Review Mercedes-Benz B-Class 2019: Teknologi A-Class versi MPV

28/12/2018 Padli Nurdin Review Mercedes-Benz

Mengusung tema dan desain layaknya versi A-Class, namun dengan tampilan yang lebih fleksibel dan lebih tinggi, generasi MPV baru Mercedes-Benz B-Class 2019 menawarkan sejumlah besar fitur serta teknologi layaknya hatchback lima pintu, tetapi dibuat untuk minivan.

1. PENGANTAR MERCEDES- BENZ B-CLASS 2019

Review Mercedes-Benz B-Class 2019Mercedes-Benz B-Class 2019 yang merupakan generasi ketiga akhirnya diperkenalkan pada Paris Motor Show 2018 untuk menggantikan model tujuh tahun. Sama seperti pendahulunya, ia bersaing di segmen MPV subkompak. Dikembangkan dari basis A-Class yang lebih besar, model baru ini menggabungkan utilitas crossover kecil dengan tampilan sporty hatchback. Dan berkat pembaruan terbarunya, B-Class mendapatkan teknologi dari Mercedes yang lebih canggih.

Gambar generasi pertama Mercedes-Benz B-Class 2019

Generasi pertama Mercedes-Benz B-Class W245

Dikembangkan untuk memberikan peningkatan yang lebih baru, generasi ketiga B-Class menetapkan patokan baru di pasar MPV eksekutif. Sama seperti A-Class terbaru, mobil ini mendapatkan desain interior premium berdasarkan sedan yang lebih besar seperti E-Class dan S-Class, serta tak lupa teknologi semi-otonom yang sedang dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan besar saat ini.

Meskipun terlihat unik dengan desain MPV mewahnya, B-Class masih meminjam beberapa desain dari A-Class terbaru. Tidak mengejutkan, pasalnya B-Class generasi sebelumnya juga berbagi fitur desain dengan versi hatchback premium milik Mercedes ini.

Gambar mobil baru Mercedes-Benz B-Class 2019

MPV mewah Mercedes-Benz B-Class 2019

Mencoba bersaing pada segmen yang sedang digandrungi oleh kebanyakan produsen otomotif, besar maupun kecil, intip review Mercedes-Benz B-Class 2019 dari Mobilmo.com berikut ini.

2. EKSTERIOR MERCEDES- BENZ B-CLASS 2019

Sama seperti A-Class terbaru, eksterior Mercedes-Benz B-Class 2019 terlihat lebih sporty. Hampir dari setiap sudut, desain sporty berusaha menghapus desain datar milik generasi sebelumnya. Mulai dari fasia depan hingga lampu belakang yang dibuat mengikuti perkembangan junjungannya, A-Class, perubahan jelas memberikan peningkatan tampilan pada mobil ini. Meskipun tidak serta merta membuatnya sempurna.

Review Mercedes-Benz B-Class 2019 : Eksterior Depan

Perubahan jelas terlihat pada eksterior depan Mercedes-Benz B-Class 2019 yang mendapatkan revisi besar. Sebagai permulaan, kap mesin sekarang lebih mirip dengan mobil biasa dibandingkan minivan. Tidak naik lebih banyak ke arah kaca depan, meskipun tidak begitu datar juga, namun terlihat lebih panjang dibandingkan generasi sebelumnya.

Gambar tampilan depan Mercedes-Benz B-Class 2019

Tampilan depan Mercedes-Benz B-Class 2019

Selain itu, Mercedes juga menurunkan gril dan lampu depan. Generasi sebelumnya mendapatkan tampilan yang lebih utilitarian dibandingkan A-Class yang sangat agresif, bagian tengah dibuat lebih luas dan bilah horizontal yang lebih tipis memberikan fasia depan yang menarik. Lampu depan juga mendapatkan perubahan orientasi horizontal dan desain yang lebih ramping. Memang tidak seagresif A-Class, tetapi cukup impresif untuk mobil sekelas B-Class.

