Mengetahui Manfaat Mengecek Minyak Rem Mobil

30/09/2018 Abdul Kosim Perawatan mobil

Minyak rem merupakan salah satu bagian penting pada sistem pengereman. Yang mana jika sampai kehabisan dapat membuat masalah pada Mobil. Akibat yang dihasilkan saat kehabisan adalah rem tidak berfungsi dengan baik dan beresiko blong. Jadi memeriksa minyak rem Mobil sangat diperlukan, karena manfaat yang didapat juga banyak.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat yang didapat ketika memeriksa minyak rem Mobil.

1. Mengetahui waktu pergantian

Kebanyakan orang tidak tahu kapan mengganti minyak rem kendaraan yang tepat. Oleh sebab itu salah satu manfaat melakukan pemeriksaan adalah dapat diketahui seberapa banyak minyak rem yang tersisa. Dengan begitu akan diketahui apakah sudah saatnya mengganti atau belum.

Sebenarnya banyak para ahli yang menyarankan untuk melakukan pergantian setiap 1 atau 2 tahun sekali. Namun hal tersebut bisa saja berubah, karena pemakaian kendaraan yang berbeda-beda. Ada juga yang menyarankan untuk melakukan pergantian setiap 50.000 kilometer.

Gambar ini menunjukkan seorang pria sedang melihat volume minyak rem

Minyak rem merupakan bagian penting dari sistem pengereman (Foto: Cars)

2. Performa yang lebih baik

Sistem pengereman memiliki peranan sangat penting dalam berkendara. Bagian tersebut merupakan salah satu komponen yang mendukung keselamatan dalam berkendara. Pada saat minyak rem masih berada pada volume yang ideal, apalagi dalam kondisi baru, maka sistem rem akan bekerja dengan optimal.

>>> Dapatkan review mobil terbaru hanya ada di Mobilmo

Jika kondisi sistem pengereman maksimal, maka performa Mobil juga lebih baik. Hal tersebut dikarenakan tidak adanya masalah pada pengereman, jadi Mobil dapat melaju dengan lebih baik.

3. Berkendara jadi lebih Pede

Saat pengendara memeriksa minyak rem Mobil dan diketahui kondisinya masih ideal, tentu menempuh perjalanan menjadi lebih tenang. Hal tersebut dikarenakan saat rem bermasalah bisa sangat membahayakan di jalan. Resiko yang didapat adalah rem tidak berfungsi dengan baik dan bisa juga blong.

Gambar ini menunjukkan seorang pengemudi pria sambil tersenyum

Saat sistem pengereman bekerja dengan baik tentu berkendara lebih tenang (Foto: Istockphoto)

Dalam melakukan penggantian minyak rem, pihak pabrikan memberikan rekomendasi sendiri-sendiri. Akan tetapi tujuannya sama supaya dapat membuat kinerja dari sistem pengereman tetap maksimal.

Berikut ini merupakan waktu penggantian minyak rem yang direkomendasikan oleh pihak pabrikan.

  •     Acura: 36 Bulan
  •     Audi: 24 Bulan
  •     BMW: 24 Bulan, atau sesuai petunjuk pada Service Inspection Indicator
  •     Honda: 36 Bulan
  •     Jaguar: 24 Bulan, kecuali model 2009 XF (36 Bulan)
  •     Land Rover: 36 Bulan
  •     Lexus: 36 Bulan atau 40.000 Km mana yang tercapai lebih dulu
  •     Mercedes-Benz: 24 Bulan
  •     Subaru: 30 Bulan atau 40.000 Km
  •     Suzuki: 24 Bulan atau 40.000 Km
  •     Volkswagen: 24 Bulan (New Beetle, City Gold, City Jetta)
  •     Volvo: 24 Bulan

>>> Lihat juga, Inilah Kelebihan Rem Tromol Mobil Yang Perlu Diketahui

Selain memeriksa minyak rem Mobil, mengetahui jenisnya juga sangat dianjurkan. Dengan begitu saat melakukan pergantian bisa tepat spesifikasinya dengan Mobil kesayangan.

