Review Honda HR-V Sport Turbo 2019: Gabungan Desain Elegan dan Performa Tinggi

03/02/2019 Padli Nurdin Review Honda

Mendapatkan facelift untuk persaingan segmen SUV yang semakin besar di luar negeri, Honda mengeluarkan Honda HR-V Sport Turbo 2019 dibuat lebih bertenaga dengan tampilan elegan. Meskipun belum dibawa ke Indonesia, apa saja perubahan yang diberikan oleh Honda?

1. PENGANTAR HONDA HR-V SPORT TURBO 2019

Review Honda HR-V Sport Turbo 2019Honda HR-V Sport Turbo 2019 merupakan facelift dari SUV subkompak yang diproduksi selama dua generasi. HR-V generasi pertama didasarkan pada Logo Honda dan dijual di Eropa, Jepang, serta beberapa pasar selektif antara 1999 dan 2006. HR-V generasi kedua didasarkan pada Honda Fit generasi ketiga dan mulai dijual di Korea Utara. Generasi kedua HR-V sebagian besar identik dengan JDM Vezel yang mulai dijual pada akhir 2013.

Sedangkan di Indonesia, HR-V yang menjadi salah satu lumbung pemasukan PT Honda Prospect Motor diperkenalkan pada tahun 2015. Langsung mendapatkan respon positif dari konsumen Indonesia, Honda juga meluncurkan versi facelift dengan tenaga yang lebih besar, ditambah sedikit perubahan tampilan luar untuk memberikan kesan elegan nan sporty bagi SUV andalan Honda.

Honda HR-V Sport Turbo 2019 berwarna hitam dengan latar hitam

Honda HR-V Sport Turbo 2019

Dilengkapi dengan mesin turbocharger yang sudah dikembangkan Honda sejak 2014 lalu, performa mobil yang ditampilkan disebut lebih besar dengan efisiensi maksimum. Belum pasti apakah mobil ini akan masuk ke Indonesia, lihat dulu review Honda HR-V Sport Turbo 2019 terbaru dari Mobilmo.com.

2. EKSTERIOR HONDA HR-V SPORT TURBO 2019

Desain gelap nan elegan terlihat jelas bagi tampilan anyar HR-V baru. Meskipun Honda memang mengkhususkan peningkatan mobil ini pada bagian dalam, perubahan eksterior Honda HR-V Sport Turbo 2019 senada dengan meningkatnya performa mesin yang semakin kuat.

Review Honda HR-V Sport Turbo 2019:  Eksterior Depan

tampilan depan Honda HR-V Sport Turbo 2019 berwarna hitam

Tampilan depan Honda HR-V Sport Turbo 2019

‘Solid Wing Face’ dari Honda sekarang memberikan panel krom gloss sedangkan intake udara lebih dalam dengan lampu kabut bulan untuk tampilan modern sepertinya mengikuti Hyundai Kona. Untuk mempercantik eksterior depan Honda HR-V Sport Turbo 2019, lampu LED daytime running dibuat sebagai standar untuk semua trim dan lensa proyektor baru menambahkan tampilan elegan mobil ini.

Review Honda HR-V Sport Turbo 2019:  Eksterior Samping

tampilan samping Honda HR-V Sport Turbo 2019 berwarna hitam

Tampilan samping Honda HR-V Sport Turbo 2019

Mobil baru ini tidak mendapatkan perubahan yang signifikan. Honda hanya menambahkan cover spion berwarna hitam, side skirt, dan tampilan keseluruhan yang lebih agresif. Sedangkan roda 18 inci menjadi pelengkap tampilan eksterior samping Honda HR-V Sport Turbo 2019. Selain perubahan pelek berbentuk kipas dengan warna black doff yang dinamis, serta ban Michelin untuk kesna sporty, HR-V 2019 memiliki desain yang sama dengan tampilan yang dijual di Indonesia.

Review Honda HR-V Sport Turbo 2019:  Eksterior Belakang

tampilan belakang Honda HR-V Sport Turbo 2019 berwarna hitam

Tampilan belakang Honda HR-V Sport Turbo 2019

Meskipun tidak terlalu kentara, namun ada perubahan kecil di bagian belakang. Potongan krim krom gelap yang cocok digunakan pada hatchback serta lampu belakang yang lebih berwarna bisa Anda lihat pada eksterior belakang Honda HR-V Sport Turbo 2019. Anda juga bisa melihat ujung knalpot ganda, potongan trim hitam, serta spoiler belakang sporty menjadi tambahan yang mengesankan untuk varian terbaru HR-V 2019 ini.

>>> Dapatkan review terbaru dari Honda hanya di sini

3. INTERIOR HONDA HR-V SPORT TURBO 2019

Di bagian dalam, pelapis hitam dan merah membantu meningkatkan suasana kabin. Namun secara garis besar, perubahan pada interior Honda HR-V Sport Turbo 2019 relatif mengikuti iterasi standarnya. Namun Honda menyebutkan bahwa mobil tersebut akan mendapatkan beberapa perubahan halus, seperti lapisan atap yang gelap, jok kulit serta trim dasbor dua warna, serta jahitan kontras merah pada roda kemudi.

