Review Jaguar I-Pace 2019: SUV Masa Depan dari Jaguar

27/12/2018 Padli Nurdin Review Jaguar

Jaguar melangkah berani menuju daerah abu-abu yang selama ini belum pernah dihampirinya. Dan dengan Jaguar I-Pace 2019, pabrikan asal Inggris ini berhasil membawa sebuah SUV yang menawan, tampilan elegan, ruang dalam menyenangkan, dan tentu saja ditenagai oleh listrik yang ramah lingkungan.

1. PENGANTAR JAGUAR I-PACE 2019

Review Jaguar I-Pace 2019Jaguar I-Pace 2019 merupakan langkah paling berani dari Jaguar: sebuah SUV yang sepenuhnya digerakkan oleh tenaga listrik, saingan pertama untuk dominasi kendaraan listrik premium Tesla. I-Pace menandakan awal dari perubahan besar Jaguar untuk berinvestasi membangun mobil listrik yang sudah diidam-idamkan oleh sebagian besar konsumen otomotif beberapa waktu belakangan.

Gambar mobil konsep Jaguar I-Pace 2019

Mobil konsep Jaguar I-Pace 2019

Tapi lupakan sejenak fakta bahwa Jaguar I-Pace 2019 adalah mobil listrik. Mungkin Anda bisa lebih fokus pada tampilan mewah yang dibawa oleh pabrikan yang dikenal dengan tampilan elegan dan premiumnya ini. Menjadi mobil dengan berbagai teknologi terdepan dari Jaguar tidak membuat desainer I-Pace menyingkirkan desain menarik yang membuat betah pengemudi di dalamnya.

Crossover berbaterai listrik yang sudah mulai dikirimkan pada paruh kedua 2018 dirancang oleh Ian Callum. Versi konsep mobil ini digambarkan sebagai mobil sport lima tempat duduk dan diperkenalkan oleh Jaguar Land Rover pada Los Angeles Auto Show 2016 serta ditampilkan di jalanan London pada Maret 2017. Seri produksi ditangani oleh Magna Steyr di Graz, Austria, sedangkan versi produksi I-Pace terungkap pada 1 Maret tahun ini.

Gambar Jaguar I-Pace 2019

SUV listrik Jaguar pertama, Jaguar I-Pace 2019

Menjadi SUV listrik pertama Jaguar, apa saja yang dibawa oleh I-Pace? Simak review Jaguar I-Pace 2019 terlengkap hanya dari Mobilmo.com.

2. EKSTERIOR JAGUAR I-PACE 2019

Tak seperti pesaingnya yang sedang mengalami masa-masa indah beberapa waktu ini, eksterior Jaguar I-Pace 2019 memiliki desain yang kuat. Semua bagian, mulai dari luar hingga dalam memiliki desain futuristik yang mengesankan. Dalam mode Jaguar, I-Pace adalah salah satu SUV paling lincah dengan perpaduan menarik dari sisi-sisi, kurva, hingga setiap sudut yang mengalir membentuk desain kelas atas.

Review Jaguar I-Pace 2019: Eksterior Depan

Gambar tampilan depan Jaguar I-Pace 2019

Tampilan depan Jaguar I-Pace 2019

Jaguar mengklaim I-Pace mendapatkan inspirasi estetika dari konsep C-X75. Dilihat dari eksterior depan Jaguar I-Pace 2019, keduanya memiliki moncong yang luas dan hampir mirip serta kap berventilasi rendah. Gril tengah yang menawan serta lampu depan yang menyipit membuka tampilan gagah SUV ini. Tambahan gril bawah juga dipersiapkan disandingkan dengan dua asupan angin pada kedua sisi depan untuk membantu tenaga listrik mobil ini.

Review Jaguar I-Pace 2019: Eksterior Samping

Gambar tampilan samping Jaguar I-Pace 2019

Tampilan samping Jaguar I-Pace 2019

Desain gagah dan mulus tak bisa dielakkan dari eksterior samping Jaguar I-Pace 2019. Desain yang mulus dipadukan roda 22 inci opsional (atau roda 18 inci yang menjadi standar) serta ban Pirelli P Zero mengorbankan efisiensi bahan bakar dan kualitas pengendaraan untuk gaya dan cengkraman kuat di jalanan. Namun jika Anda menginginkan keseimbangan antara efisiensi, kenyamanan, dan kinerja, Anda bisa memakai ban 20 inci Goldilocks yang mempesona.

