Review Mazda 3 2019

30/11/2018 Padli Nurdin Review Mazda

Mazda telah meluncurkan generasi keempat dari sedan kompak dan hatchback Mazda 3 2019 di Los Angeles Auto Show 2018. Model-model yang memberikan estetika teranyar Mazda, bantuan pengemudi baru, serta evolusi teknologi infotainment akan menjadi kendaraan pertama yang menampilkan teknologi mesin Skyactiv-X baru ketika mulai dijual tahun depan.

1. PENGANTAR MAZDA 3 2019

Review Mazda 3 2019 - Untuk Mazda, prolog mereka sudah selesai setelah menampilkan CX-5 dan CX-6 untuk pemanasan. Dan akhirnya muncul generasi Skyactiv Mazda 3 2019. Bersiap untuk memenangkan kembali pangsa pasar yang semakin menjauh dalam lima tahun terakhir akibat krisis keuangan global hingga bencana mengerikan yang menimpa Jepang serta industri mobilnya.

Gambar generasi pertama Mazda 3 2019

Generasi pertama hatchback Mazda 3 tahun 2003

Dikenal sebagai Mazda Axela di Jepang (kombinasi dari ‘acceleration’ dan ‘excellent’) mobil kompak yang diperkenalkan pada tahun 2003 sebagai model 2004, Mazda 3 menggantikan Mazda Familia/Protegé pada segmen C.

Generasi kedua meluncur pada tahun 2009 diluncurkan pada 2008 dengan sedan di LA Motor Show dan hatchback di Bologna Motor Show. Baru pada model 2012 Mazda mulai menawarkan Mazda 3 dengan teknologi Skyactiv yang baru dikembangan, termasuk bodi yang lebih kaku, mesin injeksi langsung, serta transmisi 6 kecepatan yang baru.

Dan untuk generasi keempat ini, Mazda akan memberikan revolusi produk baru yang lebih berani. Lebih dari model lain, keluarga hatchback lima pinta Mazda 3 2019 siap memenuhi tantangan pasar dengan kepraktisan, efisiensi, nilai, dan teknologi multimedia terbaru dari Mazda.

Gambar Mazda 3 2019 hatchback dan sedan

Generasi keempat Mazda 3 hatchback dan sedan diperkenalkan

Mengingat pentingnya perubahan yang diberikan oleh Mazda pada tampilan serta teknologi generasi keempat ini, mari kita simak review Mazda 3 2019 yang akan dijual di pasar seluruh dunia tahun depan.

2. EKSTERIOR MAZDA 3 2019

Untuk model terbaru, desain minimalis jelas terlihat pada eksterior Mazda 3 2019. Profil Mazda 3 bisa dibilang tidak memiliki garis karakter, sudut kuat atau tepian yang keras. Dibandingkan dengan desain yang hanya mengalir, kurva halus yang digunakan oleh desainer Mazda menyampaikan keanggunan serta otot besar untuk mobil ini.

Review Mazda 3 2019: Eksterior Depan

Gambar tampilan depan Mazda 3 2019

Tampilan depan Mazda 3 2019​

Gaya hatchback memiliki elemen desain depan dan belakang yang tajam dan terus berevolusi dan menyederhanakan bahasa desain Mazda. Pada eksterior depan Mazda 3 2019, lampu depan terasa seperti yang biasa ditemukan pada sports car seperti menambah daya tarik mobil ini. Dan seperti yang terlihat, gril depan dibuat lebih polos dibandingkan New Mazda 3 yang saat ini dijual di Indonesia.

Review Mazda 3 2019: Eksterior Samping

Gambar tampilan samping Mazda 3 2019

Tampilan samping Mazda 3 2019

Mazda memberikan bahasa desain terbaru sekaligus dramatis, dengan C pilar besar ketika dilihat dari sisi, eksterior samping Mazda 3 2019 mendapatkan penampilan yang sangat dinamis. Namun sayangnya, ‘kegemukan’ ini seakan harus dibayar dengan blind spot yang cukup besar ketika dilihat dari spion samping. Bahkan, bodi sampingnya terlihat kurang proporsional, meskipun hanya dari sudut tertentu.