Review Mercedes-Benz B-Class 2019 :  Eksterior Samping

Gambar tampilan samping Mercedes-Benz B-Class 2019

Tampilan samping Mercedes-Benz B-Class 2019

Dilihat dari sisi, eksterior samping Mercedes-Benz B-Class 2019 mempertahankan desain hatchback tinggi milik pendahulunya. Area jendela serupa dengan jendela yang sedikit lebih panjang, pinggang agak bergelombang, serta desain samping sederhana yang membuat pintu terlihat lebih tinggi. Menghilangkan garis karakter tajam yang membentang di atas side skirt, Mercedes menawarkan beberapa opsi roda dengan ukuran mulai dari 16 hingga 19 inci.

Review Mercedes-Benz B-Class 2019 :  Eksterior Belakang

Ada peningkatan yang lebih besar pada eksterior belakang Mercedes-Benz B-Class 2019. Fasia depan dirancang ulang. Mulai dari bagian atas, ada spoiler tailgate yang direvisi lebih besar. Jendela belakang akhirnya diapit oleh pilar berwarna tubuh, bukan elemen hitam. Diambil berdasarkan A-Class, lampu belakang lebih kecil dan lebih ramping. Bentuk dan ukurannya sangat mirip, tetapi tidak setajam dan seagresif pada B-Class.

Gambar tampilan belakang Mercedes-Benz B-Class 2019

Tampilan belakang Mercedes-Benz B-Class 2019

Pada bagian bawah, Mercedes menambahkan reflektor pada bumper dan bagian hitam yang lebih khas dengan elemen yang mirip dengan diffuser dan strip trim krom. Jika diperhatikan lebih lanjut, buritan B-Class lebih sporty dibandingkan generasi sebelumnya, tetapi fasia yang hampir datar membuat B-Class masih terlihat kurang menarik dari sudut belakang.

>>> Review mobil Mercedes baru bisa Anda dapatkan di sini:

3. INTERIOR MERCEDES- BENZ B-CLASS 2019

Sama seperti pendahulunya, interior Mercedes-benz B-Class 2019 meminjam desain kabin A-Class. Tidak bisa disalahkan. Pasalnya segmen hatchback memiliki desain kabin paling menarik di pasar kompak. Sementara sebagian besar fitur desain dibuat identic dengan A-Class, B-Class menonjol berkat beberapa tampilan unik. Apa saja?

Review Mercedes-Benz B-Class 2019 :  Dasbor

Gambar dasbor Mercedes-Benz B-Class 2019

Dasbor Mercedes-Benz B-Class 2019

Salah satu perbedaan yang unik B-Class dengan A-Class terletak pada desain dua elemen horizontal pada dasbor Mercedes-Benz B-Class 2019. Model dasar dilengkapi dengan dua layar tujuh inci. Tetapi Anda bisa juga memilih layar tujuh inci disandingkan dengan layar 10.25 inci. Kesamaan juga terlihat pada ventilasi A/C yang mendapatkan tampilan turbin yang sama. Sama seperti A-Class, ada tiga ventilasi tepat di bawah layar infotainment, dan satu di setiap sudut dasbor.

Review Mercedes-Benz B-Class 2019 :  Kemudi

Gambar kemudi Mercedes-Benz B-Class 2019

Kemudi Mercedes-Benz B-Class 2019

Tak lupa, kemudi Mercedes-Benz B-Class 2019 juga dibuat identic dengan A-Class. Desain setir tiga palang yang sama serta beberapa fitur yang disematkan pada kontrol tengah kemudi memberikan kesan yang sama pada A-Class. Beberapa kontrol fitur ditingkatkan dan bisa mendeteksi gerakan menggesek layaknya yang digunakan pada tablet. Sama seperti sebelumnya, desain kemudi dipercantik dengan aksen krom.

