Review Isuzu D-Max 2019 : Mobil Pick Up Truck Gahar Dengan Fitur Mumpuni

23/07/2019 | Abdul

1. PENGANTAR ISUZU D-MAX 2019

Review Isuzu D-Max 2019 - Pada awal tahun 2002 nama Isuzu D-Max dimulai, yang mana di kala itu sasis dari bodinya mengadopsi milik Chevrolet Colorado. Yang menarik adalah di negara Thailand karena modelnya berbeda yang mempunyai ciri tersendiri tidak seperti yang digunakan pada beberapa negara yang menggunakan versi Amerika.

Jadi pada tahun 2002 generasi pertama dari Isuzu D-Max dirasakan oleh masyarakat di Thailand. Apalagi mobil Highlander dari Isuzu tersebut dirakit di negara Thailand dengan menawarkan beberapa varian seperti Single Cab, Double Cab dan Extended Cab. Pada saat itu penggunaan mesinnya mengandalkan mesin diesel dengan kode 4JJ1-TC 3.0 Liter.

Baru-baru ini beberapa perubahan dilakukan pada bagian minor dengan melalui bentuk facelift. Untuk mobil tersebut dinamai Stealth dengan desain yang bertemakan serupa yang menjadikan tampilannya eksklusif dan berpadu dengan esensi yang maskulin.

2. EKSTERIOR ISUZU D-MAX 2019

Pada tampilan luar memang tampak lebih agresif berkat lekukan bodinya. Selain itu tonjolan yang berada di bagian kaki-kaki membuat Isuzu D-Max 2019 terlihat lebih maskulin.

Review Isuzu D-Max 2019 : Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan mobil Isuzu D-Max 2019 warna hitam tampak bagian depan

Tampak lampu depan seperti memandang tanpa rasa takut

Di bagian ini mempunyai nuansa karismatik apabila dibandingkan dengan para rivalnya. Hal tersebut berkat penggunaan Panel Front Grille yang terbalut warna hitam dan mempunyai ukuran yang besar sampai ke bagian bumpernya. Sementara untuk bagian headlamp seakan memandang ke depan dengan rasa takut membuatnya tampil begitu gahar.

Sedangkan untuk foglamp dilengkapi dengan rumahan yang didesain sangat agresif.  Hasilnya adalah esensi gahar yang dimiliki Isuzu D-Max 2019 semakin kuat, bahkan dengan beberapa hal tersebut dapat meningkatkan kualitas pencahayaan yang dihasilkan dari Bi-LED Headlamps dan juga Multifunctional Daylight. Beberapa aksen krom juga diberikan pada bagian depannya ini meskipun tidak terlalu besar namun sudah cukup untuk memancarkan ketangguhannya.

Review Isuzu D-Max 2019: Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan mobil Isuzu D-Max 2019 warna hitam tampak samping kanan

Tampilan luar sangat gagah dan gahar

Sebagai mobil Pick-Up Truck, mobil ini mempunyai nuansa yang maskulin berkat penggunaan fender dan ban yang berukuran besar. Untuk ukuran bannya adalah 255/60 R18 yang dipadukan dengan fender besar pula. Tidak hanya itu saja, Step Guard juga diberikan dengan balutan warna silver yang membuat penumpang akan merasakan sensasi elegan saat akan masuk ke dalam mobil Isuzu D-Max 2019.

Review Isuzu D-Max 2019: Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang Isuzu D-Max 2019

Lampu belakang tampak modern dan terlihat kekinian

Untuk lampu belakang menggunakan LED Rear Combination Lamps. Dengan penggunaannya dapat memberikan pencahayaan maksimal dan saat melakukan pengereman maka kesan modis akan terpancar. Dengan pemakaian desain tersebut mobil ini menghilangkan stigma mengenai kendaraan jenis Pick-Up yang kuno. Sebagai identitas, dari pihak Isuzu memberikan logo di bagian kiri dengan tulisan Isuzu D-Max.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

3. INTERIOR ISUZU D-MAX 2019

Review Isuzu D-Max 2019: Bagian Dashboard & Kemudi

Gambar ini menunjukkan dashboard mobil Isuzu D-Max 2019 dan kemudi

Bagian dashboard memiliki tombol yang didesain sangat rapi

Yang menarik di bagian dashboard Isuzu D-Max 2019 adalah pada tombolnya. Jadi umumnya tombol pada mobil terdapat dimana-mana, namun untuk mobil besutan Isuzu satu ini tertata dengan rapi sehingga terlihat lebih minimalis. Dalam pengoperasian sangatlah mudah karena tombolnya terdapat tulisan yang sangat mudah dibaca. Dengan begitu pengemudi akan gampang dalam mengoperasikan fitur yang ada pada mobil besutan Isuzu tersebut.

