Suzuki: Biaya Servis Di Bengkel Resmi Masuk Akal

03/07/2019 | Fatchur Sag

Foto menunjukkan salah satu aktivitas Servis mobil di bengkel resmi Suzuki

Sangat direkomendasikan untuk melakukan perawatan mobil di bengkel resmi

Salah satu alasan mengapa banyak pemilik mobil enggan melakukan servis di bengkel resmi adalah biaya yang dinilai mahal sehingga mereka lebih memilih servis di bengkel tidak resmi. Lantas berapa kisaran biaya servis di bengkel resmi? Kami mencotohkan estimasi biaya servis Suzuki Ertiga di bengkel resmi Suzuki.

Dipaparkan Toto Yulianto selaku Section Head of Service Administration PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Suzuki Ertiga memiliki enam masa servis gratis selama 2,5 tahun dengan jarak tempuh 1.000, 10.000, 20.000, 30.000, 40.000, dan 50.000 km. Dalam masa 0-50.000 km itu pelanggan (wilayah Jabodetabek) hanya perlu mengeluarkan biaya penggantian part dengan total hanya Rp 2.368.300 untuk mobil manual dan Rp 2.578.300 untuk matik. LIHAT DISINI!

"Biaya perawatan untuk 2,5 tahun berikutnya juga masih terjangkau," kata Toto seperti dikutip dari Liputan6, (2/7/2019). Biayanya sekitar Rp 2.060.000 dengan biaya penggantian part sekitar Rp 2.685.700 untuk mobil manual dan Rp 2.700.700 untuk yang matik, terhitung mulai 60.000 km hingga 100.000 km.

>>> Menarik, Biaya Servis Mobil di Diler Ini Dikemas Seperti Menu Makanan Di Restoran

Gambar menunjukkan besaran Biaya servis di bengkel resmi Suzuki

Simulasi biaya servis di bengkel resmi biasanya sudah tertera di situs resmi masing-masing

Dengan biaya hanya sebanyak itu, pemeriksaan yang dilakukan saat servis di bengkel resmi menyeluruh mulai dari sektor mesin (v-belt, engine coolant, timing belt & engine mounting), emission control (emisi gas buang), ignition system (busi & ignition timing), fuel system (filter udara, fuel line & filter bensin), brake system (kondisi brake fluid level, brake pad & hand brake), serta chassis & body (kopling, AC, steering system, kondisi ban, air wiper, hand brake, aki, lampu-lampu, propeller/drive shaft & kencangkan baut roda).

Sesuai atau tidak biaya servis di bengkel resmi tersebut di atas dengan fakta di lapangan itu soal lain. Konsumen terkadang harus mengeluarkan biaya lebih besar sebab ada penggantian part lain di luar yang disebutkan di atas, atau kadang juga bisa lebih murah karena ada promo penggantian part yang diselenggarakan oleh bengkel resmi.

>>> Hanya Sedikit Konsumen Mazda Yang Pindah Ke Bengkel Non Resmi

Gambar menunjukkan salah satu banner promo servis mobil Toyota dan Suzuki

Memanfaatkan promo penting untuk penghematan

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • 18/09/2019 | Abdul

    Beberapa Tanda Kompresor AC Mobil Lemah Yang Perlu Diperhatikan

    AC mobil memiliki tugas yang cukup penting untuk mendukung kenyamanan berkendara baik pengemudi ataupun penumpang. Bahkan fitur ini sekarang menjadi salah satu fitur standar yang harus diberikan pada mobil baru. Di dalamnya ada komponen yang bernama kompresor AC mobil. Fungsinya tergolong penting, karena jika kompresor AC mobil lemah maka kinerja AC jadi terganggu saat menyalurkan udara ke dalam kabin mobil.

  • 13/09/2019 | Abdul

    Penyebab & Cara Mencegah Timbulnya Korosi Pada Evaporator AC Mobil

    Beragam fitur dipasangkan pada kendaraan untuk membuat kabin mobil terasa nyaman saat dikendarai. Selain hal tersebut, pemberian fitur unggulan juga bisa menarik lebih banyak konsumen. Salah satu fitur pendukung kenyamanan dan membuat seseorang lebih betah di dalam kendaraan adalah AC mobil. Dalam komponennya terdapat evaporator yang mendukung kinerja dari AC mobil. Bisa saja terjadi korosi pada evaporator AC mobil yang dapat mengganggu kinerjanya.

  • 05/09/2019 | Abdul

    Apakah Bisa Modifikasi Mobil Mesin Bakar Internal Ke Mobil Listrik?

    Perkembangan mobil listrik semakin kesini semakin banyak peminat. Apakah sobat menjadi salah satunya?. Seperti yang kita tahu, bahwa kendaraan listrik sangat ramah lingkungan dan tidak menimbulkan polusi. Dengan dipadukan desain yang menarik membuat mobil jenis tersebut banyak digandrungi oleh masyarakat terutama di Indonesia. Yang jadi pertanyaan adalah apakah bisa modifikasi mobil mesin bakar internal ke mobil listrik?