Perawatan Mudah, Pengecekan Ringan Pada Mobil dalam 20 Menit

07/07/2018| Abdul

Dengan melakukan perawatan sendiri secara berkala tentunya akan lebih mudah dalam memonitor kondisi kendaraan. Jika dilakukan tentunya saat ada masalah kecil bisa segera diatasi sebelum berubah menjadi besar.

Berikut ini pengecekan ringan pada Mobil yang bisa dilakukan dalam waktu 20 menit.

1. Memeriksa oli mesin dan transmisi Mobil dalam 2 sampai 5 menit

Dalam melakukan pemeriksaan pada oli mesin waktu terbaik adalah ketika dalam kondisi masih dingin. Jadi bisa dilakukan pagi hari sebelum digunakan beraktifitas.

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang kain dan dipstick diletakkan di atasnya

Gunakanlah oli mesin sesuai rekomendasi pihak pabrikan agar bagian-bagian mesin dapat memiliki umur lebih lama

Untuk caranya dapat menarik dipstick yang biasanya mempunyai label oil yang terdapat pada area mesin kendaraan. Setelah itu bersihkan batang dan masukkan kemudian tarik kembali. Dengan begitu akan terlihat volume dan juga warna oli mesin.

Pada Mobil dengan transmisi otomatis bisa melakukannya dengan cara yang sama. Biasanya dipstick menggunakan label transmission.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya

2. Memeriksa aki Mobil dalam 2 sampai 3 menit

Untuk melakukan pengecekan bisa dilakukan dengan mudah menggunakan voltmeter. Caranya adalah dengan menghubungkan ke terminal minus (-) dan plus (+) pada aki Mobil. oleh sebab itu tidak ada salahnya menyediakan voltmeter di rumah. Untuk mendapatkannya juga mudah dengan membelinya di toko elektronik terdekat.

Gambar ini menunjukkan aki Mobil dengan kabel dan penjepit dipasangkan pada terminal aki Mobil

Aki Mobil yang sudah tidak bekerja dengan maksimal bosa membuat performa mesin menurun

Selain itu lihat juga kondisi terminal pada aki, apabila kotor segera bersihkan menggunakan sikat kawat atau amplas. Periksa juga pada bagian cairan aki apabila menggunakan aki basah.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips perawatan lainnya

3. Membersihkan filter udara dalam waktu 3 sampai 4 menit

Sebelumnya harus mengetahui lokasi dari filter udara pada mesin Mobil. apabila sudah mengetahuinya bisa dilakukan pengecekan dengan membuka penutup dan mengeluarkan part filter udara. Setelah itu bersihkan menggunakan sikat atau angin bertekanan jika memilikinya. Tujuannya adalah debu yang terdapat pada part filter hilang, karena jika kotoran menumpuk dapat membuat pasokan udara menuju mesin menjadi tersumbat.

Gambar ini menunjukkan 2 buah tangan sedang memegang filter udara dan selang untuk menyemprotkan angin bertekanan

Filter udara berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke dalam mesin Mobil

4. Memeriksa air radiator dalam 1 sampai 2 menit

Dalam melakukan pengecekan air radiator sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah, yakni hanya melihat ketinggian air yang terdapat pada tabung reservoir. Pastikanlah bahwa air di dalamnya masih pada batas toleransi. Apabila airnya berada di bawah batas maka bisa melakukan penambahan dengan menggunakan cairan khusus radiator.

Gambar ini menunjukkan beberapa komponen pada mesin Mobil

Gunakanlah cairan khususu radiator agar pendinginan mesin dapat maksimal

Akan tetapi dalam pengisian jangan sampai full atau penuh, karena hal tersebut bisa membuat air coolant tidak dapat tersedot ke bagian cooling system. Selain itu dalam membuka tutup radiator harus dalam keadaan dingin.

>>> Baca juga, Bagaimana Cara Memperbaiki Foglamp yang Rusak dengan Mudah? yang diulas oleh cintamobil.com

5. Memeriksa komponen yang berhubungan dalam penerangan Mobil dalam 1 sampai 2 menit

Selanjutnya dalam pengecekan ringan pada Mobil adalah memeriksa kondisi lampu kendaraan. Baik itu lampu utama, sein, belakang ataupun lampu hazard. Pastikan kondisinya masih berfungsi dan mempunyai pencahayaan yang baik. Apalagi bagi pengendara yang sering bepergian di malam hari, tentunya hal ini perlu dilakukan.

