Ini Penyebab Kaki-Kaki Isuzu Panther Sering Rusak

22/04/2019 | Arfian Alamsyah

Ketika kami berselancar didunia maya, kami mengetahui bahwa mobil Isuzu Panther masih diminati oleh calon konsumen di tanah air. Tentunya dalam kondisi bekas, karena harga barunya sudah tidak value for money lagi. Namun, ternyata mobil Isuzu Panther ini juga memiliki masalah khas, yakni bagian kaki-kakinya sering rusak alias bermasalah. Sebagai situs teknik mobil nomor satu di Indonesia, kami tergelitik untuk mencari tahu apa penyebabnya.

>>> AC Mobil Isuzu Panther adalah salah satu yang terdingin, ini cara perawatannya agar tetap dingin

Isuzu Panther tipe LS  berwarna abu abu

Isuzu Panther masih diminati oleh konsumen di pasar mobil Indonesia

Permasalahan kaki-kaki Isuzu Panther mudah saja dirasakan, karena ada beberapa gejala masalah kaki-kaki Isuzu Panther yang jamak ditemui. Diantarannya adalah setir mobil tidak bisa anteng, ban luar sering makan (aus) bagian luar atau dalam, atau yang paling parah adalah saat direm arah mobil nyelonong ke kanan atau ke kiri. Tentu saja masalah kaki-kaki Isuzu Panther ini sangat membahayakan, baik pengguna mobil Isuzu Panther ini maupun pengguna jalan lain.

>>> Nih, cara mendeteksi masalah kaki-kaki mobil

Tampak Isuzu Panther LV perbaikan kaki-kaki

Meski diminati, namun Isuzu Panther ini juga punya penyakit yang khas

Kami mencoba menganalisis penyebab masalah kaki-kaki Isuzu Panther ini. Untuk masalah mobil setirnya tidak bisa anteng, permasalah bisa jadi karena sudah ada part yang aus pada steering box Isuzu Panther ini. Hal ini lantaran part yang aus tersebut membuat gerakan ban kanan dan kiri tidak sinkron, jadi kemudi pada mobil ini terasa tidak bisa anteng. Mengemudikan Isuzu Panther yang mengalami kerusakan pada steering box tentunya akan melelahkan dan tidak enjoy, karena berkali-kali harus melakukan koreksi arah kemudi guna menjaga mobil tetap lurus.

>>> Bukan hanya sebagai penunjang kaki-kaki, ini dia fungsi ban mobil

Tampak Laher roda Isuzu Panther

Rawan ditemukan masalah pada laher roda Isuzu Panther

Untuk permasalahan kaki-kaki Isuzu Panther yang ban sering makan luar atau dalam, adalah laher atau bearing rodanya bermasalah. Kami menganalisis hal ini, dan ditemukan fakta bahwa disinyalir dari awal desain Isuzu Panther ini ada semacam salah desain pada kaki-kaki depannya, karena ukuran bearing roda tidak didesain untuk menahan ukuran ban yang besar serta bobot berat dari mesin diesel 4JA1. Makanya kaki-kaki Isuzu Panther sering rusak terutama untuk bagian depannya.

>>> Ini pendapat kami mengenai pick-up terbaru Isuzu yang berbasis mesin Isuzu Panther

Tampak Laher roda Isuzu Panther aftermarket

Bearing atau laher roda Isuzu Panther tidak terlalu kuat menahan bobot mesin dan ukuran roda mobilnya

Cara menanggulangi permasalahan kaki-kaki Isuzu Panther yang sering rusak ini bisa dimulai dari cara berkendara Anda. Jangan perlakukan mobil Isuzu Panther Anda dengan kasar selayaknya di Toyota Avanza atau Daihatsu Xenia yang sama-sama menganut penggerak roda belakang. Serta apabila bearing (laher), ball joint sudah bermasalah baiknya segera diganti dan jangan lupa untuk di spooring setelah melakukan penggantian part kaki-kaki tadi, Niscaya kaki-kaki Isuzu Panther yang rawan rusak tidak akan terjadi lagi.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • 05/06/2020 | Abdul

    Mengenal Jenis Kompresor AC Mobil Sebagai Tambahan Informasi

    Saat ini banyak yang menggunakan AC sebagai alat pendingin pada mobil. Salah satu alat kelengkapan pada mesin AC yaitu wajib menggunakan kompresor. Kompresor ibarat jantung AC yang berfungsi menghisap freon dari tekanan rendah kemudian didistribusikan ke kondensor dalam tekanan dan suhu yang tinggi. Terdapat beberapa jenis kompresor AC mobil yang bisa dijadikan tambahan informasi.

  • 04/06/2020 | Abdul

    Fase New Normal, Menyemprot Mobil Dengan Desinfektan perlu Dilakukan

    Himbauan dari pihak kepolisian kepada pemilik kendaraan supaya menyemprot mobil dengan desinfektan. Hal tersebut dilakukan secara berkala dalam fase new normal dengan tujuan untuk mencegah virus corona.

  • 28/05/2020 | Abdul

    Alat Penghemat Bahan Bakar, Benarkah Bisa Buat Mobil Terbakar?

    Pemilik mobil kadang memasang alat penghemat bahan bakar pada mobil yang dimiliki. Tujuannya adalah supaya konsumsi bahan bakar bisa lebih hemat. Tapi tahukah Sobat, bahwa memasang alat tersebut bisa berpotensi menjadi penyebab mobil terbakar.