Review Mercedes-Benz B-Class 2019 :  Kursi

Pabrikan Jerman memperbaiki kursi Mercedes-Benz B-Class 2019 untuk menawarkan posisi mengemudi yang lebih datar dan lebih nyaman untuk visibilitas yang lebih baik di belakang kemudi. Selain kursi pemanas, ada paket Multicontour Seat dengan fungsi pijat untuk kursi depan. Anda juga bisa memilih di antara tiga desain kursi depan yang berbeda: model dasar, model nyaman, dan opsi integral sporty.

Gambar kursi Mercedes-Benz B-Class 2019

Kursi Mercedes-Benz B-Class 2019

Penyempurnaan interior juga mencakup kursi belakang yang telah direvisi dengan pembagian 40:20:40. Pembagian ini disetarakan dengan standar serta akses yang lebih mudah, dibandingkan generasi sebelumnya yang memiliki akses sempit. Fitur anyar memungkinkan kursi belakang digerakkan 14 cm dan sandaran dilipat pada posisi yang lebih curam.

Review Mercedes-Benz B-Class 2019 : Bagasi

Perubahan pada kursi belakang juga memberikan keuntungan tersendiri bagi bagasi Mercedes-Benz B-Class 2019. Leganya ruang belakang memungkinkan kapasitas variabel bagasi berada dalam 455 hingga 705 liter. Mirip dengan generasi sebelumnya, tetapi ruang bagasi yang sekarang digunakan lebih efisien. Bahkan jauh lebih luas dibandingkan BMW 2 Series Active Tourer yang hanya menawarkan 468 liter di belakang kursi belakang.

Gambar bagasi Mercedes-Benz B-Class 2019

Bagasi Mercedes-Benz B-Class 2019

Ketika kursi belakang dilipat, kapasitas penyimpanan akan melonjak menjadi 1.540 liter. Ruang yang cukup untuk membawa semua peralatan dan bawang bawaan ketika Anda bepergian ke luar kota bersama keluarga. Tailgate Easy-Pack opsional memungkinkan Anda untuk membuka dan menutup pintu bagasi hanya dengan menekan tombol atau menggerakkan kaki Anda di bawah bumper.

>>> Berita teranyar Mercedes-Benz bisa Anda dapatkan di sini:

4. FITUR MERCEDES- BENZ B-CLASS 2019

Dalam hal teknologi, B-Class menampilkan perangkat lunak yang hampir sama dengan saudara hatchback-nya. Beberapa fitur Mercedes-Benz B-Class 2019 juga bisa ditemukan pada A-Class. Paket termasuk sistem ambient opsional dengan 64 warna hingga sistem infotainment BMUX (Mercedes-Benz User Experience) canggih.

Gambar fitur Mercedes-Benz B-Class 2019

Fitur terbaru dalam sistem infotainment Mercedes-Benz B-Class 2019

Tidak hanya memiliki kemampuan mempelajari cara mengemudi serta kebiasaan Anda selama berkendara, sistem infotainment juga dapatkan disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Pengoperasian layar sentuh serta navigasi dilakukan melalui teknologi augmented reality dan kontrol suara cerdas dengan pengenalan suara yang alami. Anda dapat mengaktifkannya dengan kata kode “Hai Mercedes” ketika Anda masuk ke dalam kabin.

Review Mercedes-Benz B-Class 2019 :  Fitur Keselamatan Aktif

Sama seperti A-Class, fitur keselamatan aktif Mercedes-Benz B-Class 2019 mengambil dari sedan S-Class. Terlebih, B-Class juga dapat dikemudikan secara semi-otonom dalam situasi tertentu berkat kamera dan sistem radar yang mengantisipasi lalu lintas hingga 500 meter di depan saat menggunakan data peta dan navigasi. B-Class juga mendapatkan active Brake Assist yang diperluas, sebuah sistem yang membantu mencegah tabrakan dengan kendaraan yang bergerak lebih lambat, berhenti, atau diam di depan.