Review Jaguar I-Pace 2019: Eksterior Belakang

Gambar tampilan belakang Jaguar I-Pace 2019

Tampilan belakang Jaguar I-Pace 2019

Menjadi titik tolak untuk tampilan luar, eksterior belakang Jaguar I-Pace 2019 dibuat sedikit lebih tinggi untuk koefisien drag yang rendah, yaitu 0.29. Uniknya, bagian buritan yang dibuat tinggi merupakan elemen paling favorit dari Direktur Desain Jaguar, Ian Callum. Tak lupa pisau aerodinamis mempercantik tampilan belakang, serta spoiler tambahan di atas kaca belakang. Agak unik, dibuat persegi dari kaca belakang hingga bumper bawah.

>>> Review terbaru lainnya bisa Anda dapatkan di sini:

3. INTERIOR JAGUAR I-PACE 2019

“Kabin Jaguar terbaik selama bertahun-tahun” adalah bagaimana seorang penguji menggambarkan interior Jaguar I-Pace 2019. Sebuah klaim yang sebagian besar diamini oleh mereka yang sudah melihat tampilan dalam mobil listrik ini. Pemilihan bahan menjadi kunci. Panel hitam dan logam mengkilap bisa dirasakan, disandingkan dengan permukaan berlapis kulit dan layar sentuh digital untuk rasa kecanggihan modern yang apik.

Review Jaguar I-Pace 2019: Dasbor

Gambar dasbor Jaguar I-Pace 2019

Dasbor Jaguar I-Pace 2019

Tidak begitu mengejutkan bagaimana dasbor Jaguar I-Pace 2019 mendapatkan penanganan futuristik, seperti yang Anda dapatkan pada desain kabin Tesla. Anda akan didapatkan pada tiga layar, dengan satu di tengah dasbor, satu di konsol tengah yang mengambang, sedangkan terakhir untuk kluster instrument. Akan ada banyak tombol pengaturan yang berpusat pada sistem layar sentuh, sehingga Jaguar meninggalkan beberapa tombol fisik tersisa untuk I-Pace.

Review Jaguar I-Pace 2019: Kemudi

Gambar kemudi Jaguar I-Pace 2019

Kemudi Jaguar I-Pace 2019

Dibalut oleh material kulit, kemudi Jaguar I-Pace 2019 palang tiga dengan logo Jaguar terpasang di tengah pas digenggam. Kenyamanan tentunya diberikan selama mengemudi, dengan berbagai tombol pengaturan di bagian kiri dan kanan pegangan memberikan kemudahan dalam mengakses beberapa fitur selama berkendara.

Review Jaguar I-Pace 2019: Kursi

Gambar kursi Jaguar I-Pace 2019

Kursi Jaguar I-Pace 2019

Ergonomi mobil juga sangat baik. Kursi Jaguar I-Pace 2019 mendapatkan pengaturan elektronik 14 arah serta pengaturan memori yang bisa Anda pilih. Material kulit menjadi pendongkrak kenyamanan, ditambah dengan kursi depan yang bisa dipanaskan serta didinginkan. Memberikan rasa nyaman dalam semua kondisi berkendara. Anda juga bisa memberikan pemanas di kursi belakang, tapi tentu saja dengan tambahan uang yang mesti dikeluarkan.

Review Jaguar I-Pace 2019: Bagasi

Namun mengingat desain belakang, I-Pace bisa dibilang membuang-buang ruang, khususnya untuk ruang penyimpanan belakang. Kaca belakang begitu tajam turun dan garis atap yang jatuh mencuri visibilitas ke belakang dan ruang kargo. Bagasi Jaguar I-Pace 2019 hanya menawarkan 707 ruang kosong untuk penyimpanan. Bahkan dengan kursi belakang diturunkan, Anda hanya mendapatkan 1.472 liter kompartemen belakang. Bandingkan dengan 2.180 liter yang diberikan oleh Tesla Model X.

Untuk mobil sekelas I-Pace, Anda juga bisa menggunakan gesture tailgate untuk membuka bagasi

>>> Dapatkan berita menarik lainnya hanya di sini:

4. FITUR JAGUAR I-PACE 2019

Dari semua fitur Jaguar I-Pace 2019 yang ada, sistem infotainment akan dikendalikan oleh sistem InControl Touch Pro terbaru Jaguar, dengan layar ganda dramatis berkilauan di konsol tengah, penuh dengan fitur. Namun sayangnya, Anda harus menunggu beberapa saat karena fitur ini masih membutuhkan waktu untuk merespons perintah sentuh.