Gambar ini menunjukkan 2 buah tangan sedang memegang lampu utama pada sebuah Mobil warna putih

Lampu Mobil sangat penting bagi pengendara yang sering melakukan perjalanan di malam hari

Apabila terdapat lampu yang tidak menyala ataupun gosong sebaiknya dibawa ke bengkel untuk dilakukan pergantian bohlamp dan pengecekan socket.

>>> Mungkin tertarik, Cara Membersihkan Lampu Mobil Yang Kusam Dengan Pasta Gigi

6. Memeriksa ban Mobil dalam 2 sampai 3 menit

Ban adalah satu-satunya bagian kendaraan  yang berhubungan langsung dengan jalanan. Oleh sebab itu pengecekan sangat diharuskan. Dalam pemeriksaannya dilakukan pada tekanan angin dan juga ketebalan ban Mobil.

Gambar ini menunjukkan seorang pria sedang memeriksa menambah angin pada ban Mobil

Tekanan angin ban yang ideal juga bisa menambah kenyamanan dalam berkendara

Untuk tekanan bisa mengikuti rekomendasi pihak pabrikan, sedangkan untuk ketebalan jika kembangannya sudah habis atau telah melewati batas TwI bisa dilakukan pergantian. Periksa juga apakah ada yang retak atau tidak.

Selain itu memeriksa ban serep juga diperlukan, karena jika terjadi ban bocor atau kempes di jalan bisa segera dilakukan pergantian.

7. Memeriksa kelengkapan Toolkit dalam 1 menit

Toolkit harus ada saat menempuh perjalanan, apalagi jarak yang ditempuh cukup jauh. Pemilik kendaraan bisa menambahkan beberapa toolkit sebagai pelengkap perkakas standar seperti senter, isolasi, tali derek ataupun sekring. Tidak hanya itu, jangan sampai lupa membawa dongkrak untuk berjaga-jaga dalam perjalanan.

Gambar ini menunjukkan beberapa perkakas untuk perbaikan kendaraan dengan beberapa model seperti obeng dan kunci ring

Beberapa kunci pas dan ring dapat berguna untuk mengganti ban Mobil saat kempes di jalan

Itulah pengecekan ringan pada Mobil dalam 20 menit. Dalam pengecekannya bisa dilakukan kurang dari 20 menit dan bisa juga lebih, tergantung dari pengerjaannya secara cepat atau perlahan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Bingung cari Mobil yang berkualitas dan sesuai kebutuhan? Kunjungi dulu cintamobil.com, siapa tau ada yang cocok !

Berita sama topik

  • Mengetahui Biaya Perbaikan Pelek Mobil Dan Beberapa Perawatan Perlu Dilakukan

    09/03/2021| Abdul

    Mengetahui Biaya Perbaikan Pelek Mobil Dan Beberapa Perawatan Perlu Dilakukan

    Pelek mobil menjadi tempat ban yang membuat ban bisa bekerja dengan baik. Meskipun begitu, kerusakan bisa saja terjadi dan membutuhkan perbaikan. Apalagi saat musim hujan ini, lubang di jalan kadang tidak diketahui karena genangan air sehingga membuat pelek rusak. Bahkan disebutkan untuk biaya perbaikan pelek mobil cukup mahal.

  • Mengenal Komponen Utama AC Mobil Dan Beberapa Manfaatnya

    09/03/2021| Abdul

    Mengenal Komponen Utama AC Mobil Dan Beberapa Manfaatnya

    Terdapat beberapa komponen utama AC mobil yang terdapat pada kendaraan. Fungsinya sangatlah penting karena bisa membuat seisi kabin mobil merasakan kenyamanan dalam perjalanan. Menjaga kondisi AC mobil diperlukan supaya tetap dalam keadaan prima.

  • Tahukah Tentang Water Hammer Pada Mobil? Ini Pengertian Dan Pencegahannya

    17/02/2021| Abdul

    Tahukah Tentang Water Hammer Pada Mobil? Ini Pengertian Dan Pencegahannya

    Dalam dunia otomotif terdapat banyak istilah yang kadang tidak diketahui oleh pengendara. Salah satu istilah yang cukup rumit adalah water hammer. Jadi bagi mereka yang awam tidak mengetahui dengan betul apa itu water hammer pada mobil.

International