Tips Mengukur Tekanan Udara ideal Pada ban Mobil Tanpa Alat Khusus dan cara Merawatnya

11/05/2018| Abdul Kosim

Ban Mobil adalah salah satu bagian kaki-kaki pada Mobil yang berhubungan langsung dengan aspal jalan. Oleh sebab itu memastikan kondisinya baik sangat diperlukan, meliputi kembangan yang masih ada dan juga tekanan angin di dalamnya. Untuk melihat kondisi kembangan bisa dilihat secara langsung pada permukaannya, sedangkan untuk tekanan angin biasanya menggunakan alat khusus. Lantas bagaimana cara mengukur tekanan udara ideal ban Mobil jika tidak mempunyai alatnya?

Tekanan udara ideal pada ban Mobil sangat berpengaruh dengan kenyamanan ketika berkendara. Untuk mengukurnya, cara yang paling mudah adalah menggunakan telapak tangan jika tidak memiliki alat khusus untuk mengukurnya.

Seperti penjelasan yang diberikan oleh franki Paduli yang merupakan Assistant director PT Bridgestone Tire Indonesia, pada umumnya untuk tekanan ideal udara yang ada pada ban adalah seukuran telapak tangan yang dimiliki oleh orang dewasa. "Jadi memang yang menyentuh di permukaan jalanan itu hanya sebesar telapak tangan," kata Frankie di pabrik Bridgestone Indonesia di Karawang.

Gambar ini menunjukkan bberapa orang sedang melihat kondisi ban mobil

Pengecekan tekanan ban Mobil harus dilakukan supaya tetap ideal

Selain itu pihaknya juga menuturkan, bahwasanya untuk ukuran tekanan udara tidak boleh lebih ataupun kurang. Karena jika ban kekurangan tekanan udara maka permukaan yang menempel langsung terhadap jalan menjadi lebih besar. Dampak yang ditimbulkan adalah tarikannya menjadi lebih berat dan dapat menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.

>>> Mungkin tertarik, Beberapa Tips Untuk Menjaga Emosi Ketika berkendara Di Bulan Puasa

"Tetapi kalau tekanan angin ban semakin kencang, maka bisa terlihat bagian yang menempel di aspal juga semakin kecil. Ini juga berbahaya, terlebih kalau ketebalan sudah berkurang dan mobil dikemudikan saat hujan," ucap Frankie.

Bahkan terdapat pula penjelasan dari Dodi Yanto, selaku Marketing product Development PT Gajah Tunggal Tbk. Bahwasanya untuk mengukur tekanan udara ideal pada ban Mobil dapat dirasakan ketika sedang berkendara. "Biasanya kita ngerasa terlalu berat enggak, oleng enggak. Kalau berat sebaiknya ya langsung diisi," ucap Dodi.

Gambar ini menunjukkan sebauh jari menunjuk gambar segitiga yang berada pada ban mobil

Jika kembangan sudah pada ban Mobil sudah menipis maka lebih baik melakukan pergantian

Pihak Dodi juga menyarankan untuk selalu melakukan pengecekan pada tekanan angin ban. Supaya optimal dalam pemakaiannya untuk melakukan perjalanan maka tekanan perlu dijaga, tidak boleh lebih apalagi kurang. "Kalau terlalu kencang nge-rem tidak sempurna. Kalau kurang, kendaraan terasa berat dan boros BBM," ucap Dodi.

Dalam memeriksa kondisi ban Mobil tidak pada tekanan anginnya saja. Kebersihannya juga perlu diperhatikan, seperti misalnya terdapat benda asing yang menempel pada kembangan sehingga dapat merusak alur ban. Benda tersebut bisa berupa batu kerikil, paku, potongan besi dan benda lainnya. usahakan untuk segera membuangnya jika diketahui menempel pada ban Mobil, karena bisa saja membuat ban Mobil meletus atau terjadi kebocoran.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Selanjutnya periksalah pada permukaan dan bagian samping ban Mobil. apabila terjadi keretakan atau sobek maka sangat disarankan untuk menggantinya. hal tersebut dikarenakan masalah tersebut dapat berpotensi menimbulkan masalah seperti pecah ban ketika Mobil sedang melaju.

Gambar ini menunjukkan sebuah ban mobil dalam kondisi retak

Keretakan pada ban Mobil berpotensi membuatnya menjadi pecah saat dalam perjalanan

Hal terakhir yang perlu dilakukan adalah memeriksa tanda keausan ban Mobil. Apabila alur yang ada pada ban sudah menjadi 1,6 mm atau kurang, maka sangat disarankan untuk melakukan pergantian dengan yang baru. Mengingat ban Mobil merupakan salah satu komponen vital pada kendaraan, jadi lebih baik waspada daripada terjadi masalah di jalan yang tentunya sangat membahayakan.

Demikianlah informasi mengenai tips mengukur tekanan udara ideal pada ban Mobil dan juga cara merawat ban agar tetap nyaman digunakan. semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Beli mobil? Cari saja di situs jual beli mobil dengan harga bagus di cintamobil.com

Berita sama topik

  • Ini Kelebihan Serta Harga Ban Dunlop 235/60 R16

    31/08/2021| Anna

    Ini Kelebihan Serta Harga Ban Dunlop 235/60 R16

    Ban Dunlop terkenal karena memberi pelanggan berbagai pilihan daripada hanya berfokus pada satu jenis ban. Mari berserta Mobilmo.com mengevaluasi kelebihan ban Dunlop dan update harga ban Dunlop 235/60 R16 dan lain-lain pada artikel di bawah ini.

  • Sarung Jok Kulit Mobil Terbaik Dan Hal Yang Perlu Anda Tahu

    12/08/2021| Doris Elisa

    Sarung Jok Kulit Mobil Terbaik Dan Hal Yang Perlu Anda Tahu

    Saat ini, ada banyak model mobil yang masih dipilih oleh pabrikan untuk dibungkus dengan bahan felt. Bahan ini membawa banyak ketidaknyamanan saat digunakan. Yang pertama adalah estetika rendah, sulit dibersihkan, ... Untuk mengatasi situasi itu Mobilmo.com akan memberikan Anda informasi yang diperlukan tentang bahan sarung jok mobil terbaik untuk mobil tersayangnya. Mari kita simak bahan-bahan apa saja di artikel ini.

  • Wajib SNI Ban Vulkanisir, Ini Sisi Positifnya Pendapat Dari Pabrikan

    15/03/2020| Abdul

    Wajib SNI Ban Vulkanisir, Ini Sisi Positifnya Pendapat Dari Pabrikan

    Wajib SNI ban vulkanisir ditanggapi oleh produsen ban Dunlop di Indonesia. Yang mana wacana yang pernah diungkapkan pemerintah tersebut dianggap positif untuk industri ban.