Sistem infotainment bergabung dengan tampilan digital 12.3 inci yang tampan dan bisa dikonfigurasi ulang, yang berfungsi sebagai pengganti pengukur pengendaraan konvensional mobil ini. I-Pace juga menjadi mobil Jaguar pertama yang menawarkan pembaruan perangkat lunak over-the-air, termasuk untuk infotainment dan manajemen baterai.

Begini cara mengaktifkan Smart Setting dari Jaguar I-Pace 2019

 

Tapi sayangnya, sistem infotainment menjadi salah satu kelemahan I-Pace. Respons perangkat lunak yang kurang menjadi aspek buruk I-Pace. Tapi fitur yang Anda dapatkan setidaknya bisa diterima. Radio DAB, konektivitas Bluetooth, navigasi satelit, dan kamera parkir digunakan sebagai standar. Namun Jaguar belum menentukan apakah Apple CarPlay atau Android Audi akan digunakan sebagai standar.

Salah satu yang terbaru dari I-Pace adalah Arrival Mode. Fitur ini menawarkan lokasi pengisian daya atau tempat pengisian terdekat di akhir perjalanan. Menggunakan kunci fob dan ponsel cerdas Anda, Jaguar terus mempelajari preferensi pengemudi berdasarkan waktu, lokasi, cuaca, dan pola perilaku. Dan tautan Alexa Skill dari Jaguar akan menghubungkan pemiliknya dengan informasi onboard Amazon Alexa mereka, seperti kondisi pengisian hingga berapa jarak tempuh baterai yang tersisa.

>>> Jangan Undang Petaka, Pastikan Pintu Mobil Terkunci Saat Ditinggal Tanpa Penumpang

5. OPERASI JAGUAR I-PACE 2019

Faktor utama sistem operasi Jaguar I-Pace 2019 adalah dua motor listrik konsentris. Satu pada setiap poros untuk penggerak empat roda permanen, menghasilkan tenaga 400 daya kuda serta torsi maksimal hingga 695 Nm yang dikirim melalui girboks kecepatan tunggal. Baterai lithium-ion yang ditempatkan di bawah lantai berukuran 90kWh, dipercaya bisa membawa mobil ini melaju pada rentang 480 kilometer dalam sekali pengisian.

Pelajari kembali bagaimana Jaguar I-Pace 2019 mendapatkan jarak tempuhnya

Jangan kira karena I-Pace adalah mobil listrik maka Jaguar tidak memberikan kecepatan yang pantas untuk SUV-nya. Injak pedal gas sekuat-kuatnya dan Anda bisa mendapatkan percepatan 0-100 km/jam hanya dalam 4.5 detik. Sedangkan bagi Anda yang ingin berkendara dengan kecepatan, I-Pace sudah dirancang untuk bisa berkendara dengan kecepatan maksimum 200 km/jam. Cukuplah untuk membawa SUV ini melaju dengan kencang di jalan bebas hambatan.

>>> Sudah Jarang Dipakai, Ini Kelebihan Spion Fender Dibanding Spion Pintu

6. SPESIFIKASI JAGUAR I-PACE 2019

Jaguar memang mempersiapkan SUV listrik pertamanya untuk dipasarkan tahun depan. Sebelum itu, mari kita lihat lagi spesifikasi Jaguar I-Pace 2019 yang dirangkum oleh tim Mobilmo.com berikut ini.

Dimensi Jaguar I-Pace 2019

Panjang x Lebar x Tinggi

4.682 mm x 1.895 mm x 1.565 mm

Berat

2.133 kg

Luas Bagasi

707 liter

Mesin Jaguar I-Pace 2019

Tipe Mesin

Dua Motor Permanen 90kWh lithium-ion

Tenaga Maksimal

400 dk (@200 dk per motor)

Torsi Maksimal

694 Nm (@347 Nm per motor)

Percepatan (0-100 km/jam)

4.8 detik

Kecepatan Maksimal

200 km/jam

Jarak Tempuh

480 kilometer

Waktu Pengisian (pengisi daya 7kWh)

13 jam

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN JAGUAR I-PACE 2019

Memang, sebagai SUV listrik pertama Jaguar, I-Pace masih memiliki beberapa kekurangan dibalik kelebihannya dalam teknologi dan serta tampilan menawan. Mari kita lihat lagi apa saja kelebihan dan kekurangan Jaguar I-Pace 2019 di bawah ini.

