Meski Jarang Dipakai, Tetap Perhatikan Tekanan Udara Ban Cadangan

02/09/2018 Fatchur Sag Perawatan mobil

Jangan abaikan ban cadangan mobil Anda. Meski jarang dipakai, tekanan udaranya tetap harus diperhatikan.

Gambar ban cadangan Lexus LC500 di bagasi

Ban cadangan hanya dipakai dalam keadaan darurat (foto: AutonetMagz)

Namanya juga ban cadangan, pemakaiannya hanya dalam kondisi darurat saja seperti ban mobil bocor saat di perjalanan atau ban pecah. Dikarenakan kondisi darurat tidak pernah diketahui kapan waktunya, ban cadangan harus selalu dalam kondisi prima dan siap pakai.

Permasalahannya, banyak pemilik mobil yang sering mengabaikan ban cadangan, terutama tekanan udara. Di benaknya hanya terpikir yang penting sudah bawa ban cadangan. Soal tekanan udara jarang diperiksa.

Defensive Driving Trainer Sentul Driving Center, Rudy Novianto menuturkan meski tidak dipakai tekanan udara dalam ban bisa berkurang.

"Padahal meski tidak digunakan tekanan udara pada ban cadangan bisa berkurang. Mungkin dalam satu bulan berkurang 1 sampai 2 psi. Nitrogen mungkin lebih sedikit karena molekulnya lebih besar dari oksigen," tutur Rudy saat ditemui salah satu media, Kamis (30/8/2018).

>>> Ukuran Tekanan Udara Ban Mobil Anda Supaya Stabil, baca di sini!

Gambar ban cadangan di kolong mobil

Ban cadangan mobil ada yang disimpan di bagasi, di kolong dan di pintu belakang (foto: TheGaspol)

Rudy menjelaskan solusi paling mudah mengantisipasi penurunan tekanan udara pada ban cadangan adalah dengan memperbesar ukuran tekanan. Nanti saat akan dipakai tinggal diukur lagi berapa tekanan udara yang masih ada menggunakan Tire Pressure Gauge.

Akan lebih mudah mengurangi saat terjadi kelebihan tekanan udara pada ban dari pada menambahi, terlebih dalam situasi darurat.

"Biasanya ada angka safe maksimum pressure di dinding ban. Angkanya sekitar 50 psi, tambahin saja sampai 60 psi tidak masalah," jelas Rudy.

"Karena kalau kekurangan tekanan lebih sulit untuk mendapatkan udara saat darurat. Kalau kelebihan kan tinggal dikurangi saja pakai alat ukur," sambungnya.

Jadi, tetap perhatikan tekanan udara pada ban cadangan mobil Anda meski jarang terpakai.

>>> Mencari mobil baru? Silakan klik di sini untuk baca review mobil terlengkap di Mobilmo​!

Gambar seseorang sedang mengukur tekanan angin pada ban

Meski jarang digunakan, tekanan angin ban cadangan tetap harus dikontrol (foto: GoodYear)

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya

Mungkin anda ingin baca

  • Menarik, Biaya Servis Mobil di Diler Ini Dikemas Seperti Menu Makanan Di Restoran
    Perawatan mobil Fatchur Sag

    Menarik, Biaya Servis Mobil di Diler Ini Dikemas Seperti Menu Makanan Di Restoran

    20/03/2019

    Jangan kaget jika Anda datang ke diler Auto2000 HR Muhammad Surabaya, Jawa Timur, Anda akan disuguhi buku katalog yang mirip dengan daftar menu makanan di restoran. Itu adalah buku daftar harga servis mobil untuk memudahkan konsumen mengestimasi biaya servis mobil yang harus dikeluarkan.

  • Mengetahui Fungsi Piston Mobil Dan Perawatannya

    Mengetahui Fungsi Piston Mobil Dan Perawatannya

    20/03/2019

    Berbicara masalah mobil tentunya terdapat beberapa bagian yang membantu kinerjanya. Salah satunya adalah mesin yang memiliki banyak komponen seperti piston, katup dan lain sebagainya. Nah untuk pembahasan kali ini berkaitan dengan bagian dalam mesin yakni fungsi piston mobil dan perawatannya.

  • Mengetahui Fungsi Dan Cara Kerja Dari Katup Pada Mobil

    Mengetahui Fungsi Dan Cara Kerja Dari Katup Pada Mobil

    17/03/2019

    Mesin menjadi jantung pada sebuah kendaraan dan memiliki pengaruh terhadap tenaga serta laju kendaraan. Terdapat beberapa bagian yang menunjang kinerja dari mesin, salah satunya adalah katup pada mobil. Lantas apa sebenarnya fungsinya dan bagaimana cara kerjanya?