Tips Merawat Kaca Mobil Agar Tetap Kinclong

30/09/2018| Handy Goeyana

Meskipun begitu, kaca mobil yang berfungsi sebagai pelindung pun sudah pasti tidak luput dari benda-benda asing seperti air ataupun debu, sehingga tak ayal membuat kaca mobil menjadi kotor. Ini juga dapat mengganggu pandangan pengemudi ketika sedang berkendara. Maka dari itu, beberapa tips sederhana untuk merawat kaca mobil agar tetap kinclong akan dijabarkan di bawah ini.

1. Gunakan air mengalir dan kain lap yang halus

membersihkan kaca menggunakan kain halus sepert kanebo

Kain halus seperti kanebo bisa digunakan untuk mengelap kaca (autos.id)

Basuh kaca dengan air mengalir dan gunakan kain lap yang halus dan bersih. Jika memungkinkan, gunakan sampo mobil agar lebih bersih. Lap kaca dengan searah, jangan memutar karena dapat menimbulkan goresan pada kaca apabila terdapat pasir yang menempel pada kaca.

2. Keringkan kaca mobil setelah terkena hujan

Setelah hujan, segeralah mengelap embun yang ada dalam kaca mobil bagian dalam agar kaca mobil tidak berjamur. Begitu juga dengan kaca mobil bagian luar, segera lap hingga kering agar tidak ada debu yang menempel pada kaca mobil.

>>> Kapan Waktu Mencuci Interior Mobil Supaya Tetap Nyaman?

3. Bersihkan sela-sela karet jendela

membersihkan karet jendela mobil menggunakan cairan pembersih karet

Gunakan cairan khusus pembersih karet agar kotoran mudah dibersihkan (mobilku.org)

Bersihkan kotoran pada sela-sela karet jendela menggunakan kuas atau cotton bud dengan cairan pembersih karet agar kotoran mudah keluar dan bisa di lap dengan kain halus. Kotoran pada sela-sela karet jendela berpotensi membuat baret kaca mobil bila tidak dibersihkan.

>>> Dapatkan review mobil terbaru hanya ada di Mobilmo

4. Cek Kondisi Wiper Mobil

mengecek kondisi wiper apakah karet wiper masih lentur atau tidak

Ganti karet wiper mobil jika sudah mulai mengeras (apritos.com)

Periksa kondisi wiper apakah masih lentur atau sudah mengeras. Jika mengeras, maka segera ganti karet wiper tersebut. Biasanya karet wiper wajib diganti paling lambat setahun sekali untuk mencegah goresan permanen terjadi pada kaca.

>>> Klik di sini untuk melihat tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Mengetahui Biaya Perbaikan Pelek Mobil Dan Beberapa Perawatan Perlu Dilakukan

    09/03/2021| Abdul

    Mengetahui Biaya Perbaikan Pelek Mobil Dan Beberapa Perawatan Perlu Dilakukan

    Pelek mobil menjadi tempat ban yang membuat ban bisa bekerja dengan baik. Meskipun begitu, kerusakan bisa saja terjadi dan membutuhkan perbaikan. Apalagi saat musim hujan ini, lubang di jalan kadang tidak diketahui karena genangan air sehingga membuat pelek rusak. Bahkan disebutkan untuk biaya perbaikan pelek mobil cukup mahal.

  • Mengenal Komponen Utama AC Mobil Dan Beberapa Manfaatnya

    09/03/2021| Abdul

    Mengenal Komponen Utama AC Mobil Dan Beberapa Manfaatnya

    Terdapat beberapa komponen utama AC mobil yang terdapat pada kendaraan. Fungsinya sangatlah penting karena bisa membuat seisi kabin mobil merasakan kenyamanan dalam perjalanan. Menjaga kondisi AC mobil diperlukan supaya tetap dalam keadaan prima.

  • Tahukah Tentang Water Hammer Pada Mobil? Ini Pengertian Dan Pencegahannya

    17/02/2021| Abdul

    Tahukah Tentang Water Hammer Pada Mobil? Ini Pengertian Dan Pencegahannya

    Dalam dunia otomotif terdapat banyak istilah yang kadang tidak diketahui oleh pengendara. Salah satu istilah yang cukup rumit adalah water hammer. Jadi bagi mereka yang awam tidak mengetahui dengan betul apa itu water hammer pada mobil.

International