Review All New Datsun GO+ Panca M/T 2019

29/03/2019 | Fatchur Sag

1. PENGANTAR ALL NEW DATSUN GO+ PANCA M/T 2019

Review All New Datsun GO+ Panca M/T 2019 - All New Datsun GO+ Panca M/T hadir sebagai salah satu mobil pada kategori kelas LCGC pada tahun 2018 lalu. Awal kemunculannya, All New Datsun GO+ Panca M/T langsung menarik perhatian masyarakat dan pesaing di kelas yang sama dengan segala keunggulan yang dimiliki. Datsun GO+ Panca versi terbaru juga memperoleh respon positif dari pasar otomotif tanah air karena mengusung mobil LCGC dengan harga yang sangat terjangkau.

Foto Datsun GO+ Panca M/T 2014 warna putih tampak samping depan

Datsun GO+ Panca 2014 atau generasi pertama pun sudah tampil menarik

Untuk menyiasati rasa bosan konsumen, Datsun memberikan beberapa polesan, penyegaran dan pembaharuan di segi eksterior maupun segi interior All New Datsun GO+ Panca M/T 2018. Memang cukup minim perubahannya, namun tampilan mobil All New Datsun GO+ Panca M/T ini bisa dikatakan jauh lebih baik dibandingkan saat pertama kali diluncurkan di Indonesia dahulu.

All New Datsun GO+ Panca M/T 2019 adalah varian dan model yang sama dengan All New Datsun GO+ Panca M/T 2018 atau saat diluncurkan. Secara dimensi, spesifikasi dan kelengkapan fitur masih sama, belum mengalami perubahan sedikitpun. Satu-satunya perbedaan antara All New Datsun GO+ Panca M/T 2019 dengan All New Datsun GO+ Panca M/T 2018 adalah dari sisi harga yang sekarang lebih mahal ketimbang tahun lalu.

Lalu apa sajakah penyegaran yang bisa dinikmati pecinta otomotif dari All New Datsun GO+ Panca M/T 2019 ini? Yuk langsung simak review-nya berikut ini.

2. EKSTERIOR ALL NEW DATSUN GO+ PANCA M/T 2019

Di bagian eskterior, All New Datsun GO+ Panca M/T 2019 mendapatkan beberapa pembaharuan  yang membuatnya terlihat lebih sporty dan elegan dalam satu waktu. Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, pembaharuan ini telah membuat All New Datsun GO+ Panca M/T tampil lebih modern dengan sentuhan-sentuhan chrome di bagian depan dan belakang.

Review All New Datsun GO+ Panca M/T : Bagian Depan

Foto bagian depan All New Datsun GO+ Panca M/T 2019

All New Datsun GO+ Panca M/T tampil lebih modern dipandang dari depan

Bagian depan All New Datsun GO+ Panca M/T 2019 mengusung grill depan yang lebih tegas dengan sisi tarikan garis yang lebih rapat. Kondisi ini memberikan kesan trapesium pada mobil. Selain itu, juga telahh ada attention to detail yang lebih baik dengan dilengkapi rongga ventilasi berlapis krom mengkilap. Grill All New Datsun GO+ Panca M/T terlihat lebih mengembung dan sangat berbeda dengan bentuk grill pada Datsun GO+ Panca versi sebelumnya.

Bergerak ke bagian bumper bawah, All New Datsun GO+ Panca M/T juga telah dilengkapi dengan desain yang lebih agresif dan tambahan Daytime Running Light (DRL) pada varian tertingginya yang memberikan kesan lebih modern pada mobil ini. Beberapa fitur bagian depan ini memberikan perbedaan yang cukup berarti antara mobil All New Datsun GO+ Panca M/T dengan dua pesaingnya yang tidak menggunakan DRL.

Review All New Datsun GO+ Panca M/T : Bagian Samping

Foto All New Datsun GO+ Panca M/T 2019 tampak samping

Dimensi All New Datsun GO+ Panca M/T lebih panjang dibanding All New Datsun GO CVT

Sedangkan untuk bodi samping mobil, All New Datsun GO+ Panca M/T 2019 memiliki dimensi yang panjangnya mencapai 3.995 mm, ukuran yang tidak jauh berbeda dengan Datsun GO+ Panca sebelumnya. Hanya saja, pada versi terbaru ini juga dibekali desain pelek alloy yang baru, rumah kaca spion baru yang lebih stylish dan imbuhan side body moulding yang terlihat lebih elegan dan mewah. Perubahan ini membuat tampilan All New Datsun GO+ Panca M/T menjadi lebih baik jika dibandingkan versi sebelum facelift dilakukan.