Review Mazda 3 2019: Eksterior Belakang

Gambar tampilan belakang Mazda 3 2019

Tampilan belakang Mazda 3 2019

Sama seperti bagian depan, eksterior belakang Mazda 3 2019 menampilkan gaya bodi yang tajam dan terus berevolusi dibandingkan generasi sebelumnya. Terlihat lebih minimalis, spoiler belakang yang lebih tajam memberikan desain baru dibandingkan generasi sebelumnya. Desain lampu baru merupakan elemen kunci lebih lanjut dari Kodo. Sesuai dengan tema ‘less is more’, semua elemen yang tidak perlu dihapuskan dan meninggalkan esensi dari perlengkapan pencahayaan.

>>> Baca juga review Mazda lainnya di Mobilmo.com

3. INTERIOR MAZDA 3 2019

Interior Mazda 3 2019 menggunakan desain terbaru Mazda yang dirancang untuk mengekspresikan kekayaan dan kehangatan kulit asli. Dengan memperkenalkan desain bentuk yang berbeda pada bagian yang berbeda, material baru menciptakan ekspresi kaya yang lebih hidup.

Interior kain mengadopsi warna Greige baru, menggabungkan nada-nada kelam abu-abu dengan nuansa lembut krem untuk menciptakan suatu kenyamanan selama berkendara. Kombinasi cahaya dan detail interior memberikan desain kabin yang futuristik namun tetap menyenangkan.

Review Mazda 3 2019: Dasbor

Gambar dasbor Mazda 3 2019

Dasbor Mazda 3 2019

Layar widescreen 8.8 inci untuk sistem infotainment Mazda terletak di atas dasbor Mazda 3 2019 dan dioperasikan oleh tombol kontrol fisik di konsol tengah. Dasbor akan mendapatkan panel geser baru yang dirancang untuk desain dua lapis, ditambah dengan pergeseran cahaya yang menciptakan ekspresi linier, membantu menonjolkan sifat sporty dan penampilan berkualitas tinggi dari Mazda 3.

Review Mazda 3 2019: Kemudi

Desain kokpit menerapkan konsep ‘vanishing point’ hingga ke bagian-bagian terkecil kemudi Mazda 3 2019, termasuk jari-jari roda kemudi dan tampilan tengah. Seiring dengan menekankan sumbu yang berpusat pada pengemudi yang berjalan melalui zona kokpit, pendekatan desain mengungkapkan sumbu horizontal kedua melalui tata letak bentuk yang berjalan dari kiri ke kanan dari panel instrument ke ambang pintu di kedua sisi.

Gambar kemudi Mazda 3 2019

Kemudi Mazda 3 2019

Roda kemudi sekarang menawarkan lebih banyak rentang telescoping untuk lebih mengakomodasi berbagai bentuk tubuh. Jadi bagi pengemudi dengan tinggi di atas maupun di bawah rata-rata tidak perlu ragu untuk mengemudikan hatchback ini. Sementara itu, posisi shifter (untuk model manual dan otomatis) telah dipindah ke depan dan ke atas untuk jangkauan yang lebih mudah.

Review Mazda 3 2019: Kursi

Selain kenyamanan berkelas dari material premium, kursi Mazda 3 2019 mengadopsi struktur dasar yang dirancang untuk mempertahankan kurva S alami. Dengan begitu, kursi akan lebih menyesuaikan dengan posisi duduk natural pengemudinya.

Gambar kursi Mazda 3 2019

Kursi Mazda 3 2019

Bantalan kursi dan sandan bawah akan mendukung panggul bawah, panggul atas, dan pinggang untuk menjaga panggul dalam posisi tegak. Sementara itu, sandaran atas menyangga pusat gravitasi tulang rusuk. Struktur ini memungkinkan pengemudi untuk menstabilkan kepalanya dalam mode natural dengan menggeser panggul dan tulang belakang untuk menjaga keseimbangan selama mengemudi.

>>> Dapatkan berita terbaru Mazda hanya di Mobilmo.com:

4. FITUR MAZDA 3 2019

Gambar fitur Mazda 3 2019

Berbagai fitur baru disematkan pada Mazda 3 2019

Mazda 3 merupakan mobil produksi pertama yang menawarkan inovasi mesin Mazda Skyactiv-X. Fitur Mazda 3 2019 termasuk airbag lutut untuk kursi pengemudi. Dan sepertinya versi Mazda Connect akan menampilkan konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay yang baru diumumkan. Meskipun pengumuman awal tidak menyebutkan teknologi ini.

