Penyebab Kerusakan Kaca Depan Mobil Dan Cara Menghindarinya

20/09/2018| Abdul Kosim

Kerusakan kaca depan Mobil bisa terjadi karena beberapa masalah. Berikut beberapa penyebab yang perlu diwaspadai supaya tidak ada masalah pada kaca depan.

1. Kaca baret akibat wiper

Dalam hal ini jika wiper dalam kondisi normal tentu tidak akan terjadi masalah. Munculnya baret saat dalam kondisi tertentu saja. Yang mana sebenarnya untuk mendukung visibilitas pengemudi tapi malah merugikan. Biasanya terjadinya baret karena karet wiper telah keras dan sudah tidak layak digunakan. Selain itu bisa juga terdapat kerikil kecil pada kaca dan terbawa oleh wiper saat bekerja sehingga muncul baret.

Gambar ini menunjukkan kaca depan Mobil dalam kondisi kotor dan terdapat baret

Karet wiper yang sudah aus dan mengeras beresiko menimbulkan baret pada kaca Mobil (Foto: autopartswarehouse)

Untuk mencegahnya bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

Pada saat turun hujan jangan langsung menyalakan wiper, akan tetapi terlebih dahulu. Bisa saja terdapat kotoran dan debu yang menempel sehingga berakibat baret saat wiper dinyalakan. Jadi langkah yang benar adalah menyalakan semprotan air wisher terlebih dahulu supaya kotoran dan debu hilang. Setelah itu barulah menyalakan wiper Mobil. Dengan begitu timbulnya baret akan dapat dihindari.

Menghindari parkir dengan keadaan karet wiper menempel pada kaca Mobil saat terpapar sinar matahari langsung. Apabila hal tersebut terjadi terus menerus maka panas akan diserap oleh wiper sehingga bisa menyebabkan baret.

Melakukan pengecekan secara berkala. Apabila terdapat tanda bahwa karet wiper sudah tidak elastis atau mulai aus segera dilakukan penggantian.

>>> Mungkin tertarik, Beberapa Aturan Usai Pasang Kaca Film Mobil Yang Perlu Diperhatikan

2. Pecah atau retak

Gambar ini menunjukkan Mobil warna putih dengan kaca depan pecah

Batu atau kerikil yang terlempar ke udara dan mengenai kaca depan Mobil saat melaju kencang beresiko merusak kaca (Foto: autoglass-professionals)

>>> Ingin membeli mobil baru, jangan abaikan daftar harga mobil terupdate hanya ada di sini

Terjadinya kerusakan kaca depan Mobil bisa disebabkan oleh besar tenaga yang mengenainya. Beberapa hal bisa menimbulkan kaca depan Mobil retak atau pecah. Berikut ini beberapa diantaranya:

a. Kerikil atau batu

Batu dan kerikil dapat merusak kaca depan saat terhempas dan mengenai kaca Mobil. Hal ini dapat terjadi saat Mobil dalam kecepatan yang tinggi dan terdapat kerikil yang terbang akibat terpental karena terinjak Mobil lain. Meskipun kaca Mobil pakai yang paling kuat bisa berakibat keretakan. Untuk menghindarinya adalah dengan  menjaga jarak aman dengan kendaraan lain, apalagi saat kecepatan tinggi.

b. Jalanan yang rusak

Untuk menjaga kondisi Mobil baik itu kaca depan dan komponen lainnya, pengendara diharapkan berhati-hati. Apalagi jalanan yang dilewati tidak bagus atau rusak, tentu akan tidak baik pada kendaraan jika melaju dengan kecepatan tinggi.

Jika melewati jalanan rusak seperti berlubang dengan kecepatan tinggi, maka beresiko membuat keseimbangan Mobil berkurang. Selain itu juga dapat memberikan tekanan yang kuat sehingga bisa merusak kaca Mobil. Untuk mencegahnya bisa dilakukan dengan mengurangi kecepatan saat melewati jalanan yang rusak.

>>> Baca juga, Mengenal Fungsi Fitur Defogger Pada Mobil Serta Cara Pengaktifanya

c. Defogger

Pada saat berkendara di daerah pegunungan atau saat hujan lebat biasanya akan muncul kabut. Melihat hal tersebut pengendara akan mengaktifkan fitur defogger pada Mobil. tentunya hal tersebut tidak masalah, namun jika mengaktifkannya secara terus menerus dapat membuat suhu pada sebagian permukaan kaca Mobil mengalami peningkatan. Suhu yang mengalami peningkatan tersebut tidak seimbang sehingga ada bagian kaca yang memuai dan berakibat kerusakan. Untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menyalakan fitur defogger secukupnya saja.

Gambar ini menunjukkan logo yang biasanya terdapat pada tombol untuk menyalakan defogger

Penggunaan defogger saat bermanfaat bagi pengendara Mobil (Foto: Mobilku)

Demikian ulasan mengenai penyebab kerusakan kaca depan Mobil dan cara menghindarinya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Cara Kerja Priming Pump Pada Mesin Diesel Dan Fungsinya

    20/10/2020| Abdul

    Cara Kerja Priming Pump Pada Mesin Diesel Dan Fungsinya

    Priming pump pada mesin diesel merupakan salah satu komponen yang berguna untuk menyusun sistem BBM pada mesin. Alasan mengapa disebut priming adalah karena fungsinya yaitu menyediakan bbm yang dihubungkan ke bagian pompa injeksi.

  • Beberapa Tanda Karet Wiper Mobil Perlu Dilakukan Penggantian

    13/10/2020| Abdul

    Beberapa Tanda Karet Wiper Mobil Perlu Dilakukan Penggantian

    Karet wiper mobil berperan penting dalam meningkatkan visibilitas berkendara, terutama saat kondisi hujan. Oleh sebab itulah kondisinya perlu diperhatikan dengan melakukan pengecekan dan perawatan. Selain hal tersebut, terdapat beberapa tanda karet wiper sudah aus dan perlu dilakukan penggantian.

  • Tanda Masalah Pada Mobil Saat Ada Gejala Kemudi Bergetar

    22/09/2020| Abdul

    Tanda Masalah Pada Mobil Saat Ada Gejala Kemudi Bergetar

    Mobil bisa saja mengalami masalah, entah itu sedang dalam perjalanan atau setelah diam di garasi mobil. Namun biasanya terdapat indikasi saat mobil bermasalah, salah satunya adalah kemudi mobil bergetar.

International