Review Jeep Compass 2019: Pilihan SUV Off-Road Jeep

21/12/2018| Padli Nurdin

1. PENGANTAR JEEP COMPASS 2019

Menjadi salah satu yang termuda dari sejarah panjang Jeep, Jeep Compass 2019 adalah bagian dari SUV empat pintu kompak yang diperkenalkan pertama kali pada 2007. Generasi pertama Compass dan Patriot merupakan SUV crossover pertama dari Jeep. Generasi kedua Compass debut pertama pada September 2016 di Brazil dan Los Angeles Auto Show pada November 2016, berbagi platform yang sama dengan Jeep Renegade.

Gambar Jeep Compass 2002

Tampilan pertama Jeep Compass yang terlihat bongsor

Empat tahun sebelum diperkenalkannya Compass, kendaraan konsep dengan nama yang sama diperkenalkan pertama kali di Detroit pada North American International Auto Show 2002, menampilkan tubuh dua pintu, penggerak all-wheel-drive dan mesin V6 3.7 liter. Sedangkan model produksi Compass mempertahankan styling mobil konsep dan beberapa fiturnya, namun mendapatkan tampilan empat pintu.

Jeep Compass 2019 mendapatkan perubahan yang lebih baik. Dilengkapi dengan layar sentuh standar yang lebih besar untuk sistem infotainment serta tampilan yang paling tampan jika dibandingkan saudara kandungnya yang kompak. Selain itu, kemampuan off-roadnya merupakan ayang lebih baik jika dibandingkan sebagian besar pesaing non-Jeep.

Gambar Jeep Compass 2019

Desain yang lebih maskulin dari Jeep Compass 2019

Persaingan yang semakin penuh dari berbagai produsen lainnya, apa saja yang ditambahkan pada kendaraan baru ini? Mari kita simak review Jeep Compass 2019 dari Mobilmo.com berikut ini.

2. EKSTERIOR JEEP COMPASS 2019

Dibandingakn desain pertama yang terlihat bongsor, Compass mendapatkan banyak perubahan signifikan untuk membat mobil ini lebih maskulin. Sedangkan pada edisi terbarunya, eksterior Jeep Compass 2019 mengambil inspirasi dari desain saudara-saudara kandungnya. Lalu, apa saja yang berubah dari tampilan luar Compass 2019?

Review Jeep Compass 2019: Ekstrior Depan

Gambar tampilan depan Jeep Compass 2019

Tampilan depan Jeep Compass 2019

Compass mendapatkan beberapa inspirasi dari mobil Jeep lainnya. Pengaruh Grand Cherokee langsung terlihat pada eksterior depan Jeep Compass 2019. Memakai gril tujuh slot dipinjam dari SUV yang lebih besar, aksen krom menutupi beberapa tampilan depan front-end. Lampu depan terlihat biasa dengan foglamp tipis di bagian bawah. Desain yang minimalis diakhiri dengan bumper bawah dengan warna hitam.

Review Jeep Compass 2019: Eksterior Samping

Gambar tampilan samping Jeep Compass 2019

Tampilan samping Jeep Compass 2019

Seperti layaknya Jeep yang dikhususkan untuk pengendaraan di medan kasar, eksterior samping Jeep Compass 2019 memiliki ground clearance yang cukup tinggi dengan fender berwarna hitam melindungi eksterior samping Jeep Compass 2019 dan bawah kendaraan. Namun trim basic tidak terlihat sebagai bagian dari Jeep tanpa rel atap dan velg alloy opsional. Trim standar mendapatkan pelek 17 inci, dengan opsi 19 inci untuk varian yang lebih mahal, serta mengangkat suspense untuk memberikan ground clearance 216 mm.

Review Jeep Compas 2019: Eksterior Belakang

Gambar tampilan belakang Jeep Compass 2019

Tampilan belakang Jeep Compass 2019

Compass juga meminjam tampilan belakang Cherokee. Garis atap yang hampir tidak mengecil, eksterior belakang Jeep Compass 2019 menawarkan tampilan dua nada yang trendi jika Anda menginginkannya. Sekeliling sisi dan belakang, Compass terlihat seperti Jeep modern, meskipun masih ada sedikit kesan 80-an pada tampilannya.

