Spesifikasi Mobil Isuzu Bison 2010 : Jago Nanjak Dengan Mesin Tangguh

31/12/2020| Abdul

1. PENGANTAR ISUZU BISON 2010

Jangan remehkan kendaraan segmen pick up. Memang jenis kendaraan ini hanya dapat dipakai untuk membawa 2 sampai 3 penumpang di kabin karena bak belakang untuk membawa barang bawaan. Namun kiprahnya cukup berpengaruh dalam membantu bisnis seseorang.

Bison dihadirkan oleh pihak PT IAMI (Isuzu Astra Motor Indonesia) yang melakukan kerjasama dengan Mitsubishi sehingga diluncurkannya sebuah pick up medium cab over. Jika melihat sejarah, sebenarnya pada tahun 90-an sudah ada Isuzu Bison TLD dengan segmen kendaraan truk. Jadi di Indonesia bukan merupakan barang baru. Kehadiran mobil ini merupakan hasil perpaduan antara mesin legendaris yakni 4JA-1L dengan bodi yang kokoh milik Mitsubishi L300. Selain itu, dalam hal sistem penggerak, gardan dan kaki-kakinya diklaim unggul dibandingkan para rivalnya sehingga dari segi harga lebih mahal.

2. EKSTERIOR ISUZU BISON 2010

Spesifikasi Mobil Isuzu Bison 2010 : Sisi Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Mobil Isuzu Bison 2010

Tampilan depan dengan L300 hanya ada perbedaan sedikit

Ketika melihat bagian depannya memang tampak mirip dengan besutan Mitsubishi yakni L300. Hal tersebut wajar karena memang hasil kerjasama dengan Mitsubishi, untuk kaca depan tampak besar membuat visibilitas pengemudi cukup baik. Terdapat 2 bilah wiper di kacanya untuk membersihkan kaca saat ada debu dan kotoran. Kemudian di bawahnya terdapat emblem tulisan BISON aksen krom. Nah pembeda dengan L300 adalah bagian grill dan emblem Isuzu pada grill dengan ukuran cukup besar. Bagian lampu cukup besar menurut kami dan di sisi bumper terdapat pemanis yang cukup memberikan tampilan beda.

Spesifikasi Mobil Isuzu Bison 2010 : Sisi Samping

Gambar ini menunjukkan sisi samping Mobil Isuzu Bison 2010

Bison mirip dengan mobil Mitsubishi L300

Saat membahas pada bagian samping sebenarnya untuk mobil pick up hampir memiliki ke samaan dengan yang lainnya. Untuk Bison ini dengan Elsapek tampak sama dengan penggunaan pelek kaleng ukuran 14 inci yang menggunakan 5 baut. Apabila dibandingkan dengan L300 yang menjadi pembeda adalah di bagian warnanya kerana untuk L300 tidak mempunyai warna biru seperti Bison.

Spesifikasi Mobil Isuzu Bison 2010 : Sisi Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang Mobil Isuzu Bison 2010

Bak luas siap temani kembangkan bisnis

Di bagian buritan pun mirip dengan L300. Yang membedakan adalah adanya tulisan Isuzu berukuran besar dan juga tulisan Bison di bagian kanan. Di bawah pintu bak menggunakan desain lampu persegi panjang dan di tengahnya ada dudukan plat nomor serta knalpot. Sementara ban cadangan berada di bawah bak paling belakang.

>>> Lihat Juga:

3. INTERIOR ISUZU BISON 2010

Sebagai kendaraan untuk bisnis angkut barang tentunya dari segi interior tidak sama dengan kendaraan pribadi. Seperti di bagian kabinnya yang mirip dengan Mitsubishi L300 dan tidak ada head unit sebagai fitur hiburan. Dashboardnya tampak rata dengan beberapa ruang penyimpanan yang cukup banyak. Sedangkan untuk kemudinya tampak kurus untuk lingkar kemudinya dipadukan dengan 2 palang. Soal pengaturan kemudi adalah fixed, artinya tidak bisa diatur maju mundur ataupun naik turun. Meskipun begitu, sebagai kendaraan niaga hal tersebut tidaklah masalah.