Gambar MPV Mercedes-Benz B-Class 2019

B-Class memberikan penanganan lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya

Active Distance Assist Distronic, yang termasuk dalam paket bantuan mengemudi dapat mendukung pengemudi dengan menyesuaikan kecepatan saat mendekati tikungan, persimpangan atau bundaran. Active Emergency Stop Assist dan Active Lane Change Assist semakin meningkatkan keamanan dan menjadikan perjalanan jauh menjadi lebih santai.

5. OPERASI MERCEDES- BENZ B-CLASS 2019

Layaknya model pendahulunya, sistem operasi Mercedes-Benz B-Class 2019 yang baru menawarkan tenaga bensin dan diesel. Untuk mesin bensin, Mercedes-Benz tidak lagi menawarkan mesin empat silinder 1.6 dan 2.0 liter. Keduanya dihentikan untuk memberikan jalan baru unit 1.33 liter dari seri M282. Tenaga yang ditingkatkan menghasilkan 163 daya kuda serta 250 Nm torsi maksimal. Dipasangkan dengan transmisi kopling ganda tujuh kecepatan, konsumsi bahan bakar diperkirakan 5.6 hingga 5.4 liter per 100 km.

Gambar mesin Mercedes-Benz B-Class 2019

Mesin Mercedes-Benz B-Class 2019

Pindah ke diesel, kisaran dimulai dengan versi baru dari 1.5 liter empat silinder. Mesin yang dipinjam dari pengembangan aliansi Nissan-Renault mendapatkan 116 daya kuda dengan 260 torsi maksimal. Tenaga yang lebih besar 8 daya kuda didapatkan dibandingkan generasi terdahulu. B-Class diesel juga menggunakan transmisi kopling ganda tujuh kecepatan.

6. SPESIFIKASI MERCEDES- BENZ B-CLASS 2019

Baru diluncurkan tahun ini, generasi ketiga B-Class akan dipasarkan tahun depan. Kapan konsumen Tanah Air bisa mendapatkan mobil ini masih belum dikonfirmasi. Namun sebelum itu, Anda bisa melihat spesifikasi Mercedes-Benz B-Class 2019 dari Mobilmo.com berikut ini.

 

Mesin Mercedes-Benz B-Class 2019

Jenis Mesin

Bensin Mercedes-Benz M 282 1.22 Liter 4 Silinder Turbocharger

Diesel Mercedes-Benz OM 654q 2.0 liter 4-Cylinder Common-rail high-pressure injection

Tenaga Maksimum

136 dk @ 5,500 rpm (B 180) / 163 dk @ 5,500 rpm (B 200)

150 dk @ 3,400-4,400 rpm (B 200d) / 190 dk @3,800 rpm (B 220d)

Torsi Maksimum

200 Nm @ 1,460 rpm (B 180) atau 250 Nm @ 1.620 rpm (B 200)

320 Nm @ 1,400-3,200 rpm (B 200 d) atau 400 Nm @ 1,600-2,600 rpm (B 220 d)

Transmisi

7G-DCT Dual Clutch

8G-DCT Dual Clutch

Kaki-Kaki Mercedes-Benz B-Class 2019

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang            

Multi-Link

Rem Depan dan Belakang

Discs

Velg

16 inci hingga 18 inci Alloy

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN MERCEDES- BENZ B-CLASS 2019

Satu segmen dengan berbagai andalan dari produsen lain membuat perjalanan panjang mesti dilalui oleh B-Class. Dengan banyaknya kompetitor, Mobilmo.com memberikan beberapa kelebihan dan kekurangan Mercedes-Benz B-Class 2019, diantaranya yaitu,

Kelebihan

Kekurangan

Tampilan luar dan dalam yang lebih menawan dibandingkan generasi sebelumnya Desain yang tidak begitu menarik dibandingkan kompetitor

Teknologi tingkat tinggi Mercedes

Ada kemungkinan pengurangan teknologi ketika dibawa ke Indonesia

Opsi mesin yang lebih efisien

 

8. DAFTAR HARGA MERCEDES- BENZ B-CLASS 2019

Beberapa waktu lalu, Mercedes menyebutkan bahwa penjualan B-Class baru di Eropa diprogram 3 Desember lalu, dengan pengiriman kepada pelanggan dijadwalkan dimulai pada Februari 2019 mendatang. Ada 4 trim yang dipasarkan di Inggris begitu pula dengan harga Mercedes-Benz B-Class 2019 terpantau sebagai berikut.