Review Honda HR-V Sport Turbo 2019:  Dasbor

dasbor Honda HR-V Sport Turbo 2019 berwarna hitam

Dasbor Honda HR-V Sport Turbo 2019

Salah satu perbedaan yang paling terlihat dari bagian dalam mobil ini adalah dual-tone yang terlihat pada beberapa komponen. Salah satunya pada dasbor Honda HR-V Sport Turbo 2019 yang menggunakan paduan warna hitam dan merah maroon, juga terlihat pada bagian AC serta layar infotainment. Kontrol tengah yang menampakkan elegansi semakin terlihat dengan tambahan dual-tone.

Review Honda HR-V Sport Turbo 2019: Kemudi

Berbeda dengan kemudi pada HR-V standar, perubahan yang terlihat dan bisa Anda rasakan adalah bagaimana Honda memberikan kesan elegan yang lebih tinggi pada setir Honda HR-V Sport Turbo 2019 dengan jahitan kontras merah. Pada bagian kiri dan kanan Honda menanamkan beberapa tombol untuk memudahkan pengemudi mengakses beberapa fitur kendaraan, seperti halnya tombol volume untuk memudahkan Anda mendengarkan lagu ketika berkendara sendirian.

 Kemudi Honda HR-V Sport Turbo 2019 berwarna hitam

Kemudi Honda HR-V Sport Turbo 2019

Review Honda HR-V Sport Turbo 2019: Kursi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, desain dual warna hitam dan merah maroon juga terlihat pada kursi Honda HR-V Sport Turbo 2019. Namun jok kulit berwarna merah yang dipadukan dengan lapisan kain halus menjadikan kursi yang nyaman bagi Anda dan penumpang. Sedangkan untuk kenyamanan penumpang di belakang, ruang kepala yang diberikan juga cukup lega, apalagi bagi rata-rata masyarakat Indonesia.

Review Honda HR-V Sport Turbo 2019: Bagasi

Ruang kargo dengan kekuatan aktifitas luar biasa dibuat seefisien mungkin. Ketika kursi belakang dipakai, Anda masih memiliki ruang bagasi yang cukup untuk membawa barang-barang besar maupun banyak tas untuk pengendaraan harian. Sedangkan ketika kursi diturunkan, kompartemen bagasi Honda HR-V Sport Turbo 2019, Anda bisa mendapatkan ruang penyimpanan yang besar untuk barang-barang saat bepergian keluar kota.

>>> Berita terbaru Honda bisa Anda dapatkan di sini

4. FITUR HONDA HR-V SPORT TURBO 2019

Untuk sistem hiburan, Honda sudah memberikan SiriusXM dan HD Radio. Namun demikian, banyak dari pilihan ini tidak disediakan dalam versi sebelumnya. Sebagai gantinya, Honda telah menambahkan fitur hiburan baru untuk semua modelnya, salah satunya HondaLink yang bisa mengalirkan audio dan sistem seluler yang sesuai untuk kendaraan Anda.

Untuk mendapatkan kenyamanan berkendara pada perjalanan jauh, untuk pertama kalinya para teknisi Honda juga sudah memasang Active Noise Cancellation (ANC) pada fitur Honda HR-V Sport Turbo 2019 untuk trim yang lebih tinggi. Sedangkan dua mikrofon di bagian dalam terus-menerus memonitor suara bising frekuensi rendah yang menjengkelkan. Membuat pengendara terasa lebih menyenangkan dan menenangkan.

ilustrasi Active Noise Cancellation berwarna hitam dan putih

Honda Active Noise Cancellation untuk pengemudian yang lebih tenang

Review Honda HR-V Sport Turbo 2019: Fitur Keselamatan Aktif

Honda sepertinya sudah menyadari kekurangan sistem keamanan pada kendaraan sebelumnya dengan memberikan berbagai fitur keselamatan aktif Honda HR-V Sport Turbo 2019 dimulai dari kerangka yang sangat kuat dan bisa diandalkan untuk seluruh kendaraan. Kerangka yang dibangun menggunakan logam berdaya besar yang melindungi pengemudi dan penumpang ketika terjadi kecelakaan.

Selain itu, kendaraan juga mengaitkan lampu siang di depan untuk membuat kehadiran Anda terasa lebih, terutama di jalan dua arah. Honda HR-V 2019 juga menggunakan sistem Car Stability Aid yang menjamin dorongan yang aman. Ada pula kamera pada spion sebagai kamera multi-posisi yang memungkinkan mobil Anda untuk memiliki tiga pemandangan.

5. OPERASI HONDA HR-V SPORT TURBO 2019

Mesin 1.5 liter VTEC Turbo di HR-V Sport baru pertama kali terlihat pada Honda Civic generasi terbaru. Mesin empat silinder berotot ini memberikan kinerja yang sempurna, dengan tenaga puncak 180 daya kuda pada perputaran 5.500 rpm untuk 6MT manual dan 6.000 rm untuk CVT. Sistem operasi Honda HR-V Sport Turbo 2019 transmisi standar manual enam kecepatan (6MT), torsi maksimum dihasilkan antara 1.900 rpm dan 5.000 rpm. Dengan CVT opsional, torsi 220 Nm dikirim antara 1.700 – 5.500 rpm.

desain mesin 1.5 liter VTEC Turbo berlatar putih

Mesin Honda HR-V Sport Turbo 2019 

Honda mengembangkan HR-V Sport untuk mereka yang menginginkan pengalaman berkendara yang lebih dinamis dari SUV subkompak. Sebagai bagian dari paket yang memberikan peningkatan kekakuan tubuh, kontrol suspensi dan rasa kemudi, mobil ini dilengkapi dengan teknologi ‘Performance Damper’. SIstem damper terintegrasi pada bagian depan dan belakang mobil bekerja menangkal gerakan lateral dan torsi relatif melalui sasis, membuat mobil lebih datar di tikungan dan meningkatkan stabilitas serta mengurangi getaran di jalanan yang tidak rata.

6. SPESIFIKASI HONDA HR-V SPORT TURBO 2019

Sebagai peningkatan dari edisi biasa, spesifikasi Honda HR-V Sport Turbo 2019 yang baru bisa kita lihat sebagai berikut.

Dimensi Honda HR-V Sport Turbo 2019

Panjang x Lebar x Tinggi

4.294 mm x 1.772 mm x 1.580 mm

Jarak Poros Roda

2.160 mm

Radius Putar Minimum

5.3 meter

Mesin Honda HR-V Sport Turbo 2019

Tipe Mesin

L15B 1.5 liter

Isi Silinder

1.496 cc

Tenaga Maksimum

180 dk @ 5.500 rpm (6MT) dan 6.000 rpm (CVT)

Torsi Maksimum

220 Nm @ 1.700 – 5.500 rpm

Kaki-Kaki Honda HR-V Sport Turbo 2019

Tipe Ban

Michelin Pilot Sport

Ukuran Ban

215/5 R17

Tipe Velg

Alloy Black Doff

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN HONDA HR-V SPORT TURBO 2019

Apa yang membedakan HR-V 2019 dengan facelift yang sudah diperkenalkan Honda pada gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 tahun lalu? Lihat lagi kelebihan dan kekurangan Honda HR-V Sport Turbo 2019 di bawah ini.

Kelebihan

Kekurangan

Sesuai namanya, mesin dibuat lebih bertenaga dibandingkan versi standar

Tidak terlalu kentara kesan Sport, baik pada kabin maupun eksterior mobil ini

Lampu LED, baik pada headlight maupun tail lamp

Tidak (belum) dijual di Indonesia

Bagasi yang luas dan bagian kabin yang lapang

 

8. DAFTAR HARGA HONDA HR-V SPORT TURBO 2019

Disebutkan dalam rilisan resmi Honda Eropa, versi produksi untuk model HR-V 2019 sudah dilakukan Desember 2018 lalu, dengan pengiriman pertama akan dilakukan pada musim semi tahun ini. Honda mengkhususkan mobil ini untuk dijual di Eropa, bahkan Amerika yang menjadi salah satu negara jualan Honda tidak kebagian. Namun jika Indonesia mendapatkan versi Turbo ini, Mobilmo.com memprediksi harga Honda HR-V Sport Turbo 2019 akan berkisar Rp 600 jutaan.

9. VIDEO HONDA HR-V SPORT TURBO 2019

Vietnam merupakan salah satu negara yang kedapatan memiliki mobil ini. Bagi Anda yang ingin melihat video Honda HR-V Sport Turbo 2019 berikut ini.

10. KESIMPULAN HONDA HR-V SPORT TURBO 2019

pengendaraan Honda HR-V Sport Turbo 2019 berwarna hitam

Desain menawan Honda HR-V Sport Turbo 2019

Honda HR-V Sport Turbo 2019 dirancang untuk menjadi preposisi yang cukup unik di segmennya, melawan sebagian besar SUV kecil dengan tenaga yang diambil dari kelas yang lebih tinggi. Bersaing dengan segmen kompak SUV yang juga dipenuhi dengan nama-nama besar seperti Audi Q7 hingga Jaguar F-Pace di Eropa, mesin baru disebut akan meningkatkan daya tarik HR-V. Selain perubahan mesin, desain yang dibuat semakin elegan juga membuat Honda HR-V menjadi pilihan, dengan tampilan all-black di luar namun kabin dual-tone di dalam.

>>> Jangan lupa klik sini untuk simak review mobil yang menarik lainnya

Mungkin anda ingin baca