Review Jeep Gladiator 2019

12/12/2018 Padli Nurdin Review Jeep

Tepat pada gelaran Los Angeles Auto Show 2018, Jeep membawa kembali Gladiator dari kematian. Setelah dimatikan selama 30 tahun, Jeep Gladiator 2019 akhirnya menyapa penggila off-road dengan berbagai peningkatan dan tampilan yang membuat mobil ini lebih modern.

1. PENGANTAR JEEP GLADIATOR 2019

Pada tahun 1962, Willys Motors memperkenalkan Jeep Gladiator, sebuah truk pikap berdasarkan Jeep Wagoneer SJ. Mobil ini tetap diproduksi selama 26 tahun berikutnya di platform yang sama namun dihentikan pada tahun 1987. Dan akhirnya FCA memperkenalkan Jeep Gladiator 2019 pada Los Angeles Auto Show 2018.

Gambar Jeep Gladiator 1962

Generasi pertama Jeep Gladiator yang dibuat berdasarkan Jeep Wagoneer SJ

Kehadiran Jeep Gladiator 2019 merupakan penegasan Jeep untuk kembali menguasai pasar yang dipenuhi oleh SUV besar dan truk pikap yang berada di puncak tangga penjualan, termasuk di Amerika sendiri. Pikap ini digambarkan oleh Jeep sebagai truk menengah paling mumpuni yang pernah ada dan akan dilengkapi dengan daftar panjang aksesoris dan opsi personalisasi yang membuatnya menjadi kekuatan baru tahun depan.

Dibuat berdasarkan Wrangler yang legendaris, versi truk akan memasangkan kabin empat pintu dengan berbagai peralatan penting bagi pecinta off-road. Termasuk ban off-road besar, suspensi kokoh, serta sistem all-wheel-drive yang canggih. Sementara mesin V6 bertenaga diesel masih ditahan, hanya versi bensin yang tersedia saat Gladiator mulai dijual pada paruh kedua tahun depan.

Gambar pengendaraan Jeep Gladiator 2019

Jeep Gladiator 2019 siap dibawa ke medan berat

Tentu saja masih banyak desain dan fitur yang membedakan Gladiator dengan Wrangler selain namanya. Penasaran? Intip review Jeep Gladiator 2019 lebih lengkap hanya di Mobilmo.com.

2. EKSTERIOR JEEP GLADIATOR 2019

Gladiator baru dbangun dari atas rangka baja ringan dan berkekuatan tinggi di atas wheelbase 19,4 inci lebih panjang dibandingkan Jeep Wrangler 4 pintu. Di bagian luar, eksterior Jeep Gladiator 2019 terlihat seperti Jeep lainnya dengan gril berbentuk keystone, lampu depan bundar dan lampu ekor persegi, keduanya menampilkan teknologi LED.

Review Jeep Gladiator 2019​: Eksterior Depan

Melihat eksterior depan Jeep Gladiator 2019 yang terlihat kasar, kita bisa langsung mengenalinya sebagai Jeep. Meminjam tampilan depan saudaranya, Wrangler, fascia depan dilengkapi dengan gril tujuh slot tradisional. Namun slotnya sedikit lebih lebar untuk asupan udara tambahan dan membatu kapasitas penarik yang meningkat.

Gambar Jeep Gladiator 2019

Tampilan depan Jeep Gladiator 2019

Bagian atas gril juga dibuat memanjang ke belakang untuk meningkatkan aerodinamika kendaraan. Bumper dan lampu depan berasal dari Wrangler juga, dengan lampu LED dan foglamp tersedia pada model Rubicon. Kesamaan juga terlihat pada kap mesin dan kaca depan yang bisa dilipat. Dipasangkan dengan pintu aluminium ringan yang bisa dilepas. Kaca depan yang dapat dilipat menjadikan Gladiator satu-satunya truk pikap terbuka di pasaran.

Review Jeep Gladiator 2019​: ​Eksterior Samping

Tidak ingin mengubah desain yang sudah lama melekat dengan Jeep, eksterior samping Jeep Gladiator 2019 masih sama seperti biasanya. Sedangkan Jeep memiliki Tool Kit atau perawatan untuk memudahkan proses pelepasan serta pemasangan pintu pada bagian atap.

Gambar tampilan samping Jeep Gladiator 2019

Tampilan samping Jeep Gladiator 2019

Jeep juga memberikan dua pilihan atap mobil, Soft Top dan Hardtop. atap Soft Top memiliki kapabilitas peredam suara bising dari luar dengan mode Hardtop mendapatkan fitur Rear-Sliding Window manual. Bagian atas berwarna hanya tersedia untuk model Overland dan Rubicon. Semua hardtop memiliki jendela geser belakang manual.

Review Jeep Gladiator 2019​: ​Eksterior Belakang

Gambar tampilan belakang Jeep Gladiator 2019

Tampilan belakang Jeep Gladiator 2019

Bumper belakang direvisi untuk menggunakan tangga tengah, sementara menawarkan ruang untuk tow hook pada bagian bawah. Tailgate juga dimodifikasi, dibuat lebih lebar dari Wrangler untuk mempermudah pemuatan barang-barang besar dan fitur pegangan di bagian atas. Eksterior belakang Jeep Gladiator 2019 memiliki lampu belakang persegi yang sama dengan Wrangler, dengan lampu LED tersedia sebagai opsi.

Review Jeep Gladiator 2019​: ​Bak

Gambar bak Jeep Gladiator 2019

Tampilan bak Jeep Gladiator 2019

Gladiator dilengkapi dengan bak yang bisa menampung hingga 1000 liter pada bagian belakang. Bak Jeep Gladiator 2019 ini menyediakan cukup ruang untuk mengangkut barang-barang besar. Kabar baiknya, Gladiator memiliki banyak fitur bak belakang, standar atau opsional. Dilengkapi pencahayaan, sumber daya eksternal tertutup yang tersedia (400 watt, 115 volt), sistem manajemen karo Trail Rail yang tersedia menyediakan opsi penyimpanan tambahan.

>>> Berita terbaru pasar mobil ada di sini:

3. INTERIOR JEEP GLADIATOR 2019

Tidak mengherankan jika interior Jeep Gladiator 2019 dipinjam dari Wrangler. Namun Gladiator mendapatkan perubahan yang menggembirakan, dimana material plastik kelas rendah yang terdapat pada Wrangler sebelumnya sudah diganti dengan material yang lebih nyaman dan permukaan lembut. Tentu, kontrol pusat masih sama, namun sistem infotainment baru sudah diberikan pada beberapa fitur.

Review Jeep Gladiator 2019​: ​Dasbor

Gambar dasbor Jeep Gladiator 2019

Dasbor Jeep Gladiator 2019

Baik konsol tengah dan dasbor Jeep Gladiator 2019 mempertahankan desain tradisional. Terlihat kasar dan ‘boxy’, namun terasa lebih model dalam finishing dan styling. Ventilasi A/C yang bulat platinum chrome bezel untuk nuansa yang lebih premium. Tentu saja, Gladiator menjadi lebih mewah ketika Anda menginginkan trim level tinggi, dengan Overland menampilkan permukaan lembut dasbor dengan aksen jahitan, hal yang sama tersedia pada model Rubicon.

Review Jeep Gladiator 2019​: ​​Kemudi

Sama seperti kursi, kemudi Jeep Gladiator 2019 juga dibungkus kain dengan opsi kulit tersedia. Untuk membantu Anda selama berkendara, kemudi juga menghadirkan beberapa tombol, termasuk fungsi audio, suara, dan kecepatan.

Gambar kemudi Jeep Gladiator 2019

Kemudi Jeep Gladiator 2019

Sedangkan kluster instrument dilengkapi dengan layar 3.5 inci sebagai standar. Namun jika Anda tidak puas dengan layar yang kecil, Anda bisa meng-upgrade untuk mendapatkan layar 7 inci. Layar besar tersebut memungkinkan Anda untuk mengkonfigurasi informasi lebih dalam, dan memantau informasi seperti file media, tekanan ban, peringatan pengisian ban, dan kecepatan berkendara.

Review Jeep Gladiator 2019​: ​Kursi

Untuk tampilan standar, kursi Jeep Gladiator 2019 dibungkus rapi dengan kain. Tetapi Anda juga bisa memilih jok kulit dengan aksen jahitan. Fitur opsional juga termasuk fungsi pemanas. Jeep juga merevisi kursi belakang agar menyediakan lebih banyak ruang untuk kaki. Jeep juga mengklaim bahwa Gladiator menawarkan ruang kaki belakang terdepan di segmennya, meskipun belum ada angka pasti.

Gambar kursi Jeep Gladiator 2019

Kursi Jeep Gladiator 2019

Berbeda dengan Wrangler, Gladiator memiliki desain unik yang dapat dikunci untuk memberikan penyimpanan yang aman di belakang kursi baris kedua. Kursi belakang juga dapat dilipat untuk ruang penyimpanan tambahan atau lantai datar jika Anda menginginkan ruang kompartemen yang lebih besar.

>>> Klik untuk membaca review mobil lainnya:

4. FITUR JEEP GLADIATOR 2019

Gladiator diluncurkan dengan sistem Uconnect generasi keempat yang dikemas dengan Apple CarPlay dan Android Auto. Fitur Jeep Gladiator 2019 dapat dikontrol melalui salah satu dari dua layar, 7.0 inci dan 8.4 inci. Layar ini dapat menampilkan gambar dari depan Gladiator. Pada trim Rubicon, kamera yang menghadap ke depan digunakan untuk menampilkan penghalang tidak terlihat oleh pengemudi.

Gambar pengemudian Jeep Gladiator 2019

Dengan berbagai teknologi terbaru, Jeep Gladiator 2019 siap dibawa kemana saja

Kluster instrument mendapatkan layar TFT 3.5 inci kecil atau berukuran ganda, tergantung trim yang dipilih. Pengisian gadget dan kebutuhan streaming media ditangani oleh dua port USA dan USB-C di depan serta dua port USB di bagian belakang. Dan yang terpenting, stop kontak AC 115 volt juga tersedia untuk pengisian smartphone Anda selama perjalanan.

Review Jeep Gladiator 2019​: ​Fitur Keselamatan Aktif

Jeep mengatakan fitur keselamatan aktif Jeep Gladiator 2019 mengemas sekitar 80 sistem keamanan baru, termasuk Blind-spot Monitoring, deteksi Rear Cross Path, kamera off-road menghadap ke depan, kamera cadangan ParkView standar dengan garis grid dinamis. Sedangkan Adaptive Cruise Control dan kontrol stabilitas elektronik (Electronic Stability Control) dengan mitigasi roll elektronik akan memberikan kenyamanan selama berkendara.

5. OPERASI JEEP GLADIATOR 2019

Mesin yang tersedia untuk reinkarnasi Gladiator ini adalah 3.6 liter Pentastar V6 yang mengembangkan 285 daya kuda dan 352 Nm torsi dan dipasangkan dengan transmisi manual enam kecepatan standar. Sedangkan sistem operasi Jeep Gladiator 2019 juga menyediakan transmisi otomatis delapan kecepatan. Dan mulai tahun 2020, Gladiator akan mendapatkan 3.0 liter EcoDiesel V8 yang dipasangkan dengan transmisi otomatis delapan kecepatan. Unit ini akan mengembangkan 260 daya kuda dan hampir 600 Nm torsi.

Gambar mesin V6 Jeep Gladiator 2019

Mesin V6 Pentastar 3.0L milik Jeep Gladiator 2019

Off-roading terbaiknya dimungkinkan melalui penggunaan sistem Command-Trac dan Rock-Trac 4x4, as Dana 44, hingga ban off-road 33 inci. Selain itu, untuk membuat pengendaraan di medan ekstrim, suspensi telah disetel untuk menangani beban beban berat.

6. SPESIFIKASI JEEP GLADIATOR 2019

Gladiator baru akan dipasarkan tahun depan dengan beberapa pasar memang sudah mendapatkan prediksi kapan menerima reinkarnasi SUV Jeep ini. Tapi untuk spesifikasi Jeep Gladiator 2019, Anda bisa melihat detail berikut ini.

Dimensi Jeep Gladiator 2019

Panjang x Lebar

5.539 mm x 1.875 mm

Tinggi Soft Top

1.933 mm

Tinggi Hardtop

1.882 mm

Jarak Poros Kaki

3.487 mm

Volume Bak

1005 liter

Mesin Jeep Gladiator 2019

Tipe Mesin

3.6 liter Pentastar V6 (opsi 3.0 liter diesel pada 2020)

Isi Silinder

3/604

Tenaga Maksimal

385 @ 6.400 rpm

Torsi Maksimal

352 Nm @ 4.400 rpm

Transmisi

Enam percepatan

Kaki-Kaki Jeep Gladiator 2019

Suspensi Depan

Five-link coil system with a lateral control arm

Suspensi Belakang

five-link setup dengan two upper and two lower forged steel longitudinal control arms dan track bar lateral axle controls

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN JEEP GLADIATOR 2019

Setelah sukses dengan Jeep Wrangler-nya, Jeep memang memberikan panggung yang tepat untuk Gladiator: dimana pasar sedang haus akan SUV dan mobil pikap (setidaknya untuk pasar Amerika). Namun secara keseluruhan, ada beberapa kelebihan dan kekurangan Jeep Gladiator 2019 yang dirangkum oleh tim Mobilmo.com.