Tipe

Harga

Mercedes-Benz B 180 AMG Line

£ 28,175 (Rp 520 jutaan)

Mercedes-Benz B 200 AMG Line

£ 32.375 (Rp 600 jutaan)

Mercedes-Benz B 200 d AMG Line

£ 30.825 (Rp 570 jutaan)

Mercedes-Benz B 220 d AMG Line

£ 32.375 (Rp 600 jutaan)

9. VIDEO MERCEDES- BENZ B-CLASS 2019

Sebagai salah satu andalan Mercedes untuk kendaraan keluarga mewah, Mercedes juga tak tanggung-tanggung memperkenalkan desain mulus mobil ini. Intip pula desain mewah dan elegan dari video Mercedes-Benz B-Class 2019 yang dikeluarkan oleh Mercedes di bawah ini.

10. KESIMPULAN MERCEDES- BENZ B-CLASS 2019

Mercedes-Benz B-Class 2019 memegang posisi sulit untuk menawarkan entri baru ke merek Mercedes, meskipun masih menjadi mobil keluarga yang relatif terjangkau bagi kelas menengah. Tekanan tidak hanya dari banyaknya kompetitor yang menggunakan segmen MPV yang sedang meroket di beberapa pasar, tetapi dari dalam dengan dikeluarkannya Mercedes GLB-Class yang akan datang.

Gambar Mercedes-Benz B-Class 2019 di jalan

Desain sporty MPV Mercedes-Benz B-Class 2019

Membuang desain yang kurang menarik dari pendahulunya dan menggunakan desain sporty yang didasarkan pada A-Class yang ramping dan seksi membuat B-Class patut untuk dilirik. Ditambahkan dengan interior berkelas dikemas fitur dan teknologi yang bisa Anda temukan pada model Mercedes yang lebih besar, B-Class 2019 tentu saja jauh lebih baik dari generasi sebelumnya. Tapi untuk bersaing dengan mobil lain? Masih belum cukup, Ferguso.

>>> Klik sini untuk lanjut simak artikel review mobil lainnya

Mungkin anda ingin baca

  • Review Renault Kwid 2016
    Review Renault Arfian Alamsyah

    Review Renault Kwid 2016

    12/06/2019

    Bisa dibilang inilah mobil dengan merek Eropa yang paling murah di Indonesia, harganya juga enggak sampai Rp 120 jutaan, lantas apakah dengan hargannya yang murah sekali membuat Renault Kwid model 2016 ini layak untuk dimiliki.

  • Review Lexus UX 250H 2019 : Mobil Crossover Kelas Premium
    Review Lexus Abdul

    Review Lexus UX 250H 2019 : Mobil Crossover Kelas Premium

    10/06/2019

    Sudah setahun lebih sejak debut pertamanya di New York Auto Show 2018. Mobil ini masuk dalam segmen kompak crossover yang ditujukan pada anak-anak muda. Untuk UX 250h merupakan varian tertinggi, berikut review Lexus UX 250h 2019 lebih lengkap.

  • Review Renault Koleos 2.5 Signature 2019 : Mobil SUV Dengan Basis X-Trail

    Review Renault Koleos 2.5 Signature 2019 : Mobil SUV Dengan Basis X-Trail

    09/06/2019

    Renault Koleos 2.5 Signature 2019 merupakan mobil yang baru saja dihadirkan di Indonesia. Mobil ini merupakan hasil perpaduan antara kemewahan khas Eropa dan ketangguhan khas Jepang. Sehingga menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Daripada penasaran, berikut ini merupakan review Renault Koleos 2.5 Signature 2019.