Mengetahui Fungsi Side Body Moulding Pada Mobil

10/07/2020| Abdul

Fungsi Side Body Moulding Pada Mobil

Jika melihat bentukannya, penggunaan aksesori kerap kali ditujukan untuk menunjang penampilan. Padahal, ada juga sisi fungsional dari penggunaan aksesori ini.

Contoh, ketika membuka pintu mobil dengan lebar dan tanpa sengaja menyenggol bodi samping dengan keras. Side body moulding melindungi cat bodi samping agar terhindar dari baret akibat benturan dari pintu mobil yang parkir di sebelah atau tembok.

Gambar ini menunjukkan mobil tampak belakang

Selain sebagai tampilan lebih menarik juga ada fungsi lain dari side body moulding

>>> Tak Hanya Bikin Keren, Ini Fungsi Body Kit Yang Lain

Side body building biasanya dipasang di setiap lekukan mobil, untuk itu pemilihan warna dan desain aksesoris ini penting untuk diperhatikan sehingga penampilan mobil terlihat lebih cantik. Meski begitu fungsi utamanya tetap melindungi bodi dari benturan.

Tips Memilih Side Body Moulding Pada Mobil

Setelah membahas tentang fungsi side body moulding. Bagi kamu yang mobilnya belum dilengkapi side body moulding, jangan khawatir. Komponen tersebut banyak tersedia di pasaran sebagai aksesoris tambahan mobil. Harganya pun bervariasi, tergantung dari model dan jenis yang dipilih sesuai yang akan dipasang di mobil.

Selain itu, dalam memilihnya kamu perlu cermati beberapa hal diantaranya kualitas dan durabilitas sehingga pemakaiannya maksimal dan tahan lama.

Sebagai tambahan, komponen side body moulding biasanya memiliki material plastik AVS dan hanya tersedia dalam warna dasar hitam. Kalau ingin warnanya menyesuaikan dengan warna mobil kamu, maka perlu untuk dicat terlebih dahulu.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan beberapa side moulding

Terdapat beragam side body moulding dengan model masing-masing

>>> Mengetahui Fungsi Wiper Dan Washer Beserta Cara Kerjanya

Proses Pemasangan Side Body Moulding Pada Mobil

Pemasangan side body moulding sebenarnya bisa dilakukan oleh siapa saja, hanya dengan fokus dan mengetahui beberapa trik, kamu sudah bisa memasang side body moulding sendiri. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pada proses pemasangan double tape fokuslah pada lekukan di setiap pintu mobil, agar tempelan tidak miring. Agar pemasangannya sempurna, gunakan alat bantu berupa benang atau selotip.
  2. Jika dirasa sudah pas, kemudian tandai bidang tersebut untuk ditempeli plastik moulding. Selanjutnya amplas bagian permukaan cat dengan amplas halus. Hasilnya agar double tape lebih erat merekat.
  3. Bagian yang paling krusial ketika memasang body moulding di mobil. Lepaslah double tape secara perlahan alasannya jika ditempel secara keseluruhan secara bersama maka ketika ada yang tidak pas, sudah tidak bisa digeser lagi. Bagian ini konsentrasi harus ditingkatkan.
  4. Bagian finishing, kamu hanya perlu menekan-nekan seluruh bagian agar tampilannya lebih cepat menyebar dan kuat.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan pemasanga side body moulding

Memasang side body moulding juga harus hati-hati agar pas dan tidak miring

Itulah fungsi side body moulding, selain menambah estetika dari setiap mobil, rupanya komponen memiliki fungsi dan perannya sendiri. Tak hanya itu, pemasangan body moulding cukup gampang sehingga kamu dapat memasangnya sendiri. Semoga bermanfaat!

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • Tanda Masalah Pada Mobil Saat Ada Gejala Kemudi Bergetar

    22/09/2020| Abdul

    Tanda Masalah Pada Mobil Saat Ada Gejala Kemudi Bergetar

    Mobil bisa saja mengalami masalah, entah itu sedang dalam perjalanan atau setelah diam di garasi mobil. Namun biasanya terdapat indikasi saat mobil bermasalah, salah satunya adalah kemudi mobil bergetar.

  • Jangan Asal, Ada Etika Merebahkan Jok Mobil Yang Perlu Diperhatikan

    12/09/2020| Abdul

    Jangan Asal, Ada Etika Merebahkan Jok Mobil Yang Perlu Diperhatikan

    Merebahkan jok mobil bisa dilakukan untuk memberikan kenyamanan selama di dalam kabin. Hanya saja kadang di dalam kendaraan terdapat penumpang lain sehingga terdapat etika dan beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk kenyamanan bersama.

  • 5 Hal Menggugurkan Garansi Mobil Baru

    01/09/2020| Fatchur Sag

    5 Hal Menggugurkan Garansi Mobil Baru

    Pabrikan memberikan garansi mobil baru hingga beberapa tahun atau jarak puluhan ribu. Namun ada hal-hal yang membuat garansi mobil baru tidak berlaku.

International