Cuaca Panas Melanda, 10 Penyebab Mobil Terbakar Tiba-Tiba

31/07/2018| Padli Nurdin

Kebakaran mobil secara tiba-tiba bukan baru saja terjadi. Bahkan sebelumnya, salah satu mobil di Kabupaten Semarang tiba-tiba terbakar ketika sedang di parkir di tanah kosong. Apalagi ketika berada di cuaca panas, banyak penyebab yang akan membuat mobil terbakar. Dari berbagai sumber, berikut beberapa penyebab mobil terbakar tiba-tiba yang dirangkum oleh Mobilmo, diantaranya,

10. Perawatan yang tidak teratur

Gambar yang menunjukan mobil yang sedang melakuka perawatan

Mobil sudah memberihkan sinyal terlebih dahulu ketika mengalami kerusakan

Kesalahan manusia bisa disebut menjadi penyebab terbesar mobil tiba-tiba terbakar. Apalagi bagi mobil yang jarang mendapatkan perawatan secara teratur, komponen yang bermasalah tidak bisa ditanggulangi dengan cepat. Kelalaian membuat komponen yang rusak, segel yang bocor, hingga kabel rusak menjadi pemicu kebakaran mobil.

>>> Begini cara merawat mobil saat musim panas

9. Kompartemen mesin kotor

Gambar yang menunjukan bagian kompartermen pada sebuah mobil

Jangan biarkan bagian kompartemen mobil kotor agar tidak merusak komponen lain

Jaga kebersihan kompartemen mesin. Mesin kotor yang dibasahi merupakan sumber bahan bakar yang bisa dengan mudah terpercik api. Kompartemen mesin yang bersih juga memudahkan untuk menemukan kebocoran bahan bakar maupun cairan mobil lainnya.

8. Baterai listrik rusak

Gambar yang menunjukan baterai listrik yang sedang dipamerkan

Meskipun lebih bertenaga, baterai listrik sering menjadi pemicu kebakaran mobil

Tak lama setelah Tesla Model S dianugerahi gelar mobil teraman, mobil tersebut terbakar sendiri tahun 2013. Dalam sebagian besar kendaraan yang terbakar sendiri, pendingin baterai yang bocor dapat memicu kobaran api. Kekhawatiran baterai hibrida dan listrik masih terus berkembang dengan adanya resiko potensial kendaraan terbakar ketika komponen tersebut mengalami kerusakan.

7. Konverter katalitik overheat

Gambar yang menunjukan bagian konverter katalitik dari sebuah mobil

Konverter katalitik lebih sering menghadapi panas dibandingkan mesin mobil

Konverter katalitik yang terlalu panas bisa menyebabkan kebakaran pada mobil. Komponen ini biasanya terlalu panas karena mereka bekerja lebih keras untuk membakar lebih banyak polutan daripada yang bisa diproses. Jika mesin beroperasi dengan tidak efisien – contohnya busi yang dipakai – akan membuat komponen lain bekerja lebih keras untuk tetap menjalankan kendaraan.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan berbagi informasi terlengkap hanya di sini

6. Sistem pengapian usang

Gambar yang memperlihatkan seseorang yang sedang menghidupkan mobil

Percikan kecil dari sistem pengapian mampu menyebakan kebakaran pada mobil

Pastikan bagian pengapian selalu diganti ketika sudah lama dipakai dan usang. Percikan api yang bocor dapat menjadi pemicu api ketika ada kebocoran cairan, seperti oli maupun bahan bakar.

5. Mesin overheat

Gambar yang menunjukan petugas pemadam kebakaran memadamkan asap pada mobil

Pada cuaca panas, potensi mesin overheat menjadi meningkat

Mesin yang terlalu panas menjadi pemicu paling sering yang menyebabkan kendaraan terbakar, atau biasanya hanya mengeluarkan asap putih pada bagian mesin. Penyebabnya, mesin terlalu panas dan membuat cairan internal - seperti minyak dan coolant – naik ke suhu yang berbahaya, tumpah, dan akhirnya mendarat di komponen panas lainnya misalnya sistem pembuangan dan sehingga menghasilkan asap.

4. Kebocoran cairan

Gambar yang menunjukan mobil yang memiliki kebocoran oli

Oli dan cairan yang mengandung minyak merupakan pemicu api terbaik bagi kendaraan

Mobil dan truk rata-rata memiliki sejumlah cairan yang mudah terbakar dan berbahaya; solar atau bensin, oli mesin, cairan transmisi, cairan power steering, bahkan cairan pendingin mesin. Semua cairan tersebut bersirkulasi ketika mobil menyala. Semuanya juga cukup mudah terbakar ketika tumpah atau mengalami kebocoran.

>>> Penyebab dan cara pencegahan mobil terbakar di musim panas

3. Kesalahan modifikasi

Gambar yang menunjukan mobil hasil modifikasi

Meskipun terlihat berkilau, modifikasi yang tidak pas memudahkan terjadinya kerusakan pada mobil

Menambahkan perangkat elektronik aftermarket seperti stereo, sistem starting jarak jauh, atau alarm yang tidak terpasang dengan benar dapat menyebabkan kebakaran. Maka dari itu, pastikan Anda melakukan modifikasi bagian kelistrikan secara profesional atau dianjurkan untuk membawa mobil ke bengkel modif langsung.

2. Sistem kelistrikan yang tidak pas

Gambar yang menunjukan kabel-kabel dan sistem kelistrikan pada mobil

Bagian kabel dan kelistrikan menjadi penyebab utama kebakaran kendaraan

Sistem kelistrikan menempati urutan kedua penyebab kebakaran mobil paling umum. Baterai mobil dan semua sumber kelistrikan yang bermasalah akan menyebabkan mobil terbakar dengan cepat. Siklus pengisian daya baterai bahkan bisa menyebabkan ledakan gas hidrogen dan arus listrik pada baterai mampu menghasilkan percikan api yang dengan cepat menyambar cairan yang bocor.

>>> Tips merawat mobil lainnya bisa Anda dapatkan di sini

1. Kebocoran sistem bahan bakar

Gambar yang menunjukan keretakan pada sistem bahan bakar mobil

Perhatikan keretakan atau kerusakan pada sistem bahan bakar

Merupakan penyebab paling umum kebakaran kendaraan. Berita baiknya, tidak semua kebocoran langsung datang tiba-tiba. Pasti ada peringatan yang diberikan oleh mobil. Karena itu, pastikan untuk selalu memperhatikan semua kerusakan sekecil apapun. Periksa semua saluran bahan bakar dari keretakan, pecah, hingga kerusakan yang terjadi. Pastikan untuk selalu mengganti komponen bahan bakar apabila terjadi kebocoran.

Ternyata, penyebab mobil terbakar tiba-tiba tidak langsung terjadi. Pasti ada masalah yang lebih dulu datang sebagai peringatan bagi pemilik mobil. Karena itu, pastikan untuk selalu memperhatikan komponen mobil dengan melakukan perawatan rutin untuk mencegah terjadinya kerusakan yang membahayakan di kemudian hari.

>>> Dapatkan beragam tips otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

International