Mencuci Mobil, Jangan Lupa Membersihkan Gril Depan

12/02/2020 | Fatchur Sag

Banyak cara dilakukan agar mobil menarik perhatian, seperti memodifikasi pelek, menempel stiker unik hingga yang lain. Namun ada satu yang tidak bisa dikesampingkan, untuk tampil menarik mobil harus selalu bersih khususnya bagian eksterior. Tidak boleh ada kotoran atau debu-debu menempel di bagian manapun.

Foto Mazda CX-3 tampak dari samping depan

Eksterior kinclong, tampilan sangat menarik

Khusus untuk gril depan, bagian ini harus mendapat perhatian khusus mengingat area ini adalah yang paling terlihat dari depan.  Kalau Anda menyerahkan mobil ke car wash saat pencucian, pastikan bagian ini Anda cek. Terkadang bagian ini luput dari sentuhan pembersihan sehingga tetap meninggalkan noda atau bintik-bintik air.

Bagaimana membersihkan gril depan yang benar?

Cara membersihkan gril depan tidak jauh berbeda dengan membersihkan bagian lain, baik yang berwarna krom maupun doff. Hanya saja prosesnya harus dilakukan lebih teliti dan pelan-pelan karena desain gril umumnya dengan ornamen lain.

Ornamen lain, misalnya lis krom di bagian belakang hanya melintang dari kanan ke kiri satu garis dan dimensinya besar. Ini lebih mudah cara membersihkannya, tinggal usap ke kanan ke kiri selesai. Begitu pula lis krom di tepian jendela kiri dan kanan juga tidak banyak lekukan dan cekungan, bisa lebih mudah dibersihkan.

Sedangkan gril ada yang berbentuk sederhana berupa kisi-kisi lurus, ada yang berbentuk honeycomb (sarang lebah), sophisticated, ada juga yang berbentuk Spindle seperti yang dipakai Lexus LS.

>>> Ini Dia 3 Kain Pencuci Mobil Yang Bagus Dan Tidak Merusak Bodi

Foto menunjukkan proses mencuci gril mobil

Hati-hati membersihkan gril depan, jangan sampai merusak cat

Untuk membersihkannya Anda bisa menggunakan chamois atau kain berbahan microfiber. Usap secara perlahan bagian per bagian. Anda bisa juga menggunakan sikat berbahan nylon atau kuas yang lembut agar kotoran di bagian yang agak sulit bisa terjangkau tanpa merusak lis krom. Dengan begitu tidak akan merusak penampilan.

Anda boleh menggunakan cairan khusus pembersih gril, bahkan sangat direkomendasikan. Hanya saja harus disesuaikan dengan material gril untuk mendapatkan hasil maksimal.

>>> Tampilan Beda Mitsubishi Pajero Sport GT-Premium, Mirip Triton

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Berita sama topik

  • 01/04/2020 | Fatchur Sag

    Cakram Rem Mobil Berkarat Saat WFH, Begini Cara Mengatasi!

    Jarang digunakan karena mengikuti anjuran Work from Home (WFH) dari pemerintah berpotensi menimbulkan karat pada cakram rem mobil. Begini cara mengatasi!

  • 01/04/2020 | Fatchur Sag

    Musim Corona, Siapkan Tisu Basah Antiseptik di Mobil

    Anda tidak mungkin kemana-mana membawa air dan sabun di dalam mobil. Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan tisu basah antiseptik sebagai alternatif gantinya.

  • 29/03/2020 | Abdul

    Kabin Mobil Semakin Nyaman, Berikut Tips Saat Memasang Peredam Mobil

    Peredam menjadi salah satu andalan pada mobil untuk membuat kabin mobil lebih senyap. Dengan begitu kenyamanan akan lebih didapatkan saat perjalanan. Pemasangan peredam membuat suara mesin dan kondisi luar tidak terlalu terdengar, namun untuk suara klakson pasti terdengar jadi tidak masalah. Namun memasang peredam mobil tidak boleh asal-asalan, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan.