Review Mitsubishi Galant 1998 : Mobil Sedan Masih Keren Sampai Saat Ini

01/06/2020| Abdul

1. PENGANTAR MITSUBISHI GALANT 1998

Review Mitsubishi Galant 1998 – Mobil ini menjadi salah satu sedan yang terlihat kalem bila dibandingkan dengan Lancer. Namanya terdapat dalam kasta sendiri dan hadir sebagai mobil eksekutif. Persaingan dalam segmennya bersama Toyota Camry dan Honda Accord. Kendaraan ini mempunyai nama yang melekat di tahun 90-an karena kecepatannya dan kemewahan yang dimiliki.

Bila berbicara soal mobil Galant besutan Mitsubishi, pertama kali didatangkan di Indonesia pada tahun 1977. Apabila melihatnya dalam versi global, maka Galant telah masuk dalam generasi ketiga. Adapun model yang terkenal oleh masyarakat Indonesia adalah Galant Eterna yang dihadirkan pada tahun 1988 sampai 1993.

Untuk model terakhir dari Mitsubishi Galant adalah yang diluncurkan pada tahun 1998. Hanya saja di tahun 2005 telah dilakukan penghentian dan kisahnya di Indonesia telah berakhir. Dengan umurnya yang sudah cukup lama, apakah mobil sedan ini masih bisa menjadi alternatif saat ini?

2. EKSTERIOR MITSUBISHI GALANT 1998

Review Mitsubishi Galant 1998 : Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Mitsubishi Galant 1998

Tampilan tetap keren hingga saat ini

Kita mulai pembahasan dari bagian depan, yang mana tampilannya terlihat tajam dan juga sporty. Selain itu, fascia depannya dibuat menukik tajam dan juga meruncing sehingga diinterpretasi jadi seperti moncong hiu. Untuk grille menggunakan format jaring yang dibuat sejajar dengan headlightnya. Pada bagian lampu masih halogen dan desain dari low beam serta high beam dan lampu sein dibuat terpisah. Kemudian untuk bagian foglamp terdapat di bagian bumper bawah dan masih standar pada mobil umumnya di kala itu.

Review Mitsubishi Galant 1998 : Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping mobil Mitsubishi Galant 1998

Tampil sporty dengan lekukan dari fender depan sampai ke belakang

Berlanjut ke sisi samping, terdapat lekukan bodi mulai bagian fender depan menuju ke bagian area baris belakang sehingga memiliki karakter yang sporty. Sementara untuk bagian pintu Mitsubishi Galant 1998 terdapat tambahan side body moulding. Desain tersebut dipadukan dengan penggunaan pelek ukuran 15 inci dan terbalut ban ukuran 205/60 R15.

Review Mitsubishi Galant 1998 : Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil Mitsubishi Galant 1998

Ada beberapa emblem sebagai identitas kendaraan

Di bagian belakang menggunakan taillight yang didesain sederhana dan diberikan lekukan trapezoidal. Semantara di bagian pintu bagasi terdapat yang menjorok keluar yakni bagian atasnya yang menjadikan tampilannya lebih sporty. Tidak lupa pula di dekat tempat plat nomor terdapat emblem bertuliskan Galant. Sementara di bagian kanan dan kiri pintu bagasi ada emblem Mitsubishi dan V6-24.

>>> Lihat Juga :

3. INTERIOR MITSUBISHI GALANT 1998

Review Mitsubishi Galant 1998 : Bagian Dashboard & Kemudi

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil Mitsubishi Galant 1998

Dashboard tampil modern dan senada dengan kemudinya

Di masanya desain interior cikup modern. Hal tersebut disebabkan pengaturannya yang telah menggunakan digital pada beberapa bagian. Sedangkan untuk instrument cluster mengandalkan forman analog. Pada bagian kemudi mobil mengandalkan format dengan 4 palang. Terdapat hal menarik  pada bagian dashboard yakni detil wood panel yang dihadirkan pada bagian central cluster tang dapat mengangkat kabin jadi tampak lebih mewah.

Review Mitsubishi Galant 1998 : Bagian Jok

Gambar ini menunjukkan jok mobil Mitsubishi Galant 1998

Jok menggunakan wool dan kadang ada yang melapisinya dengan leather

Mitsubishi Galant 1998 mengandalkan jok dengan bahan wool, hanya saja kadang ada yang telah dilapisi menggunakan leather. Untuk pengaturan, di bagian jok depan menggunakan knop putar yang dapat digunakan sebagai pengatur ketinggian. Sementara pada bagian belakang, jok telah dibekali dengan armrest yang dapat dilakukan pelipatan. Dengan begitu area dari armrest dapat dipakai sebagai ruang tambahan untuk kapasitas penumpang dari 2 menjadi 2 orang.

>>> Jangan Lupa Baca Artikel Review Lainnya :

4. FITUR MITSUBISHI GALANT 1998

Gambar ini menunjukkan head unit Mitsubishi Galant 1998

Fitur cukup canggih di eranya

Menuju ke bagian fitur Mitsubishi Galant 1998, pada bagian ini mengandalkan format single DIN. Di masanya untuk hiburan masih pakai kaset dipadukan dengan radio FM. Menariknya adalah untuk sistem climate control telah diberikan pengaturan elektrik dipadukan dengan layar monokrom untuk memberikan informasi. Tidak hanya itu saja, terdapat fitur penting yang diberikan dan dijadikan standar seperti power window, pengaturan spion elektrik, airbag di pengemudi saja dan juga central door lock.