Minyak rem sendiri mempunyai kode standar yaitu DOT (Department of Transportation). Pada minyak rem biasanya akan ditemukan kode dan angka seperti DOT 3, DOT 4 dan juga DOT 5.

“Semakin tinggi angkanya semakin tinggi pula kemampuannya menghadapi suhu kerja yang ekstrim,” tutur Rudi Ganefia Service Head Auto 2000 Krida di Cilandak, Jakarta Selatan.

Pada umumnya untuk minyak rem DOT 5 biasanya digunakan untuk kendaraan yang digunakan dalam kompetisi balap. Tidak hanya itu, kandungan dalam minyak rem juga perlu untuk diketahui.

Gambar ini menunjukkan tabung minyak rem dan terlihat jelas tutupnya

Perawatan sistem pengereman perlu dilakukan secara berkala (Foto: Thoughtco)

“Kandungan minyak rem biasanya ada dua jenis, yakni glycolbased dan silicone-based,” ujar Rudi.

>>> Lihat juga, Mengetahui Tips Merawat Rem Parkir Dan Jenisnya

Setiap jenis minyak rem tentu mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Akan tetapi pada umumnya yang sering digunakan adalah minyak rem jenis glycol. Hal tersebut dikarenakan lebih baik dalam memberikan perlindungan pada sistem pengereman.

“Semakin tinggi performanya, semakin tinggi juga kemampuan minyak rem dalam menangkap air alias bersifat higroskopis,” jelas Rudi.

“Sebaiknya gunakan minyak rem sesuai spesifikasi yang direkomendasikan, karena masing-masing minyak rem memiliki titik didih yang berbeda,” saran Rudi.

Jadi tiap minyak rem dengan DOT yang berbeda memiliki titik didih berbeda. Seperti misalnya pada DOT 3 titik didih maksimalnya adalah 205 derajat celcius. Sedangkan untuk DOT 4 adalah 230 derajat celcius dan yang terakhir DOT 5 mencapai 270 derajat celcius.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat mengecek minyak rem Mobil dan mengetahui jenisnya. Semoga bermanfaat dan jangan  lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca

  • Jangan Dibiarkan, Lima Hal Ini Bikin Mobil Boros BBM
    Perawatan mobil Fatchur Sag

    Jangan Dibiarkan, Lima Hal Ini Bikin Mobil Boros BBM

    13/10/2018

    Banyak orang menginginkan mobil kesayangannya irit bahan bakar agar bisa menghemat pengeluaran. Kenyataannya, keinginan itu banyak yang tidak terwujud. Ahli oprek mesin salah satu bengkel di ibu kota menjelaskan ada lima hal yang bikin mobil boros BBM yang berujung pada banyak pengeluaran. Simak penjelasannya berikut!

  • Ini Dia Panduan Singkat Memahami Lampu Indikator Peringatan Pada Mobil
    Perawatan mobil Arfian Alamsyah

    Ini Dia Panduan Singkat Memahami Lampu Indikator Peringatan Pada Mobil

    11/10/2018

    Lampu indikator sangat penting keberadaannya, karena lampu indikator tersebut adalah sarana mobil kita berkomunikasi dengan kita sebagai pengemudi. Segala jenis kerusakan dapat diketahui dari keberadaan lampu ini. Nah, ini dia panduan singkat memahami lampu indikator peringatan pada mobil.

  • Mau Mobil Tambah Tenaga, Ini Cara Paling Sederhana Ala Bengkel Mobil Balap
    Perawatan mobil Fatchur Sag

    Mau Mobil Tambah Tenaga, Ini Cara Paling Sederhana Ala Bengkel Mobil Balap

    08/10/2018

    Mobil keluaran pabrik punya batasan performa di titik tertentu. Bagi Anda penggila kecepatan dijamin tak akan bisa puas karena Anda tak mungkin mendapatkan tenaga yang lebih besar kecuali mobil itu Anda oprek atau Anda ganti dengan supercar yang harganya sangat mahal. Pertanyaannya, bisakah mobil Anda tambah tenaga meski bukan supercar?