Jangan lalai Mengganti Oli Mobil Jika Tidak Ingin Terkena Dampaknya

23/06/2018| Abdul

Lantas apa sih akibat yang didapat jika terlambat atau lalai mengganti oli Mobil?

Pada saat Mobil digunakan dan mesin bekerja maka oli mesin akan menerima residu  yang merupakan hasil dari proses pembakaran yang terjadi. Selain itu akan terdapat pula serpihan metal yang berasal dari pergesekan antara komponen yang bekerja di dalam mesin. tidak hanya itu saja, kotoran hasil pembakaran juga ambil bagian dalam hal ini dan biasanya banyak orang yang mengenalnya dengan sebutan gram.

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang wadah oli sedang mengisinya di tangki oli pada mobil

Mengganti oli dilakukan secara berkala sesuai rekomendasi pihak pabrikan

Jadi kotoran tersebutlah yang menimbulkan endapan sehingga oli menjadi berubah kental. Jika sudah begitu maka dalam melakukan tugasnya yakni melumasi tiap komponen menjadi tidak maksimal. akibatnya dapat berdampak pada komponen internal pada mesin kendaraan seperti misalnya piston, crankshaft, camshaft dan silinder.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya

Tidak hanya itu saja, dampak yang dihasilkan jika lalai mengganti oli Mobil. apa sajakah itu? Mari kita simak penjelasannya di bawah ini:

Oli Mobil yang telah berubah menjadi kental atau bisa disebut kotor dapat menjadikan nosel atau saluran oli menjadi tersumbat. Hal ini dapat berakibat beberapa komponen mengalami kerusakan dikarenakan tidak mendapatkan pelumasan oli yang memadai. Oleh sebab itu sangat penting dalam melakukan pergantian oli secara berkala.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips perawatan lainnya

Mengingat fungsi lain oli adalah untuk mendinginkan mesin kendaraan maka juga berpengaruh dalam hal ini. Apabila oli mesin tidak melakukan pekerjaannya dengan maksimal, maka otomatis bisa menyebabkan mesin menjadi cepat panas dan berakibat overheating. Jika sudah begitu, maka imbasnya juga terkena pada komponen yang cepat mengalami kerusakan terutama bagian kepala silindernya yang bisa berubah bentuk menjadi melengkung.

gambar ini menunjukkan tangan memegang alat pengukur oli dan satunya memegang kain

Oli yang tidak diganti dan kondisinya sudah tidak baik berpengaruh pada performa Mobil

Mesin Mobil membutuhkan pelumasan oli supaya kinerjanya tetap terjaga dan selalu maksimal. apabila dalam melakukan pelumasan tidak maksimal disebabkan oli yang sudah kotor maka bisa berakibat performa Mobil menjadi menurun. selain itu, penurunan performa mesin juga bisa dikarenakan pengaruh dari mesin Mobil yang terlalu panas. Jadi sangat diharapkan untuk jangan sampai telat atau lalai mengganti oli Mobil.

>>> Baca juga, Memahami Datasheet Kode Oli, Darah Mesin Yang Tidak Boleh Salah yang ditawarkan oleh cintamobil.com

Ternyata tidak hanya masalah performa dan juga overheating saja yang diakibatkan karena terlambat mengganti oli. Jadi gesekan yang terjadi antara komponen mesin Mobil yang tidak dibarengi dengan pelumasan yang baik dapat menyebabkan mesin Mobil menjadi bekerja lebih keras. Akibatnya konsumsi bahan bakar menjadi lebih banyak untuk mendukung pekerjaan mesin dan berakibat boros BBM.

Tidak mengganti oli Mobil berarti mesin terbilang tidak terawat. Jika sudah begitu maka pemilik Mobil akan melakukan perbaikan pada komponen yang mengalami kerusakan dan tentunya membutuhkan biaya yang lebih banyak. Apalagi kerusakan yang terjadi pada komponen utama mesin, pastinya harus dilakukan turun mesin dan biayanya juga tidaklah murah.

>>> Mungkin tertarik, Ini Dia Fakta Ganti Oli Mobil Yang Perlu Diketahui

Gambar ini menunjukkan ilustrasi indikator bahan bakar pada Mobil

Oli yang sudah dalam kondisi kurang bagus juga dapat berakibat boros bahan bakar

Dengan melihat dampak yang terjadi jika lalai mengganti oli Mobil sebaiknya melakukannya secara berkala. Untuk masalah waktunya lebih baik mengikuti rekomendasi dari pihak pabrikan. Anda juga bisa melihatnya di buku manual atau panduan pemilik yang biasanya diberikan saat membeli Mobil dalam kondisi baru.

>>> Beli mobil? Cari saja di situs jual beli mobil dengan harga bagus di cintamobil.com

Berita sama topik

  • Mengetahui Biaya Perbaikan Pelek Mobil Dan Beberapa Perawatan Perlu Dilakukan

    09/03/2021| Abdul

    Mengetahui Biaya Perbaikan Pelek Mobil Dan Beberapa Perawatan Perlu Dilakukan

    Pelek mobil menjadi tempat ban yang membuat ban bisa bekerja dengan baik. Meskipun begitu, kerusakan bisa saja terjadi dan membutuhkan perbaikan. Apalagi saat musim hujan ini, lubang di jalan kadang tidak diketahui karena genangan air sehingga membuat pelek rusak. Bahkan disebutkan untuk biaya perbaikan pelek mobil cukup mahal.

  • Mengenal Komponen Utama AC Mobil Dan Beberapa Manfaatnya

    09/03/2021| Abdul

    Mengenal Komponen Utama AC Mobil Dan Beberapa Manfaatnya

    Terdapat beberapa komponen utama AC mobil yang terdapat pada kendaraan. Fungsinya sangatlah penting karena bisa membuat seisi kabin mobil merasakan kenyamanan dalam perjalanan. Menjaga kondisi AC mobil diperlukan supaya tetap dalam keadaan prima.

  • Tahukah Tentang Water Hammer Pada Mobil? Ini Pengertian Dan Pencegahannya

    17/02/2021| Abdul

    Tahukah Tentang Water Hammer Pada Mobil? Ini Pengertian Dan Pencegahannya

    Dalam dunia otomotif terdapat banyak istilah yang kadang tidak diketahui oleh pengendara. Salah satu istilah yang cukup rumit adalah water hammer. Jadi bagi mereka yang awam tidak mengetahui dengan betul apa itu water hammer pada mobil.

International