>>> Review Jeep terbaru dan terlengkap ada di sini:

3. INTERIOR JEEP COMPASS 2019

Tidak hanya interior Jeep Compass 2019 mendapatkan kesan fresh, dibangun dengan baik dan tenang selama perjalanan, tetapi ada cukup ruang di dalamnya. Kursi belakang yang roomy dan area kargo yang, meskipun bukanlah yang terbesar di kelasnya, masih menyisakan ruang lega untuk perjalanan jangka pendek.

Bahan interior Compass kebanyakan bahan lunak dengan material kelas atas, dengan versi dasar memakai kain pelapis tahan lama. Trim Latitude mendapatkan campuran bahan sintesis dan kain yang siap dicuci, sedangkan versi Trailhawk mendapatkan material kulit dan kain yang bisa ditingkatkan menjadi material kulit.

Review Jeep Compass 2019 : Dasbor

Gambar dasbor Jeep Compass 2019

Dasbor Jeep Compass 2019

Tidak ada perubahan yang cukup signifikan, tetapi peningkatan dasbor Jeep Compass 2019 dibandingkan sebelumnya terlihat pada layar yang lebih besar. Sistem infotainment bisa diakses dengan sistem UConnect dengan layar 7.0 inci, bandingkan dengan layar 5.0 inci pada edisi 2017.

Review Jeep Compass 2019 :  Kemudi

Gambar kemudi Jeep Compass 2019

Kemudi Jeep Compass 2019

Untuk pengendaraan yang lebih nyaman di kondisi jalan dingin, Jeep juga sudah melengkapi kemudi Jeep Compass 2019 dengan penghangat. Setir palang tiga juga sudah dilengkapi dengan berbagai tombol pengaturan untuk memudahkan Anda selama berkendara.

Review Jeep Compass 2019 :  Kursi

Gambar kursi Jeep Compass 2019

Kursi Jeep Compass 2019

Untuk kursi Jeep Compass 2019 sendiri, ada ruang yang cukup untuk lima orang serta kokpit yang nyaman bagi pengemudi di depan. Ruang kaki terbilang lega dengan ruang kepala yang presisi, meskipun bagi Anda yang memiliki tinggi di atas rata-rata orang Indonesia. Bukan sedan mewah, tetapi Compass memberikan kenyamanan, terlebih pada ruang kaki, memberikan kenyamanan meskipun pada perjalanan jauh. Anda juga bisa menyesuaikan daya dan kursi penumpang dengan ketinggian, tapi dengan tambahan uang ekstra.

Review Jeep Compass 2019 :  Bagasi

Gambar bagasi Jeep Compass 2019

Bagasi Jeep Compass 2019

Meskipun dengan eksterior kotak dan awalnya terlihat memiliki volume kargo yang kompetitif, yaitu 438 liter. Sayang sekali bagasi Jeep Compass 2019 tidak begitu luas dibandingkan kompetitornya. Compass memiliki ruang bagasi yang cukup untuk perjalanan singkat, namun menyiksa jika Anda ingin liburan sekeluarga. Luas, namun tidak begitu memiliki kompartemen kargo yang lega meskipun kursi belakang dilipat. Masalahnya, ruang penyimpanan konsol tengah Compass sangat kurang.

>>> Dapatkan juga terbaru hanya di sini:

4. FITUR JEEP COMPASS 2019

Versi facelift memberikan penambahan pada fitur Jeep Compass 2019, yaitu kontrol pelayaran adaptif yang sebelumnya tidak tersedia akhirnya ditambahkan dalam paket opsi. Sedangkan layar UConnect standar akhirnya lebih besar dengan 7.0 inci, dibandingkan dengan lima inci pada edisi sebelumnya. Jeep juga menyertakan Apple CarPlay dan Android Auto sebagai standar pada semua trim.

