Review BMW i3 REx 2017

04/08/2019 | Fatchur Sag

1. PENGANTAR BMW i3 REx 2017

BMW i3 merupakan kendaraan hatchback B-Class yang diproduksi dan dipasarkan BMW dengan sistem daya listrik, transmisi kecepatan tunggal dengan penggerak roda belakang, yang memakai baterai dan opsi mesin bensin. Perusahaan memproduksinya sebagai kendaraan non emisi pertama yang diproduksi secara massal. Debutnya diawali sebagai sebuah konsep pada pagelaran International Motor Show yang diselenggarakan di Jerman tahun 2011, disusul produksinya 2 tahun kemudian.

Foto BMW i3 Concept 2011 di pameran International Motors Show Germany 2011

Pertama kalinya konsep BMW i3 tampil di pameran international di Jerman tahun 2011

Perusahaan berupaya menunjukkan kepada masyarakat dunia bahwa produk keluaran mereka akan menjadi kendaraan masa depan yang sangat canggih tapi ramah lingkungan. Kendaraan ini sepenuhnya menggunakan daya elektris, berbeda dari seri i8 yang merupakan mobil plug-in hybrid.

BMW i3 menempati peringkat ketiga di jajaran semua kendaraan listrik yang laris di pasar global semenjak tahun 2014 hingga 2016. Gelombang pertama penjualannya mencapai lebih dari 133 ribu unit tercatat hingga periode akhir 2018. Seri mobil ini laris manis di Amerika Serikat dan telah meraih penghargaan World Car Design of the Year Awards tahun 2014 dan World Green Car of the Year di tahun yang sama. Sejumlah penghargaan lain disematkan pada i3 yaitu iF Product Design Gold Award, UK Car of the Year 2014, dan Best Supermini of 2014 in di penyelenggaraan perdana UK Car of the Year Awards.

Foto BWM i3 2014 tampak dari samping depan

Generasi pertama BMW i3 tahun 2014 sukses diterima masyarakat di berbagai negara

BMW i3 REx 2017 dihadirkan dengan sejumlah penyegaran dan yang mencolok dari tampilannya. Kapasitas daya baterai juga lebih besar dengan kemampuan sekitar 50 persen dan sanggup dipacu mencapai 300 km cukup sekali pengisian saja. Daya baterainya sebesar 33 kwh dengan penambahan kapasitas tangki bensin sebesar 2,4 gallons.

Visi BMW mewujudkan kendaraan super canggih yang ramah lingkungan tampaknya kian terwujud lewat kehadiran BMW i3 REx 2017. Mulai dari tampilan keren dan fitur-fitur handal yang melejitkan popularitas seri ini di ajang persaingan diantara kompetitornya. Nah, mari kita simak lebih lanjut ulasan BMW i3 REx 2017 sebagai berikut.

2. EKSTERIOR BMW i3 REx 2017

Sekilas mungkin tidak ada perbedaan dari keluaran sebelumnya, namun tampilan eksterior BMW i3 REx 2017 tetap mendapatkan rating tinggi dari customer di berbagai ulasan. Bahkan hanya dengan melihat tampilan luarnya saja kita sudah tahu bahwa kendaraan ini kelihatan sangat futuristis dan canggih. Kesan elegan nan sangat berkelas berbalut warna silver dan sentuhan aksen gelap di bagian depan dan sepanjang garis tepi body kendaraan.

Review BMW i3 REx 2017 : Bagian Depan

Foto BMW i3 REx 2017 tampak samping depan

BMW i3 hadir di Indonesia tahun 2017

Dilihat dari depan, lampu utama LED dengan automatic high beam didesain cukup kecil namun tajam. Dua lapisan yang menumpuk di bagian bumper dan kap menambah kesan elegan yang kokoh. Perpaduan lapisan saling menyeimbangkan, dan menjadi ciri khas dari seri BMW i3. Terkesan simpel tapi menguatkan konsepnya sebagai kendaraan mewah yang menjadi ciri khas BMW.