Review Mazda 3 2019: Fitur keamanan i-Activsense

Akhirnya Mazda memberikan teknologi i-Activsense yang ditanamkan pada beberapa perubahan terbaru mereka dengan beberapa fitur baru untuk membantu keamanan pengemudi menjadi lebih terjaga. Mazda 3 akan tersedia dengan Driver Monitoring System berbasis kamera inframerah yang mengawasi mata serta kelopak mata pengemudi. Sistem akan memastikan pengemudi fokus ke jalan selama mengemudi.

Teknologi yang dikembangkan untuk mencegah kecelakaan lebih buruk akibat pengemudi yang mengantuk akan menggunakan IR LED yang tak terlihat untuk menerangi wajah pengemudi dalam gelap. Teknologi ini tentunya sangat berguna untuk mencegah pengemudi tertidur ketika sedang mengemudi pada malam hari.

Gambar rangka Mazda 3 2019

Fitur keselamatan dan rangka dibuat lebih tangguh

Sistem Cruising & Traffic Support yang baru membantu input akselerator, rem dan kemudi untuk mengurangi kelelahan ketika berkendara dalam kemacetan lalu lintas jalan raya. Seperti fitur Traffic Jam Assist dari Audi, teknologi ini adalah bantuan kemudi dengan sistem akan menangani percepatan dan pengereman untuk menjaga jarak aman dengan mobil di depan.

Selain itu, sistem bantuan pengemudi Mazda 3 juga dilengkapi dengan Front Cross Traffic Alert baru yang sudah dikembangkan. Menggunakan radar yang sudah diaktifkan pada bagian sisi-sisi mobil untuk mendeteksi lalu lintas yang datang dari persimpangan atau ketika Anda keluar dari gang atau garasi menuju lalu lintas yang sepi.

5. OPERASI MAZDA 3 2019

Seperti yang dijelaskan di atas, Mazda 3 akan mendapatkan teknologi mesin Skyactiv. Belum ada penjelasan tentang penggunaan di luar, tetapi untuk Amerika sendiri sistem operasi Mazda 2019 sepertinya akan menggunakan Skyactiv-G 2.5 liter yang akan diluncurkan pada awal 2019. Tenaga dan torsi memang belum disebutkan, tetapi setidaknya pengguna bisa mengharapkan rataan 184 daya kuda serta torsi maksimal 250 Nm.

Gambar mesin Mazda 3 2019

Mazda 3 2019 akan mendapatkan mesin Skyactiv-G dan Skyactiv-X

Mazda 3 akan tersedia dengan transmisi manual enam kecepatan atau pengiriman otomatis enam kecepatan ke roda depan. Selain itu, sistem all-wheel-drive i-Activ Mazda akan tersedia untuk generasi ini dengan vektor torsi G-Vectoring Control Plus siap memberikan tenaga penuh selama perjalanan.

Tidak seperti komposisi desain interior dan eksterior yang disederhanakan, mesin Skyactiv-X dengan sistem M Hybrid yang lebih kompleks kemungkinan akan memulai debutnya pada akhir 2019. Menggabungkan kompresi ultra tinggi, supercharger kecil, waktu pembakaran kompleks, Skyactiv-X berasal dari mesin diesel dan bahkan sistem hibrida ringan. Dan nantikan saja, Mazda 3 akan mendapatkan mesin ini beberapa bulan ke depan.

6. SPESIFIKASI MAZDA 3 2019

Masih belum banyak yang disebutkan oleh Mazda dalam peluncuran terbaru generasi keempat ini, namun ini dia sedikit spesifikasi Mazda 3 2019 yang dirangkum oleh tim Mobilmo.com.

Dimensi Mazda 3 2019

Panjang x Lebar x Tinggi

4.459 mm x 1.797 mm x 1.445 mm

Wheelbase

2.776 mm

Mesin Mazda 3 2019

Tipe Mesin

2.0 L dan 2.5 L Skyactiv-G

Daya Maksimal

184 dk

Torsi Maksimal

250 Nm

Transmisi

6 kecepatan Skyactiv-MT dan Skyactiv-Drive otomatis

Kaki-Kaki Mazda 3 2019

Suspensi Depan

MacPherson strut

Suspensi Belakang

Torsion beam

Rem

Vented discs/Solid discs

Ban Depan

205/60R16

Ban Belakang

215/45R18

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN MAZDA 3 2019

Dibandingkan dengan generasi ketiga yang diperkenalkan pada 2013 lalu, terdapat beberapa perubahan luar dan dalam. Karena itu, berikut kelebihan dan kekurangan Mazda 3 2019 yang Mobilmo.com temukan.

