Satu Sasis, Harga Aki Mobil Calya Sama dengan Sigra?

26/04/2022 | Padli

Meski perawatan Toyota Calya cukup mudah, namun masih banyak pengguna yang terlupa akan pentingnya komponen aki bagi mobil. Mulai dari kapan aki mobil Calya harus diganti serta bagaimana spesifikasi aki mobil yang cocok untuk MPV kelas menengah andalan Toyota ini.

Mengingat popularitasnya yang tinggi di pasaran, Calya menjadi primadona bagi pengguna yang menginginkan mobil keluarga yang bisa memuat hingga 7 orang di dalam kabin dan dipasarkan dengan harga yang terjangkau. Dan karena mobil ini sering digunakan untuk perjalanan harian, tentu saja aki mobil perlu lebih diperhatikan.

Bagi Anda yang memiliki Calya sebagai tunggangan harian, berikut beberapa tips dan hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga aki mobil Calya selalu berada dalam keadaan prima demi pengendaraan yang memuaskan di sepanjang perjalanan.

Tipe Aki Mobil Calya

Setiap mobil biasanya memiliki tipe dan spesifikasi tersendiri yang berbeda dibandingkan dengan model lainnya. Walaupun beberapa mobil bisa menggunakan aki yang sama. Namun patut diketahui apa spesifikasi dan tipe aki mobil Anda sebelum terlanjur dan salah membeli.

Sedangkan untuk aki mobil Calya berapa ampere? Sama seperti Sigra yang menjadi kembarannya, Calya menggunakan aki berkapasitas 32 Ampere. Kapasitas ini juga sama dengan yang digunakan dengan city car kembar lainnya, Toyota Agya dan Daihatsu Ayla. Untuk Calya, Anda bisa menggunakan aki mobil dengan tipe NS, atau aki dengan kode 34B19L berspesifikasi 12 volt dan 32 Ampere.

aki mobil Calya menggunakan kapasitas 32 Ampere
Calya menggunakan aki berkapasitas 32 Ampere

Kode 34B19L merujuk pada kapasitas aki, yaitu 34 ah, B merupakan kode yang merujuk pada ukuran lebar dan tinggi, 19 adalah kode panjang aki, L yaitu posisi kutub kepala aki. L untuk kiri (Left), sedangkan aki dengan kode R memiliki kutub negatif di sebelah kanan (Right).

Khusus untuk aki, Anda bisa menggunakan aki dengan kapasitas ampere yang lebih besar, misalnya tipa 36B19L yang mengeluarkan daya 12 volt dan 35 Ampere. Kapasitas yang lebih besar ini akan sangat membantu ketika Anda memodifikasi sistem kelistrikan dengan lampu yang lebih terang atau menggunakan sound system yang lebih besar.

>>> Rekomendasi Bengkel Sarung Jok Mobil Bekasi Terbaik

Umur Aki Mobil Calya

Sama seperti mobil pada umumnya, aki mobil pada Toyota Calya biasanya berkisar antara 2 hingga 5 tahun. Dengan perawatan yang baik, aki mobil bisa bertahan sampai dengan 5 tahun tanpa diganti walaupun mobil selalu digunakan untuk pemakaian harian.

Tapi sebaliknya, ketika penggunaan mobil secara berlebihan, misalnya dengan modifikasi sistem kelistrikan seperti sound system maupun lampu yang lebih besar dari daya standar, maka aki mobil akan lebih mudah soak. Karena itu, pastikan untuk mengetahui bagaimana cara merawat aki mobil menjadi tahan lama.

Sementara itu, daya tahan aki tentu saja bergantung dengan pemakaian kendaraan itu sendiri. Mobil yang sudah lama tidak dihidupkan atau digunakan tidak teratur akan mempengaruhi kinerja aki. Misalnya saja mobil yang ditinggal mudik selama beberapa minggu hingga satu atau dua bulan akan membuat aki lebih cepat soak.

pengemudi yang sedang menghidupkan mobil
Salah satu cara merawat aki adalah dengan sering memanaskan mobil

Salah satu cara untuk menjaga kualitas dan umur aki adalah dengan memanaskan mesin mobil secara berkala. Tapi anggapan yang salah yaitu memanaskan mobil setiap hari atau setiap pagi. Anda bisa memanaskan mobil dua hari sekali ketika mobil jarang digunakan untuk menjaga kualitas aki tetap bertahan.