Review All New Datsun GO+ Panca M/T : Belakang

Foto bagian belakang All New Datsun GO+ Panca M/T 2019

Tambahan ornamen krom bikin All New Datsun GO+ Panca M/T 2019 makin menarik

Perubahan besar juga terjadi pada bagian belakang All New Datsun GO+ Panca M/T 2019 dimana desain ornamen krom dan tarikan garis pada bumper belakang terlihat lebih tegas dan lebih cantik. Fakta ini membuat mobil All New Datsun GO+ Panca M/T terlihat seperti sedang bersolek mempercantik diri dan menonjolkan keindahan bagian eskteriornya. Untuk fitur bagian belakang, telah disematkan wiper belakang dengan menggunakan desain spoiler yang anyar.

Bukan hanya itu saja, bagian ujung knalpot pada All New Datsun GO+ Panca M/T juga terlihat lebih mewah dengan menggunakan muffler tip. Tidak lupa pula untuk menyematkan logo kebanggaan Datsun dan GO+ Panca sebagai penunjak identitas mobil keren ini.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR ALL NEW DATSUN GO+ PANCA M/T 2019

Dari segi ruang interior, All New Datsun GO+ Panca M/T 2019 menampilkan atmosfer yang lebih modern dan lebih sporty. Hal ini bisa dilihat langsung dari penempatan panel dashboard yang mengkombinasikan warna hitam dan putih sehingga terlihat lebih tegas dan elegan. Jika diteliti dari aspek fitur interior, All New Datsun GO+ Panca M/T terlihat hendak menunjukkan pengalaman berkendaran yang lebih nyaman dan lebih praktis untuk para pengemudinya.

Review All New Datsun GO+ Panca M/T : Kabin

Foto konfigurasi kursi All New Datsun GO+ Panca M/T 2019

Konfigurasi 7 penumpang membuat All New Datsun GO+ Panca M/T layak dipilih sebagai sarana transportasi keluarga

Pada bagian kabin mobil, All New Datsun GO+ Panca M/T memiliki desain yang sedikit mengalami  perubahan. Hal ini terlihat dari peredam kabin yang diklaim sudah ditambahkan. Hal ini membuat kabin menjadi lebih hening dibandingkan kondisi kabin pada Datsun GO+ Panca versih sebelumnya. Hanya saja, kualitas kabin mobil masih sedikit terasa tidak nyaman, masih terdapat beberapa hal yang membuat mobil terlihat murah di beberapa bagian tertentu.

Meskipun telah dioprek, tetap saja mobil masih kurang nyaman dan kurang empuk saat ditempati. Selain itu, kelapangan kabin juga tidak mengalami perubahan berarti, di mana pada baris ketiga terdapat ruang seadanya untuk duduk dan lebih cocok untuk penumpang anak-anak maupun menempati barang bawaan.

Review All New Datsun GO+ Panca M/T : Dashboard dan Setir

Foto dashboard dan setir All New Datsun GO+ Panca M/T 2019

Semua sistem kontrol kendaraan berada dalam jangkauan

Keberadaan warna putih di bagian dashboard mobil memberikan kesan tegas dengan  kombinasi warna hitam di bagian atas dan bawahnya. Hal ini membuat All New Datsun GO+ Panca M/T terlihat jauh lebih sporty dan nuansa ini akan semakin terasa saat Anda masuk ke ruang kabin mobil. Beberapa fitur yang disematkan pada dashboard ialah seperti menyuguhkan panel Head Unit 2DIN Touchscreen dengan dimensi 6.75 inci dan semakin memperkaya fitur dashboard mobil Datsun GO+ Panca versi terbaru.

Sedangkan untuk bagian setir All New Datsun GO+ Panca M/T 2019 masih tetap menggunakan desain palang 3, namun tetap terasa lebih nyaman saat digenggam pengemudi. Tidak hanya itu saja, sektor kemudi juga menggunakan panel multi information display yang mampu menyuguhkan informai terkini seputar kondisi kendaraan saat ini.