Review BMW i3 REx 2017 : Bagian Samping

Foto BMW i3 REx 2017 tampak samping

Desain BMW i3 REx 2017 simpel namun futuristik

Desain bagian samping disengaja sesimpel mungkin namun menyisakan garis menurun tepat di pintu kemudi dan penumpang. Overhang kendaraan juga dirancang dengan gaya minimalis, menyatu bersama bodi kendaraan. Tampilan samping seolah menyiratkan kendaraan ini berukuran mungil yang sebenarnya disengaja sebagai gaya simpel khas mobil modern.

Review BMW i3 REx 2017 : Bagian Belakang

Foto menunjukkan BMW i3 REx 2017 bagian belakang

Desain belakang BMW i3 REx 2017 juga simpel dan menarik

Bagian bumper nampak kokoh dan kaku, hampir tidak ada perbedaan dengan keluaran sebelumnya. Penempatan lampu belakang dan spoiler di bagian atas nampak pas dan elegan. Keseluruhan bagian belakang kendaraan diselubungi warna hitam dan menambah kesan mewah.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR BMW i3 REx 2017

Kepuasan mengendarai BMW i3 REx 2017 semakin terasa dengan konsep interior mewah dan nyaman. Sudah menjadi salah satu ciri utama dari semua keluaran perusahaan asal Jerman ini bahwa konsep interior mewah ditujukan memanjakan penumpang. Berikut ini uraiannya.

Review BMW i3 REx 2017 : Kabin

Foto menunjukkan Kabin BMW i3 REx 2017

Kabin BMW i3 REx 2017 mewah tapi kurang lapang

Kabin penumpang di bagian belakang mungkin sering jadi sorotan karena dianggap kurang lapang. Berbeda jika dibandingkan rongga di bagian kursi penumpang depan. Sepertinya pertimbangan mendesain kabin penumpang di baris kedua itu untuk menyisakan kapasitas lebih luas di bagian bagasi.

Review BMW i3 REx 2017: Dashboard dan Setir

Bagian dashboard dan setir dirancang senyaman mungkin untuk operasional dan navigasi termudah. Ciri khas yang selalu mewarnai seri-seri keluaran BMW, dan pada seri i3 2017 ini ditandai dengan penyematan fitur-fitur seperti tuas transmisi di bagian belakang kemudi, telephone, cruise control, dan bahkan audio steering. Roda kemudinya dibalut kulit dilengkapi sensor parkir. Seluruh bagian permukaan diselimuti warna gelap yang memperkuat kesan elegan namun dipermanis beberapa aksen seperti desain logo perusahaan.

Foto menunjukkan Dashboard dan setir BMW i3 REx 2017

Logo khas BMW terpampang jelas di bagian tengah kemudi

Review BMW i3 REx 2017 : Kursi/Jok

Kenyamanan adalah hal yang sangat diutamakan bagi pengemudi dan penumpang kendaraan ini. Lapisan kulit di bagian kursi/jok semuanya dari permukaan lembut dan tidak licin. Pilihan material dan gaya desain termasuk pengaturan posisi memungkinkan semua penumpang dapat menikmati perjalanan panjang tanpa kecapekan. Desain menyesuaikan kontur atau bentuk penumpang dengan tingkat ketebalan dan kelembutan yang dikombinasikan dari material terbaik.

Review BMW i3 REx 2017 : Bagasi

Foto Bagasi BMW i3 REx 2017

Bagasi BMW i3 cukup untuk menampung barang bawaan penumpang

Kendaraan ini didesain dengan ruang bagasi berkapasitas cukup luas. Dalam kondisi standar, bagasi BMW i3 REx 2017 mampu menampung kapasitas hingga 425 liter. Kapasitas itu masih dapat diperluas dengan melipat deretan bangku bagian depannya sehingga menjadi 1,135 liter. Perluasan kapasitas ini prosesnya sangat cepat dan hanya dalam beberapa detik ruang bagian paling belakang telah siap tersedia. Sudah sangat memadai jika hendak menggunakannya dalam perjalanan jauh membawa setumpuk barang bawaan berukuran besar-besar.