Satu lagi yang membuat umur aki semakin cepat berakhir adalah perilaku tidak mematikan lampu maupun peralatan elektronik pada mobil ketika tidak sedang digunakan. Misalnya setelah pengendaraan jarak jauh dan mobil masuk garasi, Anda bisa mematikan lampu mobil agar listrik tidak selalu menyala.

Ketika melakukan perawatan berkala, kesalahan kecil seperti penutup aki yang tidak terpasang atau tidak terikat dengan baik pada tempatnya bisa menjadi masalah besar. Apalagi ketika mobil menghadapi jalanan bergelombang, aki yang tidak terikat berpotensi bergetar sehingga menyebabkan korsleting pada sistem kelistrikan saat berkendara.

Untuk menjaga umur aki tetap stabil, pastikan selalu melakukan perawatan berkala ke bengkel. Termasuk dengan menjaga aki tetap kering. Pasalnya ruang mesin yang basah atau kotor akan membuat aki menjadi lebih mudah terkorosi. Karat dan korosi tentunya akan berdampak buruk pada kualitas dan umur aki mobil.

>>> Ayo Ikuti Program Vaksinasi Toyota, Ada Kuota 1000 Dosis Perharinya

Harga dan Spesifikasi Aki Mobil Calya

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, spesifikasi aki mobil Calya sendiri bisa digunakan juga untuk aki mobil Sigra, Honda Brio, maupun Toyota Agya dan Daihatsu Ayla. Biasanya Calya menggunakan model berspesifikasi 32 Ampere untuk tipe standar dan memiliki panjang 19 sentimeter.

Sedangkan masalah harga, sebenarnya tidak ada perbedaan berarti yang bisa ditemukan pada aki Calya maupun aki Sigra. Keduanya sama-sama menggunakan tipe dan spesifikasi yang sama, sehingga aki mobil bisa disubtitusi atau ditukar.

aki GS Astra yang bisa digunakan pada mobil
Anda bisa gunakan aki GS Astra untuk Calya

Dilansir dari berbagai e-commerce yang ada, rentang harga aki Toyota Calya berada di kisaran Rp 500 ribuan hingga Rp 1 jutaan. Begitu pula dengan harga di bengkel maupun toko aksesoris kendaraan. Perbedaannya seringkali beberapa puluh ribu tergantung toko tempat Anda membeli.

Misalnya saja untuk aki basah Incoe 34B20L ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu Rp 550 ribuan. Sedangkan aki GS Astra MF 34B19L Maintenance Free dibanderol Rp 750 ribuan. Nah, bagi Anda yang ingin menggunakan aki GS Astra MF 34B19L perlu merogoh kocek yang lebih dalam, yaitu dibanderol mulai dari Rp 975 ribuan.

>>> Dapatkan Cashback Sampai Rp 5 Juta Saat Beli Daihatsu Rocky 2021

 

Berita sama topik

  • 01/05/2022 | Padli

    Berapa Lama Ganti Aki Mobil Ertiga? Intip Spesifikasi Sekaligus Harganya

    Kembali dari perjalanan jauh, cek aki mobil Ertiga Anda agar tidak ada masalah di kemudian hari. Berikut penjelasan mengenai kapan harus mengganti aki dan harganya.

  • 31/08/2021 | Anna

    Rekomendasi Bengkel Sarung Jok Mobil Bekasi Terbaik

    Banyak pengguna mobil bertanya-tanya apakah mereka harus membeli sarung jok mobil. Apa kerugian tidak menggunakan sarung jok dan manfaat yang dibawa sarung jok ke mobil. Nah, jika Anda lagi tinggal di Bekasi dan sekitarnya, silahkan bersama Mobilmo.com menjawab beberapa pertanyaan tersebut serta check out daftar bengkel sarung jok mobil Bekasi terbaik saat ini.

  • 31/08/2021 | Anna

    Charger Aki Mobil 100 Ampere Harganya Berapa?

    Saat mobil Anda mogok di tengah jalan karena kehabisan listrik aki, charger aki mobil adalah penyelamat Anda. Pada artikel di bawah ini, Mobilmo.com akan memberikan beberapa informasi serta harga charger aki mobil 100 ampere bagi yang berminat.