Review Isuzu Panther Grand Touring 2019

10/04/2019 | Fatchur Sag

1. PENGANTAR ISUZU PANTHER GRAND TOURING 2019

Isuzu merilis merek Panther sejak tahun 1991-2013. Selama itu, mobil yang masuk dalam keluarga MPV ini berbahan bakar diesel. Ketangguhan Panther sebagai mobil MPV terlihat dari kemampuannya melibas jalanan berkondisi mulus maupun bergelombang. Selama kurun waktu 22 tahun, Panther mengalami empat kali perilisan, yang berarti ada empat generasi – generasi pertama 1991-1996, generasi kedua 1996-2000, generasi ketiga 2000-2005, dan generasi keempat (2005-sekarang). Pada generasi keempat, Isuzu merilis dua model untuk Panther ini, yaitu model LV-Adventure (2005-2013) dan Grand Touring (2005-sekarang). Itu artinya, bagi Anda yang tertarik membeli Isuzu Panther Grand Touring dapat memiliki produk terbarunya.

Foto Isuzu Panther 1991, generasi pertama Isuzu Panther

Isuzu Panther generasi pertama, sudah terlihat kesan tangguhnya

Mesin diesel injeksi tipe 4JA1J berkapasitas 2,5 liter dibenamkan di bawah kap mesin untuk memperkuat sektor performa mobil ini menembus berbagai medan. Mau medan santai bisa, mau medan berat ayo! Menariknya, sisi pengemudi dan penumpang tetap menjadi prioritas utama. Indonesia kebagian 4 jenis (LS, LV, Smart, dan GT) dari mobil MPV Panther Grand Touring ini. Untuk lebih jelasnya, mari kita bedah bagian-bagian mobil ini satu demi satu.

2. EKSTERIOR ISUZU PANTHER GRAND TOURING 2019

Secara keseluruhan, Isuzu Panther Grand Touring 2019 memiliki kesan yang tangguh dan modern untuk mobil berjenis MPV. Jika membandingkan dengan generasi sebelumnya dari model sama, kita akan menemukan banyak perubahan, khususnya dari sisi desain eksteriornya. Tidak tanggung-tanggung, Isuzu menawarkan konsep All New, bukan Facelift.

Review Isuzu Panther Grand Touring 2019 : Bagian Depan

Foto dari depan Isuzu Panther Grand Touring 2019

Yah, Isuzu Panther Grand Touring 2019 memang gagah perkasa

Ketika melihat desain bagian depan dari Isuzu Panther Grand Touring 2019, hal pertama yang pasti dilihat mata Anda adalah bagian grilnya. Konsep desain gril Grand Touring 2019 ini sangat menarik. Anda akan menemukan gril berbentuk trapesium terbaik yang diberi frame tebal beraksen krom. Bagian tengah dari gril ini, Anda akan melihat logo Isuzu dengan font menarik yang membuat Anda susah move on. Sekilas gril ini mirip dengan bentuk bemper depan, tapi gril ini sama sekali bukan bemper.

Desain gril ini berpadu dengan lampu depan dan sein yang ukurannya diubah menjadi lebih lebar. Tentu saja, hal ini memberikan pencahayaan yang jauh lebih baik (terang dan luas). Ini akan memberikan pengalaman yang nyaman ketika Anda melakukan perjalanan pada malam hari.

Posisi lampu fog diletakkan tepat di bagian bawah lampu depan. Secara sekilas, desain ini memberi kesan maskulin dan modern pada siapapun yang memandang, termasuk Anda. Dengan foglamp, Isuzu Panther Grand Touring 2019 dijamin sanggup melibas hujan atau pun kabut.

Review Isuzu Panther Grand Touring 2019 : Bagian Samping

Foto dari arah samping Isuzu Panther Grand Touring 2019

Dari arah samping, desain Isuzu Panther Grand Touring terlihat tangguh

Tampilan desain samping Isuzu Panther Grand Touring 2019 lebih minimalis. Dimana terdapat garis tegas yang membentang dari depan sampai belakang – memisahkan antara bodi atas dan bawah. Untuk menambah kesan cantik, Isuzu memberi logo Panther di bagian pintu depan.