>>> Baca juga:

4. FITUR BMW i3 REx 2017

Bicara soal fitur BMW i3 REx 2017, sejumlah pembaruan dan peningkatan telah dilakukan. Semua dihadirkan demi kepuasan, kenyamanan, dan keamanan selama menempuh perjalanan bersama mobil mewah ini.

Review BMW i3 REx 2017 : Fitur Keselamatan

Foto menunjukkan ISOFIX BMW i3 REx 2017

Sistem keselamatan tak hanya untuk penumpang dewasa, tapi juga untuk anak kecil

Keselamatan adalah prioritas utama di semua jenis kendaraan. Dan tidak mungkin perusahaan sekelas BMW mengabaikan masalah tersebut. Pihak perusahan sendiri telah menetapkan standar tertinggi demi memaksimalkan keselamatan semua penumpang, dengan menyediakan airbag di sekeliling posisi penumpang. Sistem kemudi yang aman juga ditunjang melalui fitur side impact beam dan ESC atau kontrol stabilitas.

Review BMW i3 REx 2017 : Fitur Kenyamanan

Seluruh penumpang dijamin akan selalu merasa nyaman selama mengendarai kendaraan ini. Bahkan kenyamanan itu dirasakan pada saat masuk dan keluar, yang dirancang dalam konsep model suicide door untuk buka tutup pintu penumpang barisan belakang. Pintu belakang dibuka dan ditutup dari letak yang berlawanan dari pintu depan sehingga tidak akan menganggu akses ketika semua pintu terbuka.

Foto menunjukkan sistem Entertainment BMW i3 REx 2017

Fitur entertainmen BMW i3 REx 2017 modern dan lengkap

Selain itu, fitur-fitur kenyamanan yang lain adalah:

  • Kemudi tilt/telescoping, memudahkan pengaturan ketinggian setir.
  • Sistem navigasi otomatis, memudahkan pengecekan dan panduan peta jalan.
  • AC otomatis yang menyesuaikan kondisi suhu dalam kabin.
  • 50/50-split folding backseat, memungkinkan kapasitas bagasi lebih luas.
  • Anti Lock brakes yang menjamin kenyamanan dalam setiap tempo kecepatan

>>> Review All-New BMW X5 xDrive40i xLine 2019: Mobil SUV Premium Dengan Fitur Berlimpah

5. OPERASI BMW i3 REx 2017

Foto menunjukkan Charger BMW i3 REx 2017

BMW i3 REx 2017 dilengkapi baterai listrik 94ah

BMW i3 REx 2017 dibuat khusus dengan penggerak roda belakang berkapasitas empat penumpang. Material alumunium dan plastik yang diperkuat serat karbon memungkinkan kendaraan ini terasa lebih ringan. Penggunaan drivetrain elektrik mampu menempuh jarak hingga 114 mil, dengan keamanan mesin gas dua silinder, dan sistem mesin yang mengisi daya baterai lithium-ion berkapasitas 33 kwh. Untuk melakukan pengisian daya membutuhkan waktu sekitar 4,5 jam. Jika di tengah perjalanan cadangan baterai mulai menipis sementara belum mencapai tujuan, ada opsi penggunaan bahan bakar bensin yang disediakan dalam tangki berkapasitas cukup.

>>> Dihargai 3 Miliar Lebih, All New BMW Seri 8 Coupe Merupakan Hasil Pengembangan Dari Mobil Balap

6. SPESIFIKASI BMW i3 REx 2017

DIMENSI

Panjang

3999 mm

Lebar

1775 mm

Tinggi

1578 mm

PERFORMANCE

Baterai Lithium-ion 33 kwh / 94ah

Daya Maksimum

170 Hp

Torsi Maksimum

250 Nm

Range Extender (REx) Mesin bensin 2 silinder
Kapasitas 647 cc

Jarak Tempuh

330 km

Bahan bakar Bensin

Transmisi

Single speed dengan fixed ratio

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN BMW i3 REx 2017

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Akselerasi dapat dipacu maksimal, tetap terasa nyaman dan aman. Ban low grip
Sistem kemudi yang sangat nyaman. Bluetooth audio dan kamera backup tidak standar
Ekstender bensin yang memungkinkan penambahan jarak tempuh. Penggunaan bahan bakar tambahan yang disarankan hanya bensin
Ruang kabin mewah. Sistem pengereman kurang optimal
Dimensi yang sangat pas, cocok dengan gaya urban. Harga sangat mahal
  Tidak ada radio AM