Akan tetapi yang disayangkan adalah bagian kemudinya, yang mana untuk model masih tampak konvensional. Hal tersebut karena penggunaan 3 palang dengan dibalut dengan satu warna yaitu hitam. Walaupun begitu, hal tersebut dapat ditutupi oleh adanya beberapa tombol yang dapat digunakan untuk mengoperasikan fitur tanpa perlu mengalihkan pandangan dari jalanan. Dalam tombol tersebut meliputi pengatur audio dan juga tombol untuk mengoperasikan konektivitas seperti mengangkat telepon yang penyambungannya dengan mengandalkan Bluetooth.

Review Isuzu D-Max 2019: Bagian Kursi

Untuk bagian jok mobil terdapat 5 buah yang telah dilengkapi dengan Headrest. Selain itu, di bagian bangku depan dibekali Arm Rest. Bahan material yang digunakan adalah kulit dengan kualitas mumpuni sehingga kenyamanan akan terasa berkat sandaran yang lembut pada kursinya.

Gambar ini menunjukkan jok mobil Isuzu D-Max 2019

Jok berbahan material yang berkualitas dan nyaman diduduki

Review Isuzu D-Max 2019: Bak

Di atas kertas, untuk kapasitas bak Isuzu D-Max 2019 mempunyai ukuran panjang 1.485 mm dan lebarnya adalah 1.530 mm. Dengan ukuran tersebut mobil besutan Isuzu satu ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan angkut barang bawaan. Dari mulai kebutuhan keluarga ataupun bisnis material dan lainnya.

>>> Baca juga:

4. FITUR ISUZU D-MAX 2019

Review Isuzu D-Max 2019: Fitur Keselamatan

Gambar ini menunjukkan ilustrasi teknologi HDC pada Isuzu D-Max 2019

Fitur keamanan yang mumpuni membuat pengendara lebih tenang

Pada Isuzu D-Max 2019 telah dilengkapi dengan Hill Descent Control (HDC) dan juga Hill Start Assist (HSA). Dengan kedua fitur tersebut dapat memberikan keselamatan bagi pengendara. Dengan kedua fitur tersebut memungkinkan mobil besutan Isuzu untuk melintasi jalanan Off-Road. Jadi bagi sobat pecinta Off-Road bisa mencoba menggunakan mobil ini.

Sebagai pendukung, sistem pengereman juga terdapat tambahan tenaga ekstra. Hal tersebut berkat adanya teknologi ABS, EBD dan BA. Dengan adanya teknologi tersebut mobil besutan Isuzu ini dapat melakukan manuver yang lebih handal dan juga sangat presisi. Selain beberapa fitur tersebut, teknologi yang ditonjolkan lainnya meliputi TCS (Traction Control System) dan ESC (Electronic Stability Control). Dengan adanya fitur ini membuat mobil tetap dalam kondisi stabil walaupun jalanan yang dilewati dalam kondisi licin.

Review Isuzu D-Max 2019: Fitur Hiburan

Gambar ini menunjukkan Head unit Isuzu D-Max 2019

Kebosanan hilang dengan fitur hiburan yang diberikan

Agar tidak bosan selama di dalam Isuzu D-Max 2019, maka disematkan beberapa fitur hiburan yang berupa Head Unit DVD Touchscreen yang mempunyai ukuran 8 inci. Kepraktisan juga terlihat dengan adanya format AUX, AM/FM, USB, Bluetooth dan Wireless Mirroring.

>>> Daftar Harga Isuzu Bulan Juli 2019

5. OPERASI ISUZU D-MAX 2019

Gambar ini menunjukkan mesin pada mobil Isuzu D-Max 2019

Mesin mumpuni siap untuk menyenangkan pengendara dan penumpang

Berlanjut ke bagian mesin Isuzu D-Max 2019. Dari pihak pabrikan memberikan 3 pilihan output tenaga. Hanya saja kali ini kami membahas untuk varian paling tinggi yakni Hi-Lander Stealth. Yang mana mesin yang digunakan berkode RZ4E-TC dan berkapasitas 1.989 cc dengan mengandalkan transmisi otomatis Rev Tronic Sport Mode dengan 6 percepatan. Dengan mengandalkan mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 150 Ps dan torsi puncaknya mencapai 350 Nm.