Untuk urusan velg dan, Isuzu membekali keempat varian Panther 2019 ini dengan dua tipe berbeda. Velg 15 inchi dan roda 205/65/ R15 untuk Panther tipe LS, LV, dan Smart. Sedangkan velg 15 inchi dan ban 235/70 R15 untuk Panther tipe GT. Keempat-empatnya punya jarak dasar yang sama, yaitu 2685 mm. Dengan begitu ruang kabin akan memberikan keleluasaan untuk ketujuh penumpangnya.

Review Isuzu Panther Grand Touring 2019 : Bagian Belakang

Foto dari arah samping Isuzu Panther Grand Touring 2019

Desain Isuzu Panther Grand Touring bagian belakang sederhana dan tak neko-neko

Desain belakang Isuzu Panther Grand Touring 2019 relatif standar, tapi lebih sporty dibanding pendahulunya. Anda akan menemukan lampu belakang berbentuk segitiga, bumper belakang yang berfungsi sebagai pijakan untuk naik, dan wiper belakang. Logo Isuzu kembali muncul di bagian pintu belakang sebelah kiri, ditambah dengan nama tipe varian Panther ini, yaitu Grand Touring 2019.

>>> Baca juga:

3. INTERIOR ISUZU PANTHER GRAND TOURING 2019

Ruang kabin yang dimiliki Isuzu Panther Grand Touring 2019 sengaja dirancang luas. Sehingga mobil memiliki daya tampung 7 orang sekaligus (6 penumpang dan 1 pengemudi). Karena Panther Grand Touring merupakan mobil berjenis MPV, maka ada beberapa fitur tidak terlihat terlalu wah. Daripada membayangkannya, lebih baik kami deskripsikan satu per satu secara rinci gambaran desain interior mobil ini.

Review Isuzu Panther Grand Touring 2019 : Ruang Kabin

Ruang kabin Isuzu Panther Grand Touring 2019 didesain dan dibuat dengan bahan-bahan minimalis, meskipun ada beberapa bagian sedikit memiliki keapikan, yaitu setir yang dilapisi kulit. Sisanya, Anda jangan berharap menemukan keistimewaan disini. Pun demikian, Isuzu tetap membenamkan fitur-fitur standar fungsional di dalam tiap bagian.

Review Isuzu Panther Grand Touring 2019 : Dashboard dan Setir

Foto setir dan Dashboard Isuzu Panther Grand Touring 2019

Warna Dashboard Isuzu Panther Grand Touring kombinasi dua warna

Bagian dashboard Isuzu Panther Grand Touring 2019 memiliki kombinasi berwarna cokelat dan hitam, sehingga membuat penampilan totalnya tampil meyakinkan. Dua blower AC disematkan di tengah-tengah dashboard bertugas melemparkan udara sejuk ke arah pengemudi dan seluruh penumpang. Hal ini akan memberikan kenyaman tersendiri.

Tentunya tidak lupa Isuzu membenamkan perangkat elektronik untuk menyokong sektor hiburan. Anda akan menemukan sebuah perangkat elektronik serba guna yang dapat menyetel radio AM/FM dan musik dari berbagai saluran CD, DVD, dan koneksi ke smartphone.

Seperti kami bilang sebelumnya, sektor setir juga memiliki keapikan tersendiri, karena memiliki lapisan kulit yang akan nyaman saat berkendara. Desainnya belum ada perubahan berarti, yang berarti bentuknya masih mirip desain remote kontrol drone.

Review Isuzu Panther Grand Touring 2019 : Kursi atau Jok

Foto jok Isuzu Panther Grand Touring 2019 terbuat dari bahan pilihan

Jok Isuzu Panther Grand Touring 2019 sudah menggunakan bahan berkualitas

Bahan pelapis kursi atau jok tidak terbuat dari bahan bermaterial kulit, tapi Anda bisa melihat jika bentuk jok mobil Grand Touring sangat apik dan rapi. Busanya pun empuk dan bahan pelapis berwarna krem. Cocok dengan suasana ruang kabin yang secara keseluruhan dibuat dengan bahan berwarna krem. Jumlah jok yang disediakan adalah 7 orang (6 penumpang dan 1 pengemudi) dalam kondisi normal. Dalam kondisi tidak normal? Ya, masih bisalah dijejalkan 1 penumpang tambahan. Cukup luas bukan?

