Beberapa Kesalahan Dalam Mencuci Mobil Yang Sering Dilakukan

18/03/2018 | Mobilmo.com

Mencuci sebuah kendaraan kesayangan seperti Mobil pribadi memang perlu dilakukan. Akan tetapi bagaimana jika dalam melakukan pencucian ternyata salah kaprah. Jika hal tersebut terjadi maka tampilan Mobil menjadi tidak menarik lagi. Oleh sebab itulah perlu dilakukan dengan tata cara atau langkah yang benar. Lantas bagaimana sebenarnya kesalahan dalam mencuci Mobil yang sering dilakukan pemilik Mobil? Mari kita simak ulasannya. Mencuci Mobil tujuannya adalah menghilangkan noda dan kotoran sehingga kondisi Mobil tetap kinclong dan tampilannya lebih menarik. Jika begitu Anda harus tahu kesalahan dalam mencuci Mobil yang kerap dilakukan, supaya Anda bisa menghindari dan memperbaikinya.

  1. Di bawah sinar matahari

Kesalahan yang sering dilakukan pemilik Mobil andalah mencucinya di bawah terik sinar matahari. Selain itu mencucinya pada siang bolong, yang dimana kondisinya masih sangat panas. Adapun alasannya adalah tidak ada lahan yang teduh untuk melakukan pencucian. Mengatasi masalah ini bisa diminimalisir dengan mencuci Mobil pada sore hari. yang dimana matahari sudah mulai tenggelam dan sinar matahari sudah tidak panas.

Mencuci Mobil disarankan di pagi atau sore hari

  Alasan mengapa tidak boleh mencuci Mobil di bawah sinar matahari adalah butiran air yang terdapat pada Mobil akan cepat mengering. Dengan begitu maka akan timbul bekas di bodi Mobil. Walaupun sudah dicuci maka keadaannya masih tetap lusuh. Selain itu, butiran air juga dapat mentransfer energi panas matahari. Akibatnya cant Mobil menjadi pudar karena hal tersebut. >>> Mungkin tertarik, Begini Cara Membersihkan Jok Mobil Bahan Kain Dengan Mudah

  1. Menggunakan satu ember

Kesalahan dalam mencuci Mobil selanjutnya adalah hanya menggunakan satu ember. Sering terlihat pemilik yang menggunakan satu ember untuk melakukan pembersihan. Padahal hal tersebut bisa membuat kotoran bercampur dengan air yang menjadikan rusaknya cat pada bodi Mobil.

Air sabun yang tercampur dengan kotoran dapat menyebabkan goresan saat diusap ke bodi mobil

Untuk tata cara yang benar adalh menggunakan 2 ember atau lebih. Dengan begitu ada tempat sabut dan juga tempat membilas kain atau spon yang kotor. Dengan cara ini maka kotoran tidak akan tercampur dengan air sabun.

  1. Memilih sabun secara sembarangan

Kebanyakan orang masih menggunakan sabun colek atau sabun cuci piring untuk membersihkan kotoran pada Mobil kesayangannya. Padahal bahan tersebut sangat tidak dianjurkan ketika mencuci Mobil. Alasannya sih hemat, namun akibat yang dihasilkan adalah merusak cat bodi Mobil. Perlu diketahui, bahwa kandungan zat kimia pada sabun colek ataupun sabun cuci piring tidak bisa ditahan oleh cat bodi karena terlalu keras.

Gunakan sampho khususu Mobil supaya hasil lebih maksimal

>>> Klik di sini untuk mengeupdate tips perawatan lainnya

  1. Melupakan karpet Mobil

Karpet Mobil seringkali terlupakan untuk urusan mencuci Mobil. Hal ini sering dilakukan karena terlalu ribet dalam pembersihan. Karpet harus dikeluarkan dan dikeringkan terlebih dahulu baru dimasukkan kembali. Jika dilihat dari tugasnya, karpet Mobil berhubungan langsung dengan sandal dan sepatu setiap harinya. Jadi sudah bisa dipastikan bahwa kondisinya sangat kotor.

Karpet Mobil dalam kondisi bersin membuat kabin lebih nyaman

Dengan melakukan pembersihan pada karpet Mobil akan menjadikan nuansa di dalam kabin Mobil lebih segar. Apalagi ditambah dengan pengharum sehingga menambah kenyamanan dalam perjalanan. Tentunya Anda tidak mau tampilan luar terlihat menarik dan kinclong, namun ternyata di dalam kurang nyaman karena kondisi karpet yang kotor.

  1. Ban dan velg Mobil sering terlupakan

Komponen lain yang sering terlalaikan ketika mencuci Mobil adalah bagian velg dan ban Mobil. Kadangkala pemilik membersihkan bodi dengan teliti tanpa ada yang terlewat, namun ternyata bagian velg dan ban malah tidak tersentuh. Selain itu terdapat pula pemilik yang hanya menyiramnya dengan air saja. Padahal bagian tersebut merupakan yang paling kotor karena berhubungan langsung dengan jalanan.

Ban dan velg Mobil seringkali kotor akibat jalanan yang berdebu atau mesih tanah

Selain itu tampilan Mobil akan lebih keren dengan ban serta velg yang bersih. Apalagi Anda memberi semir pada ban Mobil, maka tampilan Mobil Anda akan lebih gagah. >>> Klik di sini untuk mengeupdate tips dan trik lainnya Demikianlah informasi yang dapat kami berikan tentang kesalahan dalam mencuci Mobil yang sering dilakukan. Nah bagi Anda yang berminat membeli sebuah Mobil untuk kendaraan pribadi ataupun keluarga.