Tips Merawat Ban Mobil Agar Tidak Cepat Rusak

30/09/2018 | Handy Goeyana

Sering kali kita tidak tahu cara merawat ban mobil yang benar agar tetap awet. Bahkan terkadang membiarkan ban hingga rusak terlebih dahulu baru kemudian diganti. Padahal kalau kita rutin merawat ban mobil, maka kita tidak perlu sering-sering untuk mengganti ban mobil. Berikut beberapa tips untuk menjaga ban mobil tetap awet oleh Mobilmo.com.

1. Selalu memeriksa tekanan angin

cek tekanan angin pada ban agar tetap stabil, tidak kurang dan tidak lebih

Cek tekanan angin agar tetap stabil (detailmobil.com)

Periksa tekanan angin pada ban tetap stabil. Jika tekanan angin pada ban mobil Anda kurang maka penggunaan BBM akan meningkat karena tarikan mobil yang juga meningkat. Jika kelebihan tekanan angin pada ban mobil, ban akan mengeras sehingga permukaan ban akan lebih cepat halus sehingga membahayakan pengendara.

2. Spooring dan Balancing

spooring dan balancing ban mobil agar ban mobil tetap stabil

Spooring dan balancing mobil oleh sebuah bengkel ban (karimunestilo.com)

Biasanya ban mobil yang sering digunakan posisinya akan kurang stabil ketika sering digunakan. Paling tidak rutinlah melakukan spooring dan balancing setiap beberapa kilometer yang ditempuh sesuai ketentuan untuk menjaga kestabilan ban mobil Anda selama berkendara.

3. Hindari membawa muatan berat

Semakin berat muatan yang dibawa, semakin banyak juga beban yang ditanggung oleh keempat ban mobil. Gesekan antara jalan dan permukaan ban ketika mobil melaju juga semakin berat dan merusak.

>>> Ingin membeli mobil, jangan abaikan daftar harga mobil terbaru dan terlengkap di sini

4. Hindari jalan berlubang

jalanan berlubang yang harus dihindari oleh para pengemudi

Jalanan berlubang yang bisa membuat ban mobil rusak (wow.tribunnews.com)

Ketika ban mobil menghajar lubang, ini berpotensi dapat merusak ban dan velg. Tidak hanya itu, kebiasaan ini juga dapat merusak spooring, suspensi, tie rod end, laher roda dan arm.

5. Rotasi ban mobil

Beban ban depan lebih besar daripada beban ban belakang. Maka rotasi ban mobil Anda dengan cara ban belakang kanan di rotasi dengan ban depan kiri, ban belakang kiri dirotasi dengan ban depan kanan. Lakukan ini setiap berapa kilometer sesuai ketentuan.

>>> Dapatkan review mobil terbaru hanya ada di Mobilmo

6. Cek tutup pentil pada mobil

tutup pentil ban yang berfungsi mencegah tekanan angin tidak mudah keluar

Jaga agar tutup pentil mobil tidak hilang (liputan6.com)

Periksa tutup pentil pada ban mobil. Jika tutup pentil hilang, maka sudah pasti ban mobil akan mudah kehilangan tekanan angin sehingga membuat ban mobil Anda cepat kempes dan berpotensi merusak ban mobil Anda.

7. Pemeriksaan rutin ke bengkel ban

Pemeriksaan yang ditangani oleh orang yang berpengalaman dan tahu cara merawat ban akan membantu Anda dalam menyelesaikan masalah. Kunjungi bengkel sesuai jangka waktu yang ditentukan minimal satu bulan sekali, maka ban mobil Anda pun akan sesalu dalam keadaan prima.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik