Review Datsun GO+ Panca 2014: Mobil MPV Segmen LCGC Pertama Di Indonesia

01/09/2020| Abdul

1. PENGANTAR DATSUN GO+ PANCA 2014

Review Datsun GO+ Panca 2014 – Kebijakan terkait LCGC dicetuskan pada bulan Mei 2013 oleh Presiden Indonesia ke 6 yakni Bapak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Dengan kehadiran mobil dalam segmen tersebut menjadikan masyarakat yang ingin sebuah kendaraan sehari-hari mendapatkan angin segar. Bahkan sampai saat ini mobil LCGC masih banyak diminati.

Dengan melihat adanya peluang, pihak PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) menghadirkan sebuah kendaraan keluarga yang masuk dalam segmen LCGC pertama kali yakni Go+ Panca. Pada masa itu dalam segmen ini dimasuki kendaraan dengan kategori Hatchback contohnya adalah Daihatsu Ayla dan Toyota Agya.

Tentunya menjadi kebanggaan dari pihak Datsun karena merupakan MPV pertama yang berada dalam kelas LCGC. Untuk tipe yang ditawarkan terdapat 5 yaitu D, A, A Optional, T dan T Optional. Sementara untuk “+” merupakan acuan akan tambahan lapasitas tempat duduknya yang mendapatkan tambahan 2 orang sehingga menjadi mobil 7 seater.

2. EKSTERIOR DATSUN GO+ PANCA 2014

Review Datsun GO+ Panca 2014: Bagian Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan mobil Datsun GO+ Panca 2014

Tampilan modern dengan mengandalkan Honeycomb

Bagian depan mobil Datsun ini menggunakan tampilan yang modern. Di bagian grille mengandalkan model Honeycomb yang menggunakan aksen warna hitam. Dari pihak Nissan-Datsun memberikan rancangan pada mobil ini dengan teliti yang disesuaikan dengan kebutuhan para konsumennya. Untuk lampu depan dibuat dengan ukuran yang besar dan menggunakan desain yang atraktif.

Jika melihatnya sekilas maka akan lupa kalau mobil ini mempunyai harga yang terbilang  cukup terjangkau. Hanya saja mobil ini belum diberikan fog lamp yang dapat digunakan untuk menembus kabut tebal saat melintasi daerah pegunungan.

Review Datsun GO+ Panca 2014: Bagian Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping mobil Datsun GO+ Panca 2014

Tampilan samping tampak bongsor dan terkesan gagah

Melihat bagian samping, kabin yang dimiliki terbilang lega. Hal tersebut bisa disimpulkan saat melihat dimensinya yakni panjang 3.995 mm dengan wheelbase 2.450 mm. Kapasitas penumpangnya adalah 7 penumpang sehingga cocok untuk dibuat bepergian bersama keluarga tercinta ke tempat yang diinginkan. Di sisi pelek mengandalkan ukurang ring 13 inci dan terkesan biasa saja dipadukan dengan penggunaan roda 155/70 R13. Menurut kami untuk peleknya ini ukurannya kurang besar agar tampil lebih menarik.

Review Datsun GO+ Panca 2014: Bagian Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil Datsun GO+ Panca 2014

Sisi belakang tampil lebih sporty terutama fitur T Option

Bila Sobat menginginkan mobil Datsun GO+ Panca 2014 dengan tampilan yang lebih sporty maka dapat membeli tipe T Option. Hal tersebut karena pada tipe tersebut telah diberikan tambahan fitur roof spoiler yang dipadukan dengan penggunaan High Mount Stop Lamp. Selain itu, pada bagian lampu belakang mengandalkan desain yang modern sehingga menambah aura sporty yang dimiliki.

>>> Lihat Juga :

3. INTERIOR DATSUN GO+ PANCA 2014

Review Datsun GO+ Panca 2014: Bagian Dashboard & Kemudi

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi mobil Datsun GO+ Panca 2014

Dashboard mengandalkan desain Two-Tone Colour

Pada saat melihat interior akan dihadapkan desaian Two-Tone Colour yang menghiasi dashboardnya. Kebosanan akan terasa hilang selama menempuh perjalanan dengan mengandalkan mobil MPV dari Datsun ini. Dari segi fitur hiburan terbilang kurang, namun hal tersebut wajar karena harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau.

Pada bagian dashboardnya terdapat head unit 1DIN yang diberikan pada tipe A Option dan T Option. Head unit yang diberikan dapat terhubung dengan USB dan juga AUX jack yang bisa memberikan hiburan kepada pengemudi dan penumpang selama perjalanan dengan mengandalkan ponsel yang dimiliki. Menghibur diri dan penumpang selama perjalanan agar membuatnya terasa menyenangkan. Ditambah lagi terdapat AC dengan blower.

Pada  kemudi mobil mempunyai perbedaan tergantung tipe yang dimiliki. Seperti pada tipe T dan T Option yang sudah diberikan Electric Power Steering, sedangkan tipe lain masih belum diberikan. Padahal harapannya adalah fitur tersebut dapat dijadikan standar karena fungsinya yang terbilang cukup penting yakni membuat pengendalian lebih stabil dan enteng.

Review Datsun GO+ Panca 2014: Bagian Kursi

Gambar ini menunjukkan jok baris kedua mobil Datsun GO+ Panca 2014

Jok mobil disarankan untuk 5 penumpang dewasa dan 2 anak-anak

Di bagian kursi  tergolong nyaman dengan daya tampung mencapai 7 orang. Hanya saja kami menyarankan untuk formasi di dalam mobil adalah orang dewasa 5 orang dan 2 lainnya adalah anak-anak yang ditempatkan di bangku ketiga. Pada bagian kursinya mendapatkan sandaran kepala pada jok depan, hanya saja tidak dapat dilakukan pengaturan. Sementara pada baris kedua sandaran kepalanya dibuat dengan ukuran yang minimalis.

>>> Baca Juga :

4. FITUR DATSUN GO+ PANCA 2014

Ini yang ditunggu-tunggu, fitur Datsun GO+ Panca 2014 memiliki kelengkapan berupa sabuk pengaman, Keyless Entry, Central Door Locking dan Immobilizer. Fitur tersebut cukup dimaklumi karena harga mobil MPV satu ini cukup terjangkau. Disarankan untuk pengendara mobil ini supaya tidak kebut-kebutan karena belum diberikan airbag untuk fitur keselamatannya.

Gambar ini menunjukkan head unit Datsun GO+ Panca 2014

Fitur belum terbilang lengkap karena harganya sangat terjangkau

Head unit yang diberikan mengandalkan single DIN yang dapat digunakan untuk mendengarkan music dengan melalui USB dan AUX Jack. Sebagai penambah kenyamanan selama berkendara, mobil ini telah diberikan AC dengan blower.

>>> Lihat Juga, Review Datsun Go CVT 2018, Sedikit Lebih Baik Dibandingkan Generasi Pertama

5. OPERASI DATSUN GO+ PANCA 2014

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Datsun GO+ Panca 2014

Performa lumayan dan sebagai mobil MPV LCGC membuatnya ramah lingkungan dan hemat bahan bakar

Soal performa yang dimiliki mobil ini, Datsun GO+ Panca 2014 menggunakan mesin berkode HR12DE dengan kapasitas 1.198 cc. Mengandalkan mesin tersebut tenaga maksimal yang bisa didapatkan adalah 50 kW dan torsinya adalah 104 Nm. Untuk sistem transmisi hanya mengandalkan manual 5 speed saja. Tuas transmisi posisinya tetap ergonomis karena terdapat di bagian dashboard. Sehingga bagi mereka yang baru bisa berkendara akan dapat mengoperasikannya dengan lebih mudah.

>>> Dari Pada Buat Sendiri, Nissan Motor Indonesia Pilih Impor Komponen Transmisi Datsun Go CVT

6. SPESIFIKASI DATSUN GO+ PANCA 2014

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi mobil Datsun Go+ Panca 2014 :

