Mengenal Kinerja Dongkrak Hidrolik, Si Kecil yang Mampu Mengangkat Beban Berton-Ton

03/01/2019 Fatchur Sag Perawatan mobil

Seperti yang ditunjukkan oleh namanya, dongkrak hidrolik pada dasarnya merupakan alat untuk mendongkrak benda yang berat, termasuk mesin dan kendaraan. Meski demikian, namanya menjadi dongkrak hidrolik karena penggunaan cairan khusus sepanjang proses pengangkatan oleh alat tersebut. Di satu sisi, sistem hidrolik merupakan sebuah sistem yang memanfaatkan tenaga fluida liquid.

Foto dongkrak hidrolik warna merah

Donkrak hidolik lebih populer dengan sebutan dongkrak botol

Di pasaran, dongkrak hidrolik biasa dikenal dengan nama dongkrak botol karena bentuknya yang memang menyerupai sebuah botol. Dan para pengguna mobil saat ini sudah semakin banyak yang memilih menggunakan jenis dongkrak yang satu ini, baik itu dengan membelinya secara terpisah atau mendapatkannya langsung sebagai dongkrak bawaan dari pabrikan. Sebab, makin banyak pabrikan mobil juga sama-sama memilih dongkrak hidrolik sebagai pelengkap kebutuhan mobil produksi mereka. Selain itu, dongkrak hidrolik juga sudah terbukti mampu mengangkat beban yang bobotnya lebih besar, lebih awet, serta lebih kuat.

Harga dongkrak hidrolik memang secara umum lebih mahal dibandingkan dengan harga dongkrak mobil yang biasa, yaitu model gunting atau jembatan. Akan tetapi, harga dongkrak hidrolik botol lebih murah daripada harga dongkrak hidrolik buaya. Lantas, apa yang sebenarnya membedakan dongkrak buaya dengan dongkrak botol, kalau keduanya sama-sama hidrolik?

Pada dasarnya, dongkrak buaya lebih banyak dimanfaatkan oleh bengkel, sedangkan dongkrak botol lebih banyak digunakan oleh pengguna mobil langsung ketika dalam kondisi tertentu, seperti saat harus mengganti ban atau mengecek kolong mobil.

>>> Cara Membersihkan Kolong Mobil Tanpa Merusak Cairan Anti Karat

Foto mendongkrak mobil dengan Dongkrak hidrolik

Dongkrak hidrolik lebih banyak dipakai para pengemudi untuk keperluan tertentu dan darurat

Pada dongkrak hidrolik, ada 2 tabung yang terhubung dan memiliki diameter dengan ukuran yang berbeda. Masing-masing tabung itu ditutup lantas diisi oli atau pelumas. Secara keseluruhan, dongkrak hidrolik punya bentuk dan ukuran yang lebih ringkas sehingga tidak memakan banyak tempat saat disimpan di dalam mobil. Apalagi untuk jenis dongkrak hidrolik botol, yang memang sudah terkenal kecil-kecil cabe rawit. Kemampuan atau daya angkat dongkrak hidrolik pun bervariasi, ada yang sebesar 2 ton bahkan ada juga yang 1.000 ton. Tentunya, makin besar daya angkatnya, makin mahal pula harga dongkrak tersebut.

Cara kerja dongkrak hidrolik pun mengikuti hukum Pascal, yang bunyinya adalah tekanan yang diberikan kepada zat cair di dalam ruang tertutup akan diteruskan oleh zat cair tersebut ke segala arah dengan sama rata (sama besar). Jika Anda familier dengan sains, maka Anda pasti tahu kalau hukum Pascal pun dikenal dengan nama hukum bejana berhubungan.

Dengan mengacu pada bunyi hukum Pascal tersebut, maka dapat Anda simpulkan bahwa dongkrak hidrolik yang kemampuan atau daya angkatnya lebih besar memiliki ukuran tabung yang juga lebih besar.

>>> Truk Kelebihan Muatan Bikin Jalanan Babak Belur

Dongkrak Hidrolik terdiri dari banyak bagian

Bagian-bagian donkrak hidrolik

Pada desain dongkrak hidrolik berbentuk botol, terdapat sebuah tuas yang digunakan untuk mengangkat mobil. Ketika Anda mengangkat mobil, dongkrak akan memompanya sehingga posisi mobil pun perlahan-lahan naik. Dan begitu Anda sudah selesai dan ingin menurunkan mobil, Anda hanya perlu memutar katup yang terdapat di sisi bawah dongkrak. Katup tersebut akan membuat sistem hidrolik berjalan secara perlahan dan mengurangi tekanan yang diberikan, dengan demikian mobil pun akan perlahan turun.

Umumnya, dongkrak botol merupakan jenis dongkrak mobil bawaan untuk tipe SUV atau MPV yang punya desain bodi berbentuk boxy alias kotak. Walaupun daya angkat dongkrak hidrolik sangat luar biasa, sebaiknya Anda tetap pilih yang sesuai dengan mobil Anda, apalagi dengan mempertimbangkan harga dongkrak hidrolik yang makin mahal jika daya angkatnya semakin besar.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Mungkin anda ingin baca

  • Dengan Alasan Apapun, Modifikasi Tak Resmi 'Pantangan' Bagi Pabrikan
    Perawatan mobil Fatchur Sag

    Dengan Alasan Apapun, Modifikasi Tak Resmi 'Pantangan' Bagi Pabrikan

    15/06/2019

    Terdorong keinginan untuk tampil beda dengan yang lain, modifikasi dipilih sebagai cara alternatif. Sayangnya meski seribu satu alasan dikemukakan, memodifikasi mobil tidak resmi sangat tidak direkomendasikan dan jadi pantangan bagi pabrikan.

  • Jangan Sampai Keliru Dengan Istilah Asuransi Mobil All Risk

    Jangan Sampai Keliru Dengan Istilah Asuransi Mobil All Risk

    13/06/2019

    Mempunyai sebuah mobil merupakan salah satu kebanggaan tersendiri bagi kebanyakan orang. Hal tersebut bukan tanpa alasan, akan tetapi karena kenyamanan yang ditawarkan dan dapat digunakan untuk mendukung s egala aktivitas keseharian. Tidak hanya itu saja, mempunyai mobil juga bisa digunakan untuk pergi liburan ke tempat yang diinginkan. Dalam membeli mobil biasanya akan ada yang namanya asuransi mobil All Risk.

  • Mengetahui Pilar A,B,C,D Pada Mobil Dan Fungsinya

    Mengetahui Pilar A,B,C,D Pada Mobil Dan Fungsinya

    12/06/2019

    Mobil memiliki beberapa komponen yang saling terhubung sehingga bisa membentuk menjadi sebuah kendaraan yang nyaman. Mungkin yang banyak diketahui oleh masyarakat pada umumnya adalah bodi, interior dan juga mesin. Jarang sekali yang mengetahui akan adanya pilar A,B,C,D pada mobil.