Kelebihan

Kekurangan

Desain eksterior dan interior dibuat lebih minimalis dengan tampilan yang mulus dan elegan

Visibilitas bagian belakang yang buruk serta lebih banyak blind spot

Efisiensi lebih baik dengan teknologi Skyactiv-X dan Skyactiv-G yang mungkin akan ditambahkan tahun depan

Desain samping terlihat kurang proporsional dengan sisi samping roda belakang yang membesar

Sistem keselamatan lebih banyak dan beragam

 

8. DAFTAR HARGA MAZDA 3 2019

Mazda memang belum mengungkapkan kisaran harga Mazda 3 2019, meskipun versi hatchback dan sedan baru akan meluncur tahun depan. Namun berdasarkan beberapa sumber, Mazda 3 kemungkinan besar akan dihargai $ 22.000, atau setara dengan Rp 315 juta. Dengan perbandingan harga New Mazda 3 di Indonesia saat ini terpantau seharga Rp 420 juta, bukan tidak mungkin mobil ini akan dihargai Rp 450 juta ketika dibawa ke Tanah Air.

9. VIDEO MAZDA 3 2019

Bahkan sebelum LA Motor Show 2018, Mazda sudah lebih dulu memperkenalkan generasi keempat Mazda 3. Ini dia video Mazda 3 2019 untuk perkenalan pertama mobil ini di hadapan publik.

10. KESIMPULAN MAZDA 3 2019

Berdasarkan filosofi perancangan mobil yang terus bertumbuh mengikuti dinamisme perubahan manusia, Mazda telah secara dramatis meningkatkan atribut pengemudian mobil mendasar untuk Mazda 3 2019. Anda bisa merasakan perubahan yang mendasar, seperti pada percepatan, menikung, hingga pengereman lebih terasa alami dibandingkan sebelumnya.

Gambar desain minimalis Mazda 3 2019

Desain minimalis dipertegas oleh Mazda untuk generasi keempat Mazda 3

“Mazda3 terbaru yang kami ungkapkan hari ini memulai era baru untuk Mazda,” kata Akira Marumoto, Direktur Perwakilan, Presiden dan CEO Mazda. “Generasi mobil Mazda berikutnya akan meningkatkan nilai pengalaman kepemilikan mobil. Meskipun produk ini, kami akan terus meningkatkan nilai merek Mazda dan bekerja menuju tujuan kami untuk membangun ikatan yang kuat dengan pelanggan di seluruh dunia. ”

Mungkin anda ingin baca

  • Review Wuling Cortez 1.5 LT Lux+ CVT 2019
    Review Wuling Fatchur Sag

    Review Wuling Cortez 1.5 LT Lux+ CVT 2019

    08/08/2019

    Mobil di kelas MPV dengan mesin turbo berkapasitas 1,5 L ini dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang modern dan canggih. terlebih lagi karena Wuling Cortez 1.5 LT Lux+ CVT 2019 adalah tipe tertinggi dibanding Cortez CT yang lain.

  • Review DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2019
    Review Arfian Alamsyah

    Review DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2019

    07/08/2019

    Pemain asal Tiongkok ini cukup berani melawan hegemoni pemain lawas asal Jepang dan juga India. Mobil niaga yang satu ini hadir dengan pendekatan yang berbeda, ia lebih bisa memberikan kenyamanan pengemudi dan hadir dengan tampilan menarik. Inilah ulasan kami mengenai DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2019

  • Review Renault Duster 2019
    Review Renault Fatchur Sag

    Review Renault Duster 2019

    06/08/2019

    Membicarakan mobil Eropa di Indonesia, mungkin harga tinggi menjadi salah satu hal yang pertama terngiang dalam pikiran Anda. Namun bila anda melirik Renault Duster 2019, Anda akan berpikir sebaliknya. Mobil ini dilepaskan di Indonesia dengan harga sekitar 279 juta dan itu lebih murah dibanding compact SUV merek Jepang. Seperti apa luar dalam mobil ini, simak review Renault Duster 2019 berikut!