Volkswagen Beetle Ini Dapatkan Restorasi Karena Kesetiaannya Melaju Selama 50 Tahun

11/12/2018 Padli Nurdin Pasar Mobil

Volkswagen Beetle memang menjadi mobil ikonik yang sudah bertahun-tahun melaju di jalanan di seluruh dunia. Dan bagi Kathleen Brooks, VW Beetle-nya sudah menemaninya selama lebih dari 50 tahun. Melihat hal tersebut, Volkswagen Beetle Amerika Utara bersiap untuk merestorasi mobil klasik tersebut.

Kathleen Brooks membeli Volkswagen Beetle miliknya pada Desember 1966 dan menggunakannya untuk pengendaraan hariannya. Dinamai ‘Annie’, Beetle merah tersebut telah mencapai lebih dari 560.000 kilometer dan masih berjalan. Dan ketika VW Amerika Utara mendengar tentang Kathleen dan Beetle-nya, mereka menawarkan untuk mengembalikan ‘Annie’ di pabrik mereka di Puebla, Meksiko.

Gambar Kathleen Brook bersama VW Beetle miliknya

Kathleen Brook bersama ‘Annie’ miliknya

Puebla merupakan ‘rumah’ bagi VW Beetle di Amerika Utara. "Kami sering mendengar cerita tentang pemilik Volkswagen yang berdedikasi, tetapi ada sesuatu yang istimewa tentang Kathleen dan Annie yang kami rasa perlu kami hargai," kata Derrick Hatami, Wakil Presiden Eksekutif, Penjualan dan Pemasaran, Volkswagen of America.

>>> Jenuh Duduk di Museum, Mobil Klasik Aston Martin Dapatkan Tenaga Listrik

“Beetle asli meluncurkan bisnis kami di Amerika Serikat. Ini bukan hanya Beetle, itu adalah anggota keluarganya, dan setelah sekian lama karyawan kami menghabiskan waktu dengan kendaraan khusus ini, kami merasa Annie adalah bagian dari keluarga kami juga,’ lanjutnya.

Gambar Kathleen Brook di dalam VW Beetle miliknya

VW Beetle tersebut telah menemaninya selama lebih dari 50 tahun

Kathleen yang dengan pasien dan korban kanker payudara, mengungkapkan bagaimana ‘Annie’ menjadi temannya selama ini. “Saya telah mengatakan berkali-kali bahwa dia dan saya sangat mirip karena dia sudah tua, dia memudar, dia sinting, dia penyok, dia berkarat, tetapi Anda tahu apa? Dia terus berlari,” kata Brooks. “Dan selama saya merawatnya sebaik mungkin, dia akan terus berlari.”

>>> Dapatkan berita unik pasar mobil lainnya di sini

Proses restorasi memakan waktu lebih dari 11 bulan, melibatkan tim yang terdiri dari 60 karyawan dan teknisi. Isu-isu terbesar mobil ini kebanyakan terkait dengan karat di lantai, suspensi dan transmisi, serta masalah kelistrikan dan jarak tempuh seperti biasanya.

Gambar restorasi VW BeetleGambar perbaikan lampu VW BeetleGambar perbaikan VW Beetle

Proses ‘penyembuhan’ akhirnya dilakukan oleh VW Beetle Amerika Serikat

VW mengatakan bahwa mereka telah mengganti sekitar 40% bagian Beetle dan mengembalikan 357 potongan asli, termasuk stiker yang sudah ditempelkan Brook ke tubuh dan jendela selama bertahun-tahun. Tim VW mencocokkan warna asli merah di bagian dalam glovebox, melukis tubuh dengan warna yang benar setelah melarutkannya.

>>> Dapatkan review mobil terbaru di Mobilmo.com

Beberapa bagian yang digunakan dalam restorasi lebih baik daripada yang asli, termasuk rem cakram dari Beetle yang diproduksi di Meksiko, dan stereo Bluetooth yang meniru tampilan dan nuansa asli. Mesin dibongkar, dibersihkan, diperbarui, dan dibangun kembali. Sementara itu, kursi mendapatkan jok kulit baru dengan tulisan ‘Kathleen’ dan ‘Annie’ disulam pada jok.

Gambar Volkswagen Beetle yang sudah direstorasi

Hasilnya, warna merah ‘Annie’ kembali membara

Menurut Manajer Proyek Agusto Zamudio, tujuan mereka bukan untuk menciptakan mobil dengan kualitas museum Beetle, tetapi untuk membawa mobil ini kembali ke keadaan dimana pemiliknya bisa berkendara dan menikmatinya selama bertahun-tahun yang akan datang.

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Mungkin anda ingin baca