Review Hyundai New Santa Fe 2018: Semakin Tampan Dari Luar dan Nyaman Di Dalam

10/08/2018| Metodius Getan

1. PENGANTAR

Review Hyundai New Santa Fe 2018 - Hyundai Santa Fe terbilang mobil yang berprestasi, kenapa begitu karena Santa Fe sering mendapatkan penghargaan di berbagai media dunia. Jadi jika Anda memandang Santa Fe hanya dengan sebelah mata, coba simak review kami hingga selesai. Di peluncuran terbarunya ini pada ajang GIIAS 2018, Hyundai Santa Fe mendapat pembaruan terutama dari sisi fiturnya yang canggih serta kabin jauh lebih nyaman. New Santa Fe seolah siap membawa Anda ke banyak tempat serta siap menunjang setiap petualangan yang ada. So mari simak review lebih lengkap dari Hyundai New Santa Fe 2018 versi Mobilmo.com.

2. EKSTERIOR

Kini Santa Fe terbaru memiliki tampilan yang berubah total, pada bagian depannya pun tidak ada lagi grill besar berselimut krom yang memanjang. Dan pada bagian kap mesinnya pun lebih rendah dari pada Santa Fe sebelumnya yang lebih besar, lantas, apa saja yang baru dari eksteriornya?

  • Review Hyundai New Santa Fe 2018: Tampak Depan

Tampak Depan Terbaru Dari Hyundai New Santa Fe 2018

Sisi Depan New Santa Fe 2018

Coba lihat bagian depannya, tampilan lebih eksklusif dan sangar, apalagi grill baru begitu menarik. Grill baru ini yang diberi nama Cascading Grille with Hexagonal Pattern Chrome (untuk tipe XG). Yang  unik lainnya adalah susunan tiga lampu di bagian bumpernya, paling atas Full LED DRL dan positioning lamps, lalu di bagian tengah ada LED Projector Head Lamp Integrated with Turning Signal, dan disusunan lampu paling bawah terdapat fog lamp.

  • Review Hyundai New Santa Fe 2018: Tampak Samping

Tampak Samping Hyundai New Santa Fe 2018 Lebih Besar dan Tegak Hingga Belakang

Bagian Samping Hyundai New Santa Fe 2018

Pilihan dari Hyundai untuk membuat Santa Fe terbarunya ini lebih besar itu sangat baik. Semua itu terlihat dari bagian depan hingga belakang itu tidak menjuntai ke bawah, ketegakan bagian belakang ini seolah menjamin keluasan kabin dan juga bagasinya. Desain pelek juga mendapat perubahan yang positif meski ukurannya sama untuk GLS 18 inci dan XG 19 inci. Door garnish berwarna silver ini pun terlihat sempurna, ditambah adanya Electric folding mirror , side repeater and puddle lamp, hal positif lainnya adalah handle sudah diberikan warna krom.

  • Review Hyundai New Santa Fe 2018: Tampak Belakang

Hyundai New Santa Fe 2018 Dengan 3D LED Rear Combination Lamp

Sisi Belakang Hyundai New Santa Fe 2018

Dari belakang, Hyundai New Santa Fe tetap terlihat cantik, penampilan cantik ini berkat adanya 3D LED rear combination lamp. Bumper molding dengan warna krom ini membuat New Santa Fe lebih keren, dan aksen ini seolah bersambung dari sisi sampingnya tadi. Santa Fe terbaru ini juga dibekali dengan 4 sensor parkir, namun minusnya tidak ada kamera mundur, knalpotnya berada di sisi kanan dengan dua cabang dan dilapisi dengan warna krom.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR

  • Review Hyundai New Santa Fe 2018: Interior Dashboard

Hyundai New Santa Fe 2018 Memiliki Dashboard Mewah dan Unik

Kabin dan Dashboard Hyundai New Santa Fe 2018

Memasuki interiornya, kami menilai bahwa Hyundai benar-benar serius dalam meluncurkan SUV premiumnya ini. Semua itu ditampilkan bukan hanya permainan kombinasi warna yang unik, tetapi juga lekukan dari mulai dashboard, center console hingga door trim begitu berbeda dari mobil kebanyakan. Siapapun yang masuk kedalam kabinnya pasti akan terasa nyaman, ditambah lagi penyimpanan pada sisi interiornya sangat mendukung. AC pada dashboardnya sudah dual zone, lalu ada fitur clean air, kami rasa AC ini masih tetap baik, namun masih ada kekurangan dari sisi dashboardnya, yaitu pada bagian head unit.

  • Review Hyundai New Santa Fe 2018: Kursi

Pada dasarnya SUV dari Hyundai ini memiliki kapasitas penumpang hingga 7 orang, keluasannya masih terbilang cukup baik. Untuk baris pertama begitu terasa kompak, meskipun mobil ini besar, namun kursi dan kenyamanan di kursi baris pertama sangat baik, menduduki baris kedua tidak ada komplain dari kami, karena ruang kaki masih ada sisa hampir dua kepal untuk menyentuh ke jok baris pertama, sedangkan untuk baris ketiga masih memungkinkan untuk dimasuki orang dewasa, tetapi tidak kami rekomendasikan, karena untuk orang dewasa yang memiliki tinggi lebih dari 170 cm akan terasa sempit dengan ruang kepala. Posisi pengemudi semakin baik ditunjang dengan kursi pengemudi yang sudah bisa diatur secara elektrik.

  • Review Hyundai New Santa Fe 2018: Setir

Hyundai New Santa Fe 2018 Memiliki Material Yang Baik dan Ukurannya Pas

Kemudi Hyundai New Santa Fe 2018

Kemudi dari Hyundai New Santa Fe pas, dalam artian tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Tidak lupa juga ada beberapa fitur pada sisi kanan kirinya, pada bagian kiri terdapat tombol pengaturan untuk audio, lalu di sebelah kanan terdapat tombol pengaturan cruise control. Genggaman kemudi terasa mantap dan disisi belakangnya ada paddle shift yang pasti akan sangat berguna untuk berakselerasi.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

 

4. FITUR

  • Review Hyundai New Santa Fe 2018: Fitur Kenyamanan

Hyundai New Santa Fe 2018 Dengan Panoramic Sunroof

Panoramic Sunroof Hyundai new Santa Fe 2018

Hyundai Santa Fe bisa dimasukan kedalam kategori SUV premium, selain banyak fitur dan kecantikan desainnya, mobil ini juga memiliki kenyamanan kabin tingkat tinggi. Faktor penunjang kenyamanan tersebut diantaranya, Rear A/C untuk baris kedua, lalu output dan pengaturan AC pada baris ketiga, lalu ada panoramic Sunroof (untuk tipe XG), dan yang terakhir dan cukup penting bagi kami adalah adanya 6 speaker dalam kabin sehingga kualitas audio terbaik dapat diperoleh. Untuk menunjang kenyamanan berkendara, Anda dapat memilih salah satu dari empat mode berkendara yang disediakan, ada comfort, eco, sport dan smart.

  • Review Hyundai New Santa Fe 2018: Fitur Keselamatan

Hyundai New Santa Fe 2018 Dibekali Dengan Banyak Fitur Safety

Safety Hyundai New Santa Fe 2018

SUV seharusnya dibekali dengan banyak fitur safety, seperti Hyundai New Santa Fe memiliki banyak fitur keselamatan. Beberapa fitur keselamatan tersebut diantaranya Antilock Breaking System (ABS), Brake Assistant System (BAS), Electronic Brake Distribution (EBD), Dual SRS Airbag, Reverse Parking Sensor, Electronic Stability Control (ESC), Hill-Start Assist Control (HAC), dan juga Downhill Brake Control (DBC).

>>> Simaklah review mobil Hyundai lainnya di sini

5. OPERASI

Hyundai New Santa Fe 2018 Memiliki Mesin Diesel dan Bensin

Mesin Diesel dan Bensin Dari New Santa Fe 2018

Hyundai New Santa Fe masih menggunakan mesin yang sama dengan model sebelumnya, yang pertama mesin bensin berkapasitas 2.400cc dengan tenaga maksimal 170Hp dan torsi 225 Nm, serta mesin diesel 2.200cc yang mampu menghasilkan tenaga 190 Hp dan torsi juara 441 Nm, lalu tenaga tersebut disalurkan dengan transmisi 6-speed otomatis dan berpenggerak Front Wheel Drive (FWD).

>>> Klik sini untuk lanjut baca tulisan review mobil lainnya

6. SPESIFIKASI

Berikut ini adalah spesifikasi Hyundai New Santa Fe 2018.

