Kapan Waktu Mencuci Interior Mobil Supaya Tetap Nyaman?

26/09/2018| Abdul Kosim

Banyak pengendara yang kerap memberi perhatian lebih di bagian eksteriornya. Namun sebenarnya untuk menunjang kenyamanan bagian interior tidak boleh dilupakan. Kalau bisa memang kedua bagian ini harus dibersihkan dan dicuci dengan baik, tujuannya supaya enak dilihat dan nyaman dikendarai. Perhatikan juga waktu mencuci interior Mobil.

Pada bagian interior dengan bahan kulit perlu dilakukan perawatan secara berkala. Ditambah lagi sekarang hampir menemui musim penghujan, perawatan rutin sangatlah penting. Dengan begitu kondisi kulit di bagian interior akan tetap lentur dan lembut. Selain itu keretakan juga tidak akan terjadi.

Gambar ini menunjukkan seorang pria sedang membersihkan kabin dengan vacuum cleaner

Membersihkan interior Mobil perlu dilakukan agar kondisi kabin tetap nyaman (Foto: Trashtrucks)

Soal kapan membersihkan interior Mobil waktunya sebenarnya berbeda-beda. Berdasarkan Car care, waktunya adalah sekitar 6 sampai 8 minggu sekali. Selain itu vacuum cleaner juga perlu disediakan dalam kendaraan. Mengingat jalanan perkotaan banyak debu yang kadang masuk dan membuat interior Mobil cepat kotor. Dalam melakukan penyedotan bisa dilakukan sekitar satu bulan sekali.

Sedangkan pada bagian permukaan yang menggunakan vinyl harus diperhatikan. Paparan sinar UV saat siang hari dan juga suhu dingin ketika turun hujan bisa membuatnya rapuh. Untuk menghindari masalah yang terjadi bisa diberikan pelindung vinyl yang bisa didapatkan di toko aksesori Mobil. Selain itu untuk pembersihannya menggunakan pembersih khusus vinyl supaya kondisinya tetap awet. Namun yang perlu diperhatikan adalah dalam prosesnya tidak boleh memakai banyak air.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips perawatan lainnya di Mobilmo.com

Gambar ini menunjukkan 2 buah tangan memegang semprotan dan yang satunya spon

Mencuci interior Mobil bisa dilakukan sekitar 2 minggu sampai satu bulan sekali (Foto: freetimecycling)

Selain itu soal waktu mencuci interior Mobil juga dapat dipengaruhi oleh kondisi kabin. Supaya tidak sering melakukan pencucian sebaiknya memperhatikan sampah dalam Mobil. Usahakan menyediakan tempat sampah supaya kabin Mobil tidak mudah kotor.

Selain membuat tampilan interior Mobil menjadi kurang menarik, sampah juga bisa menimbulkan bau yang tidak sedap jika dibiarkan terlalu lama. Biasanya yang kerap terjadi adalah sisa makanan dan minuman yang tumpah dan tidak segera dibersihkan ketika sampai di rumah.

>>> Dapatkan review mobil terbaru hanya ada di Mobilmo

Selain masalah sampah, tempat tinggal juga dapat berpengaruh terhadap waktu mencuci interior Mobil. Mungkin bagi pemilik yang tempat tinggalnya di daerah pinggir laut akan sering melakukan pencucian. Pada umumnya untuk tempat biasa pencucian dilakukan sekitar 2 minggu sampai 1 bulan sekali. Namun jika di dekat laut harus sesering mungkin supaya kandungan garam yang kadang menempel dapat berakibat korosi. Selain itu karat juga bisa menyerang baik di bagian eksterior maupun interior Mobil.

Gambar ini menunjukkan 3 Mobil dengan beda jenis dan model sedang terparkir di pinggir laut

Faktor tempat tinggal juga menjadi salah satu hal yang bikin sering mencuci Mobil (Foto: caravansitefinder)

Bagi pengendara yang kerap bepergian baik dalam kota maupun luar kota biasanya akan mudah kotor. Hal tersebut diakibatkan debu dan kotoran yang beterbangan di jalan akan terkena bodi dan masuk ke dalam interior saat jendela dibuka. Oleh sebab itu waktu mencuci interior Mobil dan bagian luar menjadi lebih sering. Sobat bisa melakukannya setiap 2 sampai 3 minggu sekali supaya kondisi Mobil tetap terjaga dan nyaman dikendarai.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Jangan Asal, Ada Etika Merebahkan Jok Mobil Yang Perlu Diperhatikan

    12/09/2020| Abdul

    Jangan Asal, Ada Etika Merebahkan Jok Mobil Yang Perlu Diperhatikan

    Merebahkan jok mobil bisa dilakukan untuk memberikan kenyamanan selama di dalam kabin. Hanya saja kadang di dalam kendaraan terdapat penumpang lain sehingga terdapat etika dan beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk kenyamanan bersama.

  • 5 Hal Menggugurkan Garansi Mobil Baru

    01/09/2020| Fatchur Sag

    5 Hal Menggugurkan Garansi Mobil Baru

    Pabrikan memberikan garansi mobil baru hingga beberapa tahun atau jarak puluhan ribu. Namun ada hal-hal yang membuat garansi mobil baru tidak berlaku.

  • Mengenal Fungsi Airbag Pada Mobil Dan Cara Merawatnya

    15/08/2020| Abdul

    Mengenal Fungsi Airbag Pada Mobil Dan Cara Merawatnya

    Airbag menjadi salah satu fitur keselamatan yang diberikan pada mobil. Yang mana fitur ini akan aktif saat merespon terjadi benturan yang keras. Lantas apa saja fungsi airbag pada mobil dan bagaimana cara kerjanya?

International