Oh Ini Bahan Penghilang Karat Sederhana Untuk Mobil Mudah Didapat

19/04/2019 | Abdul

Karat menjadi musuh bagi pemilik kendaraan. Bahkan saat sudah terdapat karat maka lama-kelamaan dapat merusak bodi mobil. Oleh sebab itu perlu pengetahuan untuk menghilangkannya, bahkan bahan penghilang karat sederhana juga dibutuhkan. Dengan mengandalkan bahan yang tepat maka prosesnya akan dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Gambar ini menunjukkan mobil warna putih dengan terdapat beberapa karat

Karat dapat membuat tampilan mobil kurang menarik

Sebelumnya, karat biasanya muncul pada bagian kendaraan yang mempunyai sifat lembab. Seperti misalnya bagian mobil yang pengeringannya setelah dilakukan pencucian tidak sempurna. Selain itu, saat mobil terendam banjir juga akan terserang karat lebih mudah.

Apabila sudah terlanjur ada karat pada mobil, maka perlu pengetahuan untuk proses menghilangkannya. Beberapa bahan penghilang karat sederhana dibutuhkan. Apa saja itu? Berikut ini 3 bahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan karat pada kendaraan.

>>> Simak Cara Membersihkan Kolong Mobil Tanpa Merusak Cairan Anti Karat

1. Cuka

Gambar ini menunjukkan 2 buah cuka denga tutup warna merah dan botol putih

Cuka mempunyai kandungan asam sitrat di dalamnya

Bahan pertama adalah cuka, yang mana untuk bahan ini sangat mudah didapatkan bahkan di pedesaan. Harganya juga terbilang cukup terjangkau sehingga tidak perlu biaya mahal untuk menghilangkan karat pada kendaraan. Untuk prosesnya dicampur dengan menggunakan sedikit air. Akan tetapi jika memakai bahan ini perlu melakukan pembongkaran, karena untuk langkahnya adalah dengan merendamnya pada campuran air dan cuka.

Waktu perendaman 1 sampai 2 hari, apabila masih terdapat karat maka waktu yang dibutuhkan bisa lebih. Dalam cuka mempunyai kandungan asam sitrat atau asam asetat yang cukup ampuh untuk menghilangkan karat. Tentunya pemilik harus lebih bersabar untuk hasil yang lebih maksimal.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

2. Jeruk Nipis

Gambar ini menunjukkan lemon dan jeruk nipis

Jeruk nipis mudah didapatkan dan banyak dijual di pasar

Bahan penghilang karat selanjutnya juga mudah didapatkan yaitu jeruk nipis. Bahkan kalau ada kebun didekat rumah bisa memintanya untuk digunakan sebagai bahan untuk mengusir karat. Bahan ini terbilang sangat efektif, jadi kegunaannya tidak hanya untuk pakaian saja, namun karat pada logam juga bisa dihilangkan. Untuk caranya adalah dengan menaburkan garam terlebih dahulu pada bagian kendaraan yang berkarat. Setelah itu rendam dengan menggunakan jeruk nipis dan dilakukan pengikisan menggunakan bola penggosok alumunium. Jika tidak memiliki jeruk nipis dapat mengandalkan lemon. Perlu diingat, bahwa proses perendaman tidaklah sebentar.

>>> Baca Juga, Ketahui Penyebab Karat dan Cara Mencegahnya

3. Baking Soda

Gambar ini menunjukkan baking soda yang diambil dengan sendok kayu

Baking soda bisa digunakan untuk menghilangkan karat

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Bahan yang terakhir adalah baking soda yang juga mudah untuk mendapatkannya. Bahan ini terbilang efektif dalam mengusir karat pada bodi kendaraan. Untuk langkah pengerjaannya sebenarnya sama dengan memakai kedua bahan di atas yaitu merendamnya kemudian melakukan penyikatan serta pengelapan agar karat dapat hilang.

3 bahan tersebut pasti sudah pada mengetahuinya, karena mudah didapatkan dan banyak dijual di pasaran. Hanya saja membutuhkan waktu untuk proses perendamannya. Namun jika karat benar-benar hilang tentunya hal tersebut tidak menjadi masalah. Mengingat karat dapat berakibat tampilan jadi kurang baik dan bisa membuat bagian yang terdapat karat jadi keropos. Jika ingin lebih cepat bisa mengandalkan cairan khusus penghilang karat.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan berkaitan dengan bahan penghilang karat yang cukup efektif untuk kendaraan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • 29/03/2020 | Abdul

    Kabin Mobil Semakin Nyaman, Berikut Tips Saat Memasang Peredam Mobil

    Peredam menjadi salah satu andalan pada mobil untuk membuat kabin mobil lebih senyap. Dengan begitu kenyamanan akan lebih didapatkan saat perjalanan. Pemasangan peredam membuat suara mesin dan kondisi luar tidak terlalu terdengar, namun untuk suara klakson pasti terdengar jadi tidak masalah. Namun memasang peredam mobil tidak boleh asal-asalan, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  • 04/03/2020 | Abdul

    Mass Air Flow Sensor Kotor, Awas Bisa Bikin Mesin Kasar

    Mass Air Flow Sensor bisa menjadi penyebab putaran mesin jadi kasar dan tidak stabil. Kemungkinannya adalah bagian tersebut yang bisa saja dalam kondisi kotor atau mengalami kerusakan seiring usia pemakaian yang sudah lama. Jika timbul gejala maka segera bersihkan apabila kondisinya kotor sehingga kinerjanya tidak terganggu.

  • 26/02/2020 | Abdul

    Mengenal Kegunaan Sun Visor Dan Juga Perawatannya

    Mobil mempunyai banyak komponen yang diberikan dan mempunyai fungsi masing-masing. Salah satunya adalah sun visor yang terdapat di bagian penumpang depan dan depan pengemudi. Lantas apa kegunaan sun visor dan bagaimana merawatnya?