Beberapa Manfaat Servis Mobil Secara Rutin Yang Sangat Menguntungkan

29/10/2019 | Abdul

Pada umumnya perawatan yang dilakukan adalah dengan melakukan pemeriksaan pada kendaraan dan memperbaiki apabila ada yang rusak. Dengan memperbaiki kerusakan yang kecil dapat membuat kerusakan besar tidak terjadi. Memang banyak anggapan yang mengatakan bahwa servis merupakan hal yang penting, namun anggapan tersebut salah. Berikut ini beberapa manfaat servis mobil secara rutin.

1. Mobil Tetap Dalam Kondisi Prima

Gambar ini menunjukkan mobil melaju di malam hari tampak belakang

Mobil yang prima akan lebih nyaman dikendarai

Mobil yang sering dipakai maka lama kelamaan akan menurun performanya. Hal tersebut dikarenakan ada komponen yang telah mengalami keausan seperti pada bagian kampas rem yang aus dan filter yang kotor dan lainnya. Dengan melakukan servis maka bagian yang perlu dibersihkan akan dibersihkan dan yang sudah aus akan dilakukan penggantian. Hasilnya mobil akan tetap dalam kondisi prima dan bisa tahan lebih lama.

>>> Baca Juga, Pengertian Dan Cara Merawat Timing Belt Pada Mobil

2. Menghindari Pengeluaran Biaya Perbaikan Yang Besar

Gambar ini menunjukkan beberapa mobil melakukan servis di bengkel

Lakukan perawatan secara rutin di bengkel resmi

Manfaat servis mobil secara rutin selanjutnya adalah untuk menghindari pengeluaran biaya yang besar. Ketika melakukan servis maka kerusakan kecil akan terdeteksi dan diperbaiki atau diganti. Dengan begitu tidak akan merambat ke komponen lain yang masih dalam kondisi baik. Seperti yang telah diketahui, bahwasanya kerusakan kecil jika dibiarkan maka akan berubah menjadi besar sehingga biaya perbaikan pun juga lebih banyak. Hal tersebutlah yang mencoba dihindari dengan servis secara berkala.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

3. Tidak Mudah Mogok Di Jalan

Gambar ini menunjukkan seseorang melihat mesin mobil

Mobil mogok di jalan dapat membuat pusing pengendara

Mobil mogok di tengah jalan dapat mengganggu pikiran dan sangat merepotkan. Apalagi bagi yang tidak mengerti soal kinerja mesin mobil, tentu akan lebih membingungkan. Masalah yang sering dialami pada mobil ketika mogok adalah aki yang sudah tidak bekerja dengan baik atau dalam kondisi yang lemah. Bisa juga karena sistem pengisian yang tidak normal, aliran bahan bakar yang kurang lancar, plat kopling habis dan lainnya. Dengan melakukan servis berkala maka saat ada kerusakan kecil bisa terdeteksi lebih awal sehingga tidak menimbulkan mobil mogok di jalan.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

 4. Memiliki Umur Yang Lebih Panjang

Gambar ini menunjukkan mobil melaju di jalan yang menikung

Melakukan servis berkala dapat membuat umur mobil lebih panjang

Mobil yang tidak dilakukan perawatan tentunya mempunyai umur yang lebih pendek dibandingkan dengan dengan mobil yang melakukan servis secara rutin. Karena saat ada kerusakan pada komponen segera dilakukan perbaikan dan tidak terjadi kerusakan yang lebih besar. Sehingga umur mobil menjadi lebih lama.

Meskipun dalam kondisi sibuk usahakan meluangkan waktu untuk melakukan perawatan secara berkala. Hal tersebut dikarenakan banyak manfaat servis mobil secara rutin. Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • 28/05/2020 | Abdul

    Alat Penghemat Bahan Bakar, Benarkah Bisa Buat Mobil Terbakar?

    Pemilik mobil kadang memasang alat penghemat bahan bakar pada mobil yang dimiliki. Tujuannya adalah supaya konsumsi bahan bakar bisa lebih hemat. Tapi tahukah Sobat, bahwa memasang alat tersebut bisa berpotensi menjadi penyebab mobil terbakar.

  • 27/05/2020 | Abdul

    Beberapa Ciri Radiator Mobil Rusak Perlu Diwaspadai

    Radiator mobil mempunyai fungsi untuk mendinginkan mesin pada kendaraan. Pada radiator ini terdapat cairan yang berguna untuk mengontrol panas sehingga mesin tidak mudah mengalami kerusakan. Terdapat beberapa ciri radiator mobil rusak yang perlu diketahui.

  • 23/05/2020 | Fatchur Sag

    Ada Berbagai Pembatasan, Permintaan Home Service Suzuki Meningkat

    Berbagai pembatasan aktivitas dilakukan pemerintah untuk mencegah penyebaran COVID-19. Hal ini berdampak pada meningkatnya permintaan layaan Home Service Suzuki.