Waspada, Jangan Sampai Salah Memakai Oli Mesin Mobil

01/07/2018 | Abdul

Tentunya terdapat efek yang dihasilkan jika salah memakai oli. Apalagi bagi pemilik yang jarang mengganti oli atau tidak sesuai aturan yang direkomendasikan. Pastinya akan ada dampak yang terjadi baik dari segi performa ataupun umur tiap komponen pada mesin kendaraan.

Berdasarkan tugasnya oli mesin mempunyai fungsi sebagai bantalan tiap komponen saat bergesekan satu sama lain ketika mesin bekerja. Selain itu juga untuk mendinginkan mesin kendaraan dan sebagai perlindungan mesin dari serangan korosi atau karat. Yang terakhir untuk fungsi oli adalah sebagai pendukung performa mesin Mobil. Jadi jangan sampai salah memakai oli supaya dapat

Gambar ini menunjukkan seorang pria sedang berdiri dan di depannya terdapat oli dengan berbagai jenis

Pilihlah oli mesin Mobil sesuai yang direkomendasikan pihak pabrikan

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips perawatan lainnya

Agar oli dapat menjalankan fungsinya dengan maksimal, maka harus dilakukan pergantian secara berkala sesuai rekomendasi dari pihak pabrikan. Selain itu diharapkan memakai oli sesuai dengan jenis dan juga spesifikasi mesin kendaraan. Untuk pergantian oli pada Mobil sebaiknya dilakukan setelah menempuh jarak 10.000 kilometer, sedangkan untuk sepeda motor pada jarak 2.500 sampai 3.000 kilometer.

Dengan melihat pentingnya oli mesin maka diharapkan untuk memperhatikan juga tingkat kekentalan oli. Jangan sampai terlalu kental karena bisa membuat komponen sulit untuk bergerak dan dapat menurunkan performa kendaraan dan bisa dibilang loyo. Namun jika terlalu encer bisa berakibat hal yang tidak baik pada mesin Mobil.

>>> Baca juga, Cara Agar Mobil Bekas Tidak Boros Oli yang ditawarkan oleh cintamobil.com

Gambar ini menunjukkan 2 buah tangan memegang derigen yang berisi oli dan mengisikannya pada mesin kendaraan

Mengganti oli mesin Mobil harus dilakukan secara berkala untuk menjaga performa tetap terjaga

Adapun efek yang bisa terjadi saat salah memakai oli mesin Mobil adalah mesin menggelitik untuk gejala awalnya. Selanjutnya dampak dari hal tersebut adalah mesin menjadi mudah panas dan bisa mengalami overheat yang menjadikan performa menjadi tidak maksimal. Yang mengkhawatirkan adalah mesin kendaraan tidak mau diajak kompromi atau mogok karena masalah overheat.

 Namun ternyata terdapat efek yang lebih parah yaitu stress engine. Dalam hal ini dapat berakibat blok mesin bocor dan bisa pecah. Oleh sebab itu diperlukan pemilihan oli yang tepat supaya tidak terjadi masalah tersebut.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya

Setelah melihat dampaknya, lantas bagaimana solusi dari masalah oli tersebut?

Jika Anda menggunakan Mobil produk Suzuki tentu terdapat jenis oli tersendiri untuk menjaga performa tetap maksimal. Jadi terdapat oli khusus yang diperuntukkan untuk Mobil produksi Produsen asal Jepang tersebut yakni Suzuki Genuine Oil (SGO). Oli khusus ini dapat menjaga temperatur mesin tetap stabil dan juga menjadikan mesin kendaraan bekerja dengan optimal. Bahkan untuk SGO ini telah dilakukan pengujian oleh Suzuki Motor Corporation Jepang. Sehingga bagi pemilik Mobil Suzuki akan lebih tenang jika menggunakan oli jenis tersebut.

>>> Mungkin tertarik, Jangan lalai Mengganti Oli Mobil Jika Tidak Ingin Terkena Dampaknya

Gambar ini menunjukkan sebuah besi lurus dengan diujungnya terdapat oli yang akan menetes

Tingkat kekentalan oli juga dapat berpengaruh pada kondisi mesin Mobil

Sedangkan untuk pemilik Mobil lain seperti Toyota dan lainnya jangan khawatir. Pemilik kendaraan tinggal mengikuti rekomendasi dari pihak pabrikan ketika membeli kendaraan. Selain itu bisa juga dengan menanyakan kepada pihak mekanik dari bengkel resmi mana oli yang cocok untuk Mobil Anda.

Demikianlah informasi mengenai efek yang dihasilkan jika salah memakai oli mesin Mobil. semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Beli mobil? Cari saja di situs jual beli mobil dengan harga bagus di cintamobil.com

Berita sama topik

  • 11/12/2019 | Abdul

    Hindari Overheat, Berikut Masalah Penyebab Radiator Mobil Rusak

    Salah satu komponen pada mobil yang mendukung kinerja dari mesin adalah radiator. Fungsinya adalah untuk membuat suhu mesin stabil sehingga tidak mengalami panas yang berlebih. Dalam radiator sendiri terdapat kipas untuk membantu kinerjanya. Jika kipas radiator mobil rusak. Maka akan membuat kinerja mobil tidak maksimal dan beresiko mesin mengalami overheat.

  • 06/12/2019 | Abdul

    Ingin Modifikasi Mobil, Perhatikan Hal Ini Terlebih Dahulu

    Modifikasi mobil menjadi salah satu hal yang kadang dilakukan oleh pemilik untuk membuat kendaraannya terlihat berbeda dengan yang lain. Hal tersebut sah-sah saja, karena memang mobil milik sendiri. Hanya saja perlu mematuhi aturan atau jangan dimodifikasi terlalu berlebihan agar tidak terkena sanksi tilang pihak kepolisian.

  • 26/11/2019 | Hafizh Fauzan

    Hadirkan Aksesori Original, Astra Peugeot Siap Jadikan New Peugeot 3008 Semakin Stylish

    Astra Peugeot keluarkan produk-produk aksesoris resmi untuk New Peugeot 3008. Apa saja produk-produk tersebut?