Tips Sederhana Agar Lap Microfiber Bisa Dipakai Dalam Waktu Lama

30/09/2019| Fatchur Sag

Ada banyak jenis lap dijual di pasaran dengan beragam fungsi dan keunggulan. Namun khusus untuk mobil baik bodi maupun kaca, lap microfiber masih yang terbaik. Terbuat dari bahan dasar benang dengan tingkat kehalusan kurang dari 1 denier per filament atau lebih halus dari sutera, lap microfiber memiliki banyak sekali keunggulan seperti mampu menyerap cairan 7 hingga 8 kali berat, membersihkan kotoran dan debu, lebih mudah mengering dan tahan lama atau bisa digunakan ratusan kali tanpa kehilangan efektivitasnya.

Foto menunjukkan seseorang sedang mengeringkan mobil menggunakan microfiber

Lap microfiber punya banyak keunggulan

>>> Ini Dia 3 Kain Pencuci Mobil Yang Bagus Dan Tidak Merusak Bodi

Tentu saja agar benar-benar awet dan bisa digunakan terus menerus dalam waktu lama, lap micofiber perlu dirawat. Tapi jangan khawatir, perawatannya tidak sulit. Bahkan bisa dibilang sangat mudah karena tidak memerlukan perlakuan yang aneh-aneh. Anda yang hanya perlu melakukan 3 hal sederhana sebagai berikut!

  1. Cuci sebelum digunakan. Dalam kondisi masih baru, cuci dulu agar lap bisa beradaptasi dengan air. Cukup rendam dengan air hangat (tanpa detergen tanpa pelembut) beberapa saat, lalu peras dengan ringan. Setelah itu dijemur, tapi jangan di bawah sinar matahari langsung. Cukup dengan diangin-anginkan saja.
  2. Pisahkan lap microfiber untuk fungsi yang berbeda. Jika Anda menggunakan lap microfiber untuk berbagai fungsi sebaiknya Anda miliki lebih dari satu lap. Yang untuk mengeringkan mobil khusus untuk pengeringan saja. Begitu pula yang digunakan untuk mengaplikasikan wax, gunakan untuk waxing saja dan jangan dicampur-campur pemakaiannya.
  3. Cuci setelah dipakai. Usai digunakan segera cuci lap, caranya sama seperti poin pertama. Cuci dengan air tanpa menggunakan detergen atau pelembut, lalu dijemur dengan cara diangin-anginkan. Tujuan mencuci setelah lap microfiber dipakai ini agar lap bisa langsung digunakan di lain waktu.

>>> Bersihkan Debu Di Bodi Mobil, Sebaiknya Jangan Pakai Kemoceng

Foto pemilik mobil sedang mencuci mobil menggunakan lap microfiber

Perlu punya lebih dari satu lap microfiber untuk fungsi yang berbeda

Cukup mudah bukan? So, meski terlihat sederhana tips ini bisa sangat berguna. Dengan lap microfiber yang awet, Anda bisa berhemat lebih banyak sebab tidak perlu terlalu sering membeli lap baru.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Cara Kerja Priming Pump Pada Mesin Diesel Dan Fungsinya

    20/10/2020| Abdul

    Cara Kerja Priming Pump Pada Mesin Diesel Dan Fungsinya

    Priming pump pada mesin diesel merupakan salah satu komponen yang berguna untuk menyusun sistem BBM pada mesin. Alasan mengapa disebut priming adalah karena fungsinya yaitu menyediakan bbm yang dihubungkan ke bagian pompa injeksi.

  • Beberapa Tanda Karet Wiper Mobil Perlu Dilakukan Penggantian

    13/10/2020| Abdul

    Beberapa Tanda Karet Wiper Mobil Perlu Dilakukan Penggantian

    Karet wiper mobil berperan penting dalam meningkatkan visibilitas berkendara, terutama saat kondisi hujan. Oleh sebab itulah kondisinya perlu diperhatikan dengan melakukan pengecekan dan perawatan. Selain hal tersebut, terdapat beberapa tanda karet wiper sudah aus dan perlu dilakukan penggantian.

  • Tanda Masalah Pada Mobil Saat Ada Gejala Kemudi Bergetar

    22/09/2020| Abdul

    Tanda Masalah Pada Mobil Saat Ada Gejala Kemudi Bergetar

    Mobil bisa saja mengalami masalah, entah itu sedang dalam perjalanan atau setelah diam di garasi mobil. Namun biasanya terdapat indikasi saat mobil bermasalah, salah satunya adalah kemudi mobil bergetar.

International