Review Mitsubishi Pajero Sport 2009 : Mobil SUV Harga Terjangkau Dengan Performa Yang Tangguh

02/01/2020| Abdul

1. PENGANTAR MITSUBISHI PAJERO SPORT 2009

Sedikit melirik masalah sejarah dari Pajero Sport, mobil SUV kekar tersebut  pertama diproduksi tahun 1996 di Jepang. Barulah setelah setahun mobil di ekspor ke beberapa negara. Untuk komponennya dilakukan perakitannya  secara langsung di Nagoya, Aichi Jepang. Di masa itu Indonesia baru diramaikan oleh produk Toyota yakni Fortuner.

Dengan melihat hal tersebut maka Mitsubishi langsung mengambil langkah untuk masuk di dalamnya dengan meluncurkan Pajero Sport. PT Krama Yudha Berlian (KTB) yang merupakan agen pemegang merek Mitsubishi menghadirkannya dengan 3 tipe yakni Pajero Sort Exceed 4x2, GLS 4x4 dan yang terakhir adalah GLX 4x4. Semua tipe tersebut dibekali mesin DI-D DOHC Turbocharged Intercooled dengan kapasitas 2.477 cc.

Bahkan Mitsubishi Pajero Sport 2009 dalam kondisi bekas kali ini mempunyai harga yang terbilang terjangkau. Lantas bagaimana spesifikasinya, mari kita simak ulasannya di bawah ini.

2. EKSTERIOR MITSUBISHI PAJERO SPORT 2009

Review Mitsbishi Pajero Sport 2009 : Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan Mitsubishi Pajero Sport 2009

Tampak depan terlihat gahar dengan headlamp dan grille masih didesain kecil

Jika melihat dari depan Pajero maka akan tampak karakternya mengadopsi Strada Triton. Namun berbeda dengan model terbarunya kali ini yang mengandalkan Dynamic Shield Design. Dengan hal tersebut membuat tampilannya lebih berwibawa dan kesannya juga lebih gagah. Sementara untuk head lamp dibuat tersambung dengan grille utama. Untuk berjaga-jaga saat hujan dan ada kabut tebal, mobil ini telah dibekali dengan fog lamp yang berada di bagian sisi bawah.

Review Mitsubishi Pajero Sport 2009: Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping Mitsubishi Pajero Sport 2009

Dengan bodi yang besar menjadi sebuah SUV yang tangguh

Pada bagian samping Mitsubishi Pajero Sport 2009 menggunakan Step Side yang dapat mempermudah penumpang dalam masuk kabin. Dengan adanya fitur tersebut menjadi salah satu yang berguna karena ground clearance yang dimiliki memang tinggi. Ada yang menarik pada bagian sampingnya ini, yang mana pada handle pintu dan rumah kaca spion menggunakan aksen krom. Berkat desain tersebut membuat tampilan sampingnya semakin mewah.

Review Mitsubishi Pajero Sport 2009: Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan sisi belakang Mitsubishi Pajero Sport 2009

Bagian belakang terlihat standar dan tidak banyak fitur

Berlanjut ke bagian belakang Mitsubishi Pajero Sport 2009, yang mana di bagian belakang tidak begitu banyak fitur. Hanya saja menurut kami untuk desain kacanya tergolong lebar sehingga saat berkendara mempunyai visibilitas yang baik, dan ini sangat kami suka. Sementara untuk bagian lampu didesain sporty yang dipadukan dengan penggunaan Garnish Chrome yang berada di atas plat nomor.

>>> Baca Juga :

3. INTERIOR MITSUBISHI PAJERO SPORT 2009

Review Mitsubishi Pajero Sport 2009: Bagian Dashboard

Gambar ini menunjukkan dashboard mobil Mitsubishi Pajero Sport 2009

Bagian dashboard tampak unik dengan desain yang diberikan

Di bagian dashboard mobil tidak terlihat membosankan berkat penggunaan 2 warna yang dikombinasikan yaitu silver dan hitam. Mungkin bagi Sobat yang belum pernah mencoba fitur yang disematkan akan kurang terbiasa, namun setelah terbiasa akan terasa fungsinya yang dapat mempermudah pengemudian.

