (22,2 kmpl) untuk setiap 1 liter bensinnya.

Dengan semua kebaikan yang dimilikinya melaju di jalanan kota, mobil ini cocok untuk dipakai sebagai pilihan kendaraan sehari-hari. Apa fitur yang ditawarkan oleh KIA? Berikut ulasannya!

2. EKSTERIOR NEW KIA PICANTO 2017

Review New KIA Picanto 2017 : Bagian Depan

Foto bagian depan New KIA Picanto 2017

Tampilan depan KIA Picanto generasi kedua lebih kece dan menarik

KIA Picanto dipasarkan untuk mobil perkotaan. Itulah kenapa mobil ini memiliki desain yang compact, sederhana, juga mungil. Pada bagian depannya, kita akan melihat hidung berbentuk grill dengan tiger nose yang umum dipakai oleh semua jenis mobil KIA yang memiliki bemper lebar.

Dimensi KIA Picanto memang cocok betul untuk sebuah model mobil perkotaan yang tidak makan banyak tempat, tapi tetap mampu bergerak lincah dalam kondisi apapun. New KIA Picanto 2017 tampil lebih sporty dan aerodinamis dengan lekukan bodi yang lebih halus. Lampu head lamp bagian depan stylish dengan fog lamp di posisi bemper bagian bawah.

Review New KIA Picanto 2017 : Bagian Samping

Foto bagian samping New KIA Picanto 2017

Dimensi mungil KIA Picanto membuatnya lincah di jalanan sempit

Sekarang bodi mobil tampil lebih futuristik dan tangguh dengan menonjolkan sudut-sudut yang tegas. Pun demikian, desain sporty dari mobil tidak pernah benar-benar hilang. Lekukan tegas di bagian samping adalah bukti bahwa mobil ini siap menampilkan ketangguhannya melaju di jalanan.

Pada bagian tutup bensinya sudah terdapat tuas pembuka sehingga pemilik mobil bermerek KIA akan lebih mudah membuka dan menutupnya. Mobil ini memiliki tujuh pilihan warna yang bisa dipilih, yaitu warna Clear White, Green, Alice Blue, Signal Red, Silky Silver, Milky Beige, dan Bright silver. Tentukan pilihan Anda cocok dengan warna sesuai selera.

Review New KIA Picanto 2017 : Bagian Belakang

Foto bagian belakang New KIA Picanto 2017

Desain lampu belakang New KIA Picanto 2017 cukup stylish

Bagian belakang dari mobil ini lebih boxy dengan rear wiper bagian belakang. Sayangnya bagian ini tidak dilengkapi dengan washer untuk kaca belakangnya. Sementara itu, tail lamp dan reflektor di bemper belakang menambah kesan stylish mobil ini.

>>> Baca juga:

3. INTERIOR NEW KIA PICANTO 2017

Review New KIA Picanto 2017 : Kabin

Foto kabin New KIA Picanto 2017

Seperti umumnya city car, KIA Picanto punya konfigurasi 5 seater

Ruang bagian dalam mobil ini tidak terlalu besar. Jumlah penumpang yang bisa masuk ke dalam mobil ini adalah 5 orang (2 orang di depan dan 3 orang di belakang). Namun kualitas bahan pelapis dan pengerjaan yang rapi membuat bagian kabin terhitung pas dengan kondisi mobil. New KIA Picanto 2017 menawarkan jumlah pintu sebanyak 5 buah (bagian depan 2 buah, pintu belakang 2 buah, dan pintu bagasi 1 buah).

Review New KIA Picanto 2017 : Dashboard dan Setir

Foto dashboard dan setir New KIA Picanto 2017

Belum ada head unit monitor layar sentuh untuk New KIA Picanto 2017

Desain tacometer dan speedometer di dashboard lebih modern dibanding generasi sebelumnya. Desain ini makin mantap dengan sejumlah fitur pendukung, seperti power oulet, pengingat jumlah bahan bakar, engine start stop button, lampu bagasi, vanity mirror, dan lain-lain. Bagian kemudi juga makin fungsional dengan sejumlah tombol multi fungsi.

Review New KIA Picanto 2017 : Kursi/Jok

Foto kursi New KIA Picanto 2017

Kursi bagian belakang bisa dilipat sesuai kebutuhan

Jok yang disediakan di bagian berjumlah 4 kursi, dimana kursi bagian belakang bisa dilipat untuk menambah luas kapasitas bagasi. Jok dilapisannya bahan standar, tapi bisa ditingkatkan menjadi bahan kulit. Untuk menambah kenyamanan, setiap jok ditambah penyesuai ketinggian. Jok bagian depan disediakan tempat untuk meletakkan gelas atau botol. Sedangkan jok bagian tengah disediakan arm rest sehingga membuat nyaman penumpang.