Review All New Datsun GO+ Panca M/T : Kursi/jok

Foto kursi depan All New Datsun GO+ Panca M/T 2019

Headrest All New Datsun GO+ Panca M/T paten, tak bisa dinaik turunkan

Untuk kursi mobil, All New Datsun GO+ Panca M/T mengusung perubahan pada kursi depan. Pada versi sebelumnya, mobil ini memiliki desain yang seakan menyatu antara pengemudi dan penumpang depan. Sedangkan saat ini, kursi depan menggunakan desain terpisah sehingga memberikan kesan lebih nyaman dan lebih lega pada pengemudi maupun para penumpang. Akan tetapi, kekurangannya ialah Anda belum begitu bisa menyangga kepala dengan nyaman.

Review All New Datsun GO+ Panca M/T : Bagasi

Foto bagasi All New Datsun GO+ Panca M/T 2019

Untuk mendapatkan ruang bagasi yang lebih besar, lipat kursi baris ke-2 dan ke-3

Datsun menawarkan konsep smart cargo pada All New Datsun GO+ Panca M/T 2019. Kursi baris ke-2 dan 3 dapat dilipat dengan mudah untuk memberi lebih banyak ruang untuk bagasi sesuai yang Anda butuhkan.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

4. FITUR ALL NEW DATSUN GO+ PANCA M/T 2019

All New Datsun GO+ Panca M/T 2019 dibekali beberapa fitur keselamatan dan kenyamanan yang lebih baik dibanding versi sebelumnya.

Review All New Datsun GO+ Panca M/T 2019 : Fitur Keselamatan

Foto sabuk pengaman All New Datsun GO+ Panca M/T 2019

All New Datsun GO+ Panca M/T dilengkapi sabuk pengaman hingga kursi baris belakang

Dari sisi keselamatan, All New Datsun GO+ Panca M/T menyuguhkan beberapa fitur seperti Front Airbag, Seatbelt 3 titik dengan ELR Pretensioner dan Seatbelt 2 buah di bangku belakangnya. keberadaan fitur ini memberikan posisi duduk yang lebih stabil dan juga membantu meminimalisir terjadinya cedera saat kecelakaan. Semua varian All New Datsun GO+ Panca M/T didukung dengan fitur central door lock serta teknologi immobilizer.

Review All New Datsun GO+ Panca M/T 2019 : Fitur Kenyamanan dan Hiburan

Foto head unit All New Datsun GO+ Panca M/T 2019

Fitur kenyamanan All New Datsun GO+ Panca M/T semakin membaik

Tidak jauh berbeda dengan Datsun GO+ Panca versi sebelumnya, mobil ini juga memiliki komponen AC yang mumpuni untuk memberikan rasa nyaman selama melakukan perjalanan. Selain itu, All New Datsun GO+ Panca M/T juga menawarkan beberapa keunggulan dari sisi panel Head Unit yang tidak dimiliki para pesaingnya. Keberadaan panel ini membuat Anda bisa mengoperasikan video dengan teknologi layar sentuh. Panel juga mampu mendukung format modern seperti MP3, USB, AUX, AM/FM, Smartphone Connection dan Bluetooth.

>>> Review Datsun Go CVT 2018, Sedikit Lebih Baik Dibandingkan Generasi Pertama

5. OPERASI ALL NEW DATSUN GO+ PANCA M/T 2019

Foto mesin All New Datsun GO+ Panca M/T 2019

Mesin 1.200 cc pada All New Datsun GO+ Panca M/T menghasilkan tenaga 67 Hp

All New Datsun GO+ Panca M/T 2019 menggunakan mesin 1.200 CC silinder dan masih belum menggunakan transmisi otomatis (menggunakan transmisi manual). Datsun GO+ Panca versi terbaru ini dibekali performa yang bagus bahkan diklaim bisa menghasilkan tenaga maksimum mencapai 68 Ps (67 Hp) dengan torsi mencapai 104 Nm. Mesin yang digunakan All New Datsun GO+ Panca M/T masih sejenis dengan mesin pada tipe Datsun GO+ sebelumnya.