Jadi terdapat beberapa hal unik di dalam Mitsubishi Pajero Sport 2009, yang mana di bagian atas dashboard akan ditemukan layar MID. Kemudian di bagian tengah ada pengaturan AC dan di bagian bawah ada Head Unit. Memang terlihat cukup unik, namun pada tahun 2011 telah dilakukan perubahan dalam versi facelift nya.

Berlanjut ke bagian kemudinya terlah diberikan fitur untuk mengatur audio dengan tombol. Dengan menekan tombol bagian kiri pengemudi sudah bisa mengoperasikan audio dengan mudah, dengan begitu konsentrasi terhadap jalan akan tetap terjaga. Kemudi mobil menggunakan bahan yang nyeman saat digenggam.

Review Mitsubishi Pajero Sport 2009: Bagian Kursi

Gambar ini menunjukkan jok mobil baris kedua dan pertama Mitsubishi Pajero Sport 2009

Jok baris kedua memiliki ruang kaki lega hanya saja untuk baris ketiga cukup sempit

Berlanjut ke bagian jok mobil Mitsubishi Pajero Sport 2009, yang mana untuk baris pertama dan kedua memiliki kenyamanan yang lebih karena ruang kakinya cukup lega. Namun saat masuk pada jok baris ketiga barulah menurut kami terasa sempit dan kurang begitu nyaman untuk penumpang dewasa. Saran kami untuk kursi baris ketiga sebaiknya anak-anak saja yang menempatinya.

>>> Baca Juga:

4. FITUR MITSUBISHI PAJERO SPORT 2009

Jika melihat Mitsubishi Pajero Sport 2009 Sobat tidak perlu khawatir, karena dari segi fitu juga terbilang mumpuni. Untuk mendukung keselamatan, pihak pabrikan memberikan fitur pengereman ABS, EBD dan BA. Dengan mengandalkan fitur tersebut membuat pengereman lebih presisi dan juga empuk.

Gambar ini menunjukkan kemudi dan head unit Mitsubishi Pajero Sport 2009

Fitur mumpuni disematkan didalamnya untuk keamanan dan kenyamanan pengendara dan penumpang

Namun masih ada yang menarik lagi, yang mana mobil ini sangat tangguh baik di perkotaan atau medan berat, hal tersebut berkat penggunaan mode penggerak 4x4. Namun kehadiran sistem penggerak 4x4 hanya disediakan pada tipe GLX dan GLS saja, sementara untuk tipe Exceed ternyata absen. Fitur lainnya yang diberikan untuk mendukung keamanan adalah Immobilizer, Dual Airbag, Alarm System dan Rear Parking Sensor.

>>> Anda mau membeli mobil Mitsubishi Pajero Sport? Klik sini untuk melihat harganya

5. OPERASI MITSUBISHI PAJERO SPORT 2009

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Mitsubishi Pajero Sport 2009

Mesin mumpuni untuk jalanan perkotaan ataupun medan yang terjal

Mitsubishi Pajero Sport 2009 mengandalkan mesin berkode 4D56 yang mempunyai kapasitas 2.477 cc. Dengan mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 138 Nm dan torsi puncak yang didapatkan adalah 138 Nm. Tenaga yang dihasilkan akan disalurkan ke roda dengan menggunakan sistem transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

Namun terdapat hal yang disayangkan pada saat pertama kali dihadirkan di Indonesia. Yang mana pada versi perdana masih belum didukung dengan konfigurasi VGT, setelah itulah baru dimunculkan varian Dakar yang perilisannya dilakukan setelah 2 tahun. Hasilnya untuk Pajero Sport 2009 putaran bawahnya kurang begitu menggigit.

>>> Tips Mudah Mengganti Oli Power Steering Mitsubishi Pajero Sport

6. SPESIFIKASI MITSUBISHI PAJERO SPORT 2009

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi mobil Mitsubishi Pajero Sport 2009 :

DIMENSI

Panjang

4.695 mm

Lebar

1.815 mm

Tinggi

1.840 mm

Ground Clearance

215 mm

Jarak Poros Roda

2.800 mm

MESIN

Tipe

4D56 2.5 Liter DOHC Turbo dengan Intercooler

Kapasitas

2.477 cc

Tenaga Maksimal

138 PS / 3.500 Rpm

Torsi Maksimal

314 Nm / 2.000 Rpm

Sistem Transmisi

5 Percepatan Manual / 4 Percepatan Otomatis

Tipe Bahan Bakar

Diesel

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

70 Liter

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan

Ventilated Discs

Rem Belakang

Drum

Suspensi Depan

Double Wishbone

Suspensi Belakang

3-Link

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN MITSUBISHI PAJERO SPORT 2009