Gambar ini menunjukkan interior mobil Mobil Isuzu Bison 2010

Kabin bisa diduduki 3 penumpang dengan lega

Saat berada di dalamnya mobil ini akan terasa lega. Dengan daya tampung 3 penumpang termasuk pengemudi, sudah dapat digunakan untuk angkut barang ataupun bisnis. Bahkan jika punya satu anak saja, mobil ini juga bisa digunakan untuk pergi ke rumah sanak saudara ataupun tempat wisata. Isuzu Bison 2010 juga terdapat lampu baca yang posisinya berada di dekat kaca spion bagian tengah sun visor untuk pengemudi dan handgrip untuk memberikan bantuan saat penumpang ingin naik ke mobil.

>>> Baca Juga:

4. FITUR ISUZU BISON 2010

Sebagai kendaraan niaga tentunya butuh kepraktisan di dalamnya. Nah pada ini terdapat ruang penyimpanan yang terbilang cukup di kabinnya. Walaupun terbatas, bagian dashboard ada tempat penmobil Isuzu Bison 2010 yimpanan tertutup untuk menempatkan barang pribadi atau barang-barang lain.

Gambar ini menunjukkan tempat penyimpanan mobil Mobil Isuzu Bison 2010

Sebagai kendaraan niaga untuk fitur tidak begitu jadi sorotan karena jarang

Sementara itu, pada bagian bak mobil mempunyai ukuran panjang 2.430 mm dengan lebar 1.600 mm dan tinggi baknya adalah 360 mm. Meskipun begitu, mobil ini menyediakan 2 pilihan bak yakni  standar dan rata (tidak ada tonjolan ban belakang).

>>> Klik Di Sini Untuk Mengetahui Review Mobil Isuzu Lainnya

5. OPERASI ISUZU BISON 2010

Menuju ke sektor mesin, bagian ini menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki Isuzu Bison 2010. Adapun mesin yang dipakai adalah 4JA-1L yang mempunyai kapasitas 2.499 cc turbocharger. Untuk sistem bahan bakar yang digunakan adalah direct injection. Yang menarik adalah penggunaan mesin tersebut ternyata diklaim telah memenuhi standar emisi Euro 2. Selain itu, konsumsi bahan bakarnya juga cukup hemat, bahkan pihak IAMI memberikan klaim soal konsumsi BBM nya 10%-15% dibandingkan pesaingnya lebih hemat.

Gambar ini menunjukkan mobil Mobil Isuzu Bison 2010

Mesin tangguh dan handal di jalanan menanjak

Adapun tenaga maksimal mesin yang bisa didapatkan adalah 80 Ps dan torsi puncaknya mencapai 191,3 Nm. Torsi dan tenaganya disalurkan ke bagian roda mengandalkan sistem transmisi berkode R5M21 manual 5 speed. Kelebihan lain yang dimiliki adalah saat melintasi tanjakan sangat handal berkat penggunaan gear 4,636.

>>> Baca Juga, Review Isuzu Traga FD 2018, Pick Up Rasa Truck Terbaik dari Isuzu

6. SPESIFIKASI ISUZU BISON 2010

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi Isuzu Bison 2010:

