Hal-hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Speaker Mobil

08/12/2018 Fatchur Sag Perawatan mobil

Kenyamanan berkendara tak hanya ditentukan oleh performa mesin, tapi juga kondisi fisik kendaraan itu sendiri seperti kebersihan eksterior dan interior. Sistem hiburan dan speaker mobil juga turut memberi andil besar terhadap kenyamanan pengemudi dan penumpang. Beberapa hal pun menjadi sangat penting saat memilih speaker mobil.

Foto head unit system audio Honda CR-V

Sistem audio modern lebih multifungsi

Sebagai pemilik mobil tentu mendambakan mobilnya nyaman untuk digunakan. Tidak hanya perihal mesin mobil, tetapi juga mengenai kelengkapan interior mobil, termasuk mengenai speakernya. Nyatanya masih banyak orang yang kebingungan dalam memilih speaker mobil yang tepat. Berikut ini beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat memilih speaker mobil agar tak salah pilih :

1. Perhatikan fitur - fitur yang dimiliki

Salah satu hal yang pertama perlu Anda lakukan saat memilih speaker untuk mobil Anda, sebaiknya pilih speaker / audio yang memiliki fitur yang lengkap. speaker mobil yang baik setidaknya harus memiliki pengaturan kualitas suara, seperti fungsi bass, balance, fade, treble, dan lain - lain. Pastikan juga bila speaker mobil yang Anda pilih memiliki fasilitas pendukung yang baik, seperti DVD, MP3 hingga USB. Fitur lainnya yang perlu dimiliki speaker mobil adalah kontrol HPF / LPF, Equalizer, speaker kontrol dan processor digital time alignment.

2. Pertimbangkan speaker dengan merk yang terkenal

Bagi Anda yang masih awam atau pemula dan belum banyak mengetahui mengenai speaker mobil yang baik, Anda sebaiknya pertimbangkan untuk memilih speaker mobil dari merk yang sudah cukup terkenal memiliki kualitas yang baik. Merk - merk terkenal biasanya juga memberikan garansi dengan jangka waktu tertentu. Hal ini tentu dapat menjamin konsumen bila di kemudian speaker yang Anda beli mengalami masalah atau kerusakan. Bila Anda menginginkan speaker / audio yang dapat digunakan dalam jangka waktu lama, sebaiknya hindari memilih audio mobil dengan harga murah dan fitur terbatas. speaker seperti ini biasanya hanya bagus pada saat awal pemakaiannya saja, dan seiring waktu kerjanya akan semakin berkurang seiring dengan kerusakan yang semakin bertambah.

>>> Pioneer Luncurkan Fitur Kekinian Di Headunit Terbaru Mereka, Pioneer Smart Sync

Foto Speaker Harman / Kardon pada salah satu mobil Mercedes-Benz

Speaker Harman/Kardon, salah satu yang punya kualitas suara luar biasa

3. Lakukan pengujian suara

Hal selanjutnya yang harus dipertimbangkan saat memilih speaker mobil adalah pertimbangkan untuk melakukan uji suara. Bila Anda telah menemukan speaker mobil yang Anda inginkan dan memiliki berbagai fitur yang cukup lengkap, selanjutnya Anda perlu melakukan uji suara. Dengan melakukan uji suara, Anda dapat langsung mengetahui kualitas suara yang dihasilkan oleh speaker tersebut.

Saat melakukan uji suara, tidak ada salahnya bila Anda mencoba memutar musik instrumen dan mengatur balance suara kemudian mendengarkan hasilnya. Bila pemasangan kabel speaker terbalik atau tidak tepat, maka musik akan terasa kurang dinamika saat memutar suara pada nada rendah. Untuk mendapatkan hasil pengujian suara yang baik, maka Anda sebagai pendengar perlu benar - benar memiliki keahlian mendengarkan yang mumpuni.

>>> Dapatkan review mobil terbaru di Mobilmo.com

4. Optimalkan audio mobil Anda

Agar mendapatkan hasil suara yang lebih baik, tak jarang Anda perlu mengoptimalkan kerja audio mobil Anda. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mencapai tujuan ini adalah dengan menambahkan peredam suara tambahan untuk mengurangi suara asing dari luar. Hal ini cukup berpengaruh, dan hasil suara yang dihasilkan speaker mobil juga lebih jernih dan sempurna.

Agar audio mobil semakin optimal, Anda dapat menambahkan fitur subwoofer. Fitur ini memungkinkan suara bass pada audio yang dihasilkan akan semakin maksimal.

>>> Mengenali Jenis Speaker Mobil Yang Ada Pada Fitur Audio

Foto speaker mobil hasil modifikasi

Tak puas dengan speaker bawaan, pemilik mobil bebas memodifikasi

>>> Tips dan trik seputar kendaraan hanya ada di sini

Mungkin anda ingin baca