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan mobil Mitsubishi Pajero Sport 2009:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

 Image nya dapat menjadikan pemiliknya mempunyai nuansa kesuksesan dan jiwa yang maskulin

Pada saat berada di putaran bawah performa mesin yang dimiliki kurang begitu menggigit

Tersedianya mode sistem penggerak 4x4 dan sangat tangguh untuk melewati medan yang berat dengan penggunaan mesin 2,5 liter Turbo

Mempunyai jok mobil baris yang ketiga terbilang cukup sempit untuk orang dewasa namun bisa digunakan oleh anak-anak dengan lebih nyaman

Fitur yang diberikan tergolong melimpah untuk menemani perjalanan bersama keluarga tercinta

Pada versi Pra Facelift tidak diberikan mesin bensin

8. DAFTAR HARGA MITSUBISHI PAJERO SPORT 2009

Sebagai mobil SUV keluaran tahun 2009, tentunya untuk mobilnya bisa didapat dalam kondisi bekas saja. untuk harga bekas Mitsubishi Pajero Sport 2009 berkisar mulai Rp. 200 jutaan sampai Rp. 250 jutaan.

9. VIDEO MITSUBISHI PAJERO SPORT 2009

10. KESIMPULAN MITSUBISHI PAJERO SPORT 2009

Memang saat pertama dihadirkan harganya terbilang cukup mahal. Bahkan banyak anggapan yang menyebutkan bahwa Mitsubishi Pajero Sport 2009 hanya bisa dimiliki oleh orang yang berduit saja. Namun untuk saat ini harga yang ditawarkan terbilang cukup terjangkau. Ketangguhan dan kenyamanannya dapat dirasakan banyak orang. Dengan begitu maka akan menjadi sebuah kabar baik bagi para pecinta SUV, mesinnya siap untuk melintasi jalanan perkotaan ataupun medan yang terjal dapat dilibasnya.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa

  • Review Mitsubishi Pajero Sport Exceed Limited 2013 : Mobil SUV Mesin Bertenaga Sparepart Mudah

    31/07/2020| Abdul

    Review Mitsubishi Pajero Sport Exceed Limited 2013 : Mobil SUV Mesin Bertenaga Sparepart Mudah

    Mempunyai sebuah mobil kadang menjadi impian banyak orang. Saat seseorang tidak bisa membeli mobil baru, maka solusinya bisa membelinya dalam kondisi bekas. Salah satu yang dapat dijadikan pilihan adalah besutan Mitsubishi yakni Pajero Sport keluaran 2013. Lantas bagaimana spek dan fiturnya? Mari kita simak ulasannya dalam review Mitsubishi Pajero Sport Exceed Limited 2013.

  • Review Mitsubishi Xpander Cross 2019 : Hadir Sebagai Penantang Di Kelas Small MPV & LSUV

    19/06/2020| Abdul

    Review Mitsubishi Xpander Cross 2019 : Hadir Sebagai Penantang Di Kelas Small MPV & LSUV

    Siapa yang tidak kenal nama Mitsubishi, sebuah pabrikan mobil ternama di Indonesia. Di tanah Air Mitsubishi memiliki varian baru yang bernama Mitsubishi Xpander Cross 2019. Kehadirannya tidak hanya menantang mobil dalam segmen small MPV, akan tetapi juga kelas LSUV. Xpander Cross akan melakukan persaingan dengan Honda BR-V, All New Terios dan All New Rush.

  • Review Mitsubishi Galant 1998 : Mobil Sedan Masih Keren Sampai Saat Ini

    01/06/2020| Abdul

    Review Mitsubishi Galant 1998 : Mobil Sedan Masih Keren Sampai Saat Ini

    Di tahun 1998 terjadi krisis moneter, namun dari pihak Mitsubishi saat itu menghadirkan salah satu produknya yakni Galant. Yang mana mobil tersebut masuk dalam segmen medium sedan bagi para penikmat kecepatan. Saat ini untuk mendapatkannya hanya dalam kondisi bekas, lantas apa saja kelebihan yang dimiliki oleh Mitsubishi Galant 1998?

International