DIMENSI

Panjang

4.170 mm

Lebar

4.170 mm

Tinggi

1.895 mm

Jumlah Tempat Duduk

3-Seats

Kapasitas Tangki

47 Liter

Jarak Sumbu Roda

2,200 mm

Jarak Terendah Ke Tanah

190 mm

Panjang Bak

2.430 mm

Lebar Bak

1.600 mm

Tinggi Bak

360 mm

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan & Belakang

Disc Brake & Drum

Teknologi Sistem Pengereman

Brake Booster 9 Inch

Suspensi Depan & Belakang

Double Wishbone with Coil Spring & Semi Eliptic Leaf Spring

Sistem Kemudi

Ball & Nut Gear with Hydraulic Power Steering

Pelek

Steel, 14 inch

Jenis Ban

Bias, 185-R14C-8PR

Struktur Sasis

Ladder Frame, Commercial Segment

MESIN

Seri mesin

4JA-1L, 4 silinder segaris, SOHC

Tenaga Maksimum

78,5 Hp (80 Ps) @ 3.500 rpm

Torsi Maksimum

191,3 Nm (19.5 Kgm) @ 1.800 rpm

Bore X Stroke

93,0 mm x 92,0 mm

Tipe Transmisi

Manual 5-percepatan (R5M21), Penggerak Roda Belakang (RWD)

Kapasitas Silinder

2.499 cc

Pasokan Bahan Bakar

Direct Injection

Jumlah Katup

2 Katup Per Silinder (1 Inlet & 1 Outlet)

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN ISUZU BISON 2010

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan Isuzu Bison 2010:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Mesin yang diberikan mempunyai tenaga yang mumpuni sehingga saat menanjak jadi mudah

Populasinya sedikit sehingga untuk mendapatkannya tergolong sulit

Bak luas sehingga dapat digunakan untuk angkut barang bawaan cukup banyak

Jika melihatnya secara keseluruhan mobil ini mirip dengan Mitsubishi L300

Konsumsi bahan bakar cukup hemat berkat penggunaan sistem direct injection dan gear 4,636

 

8. DAFTAR HARGA ISUZU BISON 2010

Sebagai kendaraan dalam kondisi bekas tentu harganya lebih terjangkau. Pada awal peluncuran mobil ini ditawarkan dengan harga Rp. 154 jutaan. Sedangkan untuk harga bekas Isuzu Bison 2010 berada di angka Rp. 60 juta sampai Rp. 85 jutaan tergantung kondisi kendaraan.

9. VIDEO ISUZU BISON 2010

10. KESIMPULAN ISUZU BISON 2010

Bagi Sobat semuanya yang menginginkan sebuah mobil untuk menunjang bisnis atau baru memulai bisnis bisa mengandalkan Isuzu Bison 2010. Yang mana mobil ini memiliki banyak keunggulan seperti bak luas dan mesin siap diajak menanjak. Ditambah lagi nama Isuzu sudah terkenal sehingga jaringan servisnya tentu lebih luas dan suku cadangnya juga mudah untuk didapatkan. Mobil ini dapat digunakan sebagai kendaraan angkut barang, jualan sayur, jualan pakaian dan lainnya.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Review mobil serupa

  • Spesifikasi Mobil Isuzu Bison 2010 : Jago Nanjak Dengan Mesin Tangguh

    31/12/2020| Abdul

    Spesifikasi Mobil Isuzu Bison 2010 : Jago Nanjak Dengan Mesin Tangguh

    Mobil pick up menjadi salah satu jajaran kendaraan pendukung bisnis. Salah satu mobil dalam segmen ini adalah Isuzu Bison. Yang mana dimensi ban nya cukup luas sehingga bisa membawa lebih banyak barang. Lantas apa saja kelebihan yang diberikan pada Bison? mari kita simak ulasannya tentang spesifikasi mobil Isuzu Bison 2010 dan harga bekasnya.

  • Review Isuzu Giga Tractor Head GXZ 60 K ABS 2019 : Mobil Truk Siap Jadi Partner Bisnis

    22/06/2020| Abdul

    Review Isuzu Giga Tractor Head GXZ 60 K ABS 2019 : Mobil Truk Siap Jadi Partner Bisnis

    Beragam segmen mobil dimiliki oleh Isuzu, salah satunya adalah Medium Duty Truck. Pada awal tahun 2019 mobil New Isuzu Giga dihadirkan oleh pihak PT Isuzu Astra Motor Indonesia. Lantas bagaimana spesifikasi dan juga keunggulan yang dimilikinya, mari kita simak ulasannya dalam review Isuzu Giga Tractor Head GXZ 60 K ABS 2019.

International