DIMENSI

Panjang

3.995 mm

Lebar

1.635 mm

Tinggi

1.490 mm

Radius Putar Minimum

4,6 m

Ground Clearance

170 mm

Wheelbase

2.450 mm

MESIN

Tipe Mesin

1.2 Liter HR12DE

Daya Maksimum

50 kW

Torsi Maksimum

104 Nm

Sistem Transmisi

5 Percepatan Manual

Kapasitas Silinder

1.198 cc

Tipe Bahan Bakar

Bensin

HANDLING & SUSPENSI

Suspensi Depan

McPherson Strut dengan Coil Spring

Suspensi Belakang

Torsion Beam

Rem Depan

Ventilated Discs

Rem Belakang

Drum

Ukuran Ban

155/70 R13

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN DATSUN GO+ PANCA 2014

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan mobil Datsun GO+ Panca 2014 :

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Harga bekasnya sangat terjangkau

Headrest yang diberikan tidak dapat diatur ketinggiannya

Bisa dijadikan sebagai kendaraan keluarga karena kapasitas kursinya adalah 5+2

Hanya tersedia transmisi manual

Mempunyai mesin dengan performa yang lumayan

Fitur kurang lengkap dan terkesan standar

8. DAFTAR HARGA DATSUN GO+ PANCA 2014

Pada saat pertama kali dihadirkan mobil ini sudah sangat terjangkau karena berada di kisaran Rp. 85 juta sampai Rp. 102 jutaan tergantung tipenya. Akan tetapi untuk kali ini mobil ini hanya terdapat dalam kondisi bekas. Untuk harga Datsun Go+ Panca 2014 berada di kisaran Rp. 60 juta sampai Rp. 80 jutaan tergantung kondisi dan tipenya.

9. VIDEO DATSUN GO+ PANCA 2014

10. KESIMPULAN DATSUN GO+ PANCA 2014

Bagi keluarga yang ingin memiliki kendaraan 7 seater maka mobil Datsun GO+ Panca 2014 bisa dijadikan pilihan. Fitur yang diberikan tergolong standar yang bisa menjadi teman perjalanan saat bepergian sendiri atau bersama keluarga tercinta. Bahkan mobil ini dicap murah tapi bukan murahan karena tampilannya menunjukkan bahwa mobil ini bukan kendaraan dengan harga murah. Apalagi mobil ini juga masuk dalam segmen LCGC yang terkenal akan ramah lingkungan dan hemat bahan bakar, tentu membuatnya semakin banyak peminatnya.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa

  • Review Datsun GO+ Panca 2014: Mobil MPV Segmen LCGC Pertama Di Indonesia

    01/09/2020| Abdul

    Review Datsun GO+ Panca 2014: Mobil MPV Segmen LCGC Pertama Di Indonesia

    Pada saat Pemerintah Indonesia mencetuskan kebijakan LCGC (Low Cost Green Car), banyak perusahaan otomotif ikut ambil bagian dalam meramaikan segmen tersebut. Kala itu salah satu mobil yang ikut meramaikannya adalah Datsun GO+ Panca 2014 yang merupakan kendaraan MPV pertama yang masuk segmen LCGC. Lantas seperti apakah mobil besutan Datsun tersebut? Mari kita simak ulasannya.

  • Review Datsun GO Live 2018 : Mobil Untuk Anak Muda Dengan Desain Beda Dari Yang Lain

    31/01/2020| Abdul

    Review Datsun GO Live 2018 : Mobil Untuk Anak Muda Dengan Desain Beda Dari Yang Lain

    Kehadiran Datsun GO Live unruk memenuhi kebutuhan berkendara masyarakat di Indonesia, terutama mereka yang berjiwa muda. Salah satunya adalah dengan memperhatikan tampilan mobil yang bisa membuat pemiliknya lebih percaya diri dan bergaya. Untuk lebih jelasnya mengenai mbil ini, kami berikan informasinya mengenai review Datsun GO Live 2018.

  • Review Datsun GO 2016 : Mobil LCGC Harga Terjangkau Hemat BBM

    20/01/2020| Abdul

    Review Datsun GO 2016 : Mobil LCGC Harga Terjangkau Hemat BBM

    Datsun GO 2016 merupakan salah satu mobil dalam segmen Green car yang mempunyai harga kompetitif. Selain itu, konsumsi bahan bakar yang hemat menjadi salah satu alasan mengapa mobil ini tersebut bisa dibawa ke garasi rumah. Lantas bagaimana spek dan keunggulan yang dimiliki? Mari kita simak ulasannya dalam review Datsun GO 2016.

International