Kelebihan

Kekurangan

Desain kabin paling gagah dari lini produk Jaguar dalam beberapa tahun belakangan

Sistem infotainment layar sentuh yang kurang responsif

Teknologi terbaru yang ditampilkan Jaguar

Untuk sekelas SUV, bagasi I-Pace masih lebih kecil dibandingkan kompetitornya

Adanya sistem yang menunjukan sisa jarak tempuh secara akurat

 

8. DAFTAR HARGA JAGUAR I-PACE 2019

Jaguar memang belum memasarkan SUV listrik pertama mereka ke seluruh dunia. Namun jika Anda ingin mempersiapkan dana untuk membawa pulang mobil ini, harga Jaguar I-Pace 2019 yang sudah dipasarkan di Eropa berkisar mulai dari £63 495, atau setara dengan Rp 1.1 Miliar. Sebuah harga yang cukup fantastis, apalagi ketika Jaguar ingin membawa mobil ini ke Indonesia. Meskipun belum ada konfirmasi dari pihak Jaguar sendiri, bisa jadi I-Pace akan menyentuh Rp 1.7 hingga Rp 2 Miliar ketika dibawa ke Tanah Air.

9. VIDEO JAGUAR I-PACE 2019

Ada banyak video Jaguar I-Pace 2019 yang ditampilkan oleh Jaguar dalam laman resmi YouTube mereka di jaguaruk. Intip bagaimana Jaguar memperkenalkan tampilan Jaguar I-Pace terbaru mereka.

10. KESIMPULAN JAGUAR I-PACE 2019

Secara keseluruhan, Jaguar I-Pace 2019 bukanlah master dinamika berkendara yang diharapkan banyak orang. Tetapi jelas jika mobil ini memiliki dinamisme yang cukup bagi pemilik untuk mendapatkan kepuasan dan pengalaman berkendara yang mumpuni. Mobil ini juga memiliki desain yang efektif, menjadikan I-Pace tampilan progresif namun dengan semua desain khas Jaguar, serta desain interior yang sangat rupawan.

Gambar Jaguar I-Pace 2019 di jalan

Penampilan terbaru SUV listrik Jaguar I-Pace 2019

Jelas, jarak jelajah hingga 480 kilometer merupakan titik penjualan, terutama bagi orang-orang yang menginginkan mobil listrik yang fleksibel dan serba guna serta bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. I-Pace memberikan kisaran mengemudi, termasuk perkiraan jarak tempuh yang tersisa dari dua baterai di dalam mobil. Untuk sebuah SUV ramah lingkungan yang menyenangkan untuk dibawa berkendara, Jaguar I-Pace 2019 merupakan pilihan masa depan industri otomotif saat ini.

Mungkin anda ingin baca

  • Review All New Nissan Serena Highway Star 2019: Mobil MPV Dengan Beragam Fitur Menarik

    Review All New Nissan Serena Highway Star 2019: Mobil MPV Dengan Beragam Fitur Menarik

    14/03/2019

    Nissan merupakan salah satu pabrikan yang memiliki nama di Indonesia. Produknya banyak diminati dan mampu bersaing dengan para rivalnya. Salah satu mobil yang baru dirilis adalah Nissan Serena terbaru. Perlu diketahui bahwa mobil ini memiliki 2 tipe yakni All New Nissan Serena X-Grade dan All New Nissan Serena Highway Star. Untuk kali ini kami akan memberikan informasi tentang review All New Nissan Serena Highway Star 2019.

  • Review All New Honda CR-V 2019 Varian 2.0L Non Turbo
    Review Honda Abdul

    Review All New Honda CR-V 2019 Varian 2.0L Non Turbo

    28/02/2019

    Mobil SUV mempunyai peminatnya tersendiri, meskipun di Indonesia masih banyak penyuka mobil segmen MPV. Umumnya mobil kelas SUV diminati oleh kalangan kelas atas. Nah kali ini kami akan membahas salah satu kendaraan dalam segmen tersebut dan kami rangkum dalam Review All New Honda CR-V 2019 Varian 2.0L Non Turbo.

  • Review Hyundai i20 Coupe WRC 2019
    Review Hyundai Arfian Alamsyah

    Review Hyundai i20 Coupe WRC 2019

    25/02/2019

    Inilah salah satu mobil juara World Rally Championship 2019, yaitu sebuah mobil Hyundai i20 Coupe WRC 2019. Mobil yang sama tahun lalu gagal meraih gelar juara dunia. Akankah mobil Hyundai i20 WRC 2019 akan jadi juara tahun ini?