Mobil Ganti Ban Baru, Ban Lama Dikemanakan?

28/02/2019| Fatchur Sag

Saat Anda mengganti ban lama mobil Anda yang sudah tidak layak karena 'gundul', retak, pecah dan sebagainya dengan ban baru yang lebih layak, ban lama sudah pasti Anda lepas dan Anda simpan di garasi. Pasti Anda bakal berfikir mau dikemanakan ban mobil lama Anda ini sebab tak mungkin ban harus disimpan terus tanpa guna.

Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat ban lama Anda jadi berguna, baik Anda dan lingkungan sekitar.

1. Menjual di toko ban

Foto deretan ban dan velg di toko ban bekas

Cara paling praktis biar ban bekas berguna adalah dengan menjual ke toko ban

Hal pertama yang paling sering terlintas, ketika Anda baru saja mengganti ban lama dengan ban baru, adalah menjual kembali ban lama Anda ke toko ban. Cara ini merupakan salah satu cara yang paling praktis dan juga paling mudah untuk dilakukan. Apalagi jika ban lama yang Anda miliki kualitasnya masih bagus, bukan tidak mungkin, harga jual ban lama Anda jadi naik.

Berikut ini adalah beberapa kriteria ban mobil bekas dengan harga tinggi, yaitu ban mobil normal, tidak benjol, bergelombang, botak sebelah, dan lain-lain. Selain itu, tingkat ketebalan ban, dan tingkat kekerasan karet juga perlu diperhatikan. Pastikan usia ban Anda tidak lebih dari 5 tahun. Jika usianya lebih dari 5 tahun, maka ban tersebut dinilai tidak layak pakai.  

>>> Berapa Lama Sih Ban Boleh Disimpan?

2. Mendaur ulang ban

Foto-foto pot bunga dari ban

Ban bekas bisa dijadikan barang yang lebih bermanfaat

Lalu bagaimana jika ban bekas yang Anda miliki ini, dinilai tidak layak pakai. Tidak perlu khawatir, masih ada cara lain yang dapat Anda lakukan untuk menyingkirkan ban bekas dengan cara aman, yaitu dengan cara mendaur ulangnya. Kali ini, Anda dapat mendekorasi ulang ban tersebut, menjadi sesuatu yang baru, atau bahkan Anda dapat menjual ban bekas tersebut, pada pengrajin daur ulang ban bekas yang ada.

>>> Beli mobil bekas berkualitas? Cintamobil.com aja. Koleksinya ratusan ribu unit.

Tahukah Anda bahwa ban bekas tersebut, dapat dijadikan berbagai macam produk furniture yang menarik, dan beberapa mempunyai nilai jual yang tinggi, seperti menjadikannya sebagai kursi sofa, bantalan duduk, meja, mainan anak, ayunan, tempat sampah, pot bunga, dll. Jika Anda kreatif, Anda pun dapat menjadikan ban mobil ini sebagai lampu gantung yang unik, atau menggunakan ban sebagai tempat untuk menyimpan tongkat jalan atau juga tempat payung.  

Mendaur ulang ban bekas ini pada pengrajin ban bekas, pastinya akan memberikan nilai tambah untuk Anda, terutama dalam bidang keuangan. Sebaliknya jika Anda mendaur ulang ban tersebut sendiri, pastinya akan memberikan estetika tersendiri pada rumah Anda.

>>> Catatan Penting Sebelum Memutuskan Meng-upgrade Velg dan Ban

3. Menjual di Vulkanisir ban

Foto ban hasil vulkanisir

Ban Vulkanisir nampak seperti ban baru, namun harganya lebih murah karena kualitasnya berbeda dengan ban baru

Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk menyingkirkan ban bekas, adalah dengan menjualnya pada pabrikan vulkanisir.

Sebenarnya apa itu ban vulkanisir, ini adalah ban bekas yang direkondisi sedemikian rupa, hingga menjadi layak pakai kembali. Ban yang satu ini, akan dilapisi kembali, hingga menyerupai ban baru. Adapun ban yang kembali dilapisi ini adalah ban yang sudah gundul, dan pelapis ban tersebut adalah kembangan ban itu sendiri. Dengan teknik seperti ini, ban lama akan tampak seperti baru.

Jika dilihat dari segi kekuatan, ban vulkanisir ini, tidak terlalu kuat, perbandingannya sekitar 2/3 : 1 dengan ban baru. Namun kelebihannya adalah harganya yang jauh lebih murah dibandingkan ban baru.

>>> Review mobil terbaru bisa Anda dapatkan di sini

4. Menjual ke pabrik kapur

Proses pembakaran di pabrik kapur hasilkan asap pekat

Proses pembakaran kapur menggunakan ban bekas menimbulkan polusi yang sangat parah

Jika rumah Anda dekat dengan pabrik pengolahan kapur, maka salah satu cara untuk menyingkirkan ban bekas adalah dengan menjualnya ke pabrik kapur. Salah satu bahan bakar yang digunakan untuk pengolahan industri ini adalah ban bekas. Karena usianya yang cukup lama ketika dibakar, membuat bahan yang satu ini, menjadi solusi yang cukup praktis. Walaupun dari segi udara, pembakaran ban ini, akan menyebabkan polusi udara yang berarti.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

International