Mengenal AC Single Blower Dan Double Blower Serta Dampak Di MPV & SUV

03/07/2021| Abdul

Berkendara menggunakan mobil bukan sekedar sampai tujuan dan tidak kepanasan atau kehujanan dalam perjalanan. Namun kenyamanan menjadi salah satu faktor pendukung yang membuat perjalanan lebih menyenangkan dan tidak merasa bosan di mobil. Salah satu pendukungnya adalah diberikannya AC mobil baik single blower atau double blower. Tahukah Sobat mengenai AC single blower dan double blower?

Gambar ini menunjukkan kisi-kisi AC mobil model bulat

 Kenyamanan lebih dirasakan selama perjalanan dengan adanya AC mobil

AC menjadi salah satu fitur yang dapat memberikan suhu dingin selama di dalam kendaraan. Tentunya antara AC single blower dan juga double blower terdapat perbedaan. Dari pihak pabrikan, blower AC menjadi salah satu yang diperhatikan secara khusus. Dimana terdapat konsumen yang mengeluhkan masih kurang dengan penggunaan AC single blower di mobil.

Apalagi pada mobil keluarga yang notabene digunakan untuk banyak penumpang. Jadi kenyamanan seluruh penumpang tentu menjadi perhatian. Suhu AC diharapkan bisa didistribusikan secara merata di dalam kabin mobil. Oleh sebab itulah ada yang namanya AC single blower yang bisa memaksimalkan suhu AC supaya terdistribusi dengan baik.

>>> Baca Juga, Mematikan AC Tidak Efektif, Begini Cara Hemat BBM Saat Mengemudi

AC Single Blower dan Double Blower

AC single blower adalah sistem dari AC yang posisinya hanya terdapat pada bagian dashboard mobil saja. Namun untuk AC double blower posisinya berada pada bagian dashboard dan sisi tengah kendaraan. Penggunaanya sesuai kebutuhan dan juga kapasitas dari kendaraan. Bahkan terdapat dampak masing-masing antara mobil SUV dan MPV.

Gambar ini menunjukkan pengaturan AC mobil

AC single blower letaknya hanya di dashboard saja

Dampak Penggunaan AC Pada Mobil MPV

Masyarakat tentunya sudah mengetahui bahwa mobil dalam segmen MPV kerap digunakan untuk menempuh perjalanan jauh. Dari segi kapasitas penumpang terbilang banyak, hanya saja untuk jalanan yang dilewati tidak ekstrim. Oleh sebab itu ketika menggunakan AC single blower terasa kurang nyaman, terutama untuk penumpang belakang. Dengan begitu semua penumpang di mobil bisa merasakan kenyamanan maka pemasangan AC kerap menggunakan model double blower.

>>> Lihat Juga, Mengaktifkan AC Mobil Setelah Mesin Dinyalakan, Apakah Bahaya?

Dampak Penggunaan AC Pada Mobil SUV

Kendaraan dalam segmen SUV perancangannya dilakukan dengan mesin yang mempunyai kapasitas cukup besar. Dipakai untuk perjalanan jauh juga siap, begitupun untuk melintasi jalanan yang cukup ekstrim. Hanya saja untuk penumpang yang dapat ditampung lebih sedikit, oleh sebab itulah AC single blower lebih cocok pada mobil SUV. Jadi karena mobil SUV mempunyai daya tampung yang lebih sedikit, tentu saja jika menggunakan AC double blower catu daya akan lebih berat pada aki mobil. Selain itu penggunaannya jadi sia-sia karena dari segi kapasitas penumpang lebih sedikit.

Gambar ini menunjukkan blower AC pada atas kabin mobil baris kedua

AC double blower cocok untuk kendaraan MPV yang punya penumpang banyak

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan tentang AC single blower dan double blower. Semoga bisa bermanfaat dan tetap jaga kesehatan serta kondisi mobil supaya tetap dalam kondisi yang prima.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

International