Review Isuzu Panther Grand Touring 2019 : Bagasi

Semua bagasi Panther mirip, termasuk Isuzu Panther Grand Touring 2019 ini. Isuzu sepertinya tidak mengutak-atik bagian ini, karena seperti yang bisa dilihat takkan ditemui perubahan. Namun, Anda bisa menghadirkan ruang bagasi lebih luas, jika melipat kursi atau jok bagian belakang. Dengan begitu, barang bawaan bisa menjadi lebih banyak. Risikonya, jumlah orang yang bisa ditampung menjadi berkurang sekitar 2-3 orang. Masih okelah jika Anda memang tidak membawa banyak orang.

Selain bagasi belakang, sisi-sisi kursi kabin bisa dijejalkan berbagai macam barang kecil – seperti botol-botol, gelas-gelas, dan lain-lainnya. Tempat penyimpanan ini praktis dan tersebar merata di seluruh mobil. Untuk dashboard, Anda juga memasukkan beberapa barang.

>>> Baca juga:

4. FITUR ISUZU PANTHER GRAND TOURING 2019

Review Isuzu Panther Grand Touring 2019 :Fitur Keselamatan dan Keamanan

Foto speedometer Isuzu Panther Grand Touring 2019

Dibanding model lain dengan harga sebanding, fitur Isuzu Panther Grand Touring 2019 terbilang minim

Isuzu tampaknya memahami pentingnya fitur keselamatan dan keamanan dalam sebuah mobil. Untuk mendukung hal tersebut, Isuzu Panther Grand Touring 2019 mengusung teknologi yang bertugas di sektor pengereman. Anda akan menemukan fitur ABS (Anti-lock Bracking System), EBD (Electronic Brake-force Distribution), ESC (Electronic Stability Control).

Dua front airbags di bagian depan menjadi fitur keamanan tambahan yang bisa meminimalisir kecelakaan. Dan tiga point seat belt yang dikemas rapi di setiap tempat duduk memberikan kestabilan pada penumpang walaupun mobil berada di jalanan yang tidak bersahabat.

Semua fitur itu memberikan rasa aman kepada pengemudi. Meskipun Anda pasti berharap tak ada apapun selama berkendara – semua lancar-lancar saja.

Review Isuzu Panther Grand Touring 2019 : Fitur Kenyamanan dan Hiburan

Foto roof monitor pada Isuzu Panther Grand Touring 2019

Fitur kenyamanan pada Isuzu Panther Grand Touring 2019 lebih modern

Demi mengusir kejenuhan, para penumpang (bagian deret kedua dan ketiga) bisa menonton hiburan yang dihadirkan dari panel layar berkualitas premium. Terserah, mau nonton film terbaru ataupun video musik. Layar berkualitas premium itu didukung oleh panel audio yang juga sama-sama berkualitas premium. Membuat Anda mudah mendengarkan musik baik dari gawai smartphone, yang berarti Anda bisa mendengarkannya secara online.

>>> Review New Isuzu MU-X 2.5L Premiere 2018, Spesifikasi dan Harga

5. OPERASI ISUZU PANTHER GRAND TOURING 2019

Foto Mesin Isuzu Panther Grand Touring 2019

Mesin 4JA1L masih jadi andalan utnuk menunjang performa Isuzu Panther

Demi menyokong performa mobil, hal paling utama yang Isuzu sematkan adalah mesin 4JA1L. Mesin bersilinder 2499 cc ini dilengkapi dengan turbo-changer. Kecepatan rpm yang sanggup dihasilkan mesin 4JA1L sekitar 3500 rpm dengan torsi maksimal sekitar 1800 rpm.

Common rail dijadikan sebagai sistem suplai bahan bakar, membuat mobil ini lebih irit bahan bakar dan ramah lingkungan. Kapasitas tangki sebanyak 55 liter, cukup membawa Anda bepergian kemana-mana.

>>> Isuzu Indonesia Siap Ramaikan Pasar Kendaraan Berpenumpang Besar

6. SPESIFIKASI ISUZU PANTHER GRAND TOURING 2019

DIMENSI

Panjang

4.535 mm

Lebar

1.770 mm

Tinggi

1.690 mm

Wheelbase

2.685 mm

MESIN

Jenis

4JA1-L Direct Injection w/ Turbocharger

Isi silinder

2.499 cc

Daya maksimum

80 PS / 3.500 rpm

Torsi maksimum

191 Nm / 1.800 rpm

Bahan Bakar

Solar

Sistem Bahan Bakar

Diesel Direct Injection

Transmisi

Manual 5 Percepatan

KAKI-KAKI

Ukuran ban

235/70/R15

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN ISUZU PANTHER GRAND TOURING 2019

Apa yang ditawarkan Isuzu Panther Grand Touring 2019 bukanlah hal baru. Semua sudah ada di generasi-generasi sebelumnya. Mungkin ada beberapa poin yang menjadi plus pada mobil itu. Nah pada bagian kelebihan dan kekurangan ini, kami ambil dari ulasan yang diatas. Anggap saja, bagian ini rangkuman semuanya.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Desain interior Grand Touring 2019 lebih segar dan modern dibandingkan sebelumnya.