 

Varian

2.2L CRDi XG

2.4L MPI GLS

Dimensi

Panjang x Lebar x Tinggi

4770mm x 1890 mm x 1680mm

4770mm x 1890 mm x 1680mm

Ground Clearance

185mm

185mm

Jarak Sumbu Roda

2765mm

2765mm

Kapasitas Penumpang

7

7

Tanki

64L

64L

Mesin

Isi Silinder

2199cc

2395cc

Tenaga Maksimal

190Hp

170Hp

Torsi Maksimal

441Nm

225Nm

Jenis Bahan Bakar

Diesel

Bensin

Transmisi

8-speed Otomatis FWD

6-speed Otomatis FWD

Chassis

Suspensi Depan

MacPherson Strut

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Multi-Link

Multi-Link

Ukuran Ban

235/55

235/60

Ukuran Pelek

R19

R18

 

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN

Saat review New Hyundai Santa Fe 2018, inilah kelebihan dan kekurangan yang Mobilmo.com dapat.

 

Kelebihan

Kekurangan

Eksterior lebih tampan

Head unit terkesan menurun kualitasnya

Desain interior jauh lebih menarik dan nyaman

Tidak ada kamera mundur

Tenaga mesin diesel masih mempuni

Hilangnya fitur eagle view camera

Safety terbilang lengkap

 

Fitur Drive mode cukup baik

 

 

8. DAFTAR HARGA

 

Varian

Transmisi

Harga Hyundai New Santa Fe 2018

All New Santa Fe GLS Gasoline

AT (FWD)

Rp 499.000.000

All New Santa Fe XG CRDi

AT (FWD)

Rp 569.000.000

All New Santa Fe XG Gasoline

AT (FWD)

Rp 520.000.000

All New Santa Fe GLS CRDi

AT (FWD)

Rp 549.000.000

9. VIDEO

10. KESIMPULAN

Secara umum mobil racikan Hyundai ini semakin menarik dari sisi desain baik eksterior dan juga interiornya. Walaupun menggunakan mesin yang sama dengan sebelumnya tetapi mesin tersebut masih sangat baik bagi Santa Fe baru ini. Beberapa fitur terbaru dimunculkan, dan ada juga yang hilang, tapi tidak melunturkan kesan SUV premium pada mobil ini. Dapatkan update dari berita dan review mobil hanya di Mobilmo.com.

>>> Untuk membeli mobil lebih aman dan cepat, jangan lupa mampir situs Cintamobil.com

Review mobil serupa

  • Review Hyundai H-1 2019: Versi Facelift yang Lebih Mewah

    22/12/2018| Padli Nurdin

    Review Hyundai H-1 2019: Versi Facelift yang Lebih Mewah

    Hyundai akhirnya memberikan facelift kedua, mengeluarkan Hyundai H-1 2019 di Korea Selatan beberapa waktu lalu dan memperkenalkan dua model baru, yaitu Urban dan Limousine. Masih memiliki desain gril yang mengalir ke bawah tapi memiliki perbedaan pada desain interior. Apa saja yang berubah versi baru ini?

  • Review Hyundai Santro 2019, Sang Penerus Kesuksesan City Car Hyundai Di Indonesia

    10/11/2018| Arfian Alamsyah

    Review Hyundai Santro 2019, Sang Penerus Kesuksesan City Car Hyundai Di Indonesia

    Mobil ini digadang-gadang akan menjadi penerus kesuksesan Hyundai Atoz dan Hyundai i10 di Indonesia, benarkah demikian?

  • Review All New Santa Fe XG CRDi 2018: Oppa Tampan Dari Korea

    11/09/2018| Metodius Getan Plue

    Review All New Santa Fe XG CRDi 2018: Oppa Tampan Dari Korea

    SUV menjadi salah satu alternatif bagi anda yang ingin mencari suasana baru dalam dunia otomotif. Bukan hanya MPV dan City Car yang laris dipasaran, tetapi SUV pun mulai merangkak menunjukkan taringnya. Pasalnya model mobil ini sangat mencerminkan masyarakat urban, bukan hanya Indonesia tetapi Dunia, Hyundai mempunyai jagoan dikelas SUV ini, namanya Hyundai Santa Fe.

International