>>> Review New Isuzu MU-X 2.5L Premiere 2018, Spesifikasi dan Harga

6. SPESIFIKASI ISUZU D-MAX 2019

DIMENSI

Panjang

 

Lebar

 

Tinggi

 

Radius Putar Minimum

6,3 m

Jarak Poros Roda

3.095 mm

Jarak Pijak Terendah

235 mm

DIMENSI BAK

Panjang

1.485 mm

Lebar

1.530 mm

Tinggi

465 mm

MESIN

Tipe

1.9 Liter 4 Silinder Segaris 16 Katup DOHC VGS Turbo Intercooler

Kapasitas

1.898 cc

Torsi Maksimal

350 Nm / 1.800 – 2.600 Rpm

Tenaga Maksimal

150 PS / 3.600 Rpm

Transmisi

6 Tingkat Percepatan Otomatis Genius Sport Shift / 6 Tingkat Percepatan Otomatis Rev Tronic Sport Mode

HANDLING & SUSPENSI

Sistem Kemudi

Rack & Pinion dengan Electronic Power Steering

Ukuran Ban

255/60 R18

Rem Depan

Discs Brakes

Rem Belakang

Drum

Suspensi Depan

Two-Wing, Coil Springs dan Stabilizer

Suspensi Belakang

Half-Oval Shape dengan Gas Shock Absorber

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN ISUZU D-MAX 2019

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Mesin yang digunakan luar biasa

Desian interior kurang premium karena merupakan varian tertinggi

Tampilan eksterior sangat gagah

Kemudinya masih didesain konvensional

Mempunyai fitur keselamatan yang cukup lengkap

Untuk kapasitas bak hanya tersedia satu ukuran

>>> Kenapa Isuzu Panther Turbo Terasa Kurang Bertenaga? Ini Penjelasan Mudahnya

8. DAFTAR HARGA ISUZU D-MAX 2019

TIPE

HARGA DI THAILAND

HARGA DIBULATKAN KE RUPIAH

Isuzu D-Max 1.9 Liter Stealth Z-Prestige Ddi 6A

Baht 999.000

Rp. 458.445.000

Isuzu D-Max 1.9 Liter Stealth Z-Prestige Ddi 6M

Baht 957.000

Rp. 439.171.000

Isuzu D-Max 1.9 Liter Stealth Z-DVD Ddi 6M

Baht 887.000

Rp. 407.000.000

>>> Ini Penyebab Kaki-Kaki Isuzu Panther Sering Rusak

9. VIDEO ISUZU D-MAX 2019

10. KESIMPULAN ISUZU D-MAX 2019

Mobil Isuzu D-Max 2019 mempunyai fitur yang lengkap baik dari keselamatan ataupun hiburan. Tampak dari luar memang terlihat sangat gagah dan menarik perhatian. Bahkan pada bagian bak bak nya juga dapat digunakan untuk banyak keperluan. Dengan beberapa fitur dan pengaturan yang dilakukan membuat pengendara bisa mengoperasikan fitur dengan lebih mudah.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa

  • 05/08/2017 | Mobilmo.com

    Desain Baru, Fitur Tambah Tapi Harga D-Max Masih Utuh

    Selasa 8 agsutus 2016 yang lalu  PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) resmi meluncurkan dua mobil facelift yaitu mu-X dan D-Max. penyegaran tersebut dilakukan sebab mewujudkan keinginan para konsumen yang menginginkan kedua sosok mobil tersebut mendapatkan peningkatan bagi disisi desain maupun beberapa fitur.

  • 09/09/2019 | Arfian Alamsyah

    Review Isuzu MU-X 2019 Indonesia

    Inilah amunisi baru PT Isuzu Astra Motor Indonesia untuk melawan Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport bahkan Ford Everest. Berikut ini adalah ulasan kami mengenai Isuzu MU-X 2019 Indonesia yang dua bulan lalu meluncur di GIIAS 2019.

  • 10/04/2019 | Fatchur Sag

    Review Isuzu Panther Grand Touring 2019

    Anda yang pernah merasakan kehidupan tahun 1990-an, pasti sudah tidak asing lagi dengan mobil: Isuzu Panther. Mobil ini cukup populer kala itu – salah satu mobil pilihan sejuta umat dari kalangan MPV (Multi Purpose Vehicle). Pihak Isuzu telah mengembangkan brand mobil ini sejak 1991 (generasi pertamanya) hingga tahun 2013 (generasi keempatnya). Kali ini kami berfokus pada review Isuzu Panther Grand Touring 2019, seperti apa ketangguhan dan kedigdayaan dimiliki mobil ini?