Mengetahui Perbedaan Tune Up Dan Servis Mobil Supaya Tidak Dilewatkan

17/05/2021| Abdul

Jadi terdapat perbedaan servis dan tune up mobil. Tune up sendiri merupakan sebuah kegiatan dalam merawat kendaraan, waktunya tidak sesering melakukan servis. Bahkan tune up kadang terlewatkan dibandingkan servis yang direkomendasikan untuk dilakukan secara berkala. Nah salah satu hal yang membuat pemilik ingat dan tidak melupakan sesuatu adalah mengetahui manfaat dan fungsinya. Berikut informasinya yang dilansir dari laman resmi Suzuki.

Gambar ini menunjukkan mobil sedang dilakukan servis mobil

Jangan lewatkan servis dan juga tune up mobil

>>> Baca Juga, Ganti Cara Lama, Carfix Kembali Ke Prinsip Dasar Tune Up

Pengertian Tune Up dan Servis Mobil

Apa Itu Tune Up Mobil?

Tune up merupakan salah satu langkah untuk melakukan penyetelan ulang pada komponen kendaraan. Untuk istilah dari kata tersebut asalnya adalah tune dan up yang mempunyai makna mengatur kembali. Jadi kendaraan perlu dilakukan penyetingan ulang pada saat sudah dipakai dalam jangka yang panjang. Adapun manfaat melakukan tune up adalah untuk membuat kinerja mesin dapat kembali dan lebih maksimal. Dengan begitu kondisi mobil tetap terjaga, awet dan selalu mendukung kenyamanan pemiliknya. Tune up sendiri dilakukan dengan waktu yang cukup lama.

Apa Itu Servis berkala Mobil?

Pastinya kalau servis berkala mobil sudah banyak mengetahui yakni sebuah kegiatan servis yang ditujukan untuk kendaraan dengan diberikan jadwal tertentu. Untuk jadwal melakukan servis biasanya diberikan rekomendasi pihak bengkel dan umumnya sesuai dengan buku panduan kendaraan yang didapatkan saat membeli baru. Bahkan pada beberapa kendaraan dilakukan sampai sebulan sekali, hal tersebut disesuaikan dengan penggunaannya.

Jadi servis itu penting dengan alasan yang kuat yakni supaya tidak ada kerusakan pada kendaraan. Jadi pengecekan rutin perlu dilakukan pada komponen kendaraan serta oli juga perlu dilakukan penggantian. Dengan begitu mobil dapat tetap bekerja dengan prima, apalagi kendaraan yang kerap digunakan untuk perjalanan ke luar kota.

>>> Baca Juga, Pengertian Dan Cara Merawat Timing Belt Pada Mobil

Gambar ini menunjukkan penggantian oli mesin mobil

Perawatan yang dilakukan antara servis dan tune up mobil berbeda

>>> Baca Juga, Beberapa Manfaat Servis Mobil Secara Rutin Yang Sangat Menguntungkan

Perbedaan Tune Up Dan Servis Mobil

1. Waktu Melakukannya

Servis mobil biasanya dilakukan pertama kali pada saat kendaraan digunakan dan sudah mencapai jarak 1.000 km. Untuk servis pertama ini biasanya gratis, hal tersebut karena masih dalam garansi. Setelah itu baru dilakukan servis setelah mencapai 3.000 km, 5.000 km dan juga 70.000 km. Dalam servis akan dilakukan pengecekan kondisi ban, mesin dan juga penggantian oli. Selain itu, pengecekan pada mobil juga dilakukan pada kendaraan setelah mencapai 20.000 km, 60.000 km dan juga 100.000 km, dimana pengecekannya tertuju pada sistem kemudi, bahan bakar dan juga suspensi.

Untuk kendaraan yang mencapai 40.000 km, 80.000 km dan 120.000 km pengecekannya adalah kompresor, busi, minyak rem, filter udara dan juga oli mesin. Pergantian dilakukan apabila terjadi masalah pada komponen tersebut. Ketika mobil sudah digunakan pemiliknya mencapai jarak lebih dari 120.000 km maka menunjukkan perlu dilakukan tune up. Tune up sendiri dilakukan disesuaikan dengan jarak km kendaraan dan biasanya setahun sekali baru dilakukan. Bahkan pemilik juga kadang melakukannya saat pengendaraan sudah tidak terasa nyaman seperti ada bunyi di kolong mobil dan lainnya.

2. Biaya Yang Dibayarkan

Pelayanan yang dilakukan berbeda tentunya harga juga berbeda. Kalau soal lebih mahal tentu tune up yang unggul karena pengecekan lebih menyeluruh. Sementara untuk servis tergantung km nya, seperti contohnya saat mencapai 10 km maka estimasi biaya sekitar Rp. 200 ribu - Rp. 400 ribu. Jika telah mencapai 80 km maka biaya yang perlu dikeluarkan bisa mencapai Rp. 1 jutaan. Biaya servis juga disesuaikan dengan kendaraan.

Begitupun dengan tune up, biayanya lebih tinggi karena komponen diperiksa dengan alat yang lebih canggih dan terbaru. Estimasi biasanya sekitar Rp. 300 ribu sampai Rp. 3 jutaan. Bahkan biaya masih belum termasuk penggantian fluida yang ditujukan untuk mesin kendaraan.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan perawatan kendaraan di bengkel

Biaya tune up dan servis mobil juga berbeda

Dengan mengetahui perbedaan tune up dan servis mobil bisa menjadi gambaran untuk menjaga kondisi tetap prima. Selain itu, biaya juga bisa disiapkan supaya tidak sampai terlewat terutama servis kendaraan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

International