Sistem UConnect merupakan setup infotainment yang masuk ke dalam jajaran standar Compass. Sistem yang mudah digunakan dan merespon cepat terhadap input, pengemudi akan mendapatkan sistem infotainment touchscreen yang terorganisir dengan baik dan port USB serta input tambahan.

Gambar fitur Jeep Compass 2019

Fitur terbaru dari Jeep Compass 2019

Peningkatan terlihat lebih besar pada proses dan penanganan fitur kendaraan. Layar sentuh lebih mudah dinavigasi serta memiliki menu yang mudah diakses. Aplikasi on-board juga mengesankan, memberikan bantuan pengendaraan yang lebih baik, terlebih ketika pada jalanan yang kurang mulus.

Review Jeep Compass 2019 :  Fitur Keselamatan Aktif

Sedangkan untuk tingkat keselamatan Jeep Compass sendiri dinilai dari rating bintang empat dari National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) serta peringkat Top Safety Pick 2017 dari Insurance Institute for Highway Safety merupakan pertanda baik.

Namun tidak serta merta membuat Compass menjadi mobil yang sempurna. Pasalnya ketika pengujian Top Safety Pick untuk 2019, mobil ini tidak memenuhi persyaratan karena skor Marginal untuk lampu depannya. Jeep telah membuat jajaran teknologi bantuan pengemudi yang mengesankan, tetapi tidak standar. Fitur keselamatan aktif Jeep Compass 2019 utama meliputi rem darurat otomatis, bantuan lane-keeping, serta kontrol pelayaran adaptif yang akhirnya ditambahkan dalam edisi facelift ini.

Gambar fitur keselamatan Jeep Compass 2019

Berbagai fitur keselamatan dan mode mengemudi yang bisa dipilih

Pada facelift tahun depan, Jeep memberikan penambahan transmisi sembilan kecepatan otomatis yang akhirnya memiliki fitur pencocokan revving dan dirancang untuk mengurangi waktu penurunan gigi. Artinya mobil ini akan lebih baik dibandingkan edisi tahun lalu dalam hal kenyamanan berkendara dan perpindahan gigi.

5. OPERASI JEEP COMPASS 2019

Di bawah kap, sistem operasi Jeep Compass 2019 masih mendapatkan mesin 2.4 liter 4 segaris yang mampu menghasilkan hingga 180 daya kuda, cukup untuk membawa Anda berkeliling kota dengan nyaman. Ada peningkatan pilihan transmisi sembilan percepatan, yang awalnya digunakan sebagai perubahan pertengahan 2018 lalu, dan berlanjut pada Compass 2019.

Gambar mesin Jeep Compass 2019

Mesin 2.4 liter Jeep Compass 2019

Transmisi manual enam kecepatan, tersedia dengan penggerak dengan semua semua roda adalah transmisi dasar. Pembeli juga bisa memiliki all-wheel-drive dan menikmati berbagai mode untuk menaklukkan medan. Pengaturan otomatis memungkinkan mobil mengarahkan torsi ke roda sesuai dengan yang diinginkan, sedangkan mode Salju, Pasir, dan Lumpur memungkinkan Anda untuk meningkatkan traksi.

6. SPESIFIKASI JEEP COMPASS 2019

Sepertinya tidak ada perbedaan yang signifikan terhadap versi facelift yang kemungkinan besar akan dipasarkan tahun depan. Namun untuk lebih detail, Anda bisa melihat spesifikasi Jeep Compass 2019 di sini.

Dimensi Jeep Compass 2019

Panjang x Lebar x Tinggi

4.394 mm x 2.032 mm x 1.640 mm

Jarak Poros Roda

2.636 mm

Ground Clearance

213 mm

Bagasi

1.963 liter

Mesin Jeep Compass 2019

Tipe Mesin

2.4 liter 4 segaris 16 katup

Tenaga Maksimal

180 dk @ 6.400 rpm

Torsi Maksimal

237 Nm @ 3.900 rpm

Transmisi

9 kecepatan otomatis

Sistem Penggerak

Four-Wheel-Drive

Kaki-Kaki Jeep Compass 2019

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Chapman Strut

Velg

17 inci (dengan opsi 19 inci)

Ban

215 / 65R16 BSW

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN JEEP COMPASS 2019

Menjadi salah satu dengan kemampuan off-road terbaik dari keluarga Jeep, namun ada beberapa kelebihan dan kekurangan Jeep Compass 2019 sebelum Anda membeli mobil ini. Apa saja?