Kelebihan

Kekurangan

Kembalinya desain dan tampilan truk pikap Jeep

Lebih mahal jika dibandingkan dengan kompetitornya

Punya dua pilihan mesin (meskipun diesel baru akan diluncurkan dua tahun lagi)

Masih harus menunggu lama untuk berbagai tambahan fitur dan mesin Gladiator

Kapabilitas dan kekuatan off-road yang tidak perlu diragukan lagi

 

8. DAFTAR HARGA JEEP GLADIATOR 2019

Karena baru akan dipasarkan tahun depan, Jeep masih belum merilis informasi harga untuk Gladiator. Tetapi melihat spesifikasi dan teknologi yang dipakai, diasumsikan bahwa biaya mobil ini lebih mahal daripada Wrangler. Dengan Wrangler dijual seharga Rp 869 jutaan di pasar Indonesia saat ini, harga Jeep Gladiator 2019 kemungkinan mencapai Rp 1 Miliar. Tetapi untuk lebih tepatnya, nantikan informasi selanjutnya dari Mobilmo.com.

9. VIDEO JEEP GLADIATOR 2019

Tidak menarik hanya melihat gambar saja. Saksikan juga video Jeep Gladiator 2019 yang menunjukan penampilan perdana Gladiator pada LA Motor Show 2019 beberapa waktu lalu.

10. KESIMPULAN JEEP GLADIATOR 2019

Mulai kuartal kedua tahun depan, Jeep Gladiator 2019 akan tersedia dalam empat konfigurasi trim yang berbeda, Sport, Sport S, Overland, dan Rubicon. Mobil baru ini akan dirakit oleh FCA di Toledo, di fasilitas Ohio dan kemungkinan akan menjadi salah satu pilihan terbaik di pasar saat Anda menjadi mobil untuk off-road.

Gambar jalanan Jeep Gladiator 2019

Jeep Gladiator 2019 siap menempuh perjalanan di meda off-road

Benar, sesuai namanya, kedatangan Gladiator akan menjadi penantang berat di pasar tahun depan. Tidak hanya bagi penggemar Jeep, tetapi untuk segmen SUV. Fakta bahwa Wrangler sangat populer memang membantu, tetapi Gladiator layak mendapatkan kredit tersendiri karena kemampuannya yang kuat, kemampuan off-road, dan peringkat penarik terdepan di kelasnya.

Mungkin anda ingin baca

  • Review All New Nissan Serena Highway Star 2019: Mobil MPV Dengan Beragam Fitur Menarik

    Review All New Nissan Serena Highway Star 2019: Mobil MPV Dengan Beragam Fitur Menarik

    14/03/2019

    Nissan merupakan salah satu pabrikan yang memiliki nama di Indonesia. Produknya banyak diminati dan mampu bersaing dengan para rivalnya. Salah satu mobil yang baru dirilis adalah Nissan Serena terbaru. Perlu diketahui bahwa mobil ini memiliki 2 tipe yakni All New Nissan Serena X-Grade dan All New Nissan Serena Highway Star. Untuk kali ini kami akan memberikan informasi tentang review All New Nissan Serena Highway Star 2019.

  • Review All New Honda CR-V 2019 Varian 2.0L Non Turbo
    Review Honda Abdul

    Review All New Honda CR-V 2019 Varian 2.0L Non Turbo

    28/02/2019

    Mobil SUV mempunyai peminatnya tersendiri, meskipun di Indonesia masih banyak penyuka mobil segmen MPV. Umumnya mobil kelas SUV diminati oleh kalangan kelas atas. Nah kali ini kami akan membahas salah satu kendaraan dalam segmen tersebut dan kami rangkum dalam Review All New Honda CR-V 2019 Varian 2.0L Non Turbo.

  • Review Hyundai i20 Coupe WRC 2019
    Review Hyundai Arfian Alamsyah

    Review Hyundai i20 Coupe WRC 2019

    25/02/2019

    Inilah salah satu mobil juara World Rally Championship 2019, yaitu sebuah mobil Hyundai i20 Coupe WRC 2019. Mobil yang sama tahun lalu gagal meraih gelar juara dunia. Akankah mobil Hyundai i20 WRC 2019 akan jadi juara tahun ini?