Penggunaan bahan bakar diesel akan memicu getaran lebih yang terasa hingga ruang kabin.

Panel layar dan audio memberikan hiburan untuk penumpang sepanjang perjalanan.

Bagasinya sempit. Anda wajib mengorbankan dua bangku belakang demi memperluasnya.

Sistem bahan bakar diesel Euro 4, Common rail, memberikan pengoptimalan pada mobilnya dan sudah pasti jauh lebih ramah pada lingkungan.

Inovasi Panther biasa, padahal ini inovasi terakhir dari Panther. Sekadar informasi, mulai tahun ini, Isuzu selesai memproduksi Panther jenis apapun. Mulai tahun depan, takkan lagi ada produk baru yang dirilis.

8. DAFTAR HARGA ISUZU PANTHER GRAND TOURING 2019

Dari empat varian Isuzu Panther yang disediakan PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), Isuzu Panther Grand Touring merupakan varian tertinggi. Mobil ini dijual dengan harga Rp 332.300.000 dan jarang mengalami kenaikan.

Harga tersebut adalah harga On The Road (OTR) Jakarta per April 2019. Di wilayah lain atau di waktu yang lain harga kemungkinan berbeda dan lebih mahal. Silahkan kunjungi diler Isuzu terdekat untuk mendapatkan informasi lebih mendetail terkait harga Isuzu Panther Grand Touring 2019 beserta promo yang ditawarkan.

9. VIDEO ISUZU PANTHER GRAND TOURING 2019

10. KESIMPULAN ISUZU PANTHER GRAND TOURING 2019

Anda ingin meminang Isuzu Panther Grand Touring 2019 atau generasi terbaru ini? Pertanyaan kami hanya dua: Anda ingin mencari mobil yang memiliki performa, desain, dan fitur yang baik atau Anda ingin memiliki mobil yang berperforma baik dengan desain dan fitur yang biasa-biasa saja? Tentu jawaban atas dua pertanyaan bisa Anda jawab sendiri. Tidak perlu memberitahu kami. Apapun pilihannya, kami kembalikan kepada Anda. Namun, jika Anda ingin mempertimbangkan mobil lain, sebaiknya Anda baca review mobil-mobil lain yang kami suguhkan. Terima kasih, dan semoga bermanfaat.

>>> Klik sini untuk lanjut simak pendapat kami tentang mobil-mobil lainnya 

Review mobil serupa

  • 09/09/2019 | Arfian Alamsyah

    Review Isuzu MU-X 2019 Indonesia

    Inilah amunisi baru PT Isuzu Astra Motor Indonesia untuk melawan Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport bahkan Ford Everest. Berikut ini adalah ulasan kami mengenai Isuzu MU-X 2019 Indonesia yang dua bulan lalu meluncur di GIIAS 2019.

  • 23/07/2019 | Abdul

    Review Isuzu D-Max 2019 : Mobil Pick Up Truck Gahar Dengan Fitur Mumpuni

    Isuzu menjadi salah satu produsen mobil ternama di Indonesia. Produknya sudah banyak dikenal dan diminati oleh masyarakat. Salah satu mobil yang tergolong baru dengan beberapa keunggulan yang dimiliki adalah Isuzu D-Max 2019. Bagaimana informasi tentang mobil tersebut, mari kita simak review Isuzu D-Max 2019.

  • 27/10/2018 | Padli Nurdin

    Review New Isuzu MU-X 2.5L Premiere 2018

    Ditengah semua SUV baru yang diperkenalkan di Indonesia, Isuzu MU-X 2.5L Premiere 2018 merupakan salah satu SUV premium andalan Isuzu di segmen yang dipenuhi dengan nama-nama besar seperti Pajero Sport serta Toyota Fortuner.