>>> Baca Juga, Review Mitsubishi Delica 2017 Indonesia : Fitur Lengkap Harga Hampir Setengah Miliar

5. OPERASI MITSUBISHI GALANT 1998

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Mitsubishi Galant 1998

Mesin Mitsubishi terkenal kencang dan responsif

Berlanjut ke bagian performa, Mitsubishi memberikan mesin ECI SOHC 2.5 Liter Multi 24 Valve. Dengan mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal 163 Hp dan torsi puncaknya adalah 223 Nm. Tenaga dan torsi yang dihasilkan disalurkan ke bagian roda depan dengan mengandalkan transmisi manual 5 speed dan otomatis 4 speed. Bahkan mesin Mitsubishi Galant 1998 diklaim dapat membuat mobil melaju mulai 0-100 Km/jam dalam waktu di bawah 10 detik saja dengan mengandalkan kecepatan maksimal sebesar 215 Km/jam.

>>> Anda mau membeli mobil Mitsubishi Galant? Klik sini untuk melihat harganya

6. SPESIFIKASI MITSUBISHI GALANT 1998

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi mobil Mitsubishi Galant 1998 :

Dimensi

Panjang

4,630 mm

Lebar

1,740 mm

Tinggi

1,415 mm

Wheelbase

2,635 mm

MESIN

Jenis

Mitsubishi 6A13 2.5 Litre ECI SOHC Multi 24 valve

Transmisi

manual 5-percepatan / otomatis 4-percepatan

Daya maksimum

163 hp @ 5750 rpm

Torsi maksimum

223 Nm @ 4500 rpm

KAKI-KAKI

Rem Depan

Ventilated Disc Brake

Rem Belakang

Disc Brake

Pelek

Alloy 15 inci

Ban

205/60 R15 (Standar Pabrikan)

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN MITSUBISHI GALANT 1998

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan mobil Mitsubishi Galant 1998 :

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Sebagai mobil 90-an, fitur yang diberikan terbilang cukup canggih

Bagian kaki-kaki dan mesim perlu pengecekan saat membelinya

Tampilan mobil sedan dari Mitsubishi satu ini hingga saat ini masih tampil keren

Spare partnya mempunyai harga cukup mahal

Mesin yang diberikan terkenal responsif dan juga kencang

 

8. DAFTAR HARGA MITSUBISHI GALANT 1998

Adapun generasi kedelapan ini dihadirkan mulai tahun 1998 hingga 2005. Adapun harga bekas Mitsubishi Galant 1998 mulai dari Rp. 60 juta hingga Rp. 130 jutaan. Perlu diingat, bahwasanya harga tersebut masih tergantung dari kondisi mobilnya apakah masih bagus terawat atau masih membutuhkan perbaikan. Begitupun dengan kondisinya apakah sudah dimodifikasi atau masih standar.

 

9. VIDEO MITSUBISHI GALANT 1998

10. KESIMPULAN

Para fans setia kendaraan Mitsubishi tentunya akan terpesona dengan mobil Mitsubishi Galant 1998. Bahkan hingga saat ini mobil tersebut masih dapat ditemukan, hanya saja kondisinya sudah bekas. Dalam bahasa Perancis, arti nama mobil tersebut adalah “sangat sopan”. Bahkan mobil sedan besutan Mitsubishi satu ini memiliki tenaga yang kendatang dan tampilannya juga atraktif sehingga sampai saat ini mobil ini masih cocok untuk digunakan.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa

  • Review Mitsubishi Pajero Sport Exceed Limited 2013 : Mobil SUV Mesin Bertenaga Sparepart Mudah

    31/07/2020| Abdul

    Review Mitsubishi Pajero Sport Exceed Limited 2013 : Mobil SUV Mesin Bertenaga Sparepart Mudah

    Mempunyai sebuah mobil kadang menjadi impian banyak orang. Saat seseorang tidak bisa membeli mobil baru, maka solusinya bisa membelinya dalam kondisi bekas. Salah satu yang dapat dijadikan pilihan adalah besutan Mitsubishi yakni Pajero Sport keluaran 2013. Lantas bagaimana spek dan fiturnya? Mari kita simak ulasannya dalam review Mitsubishi Pajero Sport Exceed Limited 2013.

  • Review Mitsubishi Xpander Cross 2019 : Hadir Sebagai Penantang Di Kelas Small MPV & LSUV

    19/06/2020| Abdul

    Review Mitsubishi Xpander Cross 2019 : Hadir Sebagai Penantang Di Kelas Small MPV & LSUV

    Siapa yang tidak kenal nama Mitsubishi, sebuah pabrikan mobil ternama di Indonesia. Di tanah Air Mitsubishi memiliki varian baru yang bernama Mitsubishi Xpander Cross 2019. Kehadirannya tidak hanya menantang mobil dalam segmen small MPV, akan tetapi juga kelas LSUV. Xpander Cross akan melakukan persaingan dengan Honda BR-V, All New Terios dan All New Rush.

  • Review Mitsubishi Galant 1998 : Mobil Sedan Masih Keren Sampai Saat Ini

    01/06/2020| Abdul

    Review Mitsubishi Galant 1998 : Mobil Sedan Masih Keren Sampai Saat Ini

    Di tahun 1998 terjadi krisis moneter, namun dari pihak Mitsubishi saat itu menghadirkan salah satu produknya yakni Galant. Yang mana mobil tersebut masuk dalam segmen medium sedan bagi para penikmat kecepatan. Saat ini untuk mendapatkannya hanya dalam kondisi bekas, lantas apa saja kelebihan yang dimiliki oleh Mitsubishi Galant 1998?

International