Pelapis Jok Mobil Dari Fabric Mudah Kotor, Begini Cara Mudah Membersihkannya!

22/08/2019| Fatchur Sag

Dari beragam pelapis jok mobil seperti kain atau fabric, sintetis, microfiber hingga original leather, pelapis jok mobil dari kain atau fabric adalah yang paling banyak digunakan. Umumnya yang menggunakan adalah mobil-mobil kelas menengah ke bawah demi menekan harga jual kendaraan. Meski harganya murah, pelapis jok mobil berbahan fabric cukup nyaman dipakai.

Foto jok mobil terbuat dari bahan kain atau fabric

Pelapis jok mobil dari fabric paling banyak digunakan

Namun kekurangannya, bahan ini mudah kotor akibat sering bersentuhan dengan penumpang maupun pengemudi. Begitu pula saat terkena tumpahan makanan atau minuman juga mudah meninggalkan noda sehingga tidak elok lagi untuk dipandang. Karenanya butuh perawatan khusus oleh pemilik.

"Selain itu, bau tidak sedap juga bisa menempel pada pelapis jok berbahan dasar kain. Bau disebabkan karena kotoran bercampur dengan bakteri," tutur Yussanto, Business Development Manager Lederlux seperti dikutip dari Kompas, (14/8/2019).

>>> Beberapa Tips Dalam Memilih Cover Jok Mobil

Lalu bagaimana cara membersihkan pelapis jok mobil dari fabric ini?

Yussanto menuturkan, sebenarnya tidak terlalu sulit untuk membersihkan pelapis jok mobil dari fabric yang terkena kotoran. Pemilik bahkan bisa melakukannya sendiri di rumah dan tidak perlu membawanya ke salon. Caranya, pertama sedot menggunakan vacum cleaner agar kotoran-kotoran halus ikut terangkat. Setelah itu gunakan sikat berbulu halus yang sedikit dibasahi menggunakan air sabun deterjen. Sikat bagian jok yang kotor secara berulang-ulang. Yang terakhir lap menggunakan kain bersih untuk menghilangkan basah.

>>> Mendesain Sendiri Kursi Mobil, Ini 7 Hal Yang Harus Diperhatikan

Foto menyedot kotoran pada jok fabric

Foto proses kedua Membersihkan jok fabric

Foto proses ketiga Membersihkan jok berbahan fabric

Tahap-tahap membersihkan kotoran pada pelapis jok berbahan fabric

Meski terbilang sederhana cara ini cukup manjur untuk menghilangkan kotoran pada pelapis jok mobil dari fabric. Pemilik tidak perlu membawa mobil ke salon sehingga bisa menghemat biaya 'kebersihan'.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Beberapa Cara Memperbaiki Bumper Mobil Rusak Dapat Dicoba

    05/08/2020| Abdul

    Beberapa Cara Memperbaiki Bumper Mobil Rusak Dapat Dicoba

    Bumper mobil memiliki beragam fungsi dan terdapat beberapa jenis dengan bahan berbeda. Bumper mobil merupakan salah satu komponen mobil yang kerap kali rusak karena tersenggol batu atau aspal saat melewati jalan yang rusak. Jika begitu maka memperbaiki bumper mobil rusak perlu dilakukan.

  • Pandemi Belum Hilang, Kebijakan Suzuki Hygiene Commitment Masih Berlaku

    29/07/2020| Fatchur Sag

    Pandemi Belum Hilang, Kebijakan Suzuki Hygiene Commitment Masih Berlaku

    Kebijakan Suzuki Hygiene Commitment masih berlaku di seluruh diler Suzuki untuk memastikan kesehatan dan keselamatan pelanggan yang berkunjung.

  • Apakah Mobil Terbakar Karena Kejahatan Ditanggung Asuransi?

    14/07/2020| Abdul

    Apakah Mobil Terbakar Karena Kejahatan Ditanggung Asuransi?

    Asuransi merupakan lembaga yang menjaga dan melindungi nilai suatu kendaraan jika kendaraan tersebut mengalami kerusakan sesuai dengan ketentuan dan perjanjian yang berlaku. Di tengah kondisi yang tidak menentu seperti saat ini asuransi seperti menjadi kewajiban yang harus dimiliki oleh seseorang. Apalagi resiko mobil terbakar karena kejahatan bisa saja terjadi.

International