Apakah Mesin Mobil Overheat Dapat Bikin Kendaraan Terbakar? Ini Penjelasan Dari Mekanik

02/08/2018| Abdul

Mesin Mobil overheat memang dapat menjadikan masalah, bahkan bisa berakibat kerusakan parah pada kendaraan. Beberapa contoh dampak yang dapat dihasilkan adalah kerusakan pada ring piston, klep dan bisa juga membuat stang piston bengkok. Tidak hanya itu saja, kerusakan yang lebih parah adalah blok mesin pada Mobil mengalami kerusakan.

Akan tetapi dalam masalah ini, kerap sekali overheat dituding sebagai salah satu penyebab yang menjadikan mesin Mobil terbakar. Apakah itu benar?

Dalam masalah ini, pihak Beni Ruhdiana selaku Mekanik dari Bimmerwerk, Tangerang mengatakan: "Overheat di mobil kebanyakan tidak sampai bikin kebakaran, paling hanya merusak parts-parts internal yang terkena panas berlebih ini."

Gambar ini menunjukkan seorang wanita sedang menelpon dan terlihat di belakangnya mobil berasap

Terdapat beberapa faktor yang bisa membuat mesin Mobil panas berlebih

>>>  Terus ikuti tips & trik seputar otomotif di Mobilmo.com

Meskipun begitu pihaknya juga menambahkan, bahwasanya potensi Mobil dapat terbakar yang disebabkan karena overheat juga ada. Hal tersebut dikarenakan adanya pengaruh dari komponen lain, seperti kabel terkelupas atau pompa radiator yang pecah.

"Misalnya kalau pompa radiator pecah dan mengenai bagian kabel yang terkelupas kan bisa timbul hubungan arus pendek atau korsleting," lanjut Beni.

Pihaknya juga menambahkan, bahwasanya bisa juga ketika mesin sedang dalam keadaan overheat dan seal-seal pada mesin mengalami kebocoran. Dengan begitu oli mesin dapat merembes keluar bahkan sampai menetes. Akibatnya oli yang keluar dapat terbakar, mengingat oli mesin merupakan bahan yang mudah terbakar.

Akan tetapi oli mesin tidak akan terbakar apabila tanpa ada yang memicunya. Untuk masalah terbakarnya oli bisa dicontohkan seperti ini, jika oli yang menetes mengenai header, ditambah header sedang mempunyai suhu yang sangat panas, maka bisa saja membuat oli menjadi terbakar dan berakibat Mobil terbakar.

>>> Baca juga, Sering Terjebak Macet, Ketahui Langkah Mencegah Overheat Pada Mesin Mobil saat Berkendara

gambar ini menunjukkan seorang pria melihat mesin Mobil yang keluar asap

Melakukan servis secara berkala untuk menghindari kerusakan yang bisa berakibat overheat

Jadi kunci supaya terhindar dari yang namanya overheat adalah sistem pendinginan mesin atau yang sering dikenal dengan radiator dalam keadaan sehat dan dapat bekerja dengan baik. Memang banyak orang yang mengenal radiator sebagai sistem pendingin mesin, hal itu tidak salah. Hanya saja terdapat komponen lain yang termasuk dalam sistem pendingin mesin seperti water pump, thermostat dan juga kipas radiator elektrik.

Jadi hal yang bisa dilakukan untuk mencegah Mobil terbakar baik karena mesin Mobil overheat atau masalah lainnya adalah dengan perawatan pada sistem pendingin. Nah berikut ini merupakan beberapa hal yang bisa dilakukan dilansir dari situs otomotif dan jual beli Mobil terpercaya Cintamobil.com.

>>> Mungkin tertarik, Tips Mengganti Air Radiator Mobil dengan Mudah di Rumah

1. Ganti filter udara secara teratur

2. Rawatlah bagian luar mobil

3. Lakukan pengisian cairan radiator secara berkala

4. Lakukan test kinerja AC

5. Lakukan servis berkala

Gambar ini menunjukkan 2 buah tangan sedang mengangkat komponen radiator Mobil

Sistem pendingin yang bekerja dengan maksimal akan mencegah terjadinya overheat

Dengan melakukan beberapa hal tersebut, diharapkan setiap Mobil tidak akan mengalami Mobil terbakar. Mengingat efek yang terjadi sangatlah mengkhawatirkan sampai tidak bisa membayangkannya apabila terdapat pengendara dengan Mobil terbakar dan tidak bisa keluar. Jadi selalu jaga kondisi Mobil Anda, baik pada sistem pendingin dan juga komponen lain. Jangan lupa pula untuk melakukan servis secara berkala sesuai rekomendasi, agar dapat diketahui masalah sekecil apapun sebelum berubah menjadi besar. Jangan sampai keburu mesin Mobil overheat baru panik.

Berita sama topik

  • Jangan Asal, Ada Etika Merebahkan Jok Mobil Yang Perlu Diperhatikan

    12/09/2020| Abdul

    Jangan Asal, Ada Etika Merebahkan Jok Mobil Yang Perlu Diperhatikan

    Merebahkan jok mobil bisa dilakukan untuk memberikan kenyamanan selama di dalam kabin. Hanya saja kadang di dalam kendaraan terdapat penumpang lain sehingga terdapat etika dan beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk kenyamanan bersama.

  • 5 Hal Menggugurkan Garansi Mobil Baru

    01/09/2020| Fatchur Sag

    5 Hal Menggugurkan Garansi Mobil Baru

    Pabrikan memberikan garansi mobil baru hingga beberapa tahun atau jarak puluhan ribu. Namun ada hal-hal yang membuat garansi mobil baru tidak berlaku.

  • Mengenal Fungsi Airbag Pada Mobil Dan Cara Merawatnya

    15/08/2020| Abdul

    Mengenal Fungsi Airbag Pada Mobil Dan Cara Merawatnya

    Airbag menjadi salah satu fitur keselamatan yang diberikan pada mobil. Yang mana fitur ini akan aktif saat merespon terjadi benturan yang keras. Lantas apa saja fungsi airbag pada mobil dan bagaimana cara kerjanya?

International