Solusi Pada Power Window Toyota Avanza Yang Macet

14/07/2018 | Abdul

Meskipun laris manis di pasaran, tentunya setiap kendaraan memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing, begitu juga dengan Toyota Avanza. Dengan harga yang terjangkau membuatnya banyak peminat. Namun salah satu kekurangan yang dimiliki adalah power window Toyota Avanza yang kadangkala macet atau seret. Tentunya hal tersebut akan mengurangi kenyamanan ketika berkendara.

Apabila power window macet pasti mempunyai penyebab, salah satunya adalah karet list ada kaca Mobil telah mengeras. Apabila list karet telah mengeras maka kaca tidak akan dapat bergerak dengan lancar. Penyebab lainnya adalah kontak saklar power window kotor sehingga tidak bisa menyalurkan daya pada kaca Mobil dengan baik.

Gambar ini menunjukkan Mobil Toyota Avanza warna biru tampak belakang dan samping kanan

Toyota Avanza Mobil MPV 7 penumpang cocok untuk kendaraan keluarga

Melihat penyebab tersebut tentunya terdapat penanganan yang berbeda antara list karet mengeras atau saklar power window yang kotor.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya

Nah berikut ini merupakan cara mengatasi power window Toyota Avanza yang macet.

Jadi untuk cara memperbaiki power window yang macet tergantung penyebabnya seperti yang telah dijelaskan di atas. apabila voltage drop maka untuk mengatasinya adalah dengan melakukan pengecekan pada bagian saklar. Biasanya bagian ini kerap kotor dan membuat power window Toyota avanza macet. Seperti pada bagian soket sekring yang kerap mengalaminya. Anda bisa membersihkan bagian ini terlebih dahulu hingga bersih.

>>> Beli Toyota Avanza di cintamobil.com dan dapatkan harga terbaik

Apabila tegangan listrik yang dihasilkan saklar kurang stabil atau drop, maka bisa melakukan pembersihan pada bagian dalamnya, siapa tahu terdapat debu atau kotoran yang mengganggu. Namun apabila telah dilakukan pembersihan sedemikian rupa sampai bersih namun masih saja macet pada power window. Maka perlu dilakukan penggantian sekring dengan yang baru.

Gambar ini menunjukkan tombol power window milik toyota Avanza

Power window merupakan fitur canggih yang memungkinkan menutup dan membuka jendela dengan menekan tombol saja

Apabila terdapat masalah lain yang mengakibatkan power window Toyota Avanza macet, seperti tegangan terminal drop. Untuk langkah perbaikannya adalah melakukan penyetingan ulang ukurang tegangan voltage. Dengan begitu power window bisa kembali melakukan pekerjaannya dengan baik.

>>> Baca juga, Avanza Tigre saingi Xpander Dalam Hal Ini

Selain masalah sekring dan juga saklar, penyebab power window yang macet adalah list karet kaca telah mengeras atau aus. Untuk mengatasinya cukup mudah, yakni dengan melakukan pergantian dengan yang baru.

Selain itu power window saat terdapat gangguan bisa mencoba melakukan peresetan terlebih dahulu. Untuk caranya juga cukup mudah, yakni dengan memutar kunci kontak menuju posisi ON. Tujuannya adalah memastikan elektrik pada automatic power window bisa mendapatkan arus listrik.

Setelah itu dilanjutkan dengan menarik switch automatic power window ke atas secara penuh sampai tertutup kaca Mobil sampai rapat secara penuh. Dilanjutkan dengan menahan switch dalam kurun waktu sampai 5 detik saja.

>>> Mungkin tertarik, Masih Laris Manis, Toyota Tak Ingin Gegabah Poles Avanza

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memakai sarung tangan biru melepas tombol power window Toyota Avanza

Jika kaca jendela seret saat embuka atau menutup segera lakukan pengecekan

Apabila tahapan tersebut telah selesai, maka langkah selanjutnya adalah dengan menekan switch ke bawah sampai kaca pada Mobil terbuka secara menyeluruh. Kemudian tahan tombol automatic power window dalam kurun waktu sampai 5 detik.

Jika tahapan tersebut telah dilakukan, biasanya power window telah kereset. Anda biasa melakukan pengetesan dengan menarik switch ke atas satu kali. Apabila kaca pintu Mobil ternyata menutup secara otomatis, maka itu tandanya bahwa peresetan power window Toyota Avanza telah berhasil dilakukan. Namun jika tidak bisa melakukan langkah di atas sekali lagi.

>>> Ingin beli Mobil dengan harga terbaik? Kunjungi situs jual beli terpercaya di cintamobil.com

Berita sama topik

  • 02/07/2020 | Fatchur Sag

    Mengenal Beragam Jenis Lampu Utama Mobil

    Lampu utama mobil berperan penting terhadap penampilan dan keselamatan. Ternyata komponen penerang jalan ini memiliki banyak pilihan. Dan berikut jenis-jenis lampu utama mobil!

  • 01/07/2020 | Fatchur Sag

    10 Jenis Lampu Mobil Berdasarkan Fungsinya

    Ada jenis lampu halogen, HID, dan LED dipakai pada mobil. Namun secara fungsi jumlahnya lebih banyak. Mari kita kenali 10 jenis lampu mobil berdasarkan fungsinya.

  • 30/06/2020 | Fatchur Sag

    Merawat Bodi Mobil Untuk Penampilan Terbaik

    Adalah kewajiban bagi pemilik untuk merawat bodi mobil jika ingin mendapatkan penampilan terbaik. Termasuk untuk mobil yang lama menganggur dan mau dipakai lagi.