>>> Dari Pada Buat Sendiri, Nissan Motor Indonesia Pilih Impor Komponen Transmisi Datsun Go CVT

6. SPESIFIKASI ALL NEW DATSUN GO+ PANCA M/T 2019

DIMENSI

Panjang

3.995 mm

Lebar

1.636 mm

Tinggi

1.507 mm

MESIN

Jenis

DOHC In-Line 3 cylinder inline

Isi silinder

1.200 cc

Daya maksimum

68 Ps (67 Hp) @ 5.000 rpm

Torsi maksimum

104 Nm @ 4.400 rpm

Bahan bakar

Bensin

Transmisi

Manual 5-percepatan

KAKI-KAKI

Rem depan

Ventilated Disc

Rem belakang

Drum

Ukuran ban

165/70 R14

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN ALL NEW DATSUN GO+ PANCA M/T 2019

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Harga relatif terjangkau

Pembaharuan fitur mobil masih belum maksimal

Pembaharuan pada bagian eksterior dan interior menjadi lebih modern

Bagian kolong mobil masih terasa berisik jika dibandingkan mobil kompetitor

Kabin yang lebih kedap dibandingkan versi sebelumnya

 

8. DAFTAR HARGA ALL NEW DATSUN GO+ PANCA M/T 2019

Foto diler Nissan Datsun Bekasi Barat tampak dari depan

All New Datsun GO+ Panca M/T dipasarkan di diler Nissan Datsun yang tersebar di seluruh Indonesia

Seperti ditulis di depan, All New Datsun GO+ Panca M/T 2019 ini adalah varian yang sama dengan All New Datsun GO+ Panca M/T 2018, namun dengan sedikit perbedaan. Perbedaannya terletak pada harga jual yang lebih mahal antara Rp 1,2 juta hingga Rp 1,65 juta dari saat diluncurkan 7 Mei 2018 lalu. Berikut daftar harga All New Datsun GO+ Panca M/T (OTR Jakarta) yang tertera di situs resmi Datsun Indonesia pada akhir Maret 2019.

TIPE

HARGA

All New Datsun GO+ D MT

Rp 114.030.000

All New Datsun GO+ A MT

Rp 121.890.000

All New Datsun GO+ T MT

Rp 130.590.000

All New Datsun GO+ T-Style MT

Rp 135.190.000

9. VIDEO ALL NEW DATSUN GO+ PANCA M/T 2019

10. KESIMPULAN ALL NEW DATSUN GO+ PANCA M/T 2019

Secara umum mobil ini mengalami peningkatan dari segi eksterior dan interior. Respon positif diperoleh All New Datsun GO+ Panca M/T 2019 dari banyak pihak karena dianggap lebih baik dibandingkan dengan versi sebelumnya. Datsun GO+ Panca versi terbaru bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda yang menginginkan mobil keren dengan teknologi cukup mumpuni, namun hanya memiliki budget pas-pasan. Jadi, apakah Anda siap memilih mobil ini?

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa

  • 17/07/2018 | Ryan Sugandy

    Review Datsun Go+ Panca 2018, Harga Terjangkau Tapi Minim Peningkatan

    Tahun 2018 ini, Datsun memberikan peningkatan pada line produk LCGC-nya yaitu Datsun Go+ Panca. Mobil yang memiliki konfigurasi 5+2 ini mendapatkan sedikit pembaruan di bagian eksterionya sehingga nampak lebih elegan dibandingkan versi sebelumnya. Apa saja pembaruan yang bisa kita dapatkan untuk mobil keluarga yang satu ini? Berikut ini adalah review dari Datsun Go+ Panca CVT 2018 yang baru dirilis pada bulan Mei 2018.

  • 05/08/2017 | Mobilmo.com

    Daftar Harga Datsun Go Panca Dan datsun Go+ - Mobil Murah 2015

    Berbicara tentang Datsun, sebetulnya merek mobil ini sudah lama sekali berada dijagat otomotif. Bahkan brand ini sudah ada lebih dari 50 tahun silam.

  • 31/01/2020 | Abdul

    Review Datsun GO Live 2018 : Mobil Untuk Anak Muda Dengan Desain Beda Dari Yang Lain

    Kehadiran Datsun GO Live unruk memenuhi kebutuhan berkendara masyarakat di Indonesia, terutama mereka yang berjiwa muda. Salah satunya adalah dengan memperhatikan tampilan mobil yang bisa membuat pemiliknya lebih percaya diri dan bergaya. Untuk lebih jelasnya mengenai mbil ini, kami berikan informasinya mengenai review Datsun GO Live 2018.