Kelebihan

Kekurangan

Tampilan luar yang lebih fresh

Mesin masih kurang nyaman

Teknologi yang lebih banyak dibandingkan edisi sebelumnya

Bagasi kalah jika dibandingkan dengan kompetitornya

Kapabilitas off-road yang mumpuni, seperti yang diharapkan pada kendaraan Jeep pada umumnya

 

8. DAFTAR HARGA JEEP COMPASS 2019

Untuk saat ini, Jeep Compass sudah dibawa ke Indonesia, namun hanya dengan satu varian, yaitu Latitude. Sedangkan secara global, ada empat varian Compass, yaitu Sport, Latitude, Trailhawk, dan Limited. Harga Jeep Compass 2019 yang paling murah, yaitu varian Sport, hadir dengan beberapa fitur mulai dari $ 23.000, atau setara dengan Rp 333 jutaan. Tentu saja harga akan lebih mahal jika dibawa ke Indonesia. Mungkin lebih dari Rp 500 jutaan.

9. VIDEO JEEP COMPASS 2019

Ingin mengetahui bagaimana ketangguhan Compass menelusuri medan berbatu? Ini dia video Jeep Compass 2019 terbaru dari akun YouTube resmi Jeep.

10. KESIMPULAN JEEP COMPASS 2019

Tidak ada yang meragukan Jeep Compass 2019 sebagai kendaraan di segala medan. Mempertahankan pergerakan ke depan untuk perjalanan yang licin dan curam merupakan hal biasa bagi salah satu lini termudah dari Jeep ini. Terutama untuk varian Trailhawk yang lebih banyak dan terbilang menguasai pengendaraan di semua medan. Ingin off-road? Siap langsung jalan.

Gambar Jeep Compass di gunung

Jeep Compass 2019 siap dibawa ke medan off-road

Dengan kabin yang lega, mobil ini cocok untuk Anda yang sering membawa keluarga jalan-jalan. Meskipun yang masih harus dipertimbangkan yaitu bagaimana memasukan semua barang ke dalam bagasi yang besar, namun tidak terlalu luas untuk semua peralatan keluarga dalam perjalanan jauh. Untuk perjalanan luar kota atau off-road, jangan ragu lagi. Tetapi untuk bagasi atau kecepatan, ini bukan mobil untuk Anda.

Review mobil serupa

  • Review Jeep Compass 2019: Pilihan SUV Off-Road Jeep

    21/12/2018| Padli Nurdin

    Review Jeep Compass 2019: Pilihan SUV Off-Road Jeep

    Tidak ada yang meragukan Jeep untuk SUV kompak. Dan Jeep Compass 2019 bisa dibilang anak tengah, lebih besar dari Renegade subkompak tetapi lebih halus jika dibandingkan Cherokee. Tetapi peningkatan tahun depan menunjukan teknologi dan kemampuan off-road yang lebih baik.

  • Review Jeep Wrangler JL 2019

    18/12/2018| Padli Nurdin

    Review Jeep Wrangler JL 2019

    Berada dalam seri kompak dan mid-size, Jeep Wrangler 2019 merupakan model kendaraan off-road dengan penggerak di empat roda yang diproduksi oleh Jeep sejak 1986. Dan saat ini, generasi keempat Jeep Wrangler diresmikan pada akhir 2017 dan diproduksi di Toledo Complex milik Jeep.

  • Review Jeep Gladiator 2019

    12/12/2018| Padli Nurdin

    Review Jeep Gladiator 2019

    Tepat pada gelaran Los Angeles Auto Show 2018, Jeep membawa kembali Gladiator dari kematian. Setelah dimatikan selama 30 tahun, Jeep Gladiator 2019 akhirnya menyapa penggila off-road dengan berbagai peningkatan dan tampilan yang membuat mobil ini lebih modern.

International