8. DAFTAR HARGA BMW i3 REx 2017

Foto menunjukkan BMW i3 REx 2017 di sebuah taman

BMW i3 REx tidak pernah diluncurkan di Indonesia

BMW tidak merilis harga BMW i3 REx 2017 pada saat mobil ini diperkenalkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 silam. Baru pada pameran GIIAS 2019 yang digelar di BSD City Tangerang Banten, 18-28 Juli 2019, BMW Group Indonesia meluncurkan BMW i3 dalam seri yang berbeda, yaitu BMW i3s. Mobil ini dijual dengan harga Rp 1.299.000.000 off the road Jakarta (Juli 2019).

9. VIDEO BMW i3 REx 2017

BMW i3 REx 2017 tidak pernah diluncukan di Indonesia

10. KESIMPULAN BMW i3 REx 2017

BMW i3 REx 2017 merupakan pilihan kendaraan mewah masa depan dengan tenaga listrik yang membuktikan konsep ramah lingkungan. Fitur-fiturnya didesain senyaman mungkin tanpa mengabaikan faktor keselamatan baik di kabin depan dan kabin belakang. Pilihan atas kendaraan ini tidak salah karena benar-benar menghadirkan konsep ideal mobil modern canggih khas BMW terlepas dari beberapa kekurangannya. BMW i3 REx 2017 sangatlah tepat bagi yang mengidamkan konsep kendaraan urban bergaya masa depan dengan semua fitur terbaiknya.

Sayang, mobil ini tidak pernah diluncurkan di Indonesia karena BMW Group Indonesia memilih meluncurkan BMW i3s di pameran GIIAS 2019 dengan harga hampir 1,3 miliar rupiah. Sudah pasti mobil ini lebih mewah dan modern dibanding BMW i3 REx 2017 dan Anda layak untuk memiliki.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa

  • 29/08/2019 | Fatchur Sag

    Review BMW M4 Coupé 2019

    Line up mobil mewah bergaya sport BMW Group Indonesia bertambah dengan kehadiran BMW M4 Coupé di pameran GIIAS 2017. Mobil ini hadir dengan performa dan style yang lebih segar dibandingkan pendahulunya, M3. Hingga tahun ini (2019) mobil ini masih dijual dan jadi salah satu andalan di segmen sedan sport. Lalu apa yang membuat BMW M4 Coupe 2019 dihargai lebih mahal dibanding sedan sport yang lain?

  • 03/06/2019 | Abdul

    Review BMW Z4 sDrive30i M Sport 2019: Hanya Tersedia 20 Unit Saja Di Indonesia

    BMW menjadi salah satu pabrikan mobil yang terkenal akan kemewahan dan ketangguhan produk-produknya. Mobil yang menjadi ikon roadster 2-seater dari BMW adalah seri Z yang sekarang telah masuk dalam chapter ke enam. Untuk mobil terbaru dalam seri Z adalah BMW Z4. Apakah mobil ini bisa memenuhi kebutuhan berkendara konsumen yang menyukai mobil dengan atap terbuka? mari kita simak ulasannya tentang review BMW Z4 sDrive30i M Sport 2019.

  • 12/05/2019 | Abdul

    Review All-New BMW X5 xDrive40i xLine 2019: Mobil SUV Premium Dengan Fitur Berlimpah

    BMW menjadi salah satu produsen mobil yang terkenal akan kemewahan dan ketangguhannya. Salah satu mobil yang baru saja dihadirkan adalah All-New BMW X5 xDrive40i xLine 2019. Yang mana kemunculan mobil ini bertepatan dengan 20 tahun usia dari mobil SUV kelas premium yakni BMW X5. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak ulasan tentang review All-New BMW X5 xDrive40i xLine 2019.