Review New KIA Picanto 2017 : Bagasi

Foto bagasi New KIA Picanto 2017

Bagasi KIA Picanto makin luas jika kursi baris kedua dilipat

New KIA Picanto 2017 berbentuk mungil. Bagaimana dengan kapasitas bagasinya? Mobil yang diproduksi Negeri Ginseng ini memiliki kapasitas bagasi sebesar 200 liter. Ya, tidak terlalu luas, tidak terlalu sempit. Untuk menambah keamanan bagian bagasi bisa dibuka atau ditutup dengan menggunakan kunci dari dalam dan luar.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

4. FITUR NEW KIA PICANTO 2017

Fitur yang dimiliki New KIA Picanto 2017 bisa dibilang cukup standar. Meskipun begitu, dengan fitur standar ini, Picanto sudah cukup memenuhi kebutuhan konsumen akan mobil kota yang aman sekaligus nyaman.

Review New KIA Picanto 2017 : Fitur keselamatan

Foto jendela New KIA Picanto 2017

Power window dengan jam protection mencegah orang terjepit

Dari sisi fitur keselamatan, bagian dalam KIA Picanto sudah disediakan safety airbag buat pengemudi dan penumpang (dewasa dan anak-anak). Seat belt (sabuk pengaman) yang ada di tiap sisi didesain dengan sangat rapi dengan pengatur ketinggian. Tidak perlu khawatir lupa memasang seat belt, karena terdapat sistem otomatis yang mengingatkan untuk pemasangannya.

Bagaimana dengan fitur keselamatan bagian luar? Cukup mumpuni, mengingat mobil ini telah dilengkapi pelindung benturan di bagian depan dan sisi sampingnya. Ketika dalam kecepatan tinggi tiba-tiba pengemudi menginjak rem, maka fitur anti-lock bracking system yang disematkan akan membuat mobil berhenti tanpa macet remnya.

Foto Smart Key pada New KIA Picanto 2017

Yang menarik, sudah ada smart key sebagai penunjang keamanan dan kenyamanan

Menambah fitur keselamatan mobil ada pengingat otomatis yang memberitahukan jika pintu masih dalam keadaan terbuka. Hal terakhir yang terdapat dalam fitur keselamatan KIA Picanto adalah sensor untuk parkir dan crash sensor. Fitur ini bermanfaat untuk meminimalkan mobil ketika hendak diparkir dalam ruang yang sempit.

Review New KIA Picanto 2017 : Fitur Kenyamanan

Pengemudi akan memiliki kenyamanan menyetir mobil, karena sudah tersedia fitur power steering serta fitur penyesuai ketinggian di bagian joknya. Untuk menambahkan kenyamanan, bagian kemudi dilapisi kulit dan telah dilengkapi berbagai fitur yang terkoneksi dengan fitur-fitur lainnya. Meskipun belum terdapat sistem teleskopik ataupun tilt.

Review New KIA Picanto 2017 : Fitur Hiburan

Gambar menunjukkan Fitur hiburan New KIA Picanto 2017

Sistem hiburan hanya bisa audio saja, belum ada head unit untuk video

Fitur hiburan yang disematkan dalam New KIA Picanto 2017 masih tergolong standar. Pengemudi dan penumpang dapat memilih menikmati musik melalui jalur bluetooth, USB, CD, DVD (opsional). Untuk menemani pengemudi yang berkendara sendirian, terdapat fitur radio AM / FM juga. Sistem speaker yang dibenamkan pada bagian depan dan belakang menambah fitur musik standar di mobil Picanto.

Sayangnya, semua fitur musik ini masih harus diaktifkan secara manual, karena belum ada fitur otomatis (perintah suara) maupun layar sentuh. Selain itu, bagi pengemudi yang belum memahami jalanan kota, daya jelajah mobil ini masih kurang nyaman. Pasalnya belum dipasangkan sistem GPS, namun itu bisa ditambahkan.

>>> New Kia Picanto Dirilis Tahun Depan dengan Segala Kelebihannya

5. OPERASI NEW KIA PICANTO 2017

Foto mesin New KIA Picanto 2017

New KIA Picanto 2017 dibekali mesin Kappa 1.2 MPI dengan tenaga maksimum 87 Ps / 6000 rpm

Kapasitas dapur pacu yang ditawarkan New KIA Picanto 2017 terhitung kecil, hanya 1200 cc. Walau demikian, mesin Kappa dengan spesifikasi 1.2 MPI Engine Dual CVVT DOHC (kapasitas 2 liter) mampu menggerakkan tenaga sebesar 87 Ps / 6000 rpm (maksimal). Pada putaran mesin 4000 rpm, mesin akan menghasilkan torsi 12,3 Kgm (maksimal). Dengan tenaga sebesar itu, akan membuat KIA Picanto enak dan nyaman ketika dikendarai di jalanan kota.

Sistem transmisi New KIA Picanto 2017 memiliki opsi otomatis atau manual, sehingga pengemudi akan lebih nyaman sewaktu melakukan oper gigi yang diinginkan. Mobil KIA Picanto juga sanggup berakselerasi cepat. Untuk mencapai jarak 0-100 km/jam hanya memerlukan tempo 11,4 detik saja.

Foto tuas transmisi otomatis New KIA Picanto 2017

Tersedia pilihan transmisi manual dan otomatis buat konsumen

Dari sisi bahan bakar, New KIA Picanto 2017 bisa disebut sebagai mobil yang cukup irit. Menurut klaim, mobil ini bisa memakan bensin dengan perbandingan 1:19. Sistem eco friendly yang dibenamkan pada semua mobil keluaran KIA membuat konsumsi BBM mobil ini bisa menjadi sangat efisien bagi pengemudi.

>>> Klik sini untuk simak review mobil Kia lainnya

6. SPESIFIKASI NEW KIA PICANTO 2017

DIMENSI

Panjang

3,595 mm

Lebar

1,595 mm

Tinggi

1,490 mm

Wheelbase

2,385 mm

MESIN

Jenis

Kappa 1.2 MPI Engine : Dual CVVT DOHC

Isi silinder

998 cc dan 1.248 cc

Daya maksimum

69 PS / 6200 rpm dan 87 PS / 6000 rpm

Torsi maksimum

12.2 kg.m / 4,000 rpm

Fuel

Petrol

Transmisi

M/T 5 speed dan A/T 4-Speed

7. KELEBIHAN DAN KEKURANGAN NEW KIA PICANTO 2017

Sebagai sebuah produk, New KIA Picanto 2017 tak terlepas dari kelebihan maupun kekurangan. Berikut ini penjelasan kelebihan serta kekurangan mobil ini.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Dari tampilan luarnya, Picanto 2017 mempunyai bentuk yang tidak mainstream. Walau begitu, bentuk ini enak bila dilihat sebagai mobil wilayah perkotaan.

Seperti sudah menjadi ciri khas mobil keluaran KIA lainnya, jarak pandang Picanto 2017 ke belakang pas-pasan.

Penggunaan bahan bakar bensinnya cukup irit dengan mesin yang cukup ekonomis.

Mobil ini tidak menerapkan sistem transmisi CVT. Jadi, walau diklaim irit bensin tetap saja masih kalah dibandingkan dengan mobil yang sudah menerapkan sistem transmisi CVT.

Pengemudi bakal merasakan kemantapan dan kemudahan pengendalian layaknya mobil wilayah perkotaan rilisan produk Eropa.

 

8. DAFTAR HARGA NEW KIA PICANTO 2017

New KIA Picanto 2017 saat ini sudah berganti generasi ketiga dengan label All New KIA Picanto. Sedangkan untuk generasi kedua, yaitu New Picanto sudah tidak lagi diproduksi. Namun bagi Anda yang benar-benar menginginkan mobil ini, Anda bisa mendapatkannya di pasar mobil bekas yang dijual di kisaran harga Rp 115 jutaan hingga Rp 135 jutaan.

>>> Daftar Harga Kia Bulan Maret 2019

9. VIDEO NEW KIA PICANTO 2017

10. KESIMPULAN NEW KIA PICANTO 2017

Foto New KIA Picanto 2017 dari arah samping depan

KIA Picanto recommended buat digunakan menempuh jarak pendek di jalanan perkotaan

Bisa dibilang, mobil New KIA Picanto 2017 cukup mumpuni dikelasnya. Dengan fitur-fitur standar yang dimiliki mobil ini nyaman digunakan sebagai opsi berkendara di jalanan kota yang macet. Namun jika digunakan untuk jarak jauh, mobil ini kurang nyaman, khususnya di bagian penumpang. Sehingga tidak masuk ke dalam mobil LCGC.

Menilik dari sisi harga, mobil Picanto cukup terjangkau. Tidak terlalu mahal, tidak terlalu murah untuk ukuran mobil mungil dengan fitur standar. Sayangnya harga purna jual mobil ini anjlok jauh ke bawah. Sehingga mobil ini lebih cocok dipakai dalam jangka waktu lama.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa

  • 03/12/2018 | Arfian Alamsyah

    Review KIA Sportage 2018

    KIA Sportage dengan desain tiger nose hadir di 2016, lalu terakhir tahun 2018 ini mendapatkan beberapa penyegaran. Bagaimana pendapat kami mengenai mobil ini?

  • 24/07/2018 | Arfian Alamsyah

    Test Drive KIA Grand Sedona Diesel 2018, Sensasi Big MPV Dengan Mesin Diesel Jagoan

    Apa yang terjadi apabila big MPV lansiran Korea menyematkan mesin diesel dengan kategori jagoan di kelasnya? Berikut ini adalah test drive KIA Grand Sedona Diesel 2018, sensasi big MPV dengan mesin diesel jagoan.

  • 26/06/2018 | Handy Goeyana

    Review Kia Sportage 2016, Harga Dan Spesifikasi Lengkap

    Setelah generasi ketiga Kia Sportage diperkenalkan pada tahun 2011 silam dan dipercantik 3 tahun setelahnya. Kini Kia Sportage sudah memasuki generasi keempat ketika diperkenalkan pada ajang GIIAS tahun 2016 silam. Review Kia Sportage 2016 selengkapnya di bawah ini.