Mobil Mesin Diesel Kurang Bertenaga, Periksalah bagian Ini !

05/07/2018 Abdul Perawatan mobil

Mobil yang mengandalkan mesin diesel biasanya mempunyai tenaga yang lebih. Akan tetapi jika Mobil mesin diesel kurang bertenaga bisa saja terdapat masalah.

Seperti yang telah diketahui, bahwa mesin diesel mempunyai tenaga yang besar baik dari segi torsi ataupun kemampuan yang dimiliki untuk membawa beban. Kehandalan serta ketangguhannya tidak diragukan lagi. Namun semakin lama digunakan kadang terjadi penurunan tenaga pada sebuah kendaraan.  Mobil mesin diesel kurang bertenaga bisa dikarenakan termakan usia yang lebih dari 10 tahun.

Namun apabila Mobil yang dimiliki ternyata belum beranjak usia tersebut tapi sudah loyo, bisa jadi ada masalah di beberapa bagian. Nah kali ini mobilmo.com memberikan informasi mengenai beberapa komponen yang perlu diperhatikan untuk menghindari Mobil mesin diesel kurang bertenaga.

1. Filter

Tidak hanya mesin bensin saja yang menggunakan filter udara, bahkan mesin diesel juga memilikinya. Bahkan pada mesin diesel mempunyai sensitivitas yang lebih tinggi. Jadi pasokan udara yang bersih sangat dibutuhkan yang nantinya akan dikompresi dan membakar bahan bakar silar. Dilihat dari hal tersebut tentunya pengaruh dari filter sangatlah penting pada mesin diesel dalam melakukan kinerjanya.

Gambar ini menunjukkan 2 buah tangan sedang memegang filter udara pada mesin Mobil

Jika berniat mengganti filter udara Mobil sebaiknya memilih yang original pabrikan

Jadi memperhatikan kondisi filter udara Mobil sangatlah diperlukan, karena bisa jadi hal inilah yang menjadikan Mobil mesin diesel kurang bertenaga. Untuk usia pakai yang dimiliki sebuah filter udara biasanya mencapai 20.000 kilometer atau jika dihitung dengan jam yakni 1000 jam. Yang perlu diperhatikan kembali adalah saat melakukan pergantian sebaiknya memilih yang orisinil atau asli pabrikan, karena kualitasnya lebih terjamin. Selain itu, menghindari adanya kerusakan dini karena memilih filter yang tidak berkualitas.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi tentang tips dan trik terbaru di mobilmo.com

2. Bahan bakar

Bahan bakar yang tidak berkualitas juga bisa berpengaruh pada tenaga Mobil. Oleh sebab itu memilih bahan bakar sesuai spesifikasi kendaraan sangat diperlukan. Meskipun tidak ditemukan, namun kadang kala terdapat bahan bakar eceran di pinggir jalan yang memiliki kualitas buruk.

Gambar ini menunjukkan seseorang memegang alat pengisi bahan bakar di dekatkan pada MObil

Bahan bakar yang sesuai rekomendasi pabrikan dapat menjaga performa Mobil tetap baik

Penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai dengan spesifikasi kendaraan bisa saja menurunkan performa Mobil. hal tersebut dikarenakan pembakaran yang terjadi di ruang bakar tidak sempurna. Untuk meminimalisir masalah ini, sebaiknya menggunakan solar dengan kualitas yang paling baik.

>>> Baca juga, Efektifkah Mencampur BBM untuk Mendapatkan Efisiensi Bahan Bakar? yang diulas oleh cintamobil.com

3. Injektor bahan bakar

Adapun penyebab Mobil mesin diesel kurang bertenaga selanjutnya adalah tersumbatnya injektor bahan bakar. Walaupun Mobil masih dapat berjalan serta mesin tetap bekerja, namun tenaga yang dihasilkan oleh mesin terbilang dipaksakan. Adapun pengaruh yang didapat akibat masalah tersebut yang paling ringan adalah berkurangnya tenaga Mobil karena campuran bbm yang tidak pas. Jika didiamkan bisa saja mesin Mobil mati akibat tersumbatnya injektor bahan bakar secara penuh.

Gambar ini menunjukkan beberapa komponen pada mesin mobil diesel

Jika injektor bahan bakar tersumbat bisa berakibat mesin mati

Untuk mengembalikan performa mesin pada Mobil diesel bisa dilakukan pembersihan. Anda bisa membawanya ke bengkel langganan atau bengkel resmi yang nantinya akan dibersihkan dengan menggunakan cairan yang dimasukkan ke bagian tangki bahan bakar. Selain itu, adapula yang memasukkan cairan pembersih melalui filter bahan bakar.

>>> Mungkin tertarik, 5 Masalah Yang Membuat Mobil Mesin Diesel Boros Bahan Bakar

Untuk biaya yang dibutuhkan untuk melakukan pembersihan sebenarnya tidak terlalu mahal, yakni kisaran Rp. 250 ribu sampai Rp. 500 ribuan saja. Biasanya tiap bengkel mempunyai harga yang berbeda di antara angka tersebut.

Untuk menjaga performa mesin Mobil bisa dilakukan dengan melakukan perawatan secara berkala sesuai rekomendasi pihak pabrikan atau bengkel langganan. Jika Mobil mesin diesel kurang bertenaga bisa menanyakan masalah 3 hal di atas, apakah bermasalah atau tidak. Biasanya jika melakukan perawatan sesuai rekomendasi Mobil akan dalam keadaan prima dan tidak mengalami masalah seperti disebutkan di atas.

>>> Bingung cari Mobil yang berkualitas dan sesuai kebutuhan? Kunjungi dulu cintamobil.com, siapa tau ada yang cocok !

Mungkin anda ingin baca